34 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang Wajib Dicoba

Punya masalah dengan gigi anda? Mungkin saja yang sedang anda alami adalah gigi berlubang. Wajar saja jika hal ini menjadi masalah besar setiap orang, selain membuat anda merasa ngilu dan sakit juga memberikan efek buruk lain. Berikut cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang wajib anda coba.

1. Menjaga Kebersihan Gigi

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu menjaga kebersihannya. Lalu apa yang bisa di lakukan? Rajin menggosok gigi minimal 2x dalam sehari. Bagi Anda yang ingin mengetahui langkah selengkapnya, bisa cari tahu lebih lanjut dalam cara menjaga kesehatan gigi secara alami.

2. Menggunakan Air Baking Soda

Campur air minum dengan satu sendok teh baking soda serta jangan lupa menambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint di dalamnya. Gunakan campuran semua ini untuk selama 30 detik. Lalu kumur kembali dengan air putih, dan ulangi cara ini sampai 3x. Soda akan bekerja dengan baik untuk melawan bau tak sedap dan membantu menjaga keseimbangan kadar PH dalam mulut.

3. Campuran Buah

Buah sangat bagus untuk kesehatan serta kesegaran baik tubuh atau bau mulut. Campuran buah yang bisa membantu mengurangi bau mulut ketika gigi berlubang yakni salad. Salad buah mempunyai beberapa jenis buah yang di tambah dengan keju dan hasilnya mampu membuat bau mulut menjadi lebih segar.

4. Daun Hijau

Manfaatkan daun hijau seperti seledri yang mampu menghilangkan bau nafas. Lakukan kunyahan pada seledri dan daun mint untuk membantu menetralkan bau mulut. Hal ini juga dapat menyegarkan nafas anda. Meski begitu, Anda juga tidak bisa konsumsi daun hijau secara sembarangan khususnya bagi para penderita asam urat, berikut sayur yang dilarang untuk asam urat tinggi untuk menjaga tubuh tetap sehat.

5. Menggunakan Siwak

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau mulut ketika gigi berlubang adalah siwak. Ini merupakan akar pohon yang mempunyai kandungan cukup baik serta bermanfaat untuk kesehatan mulut termasuk menjadi cara menghilangkan bau mulut.

Akar dari pohon siwak ini memang belum banyak diketahui masyarakat. Namun perlu anda ketahui bahwa akar pohon yang berasal dari tanaman bernama latin Salvadora percisa tersebut banyak ditemukan ditanah Timur Tengah. Bahkan siwak sudah banyak digunakan oleh masyarakat muslim di Arab, karena memang sangat populer dikalangannya. Sementara itu di Indonesia sendiri, kebanyakan masyarakatnya masih sangat asing.

6. Kumur dengan Air Garam

Garam yang di campurkan ke dalam air hangat mampu menghilangkan bau mulut. Kandungan zodium di dalamnya mampu membuang bakteri penyebab nafas tidak segar.

7. Kumur dengan Obat Kumur

Rajin kumur menggunakan obat kumur kusus gigi berlubang mampu menghambat terjadinya bau mulut. Caranya di lakukan setelah anda menggosok gigi. Obat kumur ini juga bisa memberikan perlindungan ekstra terhadap gigi dengan cara membasmi bakteri dalam mulut.

Umumnya rasa obat kumur ini adalah mint, yang memberikan sensasi segar dan menumbuhkan gigi lebih sehat dan putih. Untuk mendapatkan hasil yang optimal anda bisa melakukan kumur sesering mungkin dengan maksimal 4 kali dalam sehari. Untuk obat kumur yang bisa Anda gunakan yaitu seperti AlbothylChlorhexidine, dan semacamnya.

8. Rajin Bersihkan Lidah

Untuk menghilangkan bau mulut disebabkan gigi berlubang, rajin membersihkan lidah bisa jadi solusi. Jadi bukan sekedar gigi yang perlu di rawat namun juga lidah, yang mana lidah ini menjadi organ indera yang terletak di dalam mulut dengan satu fungsi sebagai alat melakukan penelanan yang dikunyah oleh gigi. Lapisan yang terbentuk pada lidah ini bisa menjadi tuan rumah bagi bakteri penyebab bau mulut yang tak sedap. Jadi, bersihkanlah lidah secara perlahan-lahan dengan menggunakan sikat gigi.

9. Hindari Makan Makanan yang Menyebabkan Bau Mulut

Jauhi makanan yang mampu menyebabkan terjadinya bau mulut. Adapun makanan yang perlu anda hindari adalah:

  • Bawang-bawangan
  • Jengkol
  • Petai

10. Jauhi Kebiasaan Merokok

Seperti yang diketahui, selain menyebabkan kanker, merokok juga bisa merusak gusi anda, menodai gigi, dan menyebabkan bau mulut. Sebaiknya hindari kebiasaan merokok untuk kesehatan mulut dan gigi berikut seluruh organ tubuh lainnya.

11. Hindari Permen Usai Makan Malam

Permen mungkin bagi anda adalah makanan yang mampu menghilangkan bau mulut. Akan tetapi permen juga bisa menjadi pemicu timbulnya bau tak sedap apabila anda salah pada saat mengkonsumsinya. Misalnya adalah mengunyah permen usai makan malam. Hal ini karena bakteri di mulut sangat menyukai gula. Gula inilah yang akan menyebabkan keasaman pada mulut yang akibatnya membuat bau mulut lantaran gigi berlubang.

12. Menjaga Kesehatan Gusi

Jaga kesehatan gusi dengan betul, apabila tidak maka gusi bisa menimbulkan penyakit yang mampu menyebabkan bau mulut tidak sedap. Bakteri yang berkumpul di dasar gigi menciptakan bau tidak sedap di mulut anda. Permasalahan yang sering dijumpai adalah tumbuhnya daging pada gusi, untuk mengetahui penyebab hingga cara penanganannya bisa simak secara lengkap pada daging tumbuh di gusi.

13. Rutin Basahi Mulut dengan Air

Anda bisa rutin membasahi mulut dengan air sebagai solusi bau mulut karena gigi berlubang. Misalnya, saat anda merasa mulut anda kering maka segeralah ke kamar mandi dan kumur minimal 3x.

14. Hindari Dehidrasi

Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu dehidrasi, kejadian ini merupakan keadaan tubuh yang kekurangan cairan. Kondisi ini membuat kandungan di dalam tubuh kosong dan merasa lemas. Akibatnya mulut anda akan kering dan timbullah bau mulut yang sangat mengganggu.

15. Usahakan Sering Makan Makanan Ringan

Keadaan mulut yang kering atau belum terisi sama sekali mampu memicu terjadinya bau mulut. Oleh sebab itu usahakan anda tidak membuat mulut anda menganggur. Sedikit-sedikit makanlah makanan ringan.

16. Konsumsi Keju dan Yogurt

Mengkonsumsi keju dapat menetralkan asam pada mulut setelah selesai makan berat. Asam yang terperangkap di dalam mulut merupakan salah satu penyebab bau mulut, terlebih lagi jika yang dikonsumsi adalah makanan olahan pabrik yang menjadikan bau mulut sangat tidaj sedap. Solusinya adalah keju atau yoghurt dengan kandungan bakteri yang bisa mengurangi kadar asam di dalam mulut tersebut. Usai makan, kunyahlah sedikit keju atau yogurt tanpa gula. Tidak hanya bisa menghilangkan bau mulut saja, Yogurt juga merupakan salah satu dari 25 makanan untuk penderita asam urat yang menyehatkan.

17. Lemon

Anda bisa menggunakan irisan lemon untuk mengatasi bau mulut. Caranya sangat bermacam-macam, anda bisa membuat minuman dengan lemon, atau menyisipkan lemon kedalam campuran buah yakni salad.

18. Omega-3

Cara mengatasi bau mulut berikutnya akibat gigi berlubang adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung Omega-3. Makanan yang mengandung omega-3 tersebut meliputi ikan salmon, kacang kedelai, ikan tuna, daging sapi dan telur.

19. Mengunyah Permen Karet Xylitol

Permen karet cukup ampuh dalam membantu mengatasi bau mulut. Menurut presiden American Dental Hygienists Association, Pamela L. Quinones, RDH mengatakan bahwa air liur  dirangsang oleh permen karet yang mempertahankan mekanisme dalam mulut supaya gigi tidak rusak sekaligus tak menyebabkan bau. Artinya permen karet mampu menghambat terjadinya bau mulut tersebut. Namun, Anda juga harus berhati-hati mengkonsumsinya karena akan ada dampak bahaya menelan permen karet bagi Anak hingga kesehatan orang dewasa.

20. Wortel

Sewaktu mengunyah wortel, air liur terproduksi sehingga terbentuk pembersih mulut alami. Itulah alasan mengapa para dokter gigi memberi anjuran mengunyah wortel agar bau mulut tak sedap hilang apapun penyebabnya.

21. Teh Hijau

Zat aktif dalam teh hijau sangat tinggi, yakni catechins dipercaya membunuh bakteri di mulut sekaligus menghilangkan gula dari plak secara efektif. Jadi, meminum teh hijau setiap hari sangat dianjurkan untuk menghilangkan bau tak sedap dari dalam mulut anda.

22. Daun Mint

Daun mint sangat efektif dalam membantu membuang terjadinya bau mulut.  Umumnya daun mint ini ditaruh dalam makanan atau minuman sehingga memberikan efek yang segar di mulut dan aroma yang lebih enak.

23. Daun Sirih

Bahan alami yang mampu menciptakan nafas segar adalah daun sirih. Hehijauan ini sangat populer sebagai salah satu bahan alami yang mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan, terutama bau mulut.

24. Obat Kumur Anti-Bakteri

Jika diatas sudah di sebutkan obat kumur yang mampu hilangkan bau mulut sebab gigi berlubang, maka untuk nomer 24 ini di rekomendasikan obat kumur yang khusus anti bakteri. Obag kumur biasa hanya memberikan sensasi segar, sedangkan obat kumur anti bakteri ini sekaligus mampu membasmi kuman di mulut.

25. Vitamin C

Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C mampu menyegarkan nafas anda misalnya seperti jeruk, nanas dan beberapa jenis yang lain. Untuk itu Anda harus mengetahui makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi ini.

26. Rajin Merawat Gigi

Rajinlah melakukan perawatan gigi minimal satu bulan sekali di dokter gigi untuk memperoleh solusi terbaik. Dengan menerapkan cara ini, tentu Anda bisa mendapatkan kesehatan gigi yang lebih baik.


27. Kopi

Kopi adalah minuman yang banyak mengandung kafein, tetapi ternyata minuman ini mampu hilangkan bau mulut. Meski begitu, Anda harus mengetahui bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan ini supaya bisa lebih mengatur dalam hal konsumsi kopi yang sewajarnya saja.

28. Sarapan Pagi

Usahakan selalu sarapan pagi agar mulut bisa bekerja dan tidak kosongan saja yang menyebabkan bau mulut. Untuk sarapan pagi ini sebaiknya pilih menu selain nasi, berikut bahaya sarapan pagi dengan nasi yang perlu Anda ketahui mulai dari sekarang.

29. Susu

Meminum susu dapat mengurangi bau nafas tak sedap, jadi jika anda kurang percaya diri sebaiknya minumlah susu untuk membuat nafas anda normal.

30. Menggunakan Rempah-rempah

Umumnya masyarakat memanfaatkan rempah seperti cengkeh, adas, kayu manis yang bisa membuang bau mulut tak sedap apapun penyebabnya, termasuk juga karena gigi berlubang.

31. Parsley

Parsley merupakan tanaman sejenis seledri yang bisa menghilangkan bau mulut. Caranya yakni dengan mengunyah beberapa batang daun parsley dalam beberapa menit atau campurkan dengan salad kesukaan Anda dan bisa juga makanan yang lain.

Itulah cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang bisa Anda ikuti guna mencegah bau mulut. Dengan begitu, Anda bisa tetap percaya diri mengobrol dengan orang lain meski gigi tengah berlubang yang mana biasanya menimbulkan bau menyengat.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Bau Mulut