Home Tips KesehatanKesehatan Tulang 20 Cara Menghilangkan Rasa Ngilu Pada Tulang Hingga Sembuh

20 Cara Menghilangkan Rasa Ngilu Pada Tulang Hingga Sembuh

by Erlita

Rasa linu yang terjadi pada salah satu tulang secara berlebihan bisa terjadi setiap saat dan pada semua orang khususnya pada orang yang lebih tua baik ketika sedang bergerak ataupun tidak. Rasa linu pada tulang tersebut umumnya berhubungan dengan penyakit yang mempengaruhi fungsi atau struktur tulang sehingga akan terasa nyeri atau linu ringan bahkan hingga kronis.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan tulang terasa ngilu diantaranya adalah cedera, kanker metastatik, kekurangan mineral, kanker tulang, infeksi dan penyakit tertentu yang mengganggu suplai darah menuju tulang seperti anemia serta beberapa penyebab lainnya. Untuk cara menghilangkan rasa ngilu pada tulang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik dengan obat obatan atau bahan alami seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

1. Lengkuas

Lengkuas yang merupakan salah satu bumbu dapur ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan banyak masalah kesehatan seperti salah satunya ngilu pada tulang dan juga mengatasi penyebab encok.

  • Cuci bersih 2 rimpang lengkuas lalu potong kecil kecil atau parut.
  • Peras parutan lengkuas tersebut memakai kain bersih dan gunakan sebagai minyak oles atau untuk memijat.
  • Lakukan cara ini dengan teratur hingga ngilu pada tulang bisa dihilangkan.

2. Lidah Buaya

Selain banyak khasiat lidah buaya untuk kulit, dalam lidah buaya juga baik digunakan untuk mengatasi ngilu pada tulang karena sifat anti inflamasi yang dimiliki.

  • Cuci bersih lidah buaya kemudian kupas dan ambil bagian putih berlendir didalamnya.
  • Haluskan daging lidah buaya tersebut bersama 1 gelas air memakai blender.
  • Minum jus lidah buaya tersebut sebanyak 1 kali sehari secara teratur hingga ngilu pada tulang bisa disembuhkan.

3. Akar Beluntas

Akar beluntas sudah sejak lama dikonsumsi untuk mengatasi berbagai masalah pada tulang yang dipercaya bisa meredakan rasa ngilu pada tulang, nyeri persendian, rematik dan juga gejala sakit pinggang secara alami.

  • Cuci bersih akar beluntas yang sudah dikeringkan.
  • Rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih.
  • Sesudah hangat, minum air rebusan tersebut setiap hari untuk meringankan ngilu pada tulang.

4. Jahe

Jahe juga menjadi obat ngilu tulang alami yang sangat efektif serta sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi rematik, leher terasa kaku dan pegal serta osteoporosis.

  • Campur parutan jahe segar dalam setiap masakan.
  • Cara lain, minum air jahe yang ditambahkan sedikit madu sebanyak 3 kali sehari untuk hasil terbaik.

5. Bunga Dandelion

Selain bisa mengkonsumsi beberapa jenis obat, cara menghilangkan rasa ngilu pada tulang juga bisa dilakukan dengan cara alami seperti bunga dandelion yang mengandung kalsium sebagai makanan penguat tulang, mencegah pengeroposan tulang, memadatkan tulang sekaligus mengatasi rasa ngilu tulang.

  • Kukus 10 gram daun dandelion yang sudah dicuci bersih selama 3 menit.
  • Kunyah dan telan daun dandelion rebus tersebut yang dilakukan 3 kali sehari untuk hasil maksimal.

6. Ibuprofen

Untuk mengatasi tulang yang terasa ngilu juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi Ibuprofen. Ibuprofen sendiri merupakan obat anti inflamasi non steroid yang berguna untuk meredakan rasa ngilu pada tulang, sakit kepala, nyeri sendi lutut, sakit gigi, nyeri menstruasi dan juga arthritis sekaligus meredakan peradangan pada tulang.

7. Paracetamol

Paracetamol merupakan obat untuk tulang ngilu yang juga sering digunakan untuk mengatasi demam serta nyeri ringan lainnya seperti sakit kepala, penyebab kaki ngilu,  nyeri menstruasi, sakit gigi dan nyeri pada persendian sehingga bisa dikonsumsi untuk mengatasi rasa ngilu yang terjadi pada tulang.

8. Suplemen

Ketika masalah tulang terjadi seperti osteoporosis atau ngilu, maka asupan kalsium serta vitamin D harus ditingkatkan. Suplemen ini bisa anda konsumsi dalam bentuk pil, cair atau tablet yang bisa digunakan untuk mengatasi ngilu pada tulang sekaligus membangun kekuatan tulang anda.

9. Kodein

Jenis obat opiat satu ini biasa dimanfaatkan dalam pengobatan batuk, diare, penyebab sakit punggung, nyeri tulang dan juga gangguan pada usus besar. Kodein ini juga sudah biasa digunakan untuk mengatasi rasa ngilu kronis pada tulang yang umumnya akan dikombinasikan dengan paracetamol.

10. Obat Antidepresan

Obat antidepresan sebenarnya tidak secara langsung bisa mengatasi ngilu pada tulang namun bekerja dengan cara memanipulasi persepsi otak sehingga rasa ngilu pada tulang bisa dihilangkan sekaligus cara mengatasi sakit punggung. Obat antidepresan ini biasanya akan diresepkan dokter untuk pasien yang mengalami nyeri atau ngilu pada tulang seperti amitriptilin dengan dosis yang rendah dan harus dikonsumsi sesuai petunjuk dokter.

Cara Lainnya dalam Menghilangkan Rasa Ngilu pada Tulang

Selain dari cara-cara tersebut, masih ada beberapa langkah yang patut Anda coba lakukan di rumah untuk kesembuhan ngilu tulang Anda, yakni:

  • Bifosnofat, biasanya digunakan untuk ngilu tulang karena kanker tulang.
  • Didronel, biasanya digunakan untuk ngilu tulang karena osteoporosis.
  • Antibiotik, biasanya digunakan untuk ngilu tulang karena infeksi bakteri.
  • Tetap aktif menggerakkan tubuh.
  • Mengubah posisi tidur.
  • Menambah asupan vitamin D.
  • Kompres air dingin.
  • Minum air rebusan akar sembung.
  • Memasang alat penghangat ruangan bila ngilu tulang disebabkan suhu dingin.
  • Menggunakan pakaian tebal bila ngilu tulang dikarenakan suhu dingin.

Demikian informasi dari kami kali ini tentang cara menghilangkan rasa ngilu pada tulang yang semoga bisa anda praktekkan dengan mudah untuk menyembuhkan gangguan tulang yang anda alami. Jika rasa sakit masih terus berlanjut, maka segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan tindakan medis lebih lanjut.

You may also like