Home Tips KesehatanKesehatan Tulang 16 Cara Agar Badan Tidak Bungkuk Secara Alami

16 Cara Agar Badan Tidak Bungkuk Secara Alami

by Mei Riska

Selama ini banyak orang yang tidak sadar jika hal yang dilakukannya bisa membuat postur tubuh menjadi bungkuk. Jika diperhatikan saat ini semakin banyak orang yang memiliki postur tubuh bungkuk meskipun dia memiiki tubuh yang tinggi. Oleh sebab itu semua orang terutama anak muda tahu bagaimana cara agar badan tidak bungkuk. Jika badan bungkuk bisa dipastikan bahwa keprcayaan diri menjadi berkurang dan penampilan menjadi kurang menarik. Bungkuk ini disebabkan oleh tulang belakang yang melengkung ke depan sehingga leher seperti tertekuk ke depan.

Jika berjalan, dari kejauhan orang yang bungkuk ini seperti orang yang sedang menunduk ke depan padahal memang postur tubuh bungkuk seperti tersebut. Oleh sebab itu bagi anak muda tahu bagaimana cara agar badan tidak bungkuk yang efektif. Berikut ini ada berbagai macam cara agar badan tidak bungkuk yang bisa dilakukan khususnya bagi anak muda :

  1. Memperbaiki Posisi Tubuh Saat Tidur

Cara agar badan tidak bungkuk pertama yang harus dilakukan untuk menghindari badan yang bungkuk adalah memperbaiki posisi tubuh saat tidur. Ada banyak orang yang menggunakan banyak bantal saat tidur untuk menopang posisi kepalanya saat tidur. Hal itu membuat antara posisi punggung dan leher memiliki jarak yang telalu tinggi. Posisi yang benar saat tidur adalah harus mensejajarkan antara leher dengan tulang belakang. Oleh sebab itu bagi anda yang tidak ingin bungkuk sebaiknya cukup menggunakan satu bantal saja jangan berlebihan. Anda boleh menggunakan banyak bantal jika saat itu anda sedang mengalami pusing atau sedang mengalami gejala vertigo yang kambuh. Menggunakan banyak bantal bisa membuat sakit kepala dan gejala vertigo semakin berkurang.

Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah anda harus menggunakan bantal yang berkualitas, jangan terlalu empuk dan jangan terlalu keras. Bantal ini sebaiknya diganti setiap satu tahun sekali sebab bantal yang tidak pernah diganti akan menyebabkannya menjadi keras. Setiap satu minggu sekali jangan lupa juga untu menjemurnya menggunakan sinar matahari agar debu yang menempel di bantal menjadi hilng. Hindari posisi tidur tengkurap dan meringkuk. Posisi tubuh saat tidur yang disarankan adalah telentang dan menyamping.

Baca : Agar tidur sebentar tap berkualitasTidur berjalanTidak bisa tidur malam

  1. Perhatikan Posisi Saat Bersin

Bersin merupakan hal yang sering dilakukan oleh setiap orang. Bersin ini sering dialami oleh orang yang alergi, orang yang mengalami gejala flu dan batuk. Namun yang harus diketahui oleh masyarakat luas disini adalah bersin merupakan suatu penyebab sseorang mengalami sakit puggung dan punggung ngilu. Alasannya ketika bersin tubuh orang akan terguncang tanpa sengaja sehingga posisi tubuh dan leher akan merasakan sakit akibat guncangan itu. Orang yang mengalami alergi biasanya berpotensi mengalami punggung bungkuk sebab orang yang mengalami alergi rentan untuk bersin sepanjang waktu.

Bagi orang yang mengalami alergi dan orang yang sdang mengalami gejala flu dan batuk sebaiknya tahu seperti apa posisi yang tepat ketika bersin. Posisi ketika bersin yang tepat adalah lutut ditekuk agar bisa digunakan mencegah terjadinya guncangan tubuh terutama tulang belakang dan leher sehingga tekanan bisa berkurang. Tulang punggung dan leher tidak terasa sakit ketika bersin terjadi.

  1. Hindari Memakai Hak Tinggi

Siapa yang tidak ingin tampil modis dan menawan, pasti setiap wanita ingin agar penampilannya terlihat modis dan menawan. Tidak tanggung-tanggung, wanita rela menyakiti dirinya sendiri agar tampil cantik dan semenarik mungkin terutama di kalangan umum. Salah satu penunjang penampilan wanita adalah sepatu hak tinggi. Wanita suka sekali menggunakan sepatu hak tinggi agar postur tubuhnya lebih tinggi dibandingkan dengan postur tubuh yang sebenarnya. Sepatu hak tinggi juga banyak digunakan oleh wanita agar tubuhnya terlihat tinggi semampai. Wanita yang tinggi semampai diyakini bisa semakin percaya diri dan menarik peratian orang-orang di sekelilingnya.

Siapa sangka jika kebiasaan wanita tersebut bisa menyebabkan postur wanita menjadi bungkuk, alasannya adalah saat memakai hak tinggi membuat kaki menopang seluruh berat tubuh. Hal itu akan sangat memeberatkan kaki sehingga bisa menyebabkan tulang panggul dan tulang punggung menjadi tertekan. Kaki akan mudah menjadi pegal-pegal, punggung pun lama kelamaan akan menjadi membungkuk aibat kebiasaan memakai hak tinggi tersebut.

Baca : Bahaya high heelsCara mengatasi bau kaki karena sepatu

  1. Hindari Sofa Empuk

Jika dihadapkan pada dua pilihan, antara sofa empuk dan kursi kayu pasti banyak orang yang memiliki sofa empuk. Sofa empuk lebih enak untuk menemani nonton televisi, lebih enak menemani main video game dan masih banyak lagi lainnya. Namun siapa sangka jika sofa empuk yang anda gunakan bisa menyebabkan anda mengalami postur tubuh yang kurang baik terutama saat menonton televisi, kebiasaan buruk itu diperburuk dengan kebiasaan mengangkat kaki dan menumpangkannya pada bagian kaki yang lain.

Kebiasaan semua itu bisa membuaat seseorang memiliki punggung yang bungkuk. Alasannya adalah sofa empuk bisa menyebabkan punggung menjadi tertekan. Jika dilakukan terlalu lama bukan tidak mungkin punggung akan menjadi bungkuk. Oleh sebab itu menggunakan kursi kayu lebih bagus dibandingkan kursi dari sofa yang empuk. Jika anda ingin duduk terlalu lama di depan televisi sebaiknya anda menggunakan kursi dari kayu agar tulang punggung tidak menjadi bungkuk.

Baca : Bahaya duduk di bawah pohoon malam hariBahaya duduk bersilaBahaya terlalu lama duduk di depan komputer

  1. Posisi Punggung Lurus

Salah satu hal yang peru diperhatikan bagi orang yang bekerja di depan komputer adalah memperhatikan posisi duduknya saat berada di depan meja kerja atau mengetik di depan komputer. Ada baiknya orang yang bekerja di depan meja kerja atau komputer memperhatikan posisi yang benar dan menggunakan kursi yang bisa menyangga bagian punggung mereka. Kursi punggung itu berguna untuk menjaga posisi punggung agar tidak terlalu membungkuk. Sebab jika terlalu banyak membungkuk lama kelamaan tulang punggung akan menjadi bungkuk.

Baca : Gejala flu tulangCara mencegah tulang keropos

  1. Perhatikan Posisi Saat Menelepon atau Menerima Telepon

Saat karyawan yang bekerja di perusaahaan terutama sekretaris pasti dia sering menelepon dan mendapatkan panggilan telepon. Saat menelepon itu sebaiknya perhatikan posisi tubuh yang benar. Jangan sampai dia berbicara di telepon sambil membungkuk. Bagi resepsionis yang suka menerima panggilan telepon ada baiknya juga menerima telepon dalam posisi berdiri dengan posisi punggung yang lurus.

  1. Posisi Saat Menyetir

Orang yang terbiasa menyetir sebaiknya tahu bagaimana cara yang benar ketika menyetir. Saat menyetir sebaiknya posisi kepala tepat. Jangan terlalu ke belakang dan jangan sampai terlalu ke depan. Usahakan posisi punggung lurus dan tidak bungkuk. Hal penting lainnya adalah dengan mengatur spion kanan dan kiri mobil sedemikian rupa sehingga untuk melihat di sebelah kanan dan kiri mobil, posisi tubuh anda usahakan untuk tetap tegak. Jangan bengkok dan bungkuk. Jika sering bengkok dan bungkuk hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Oleh sebab itu mulai dari ekarang biasakan untuk memposisikan tulang punggung dalam keadaan lurus.

  1. Olahraga

Cara agar badan tidak bungkuk lainnya adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga berenang merupakan olahraga yang digadang-gadang bisa digunakan untuk mencegah postur tubuh yang bungkuk. Tidak hanya itu saja, berenang juga bisa digunakan memperbaiki postur tubuh yang sudah bungkuk khusus untuk anak muda. Anak muda yang memiliki postur tubuh bungkuk bisa diperbaiki dengan berenang da tingkat keberhasilannya adalah 70 persen, sedangkan bagi orangtua yang memiliki tubuh bungkuk dan ingin memperbaiki postur tubuhnya dengan berenang tingkat keberhasilannya adalah 30 persen.

Baca : Penyebab mual setelah olahragaCara mengecilkan perut buncit dengan berolahragaAkibat kurang olahraga

Olahraga Untuk Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah, bagaimana jika posisi tubuh sudah bungkuk. Bisakah postur tubuh diperbaiki dan membuatnya menjadi tegak kembali?. Pertanyaan itu sering sekali dilontarkan saat membahas cara agar badan tidak bungkuk. Memang ada berbagai macam faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam memperbaiki postur tubuh yang bungkuk. Salah satu faktor dominan itu adalah usia. Usia muda dan usia tua memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda ketika menerapkan berbagai cara memperbaiki postur tubuh yang bungkuk.

Hal itu dikarenakan usia muda masih memiliki kepadatan tulang yng bagus dan massa otot yang bagus, namun sebaliknya di saat usia tua. Usia tua kepadatan tulang mulai berkurang sehingga tingkat keberhasilannya cenderung lebih sedikit dibandingkan oleh anak muda. Berikut ini adalah cara memperbaiki postur tubuh yang bungkuk dan bisa anda lakukan di rumah :

  1. Chest Stretch

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk adalah dengan peregangan dada. Dengan meregangkan dada dipercaya postur tubuh pun biisa diperbaiki terutama tubuh yang bungkuk. Berikut ini cara melakukan chest stretch yang baik dan benar :

  • Posisikan tubuh dengan mengahadap pada sudut dinding.
  • Letakkanlah kedua telapak tangan di tembok dinding tersebut.
  • Geserlah posisi tubuh anda ke bagian kiri.
  • Saat anda menggeser posisi tubuh ke kiri anda harus bisa merasakan peregangan yang terjadi di bagian dada dan juga di bagian bahu anda.
  • Tahanlah agar tetap pada posisi tersebut selama 30 detik.
  • Setelah menggeser tubuh anda ke bagian kiri, cobalah anda untuk menggeser tubuh ke bagian kanan selama 30 detik.
  • Lakukanlah hal tersebut secara bergantian sebanyak 3 set. ( Baca : Dampak negatif tidak pernah berolahragaMakan dan minum langsung setelah olahragaCara melakukan olahraga yang baik dan benar )
  1. Peregangan dengan Bola Tenis

Mungkin anda sedikit asing dengan peregangan yang satu ini. Sebab tidak semua orang tahu bagaimana teknik yang benar melakukan peregangan menggunakan bola tenis. Berikut ini adalah cara peregangan yang benar menggunakan bole tanis yang bisa anda coba :

  • Lakukanlah peregangan seperti pada poin pertama.
  • Setelah melakukan peregangan di poin pertama, ambillah bola tenis.
  • Bola tenis itu memiliki fungsi sebagai pembantu dalam menfleksibelkan otot yang ada di bagian dada.
  • Cara menggunakan bola itu adalah dengan memegang bola menggunakan kedua tangan, kemudian bola itu diletakkan di bagian dada atau di bagian sekitar dada.
  • Setelah diletakkan di bagian dada, anda bisa memutar bola tersebut mengitari dada anda dan pijatlah bola tersebut selama 30 detik di dada anda.
  • Lakukanlah secara bergantian dan sebanyak 3 set. ( Baca : Penyebab mengantuk saat olahragaBahaya olahraga tanpa pemanasanBahaya olahraga tinju )
  1. Upper Back

Salah satu latihan yang bisa digunakan untuk memperbaiki postur tubuh anda adalah dengan melakukan upper back. Upper back yang akan dilakukan ini akan menekankan bagian punggung agar punggung menjadi tidak bungkuk atau bengkok. Latihan ini membutuhkan bantuan busa rolling agar latihan yang dilakukan lebih sempurna. Cara melakukan latihan upper back yang baik dan benar :

  • Letakkanlah busa rolling di bagian tulang belakang tepatnya meletakkan di bawah tulang belikat anda.
  • Setelah itu tekuku bagian lutut anda kemudian biarknlah kaki berpijak di lanrai.
  • Letakkanlah kedua tangan anda di bagian belakang kepala.
  • Setelah meletakkan tangan di belakang kepala, anda bisa mengangkat bagian pinggung secara perahan kemudian mulailah menaikkan pinggul sedikit demi sedikit selama 10 sampai dengan 15 detik lamannya.
  • Melakukanna selama 3 set. 3 set adalah posisi naik, turun ke bawah kemudian naik kembali.
  • Meman banyak orang yang mengeluhkan tidak nyaman saat melakukan latihan ini terutama bagian punggung anda. Namun latihan ini bisa meningkatkan mobilitas bagian punggung anda sehingga anda memperbiki postur punggung anda. ( Baca : Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuhOlahraga yang membakar kaloriOlahraga mengecilkan paha dan betis )
  1. Posisi Y

Pernahkah anda melakukan latihan dengan membentuk tubuh menjadi seperti huruf “Y”. Latihan yang biasa disebut dengan Prone Y extension ini diyakini bisa mengubah posisi punggung anda menjadi lebih bagus atau tidak terlalu bungkuk. Cara melakukan latihan ini adalah sebagai berikut ini :

  • Baringkanlah tubuh anda di atas mattras.
  • Setelah itu anda bisa mensejajarkan posisi kaki dengan posisi bahu anda.
  • Setelah itu, anda bisa mengangkat bagian kedua lengan anda sehingga tubuh anda akan mebentuk huruf Y.
  • Tahanlah posisi tubuh seperti itu selama 5 sampai dengan 10 detik.
  • Melakukan latihan ini secara efektif jika dilakukan sebanyak 3 samai dengan 8 set repetisi. ( Baca : Olahraga menurunkan berat badanOlahraga meninggikan badan )
  1. Close Grip Row

Latihan lainnya yang bisa digunakan untuk memperbaiki postur tubuh adalah close grip row. Ketika anda ke gym anda bisa mencoba latihan ini menggunakan bantuan mesin kabel. Cara melakukan latihan ini adalah sebagai berikut ini :

  • Gunakanah alat bantu mesin kabel.
  • Mulailah berdiri dengan kedua tangan memegang resistance band.
  • Berdirilah, kemudian tariklah band yang ada di mesin kabel itu.
  • Saat menarik mesin kabel tersebut usahakan posisi epala, bahu, punggung tetap lurus. Jangan sampai punggung terlalu maju atau malah ke belakang.
  • Lakukanlah cara tersebut sebanyak 3 set sampai dengan 15 set repetisi. ( Baca : Bahaya berenang tanpa pemanasan )
  1. Teknik Unta

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki posisi tubuh yang bungkuk adalah dengan menggunakan teknik unta. Memang cara ini sangat unik dan jarang terdengar di kalangan masyarakat luas. Teknik ini secara alami bisa membuat paru-paru mengembang dalam batas yang sempurna sehingga bagian otot diafragma manusia menjadi mengembang. Otot diafragma ini harus terjaga sekali elasitasnya terutama bagi orang yang menderita alergi dan asma. Teknik unta ini bisa memperbaiki posisi tubuh yang bungkuk bagi penderita asma dan juga alergi. Berikut ini adalah cara yang baik dan benar melakukan teknik unta seperti yang dilansir oleh medicinenet.com :

  • Posisikan tubuh dalam keadaan berdiri.
  • Usahakan bagian lutut, paha dan bagian tulang kering bisa membentuk sudut sekitar 90 derajat.
  • Mulailah untuk mengatur pernafasan dengan mengembangkan dada sambil menegakkan tulang punggung. Usahakan bahu serileks mungkin dan kedua tangan aktif tidak hanya berdiam diri.
  • Setelah itu letakkanlah tangan di bagian paha, buka bahu ke belakang sambil mengembangkan dada.
  • Mundurkan tangan untuk menuju ke tumit, buka bahu menjadi lebih lebar.
  • Setelah itu arahkalah tulang belikat menjadi ke bagian belakang rusuk.
  • Posisikan perut melebar membentuk garis horisontal.
  • Buatlah paha tetap lurus di atas lantai.
  • Setelah itu jaga agar posisi paha, tulang kering serta punggung bagian kaki tetap di atas lantai.
  • Mundurkanlah bagian tangan dan telaak kaki.
  • Arahkanah bagian wajah menengok ke belakang sejauh mungkin yang anda bisa.
  • Setelah itu posisikan tubuh menjadi seperti semula.
  • Lakukanlah secara berulang. ( Baca : Agar nafas panjang saat berlariBahaya merokok bagi alat pernafasan )
  1. Hindari Sit Up Berlebihan

Bagi anda pecinta olahraga sebaiknya menghindari sit up secara berlebihan sebab sit up yang berlebihan justru bisa membuat tubuh menjadi bungkuk. Alasannya adalah sit up bisa membuat otot-otot yang ada di bagian belakang menjadi lemah dan beresiko menyebabkan bungkuk.

Baca : Efek sit up untuk menurunkan tekanan darah

  1. Menguatkan Otot Leher

Latihan selanjutnya yang bisa digunakan untuk memperbaiki tulang bungkuk adalah dengan peguatan otot leher. Cara melakukannya adalah:

  • Letakkanlah kedua telapak tangan di atas dahi anda.
  • Perlahan doronglah kepala anda menuju ke belakang.
  • Gunakanlah otot di bagian leher agar menahan pergerakan tersebut.
  • Lakukanlah latihan ini sebanyak 5 sampai 6 detik lamanya.
  • Ulangi sebanyak 3 sampai dengan 4 kali.

Itulah berbagai macam cara agar badan tidak bungkuk dan cara memperbaiki badan yang bungkuk. Bagi anak muda yang belum mengalami tulang bungkuk, mencegah lebih baik dibandingkan memperbaiki. Oleh sebab itu lakukanlah berbagai macam tips agar badan tidak bungkuk di atas agar tulang punggung anda tetap lurus.

You may also like