Home Gaya HidupAktivitas Berbahaya 10 Bahaya Duduk Dibawah Pohon Malam Hari

10 Bahaya Duduk Dibawah Pohon Malam Hari

by Henny Anugerah

Bahaya duduk dibawah pohon malam hari merupakan efek buruk yang disebabkan oleh perubahan kelembaban udara dan meningkatnya kadar karbon dioksida di udara terbuka. Kondisi ini dapat menyerang siapa saja yang mempunyai kebiasaan keluar rumah atau melakukan aktifitas berkumpul dengan teman. Banyak orang yang memilih duduk dibawah pohon karena alasan udara malam lebih sejuk daripada siang hari dan membuat tubuh tidak mudah berkeringat.

Efek samping paling umum jika duduk dibawah pohon pada malam hari :

  • Tubuh mudah merasa lelah
  • Lebih mudah mengantuk
  • Lebih sering haus
  • Terserang flu
  • Tubuh merasa tidak nyaman

Beberapa bahaya duduk dibawah pohon malam hari terlalu lama seperti berikut ini :

Perlu diwaspadai sejuknya udara malam hari terbukti lebih kotor dari pada siang hari karena pada malam hari tidak lagi ada sinar matahari yang sebenarnya mampu menetralkan pergerakan virus disekitar kita.

1. Menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA)

Angin malam mengandung zat CO2 yang tidak boleh mengalir dalam darah manusia, Karena CO2 bersifat racun dan dapat mengakibatkan penyumbatan dan infeksi pada saluran pernafasan atas yang dapat memicu sesak nafas, Dada nyeri dan kesulitan untuk bernafas dengan lapang.

Baca juga : ciri ciri ISPA

Angin malam memiliki kelembaban yang telah tercemar oleh radikal bebas yang dihasilkan pada siang hari dan tidak mampu lagi dinetralisir oleh udara, Hal ini disebabkan pada malam hari sudah tak ada lagi cahaya matahari. Radikal bebas termasuk debu, Asap dan pergerakan bakteri atau virus lebih aktif pada malam hari dan jika terhirup oleh paru paru maka akan menyebabkan gangguan jaringan paru yang memicu penyakit paru paru basah.

Baca juga : cara mencegah paru paru basah

3. Menyebabkan penyakit malaria

Nyamuk anopheles penyebab malaria sangat aktif dan berkembang biak pada malam hari dan suka bersembunyi dibalik pepohonan atau wilayah yang memiliki kelembaban tanpa adaanya sinar matahari. Nyamuk nyamnuk tersebut dapat menggigit dan membawa virus malaria pada manusia yang mempunyai kebiasaan tidur atau duduk dibawah pohon pada malam hari.

Baca juga : Ciri ciri malaria

4. Menyebabkan kaki gajah

Udara malam yang kotor mengandung virus yang dapat menyebabkan seseorang terserang kaki gajah. Selain virus dari nyamuk anopheles virus dapat bergabung dengan zat CO2 dan virus virus penyakit lain dan mempermudah untuk masuk didalam tubuh manusia melalui rongga hidung dan mulut.

5. Menyebabkan sakit pada persendian

Seseorang yang sering duduk dibawah pohon dapat terserang nyeri pada persendian akibat kualitas kelembaban udara malam yang tidak baik. Sakit pada persendian tersebut dapat mengakibatkaan seseorang terserang rematik, Karena udara telah bercampur dengan zat CO2 dan hasil radikal bebas sisa dari siang hari yang berkumpul dengan angin malam masuk dalam jaringan tulang yang cenderung tidak terlihat oleh mata biasa. udara malam yang kotor tersebut masuk pada tubuh dan merusak jaringan sendi hingga sendi tersaa sangat sakit jika digerakkan.

6. Menyebabkan Pneumonia

Seseorang yang sering keluar malam dan duduk dibawah pohon selama berjam jam dapat terserang penyakit Pneumonia yaitu terjadinya infeksi dan radanag padaa bagian paru paru. Angin malam yang mengandung berbagai zat berbahaya terutama CO2 dapat masuk kepembuluh darah sekitar paru paru, CO2 bersifat tajam yang mampu melukai jaringan paru paru bagian dalam.

Baca juga : gejala pneumonia

7. Memicu kambuhnya Asma

Seseorang yang mempunyai penyakit asama yang telah disembuhkan sebaiknya tidak duduk dibawah pohon pada malam hari karena Zat CO2 dan kelwembabn udara yang tidak bersih dapat memicu asma kembali kambuh.

Baca juga : Cara mengobati asma kambuh

8. Mudah masuk angin

Udara malam yang kotor dapat menurunkan kualitas kekebalan tubuh dan menyebabkan seseorang mudah untuk dimasuki oleh hasil radikal bebas yang bergabung dengan zat CO2 yang berputar putar diangin malam yang nantinya menyebabkan masuk angin. Masuk angin akan diawali dengan menggigiul, tubuh terasa tidak nyaman, Batuk batuk, Sakit kepala dan sering bersin.

Baca juga : Ciri ciri masuk angin

9. Menyebabkan kulit wajah keriput

Udara kotor pada malam hari dapat menyerap kelembaban alami kulit yang membuat kulit kering, Merusak kolagen kulit dan mengganggu keseimbangan minyak alami yang ada pada permukaan kulit, Jika terus menerus kulit terserang angin malam maka akan menpercepat datangnya kerutan halus disekitar wajah yang jika dibiarkan akan menyebabkan wajah cepat keriput dan nampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Baca juga : tips awet muda paling alami dan sehat

10. Menyebabkan tubuh kekurangan oksigen

Ketika duduk dibawah pohon malam hari yang rindang selama berjam jam, Maka udara disekitarnya akan terasa sejuk. Rasa sejuk itulah sebenarnya disebabkan adanya zat C02 yang disebarkan pepohonan dan terhirup oleh hidung dan masuk pada saluran pernafasan dan memasuki pula pada aliran darah. Terlalu banyak menghirup CO2 dapat membuat seseorang mengantuk dan kekurangan oksigen karean pohon pohon yang ada disekitarnya secara kasat mata menyerap oksigen pada manusia tepat pada saat manusia bernafas.

kekurangan oksigen pada tubuh dapat menyebabkan seseorang lemas dan mengalami koma yang dapat membawa kematian. Pada dasarnya zat C02 sama bahayanya seperti zat karbondioksida yang ada pada mobil yang berhenti namun dalam keadaan mesinnya masih menyala, Jika anda tidur didalmnya dalam keadaan jendela tidak terbuka maka tubuh anda akan lemas dan lama kelamaan bisa membawa anda pada kematian.

Tips Mengatasi Masalah kesehatan Ketika Duduk Dibawah pohon Pada Malam Hari

  • Memakai baju hangat yang tebal

Baju tebal yang dimaksudkan adalah seperti baju hangat yang terbuat dari wool, Jaket bahan atau sweater tebal. Pakaian hangat mampu mempertahankan suhu tubuh tetap normal dan mampu menghalau udara dingin pada malam hari.

  • Usahakan tidak duduk dibawah pohon malam hari

Usahakan tidak duduk dibawah pohon lebih dari satu jam, hal ini untuk mencegah rongga hidung terlalu lama menghirup zat CO2 yang disebarkan pepohonan.

  • Minumlah ramuan jahe

Minumlah air jahe yang telah ditambahkaan madu dan air jeruk nipis 1/2 jam sebelum anda keluar rumnah pada malam hariu guna pencegahan serangan angin malam yang telah terkontiminasi dengan radikal bebas sisa dari pergerakan disiang hari.

  • Pakai lotion nyamuk

Pakailah lotion nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk anopheles yang membawa virus malaria yang sering bersembunyi dibalik pepohonan, Selokan atau sudut sudut yang gelap.

Baca juga : Cara sederhana mengusir nyamuk

  • Kaki harus pakai alas

Tidak membiarkan kaki tanpa menggunakan alas seperti sandal atau sepatu, karena tanpa alas kaki dapat mempermudah kelembaban angin malam masuk melalui pori pori kaki yang dapat menyebabkan seseorang mudah terserang masuk angin.

Baca juga : Cara mengobati masuk angin

You may also like