7 Bahaya Tidur Terlalu Malam bagi Wanita, Jauhi Sekarang

Jangan anggap sepele tidur terlalu malam. Tidur merupakan kebutuhan wajib bagi mania di segala usia baik pria maupun wanita. Bayi yang baru saja dilahirkan membutuhkan kebutuhan tidur yang lebih banyak. Sementara dalam usia dewasa dan lanjut usia membutuhkan durasi waktu tidur normal yaitu tujuh hingga delapan jam per hari.

Namun terkadang orang dewasa tidak memenuhi kebutuhan tidur. Terutama bagi anda seorang wanita yang mungkin memiliki aktivitas tambahan di malam hati atau bisa juga kondisi psikologis yang membuat anda tidur terlalu malam. Padahal tidur sangat bermanfaat untuk tubuh anda diantaranya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatur metabolisme, meningkatkan produktivitas dan berbagai manfaat lainnya.

Nah! Bagi anda seorang wanita yang sering tidur terlalu malam, kami sarankan untuk segera mengubah gaya hidup buruk tersebut. Alasannya karena tidur terlalu malam memiliki efek buruk bagi kesehatan anda terutama untuk kesehatan saraf. Dalam artikel berikut kami rangkum 7 bahaya tidur terlalu malam bagi wanita, jauhi sekarang atau kesehatan anda menjadi taruhan nya.

  1. Gangguan Kognitif

Khususnya anda seorang wanita pelajar atau mahasiswa, tidur terlalu malam ternyata menyebabkan menurunnya tingkat kemampuan kognitif. Hal ini disebabkan karena tidur terlalu malam membuat otak menurun dalam konsentrasi, tidak dapat memiliki ingatan yang baik, stres, serta tidak dapat menggunakan nalar secara baik, dan sulit menemukan solusi masalah. Jika anda mempertahankan kebiasaan buruk ini, maka bersiaplah untuk menunda kelulusan atau prestasi anda gampang disalip oleh teman anda sendiri. Oleh karena itu disarankan untuk anda agar tidur tidak terlalu malam agar kualitas otak anda tidak mengalami penurunan kualitas.

  1. Kecelakaan Lalu Lintas

Tidur terlalu malam membuat anda akan tergesa-gesa bangun pagi untuk berangkat kerja. Hal ini bisa membuat anda mengantuk karena kebutuhan tidur anda tidak terpenuhi. Jika kondisi ini anda alami maka hal ini bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Masalah ini sering kita temui pada kecelakaan yang dialami kendaraan umum atau pribadi. Mereka diliputi halusinasi dan perasaan was-was. Dampaknya bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

  1. Depresi

Tidur malam menyebabkan kurang tidur dan berakibat anda akan mengalami depresi yang sangat berat. Hal ini dialami oleh mereka yang memiliki kebutuhan kurang dari enam jam sehari. Gejalanya adalah sering cemas secara berlebihan, menjadi lebih sensitive, mudah tersinggung, kondisi badan kurang sehat. Disarankan bagi anda untuk tidak tidur terlalu malam, karena depresi yang ditimbulkan ternyata akan menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti jantung dan kanker.

  1. Penampilan Kulit yang Buruk

Kulit adalah alat ukur kesehatan tubuh seseorang terutama wanita. Mereka yang memiliki kebiasaan tidur terlalu malam kecenderungan memiliki penampilan kulit yang kurang cerah, pucat, loyo, keriput, serta muncul garis halus. Bagi anda wanita dampaknya adalah akan muncul garis lingkarang bengkak pada bagian mata. Hal itu terjadi dikarenakan tubuh mengeluarkan hormon stress yaitu kortisol yang lebih banyak. Kortisol yang terlampau banyak dikeluarkan dapat merusak kolagen akibatnya kulit menjadi tidak kenyal dan elastis.

  1. Obesitas

Tidur terlalu malam membuat nafsu makan anda semakin meningkat. Rasa lapar yang terlalu berlebihan akan anda alami. Kondisi tersebut memungkinkan anda makan terlalu banyak sehingga anda mengalami obesitas. Rangsangan rasa lapar ketika tidur disebabkan oleh adanya kiriman leptin yang membuat otak mendorong anda ingin makan.Konsumsi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat membuat tubuh anda menjadi semakin cepat gemuk. Hal itu meningkatkan resiko obesitas dan mengundang berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, stroke, dan ginjal.

  1. Ingatan yang Buruk

Tidur terlalu malam membuat anda menjadi pribadi yang pelupa dan hal itu sangatlah memalukan. Pada saat tidur otak bekerja untuk mengingat, menyimpan memori dan mengolah data dari saraf kecil pada saat masih sadar. Jadi pada saat anda tidur terlalu malam, otak anda tidak mampu untuk mengumpulkan data tersebut. Akibatnya anda menjadi pelupa dan kurang gairah.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Bahaya tidur terlalu malam bagi wanita yang terakhir adalah darah Tinggi atau hipertensi. Hal itu dapat terjadi karena pada saat tidur organ akan menetralisir sistem pembuluh darah dan kerja jantung menjadi maksimal. Namun saat anda tidur terlalu malam tekanan darah meningkat karena pembuluh darah tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya, dapat sangat berbahaya bagi kesehatan anda, apalagi anda yang sudah memiliki riwayat penyakit hipertensi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk