17 Ciri Ciri ISPA Pada Dewasa dan Bayi Serta Pengobatannya

5992

Ciri ciri ISPA pada orang dewasa dan bayi cukup sama dan memiliki berbagai persamaan. ISPA atau singkatan dari infeksi saluran pernafasan akut merupakan kondisi dimana terjadinya infeksi di daerah pernafasan seperti sinus, tenggorokan, slauran pernafasan dan juga paru-paru. Infeksi sebagian besar disebabkan oleh infeksi dari virus namun ada beberapa kasus juga yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ISPA ini sangat penting dan harus ditangani oleh tim medis dengan segera karena berhubungan dengan masalah pernafasan. Jika tidak diatasi langsung oleh tim medis maka penyakit ini bisa menyebar ke seluruh organ pernafasan. Seperti yang diketahui bahwa pernafasan merupakan cara untuk membawa oksigen ke dalam seluruh tubuh sehingga jika tubuh kekurangan oksigen maka bisa memicu timbulnya penyakit lain atau bahkan bisa memicu kematian.

ISPA memang tidak boleh disepelekan begitu saja dan jika anda menemui gejala menganai ISPA sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Ingat bahwa penyakit ini juga sangat berpotensi untuk menyebar dari satu orang ke orang lain dan sangat berbahaya bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah karena orang tersebut sangat rawan terserang ISPA. Penyaluran penyakit ini disebabkan oleh menghirup udara yang sama dimana di dalam udara tersebut terdapat virus atau bakteri yang disebarkan oleh para penderita ISPA lainnya melalui batuk dan bersin.

Selain itu media penularan lainnya bisa jadi karena penularan tidak langsung misalkan memegang cairan yang sudah disentuh oleh para penderita ISPA. Nah untuk menghindari terjadinya ISPA pada anda dan keluarga sebaiknya untuk membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan dan juga mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di tempat umum.

Ciri-ciri dan Gejala yang Muncul pada ISPA

Ciri ciri ISPA yang paling umum adalah terjadinya masalah yang berkaitan dengan paru paru. Ada beberapa ciri dan gejala yang bisa mengindikasikan bahwa seseorang tersebut mengalami ISPA terutama muncul pada bagian hidung dan paru-paru, lainnya seperti berikut ini:

  1. Hidung terus tersumbat dan berair, hal ini terjadi dalam waktu yang cukup lama dan pilek ini juga tidak kunjung sembuh
  2. Pada bagian paru-paru menjadi sesak dan terasa ada yang menghambat sehingga membuat para penderitanya menjadi tidak nyaman bahkan mengalami sesak nafas yang cukup mengkhawatirkan
  3. Mengalami batuk kering dan juga sakit pada tenggorokan dalam waktu yang cukup lama
  4. Sering merasakan kelelahan walaupun tidak melakukan aktivitas berat
  5. Tubuh sering terasa sakit tanpa ada sebab yang jelas
  6. Para penderita ISPA juga akan mengalami sakit kepala yang hebat akibat kurangnya oksigen ke dalam kepala
  7. Kulit menjadi kusam karena kekurangan oksigen pada tiap darah yang beredar

Jika ISPA sudah cukup parah maka bisa menimbulkan gejala yang lebih parah lagi seperti berikut ini:

  1. Dada sesak dan kesulitan bernafas
  2. Penderita akan mengalami demam tinggi dan juga menggigil
  3. Mengalami penurunan tingkat oksigen di dalam darah
  4. Mengalami kehilangan kesadaran secara tiba-tiba atau pingsan
  5. Munculnya keringat dalam jumlah yang banyak
  6. Detak jantung yang tidak beraturan
  7. Stress
  8. Kejang
  9. Gagal jantung (Baca : Serangan jantung – Gejala gagal jantung)
  10. Tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah

Penyebab ISPA

Sebagian besar ISPA disebabkan oleh virus dan berikut ini adalah beberapa jenis virus penyebab ISPA yang sudah diketahui dan diidentifikasi:

  • Adenovirus. Jenis virus yang satu ini setidaknya memiliki lebih dari 50 jenis dan mampu menyebabkan berbagai penyakit yang berkaitan dengan pernafasan seperti ISPA, pneumonia, pilek dan juga bronchitis.
  • Rhinovirus. Virus ini merupakan penyebab utama dari penyakit pilek, walau demikian pada anak kecil dan orang yang memiliki tingkat kekebalan tubuh rendah maka bisa memicu terjadinya penyakit ISPA dan penyakit pernafasan lainnya yang cukup serius.
  • Pneumokokus. Nah, yang satu ini adalah bakteri yang menyebabkan penyakit meningitis namun mampu juga menjadikan penyakit serius lainnya seperti ISPA dan pneumonia.

Jadi sebenarnya sistem kekebalan manusia memiliki peranan penting bagi kesehatan dan sebagai penangkal segala jenis virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. jadi jika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah maka akan semakin besar pula kemungkinan mereka untuk terserang berbagai jenis penyakit. Nah mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah ini adalah anak-anak, para lansia dan juga orang yang memiliki gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Resiko terkena ISPA akan lebih tinggi pada mereka yang memiliki penyakit jantung dan juga paru-parunya. Selain itu, para perokok aktif juga memiliki resiko tinggi terkena ISPA dan kesempatan untuk pulih bagi mereka akan lebih sulit.

Diagnosis ISPA

Jika anda mengalami gejala yang telah disebutkan di atas maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnose yang tepat. mendapatkan diagnose yang tepat ini sangatlah penting karena untuk menentukan penyakit apa yang anda derita dan sudah seberapa parahkah penyakit tersebut. Untuk mendapatkan diagnosa yang tepat biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan pada sistem pernafasan anda. Suara dari nafas anda juga akan diperiksa dengan betul untuk memeriksa apakah terjadi penumpukan cairan dan peradangan yang terjadi di dalam paru-paru. Pada proses pemeriksaan ini bagian hidung dan tenggorokan juga akan diperiksa denga detail.

Proses diagnose ini mungkin membutuhkan pemeriksaan menggunakan CT scan atau X ray pada mereka yang sudah mengalami penyakit ISPA dalam tingkat keparahan yang sudah cukup parah. Hal ini diperlukan untuk melihat kondisi paru-paru apakah memang sudah baik ataukah belum.

Pemeriksaan pada paru-paru merupakan hal yang sangat wajib dilakukan karena untuk melihat seberapa jauh paru-paru mampu membawa oksigen ke seluruh tubuh dan ini juga bisa menentukan seberapa parah penyakit ISPA yang anda alami. Untuk mengetahui jenis virus penyebab ISPA yang anda alami maka hal selanjutnya adalah menggunakan sampel dahak dan melakukan tes laboratorium pada dahak tersebut.

Pengobatan Penyakit ISPA

Sebenarnya hingga saat ini untuk penyakit yang disebabkan oleh virus belum ditemukan pengobatan yang efektif dan hanya berkisar pada peredaa gejala yang menyerang para penderitanya saja. oleh karena itu diagnose penyebab ISPA yang sesuai juga sangat dibutuhkan apakah ISPA disebabkan oleh virus atau bakteri yang bisa dilakukan dengan melakukan beberapa serangkaian tes laboratorium. Jika itu disebabkan oleh bakteri maka dokter akan memberikan obat antibiotic untuk meredakan bakteri yang ada di dalam tubuh.

Penyakit ISPA ini juga sangat beresiko menyebabkan terjadinya komplikasi dan jika itu terjadi dapat memicu hal yang fatal bahkan sampai pada kematian. Komplikasi dari penyakit ISPA lainnya diantaranya adalah gagal napas dan gagal jantung kongestif.

Cara Mencegah Ispa

Melakukan pencegahan merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan supaya tidak terkena penyakit ISPA. Untuk mencegahnya, hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan bersih, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Usahakan untuk selalu mencuci tangan secara teratur terutama jika setelah menggunakan fasilitas umum
  • Usahakan juga untuk tidak sering memegang bagian wajah baik itu mata, hidung dan mulut supaya anda lebih terlindung dari virus dan bakteri penyebab penyakit ISPA
  • Perbanyaklah makan buah yang mengandung vitamin C tinggi dan juga antioksidan yang mampu menangkal berbagai jenis radikal bebas serta membuat kekebalan tubuh menjadi lebih kebal lagi terhadap penyakit.
  • Bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok sebaiknya untuk menghentikan kebiasaan tersebut karena sangat beresiko menyebabkan penyakit ISPA dan penyakit pada pernafasan lainnya.
  • Ketika anda bersin, sebaiknya gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung anda atau anda bisa juga menggunakan lengan bagian dalam untuk menutupinya karena ini bisa membantu anda terhindar dari penularan virus dan bakteri penyebab penyakit ISPA.
  • Usahakan untuk memberikan pendidikan dini mengenai kebersihan kepada anak-anak karena penyakit ISPA sendiri memang lebih sering diderita oleh anak-anak.
  • Hindarkan kegiatan yang berdekatan dengan asap yang banyak seperti dekat dengan pabrik, para pengguna rokok, asap kendaraan dan lainnya.
  • Selalu menggunakan masker jika keluar rumah dan berada di lingkungan yang tidak ramah lingkungan
  • Jika akan berinteraksi dengan para penderita ISPA sebaiknya untuk menggunakan masker supaya tidak tertular virus dan juga bakteri penyebab ISPA.
  • Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami berbagai gejala penyebab penyakit ISPA
  • Selalu makan dan minum yang sehat dan mengandung banyak vitamin

Baca juga : Bahaya ISPA – Gejala ISPA – Penyebab Bronkitis Kronis

Itulah sedikit banyak informasi mengenai penyakit ISPA yang perlu anda ketahui. Saat ini dimana polusi udara sudah sangat mengkhawatirkan adalah hal yang sangat diperhatikan mengenai ksehatan terutama pada pernafasan. Penyakit ISPA ini tidak boleh disepelekan ya karena memiliki resiko untuk menjadi komplikasi dan menimbulkan berbagai jenis penyakit lainnya yang mungkin akan lebih parah lagi dan menyebabkan hal yang tidak diinginkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga anda menjadi lebih waspada pada kesehatan anda dan keluarga.