13 Penyebab Bronkitis Kronis dan Pengobatannya Pada Bayi, Anak, Dewasa

4731

Banyak yang tidak mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab penyakit bronkitis tersebut. Penderita bronkitis dibedakan menjadi dua macam yaitu penderita bronkitis primer dan juga bronkitis sekunder. Penyebab bronkitis pada penderita bronkitis sekunder adalah penderita bronkitis primer sebab bronkitis tersebut menular. Oleh sebab itu jika anda berada di sebelah orang yang memiliki penyakit batuk ada baiknya anda menutup hidung dan mulut agar virus pada orang tersebut tidak menular ke tubuh anda. Berikut ini berbagai macam penyebab bronkitis akut yang harus diwaspadai :

  1. Merokok

Bahaya merokok adalah penyebab utama penyakit ini. Penyebab utama seseorang terkena bronkitis kronis adalah kebiasaan merokok. Saat merokok, orang tersebut menghisap asap yang akan masuk ke dalam saluran pernafasan. Bahaya asap rokok yang masuk ke dalam tubuh manusia akan merusak bulu kecil di dalam paru-paru. Bulu kecil di dalam paru-paru tersebut bernama silia. Bertahun-tahun memiliki kebiasaan merokok, rambut silia akan rusak secara permanen. Tidak hanya rambut silia saja yang rusak, saluran bronkus pun akan rusak. Rambut atau bulu silia memiliki fungsi sebagai berikut ini:

  • Mencegah, menghalau dan menyapu debu keluar dari paru-paru.
  • Menghindarkan paru-paru dari iritasi yang bisa menyerangnya.
  • Menghilangkan lendir di dalam paru-paru yang berlebihan.
  1. Virus Atau Bakteri

Virus atau bakteri merupakan penyebab bronkitis. Virus tersebut ditularkan oleh penderita bronkitis primer sehingga seseorang yang berada didekatnya bisa menjadi penderita bronkitis sekunder.

  1. Terkena Polusi Udara

Membiarkan diri anda dan tubuh anda terlalu lama terpapar dengan polusi udara bisa menyebabkan anda terkena bronkitis. Alasanya adalah di dalam polusi udara memiliki zat kimia berbahaya dimana zat kimia tersebut bisa merusak rambut silia pada paru-paru. Sama halnya dengan asap rokok, zat kimia tersebut bisa merusak rambut silia secara permanen shingga paru-paru tidak terlindungi lagi. Jika paru-paru tidak terlindungi akibatnya adalah paru-paru akan mudah terinfeksi oleh berbagai macam polutan dan zat berbahaya.

  1. Debu

Orang yang alergi debu bisa terkena bronkitis. Hal itu dikarenakan debu akan mudah sekali menyerang saluran pernafasannya. Debu bagi orang yang alergi berakibat sama dengan polusi udara karena orang yang alergi debu paru-parunya rentan terinfeksi oleh debu tersebut. Terlalu lama terinfeksi oleh debu orang itu bisa terkena penyakit bronkitis kemudian penyakit bronkitis tersebut menjadi kronis.

  1. Asma

Orang yang menderita asma juga rentan untuk terkena penyakit bronkitis. Hal itu dikarenakan orang yang menderita asma saluran pernafasannya sudah terinfeksi. Infeksi pada saluran pernafasan tersebut bisa sampai ke paru-paru kemudian meyebabkan terkena bronkitis.

  1. Terpapar Polusi Industri

Bronkitis juga bisa disebabkan oleh polusi industri. Orang yang bekerja di industri yang memiliki polusi jika tidak menggunakan alat pelindung seperti masker sangat rentan untuk terkena penyakit bronkitis. Polusi industri itu bisa masuk ke dalam paru-paru yang rambut silianya telah rusak sehingga paru-paru mudah teinfeksi oleh virus bronkitis. Berikut ini polusi industri dimana pekerja industri dan orang yang berada di dekat industri tersebut harus memakai masker :

  • Tambang. Orang yang bekerja di tambang harus menggunakan masker sebab saat di industri tambang akan banyak polusi yang dihasilkan dari kegiatan menambang.
  • Batu bara. Industri batu bara memang industri yang menggiurkan namun jika tidak berhati-hati orang yang bekerja di batubara bisa terkena bronkitis. Penyebabnya adalah aroma yang dihasilkan dari batubara tersebut dan polusi industri yang dihasilkan saat proses menambang batubara.
  • Gas. Kita harus menutup hidung dan mulut saat terpapar dengan gas. Orang yang membiarkan dirinya terpapar dengan bau gas setiap hari bisa terkena bronkitis sebab gas bisa merusak paru-paru.
  • Las. Saat ini banyak tukang jasa las bertebaran dimana-mana, jasa las tersebut memang dibutuhkan banyak orang. Namun orang yang bekerja di jasa las harus memperhatikan keselamatan dan keamanan ketika bekerja. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker. Terpapar langsung dengan asap las yang dihasilkan oleh mesin las bisa merusak paru-paru sehingga menyebabkan penyakit bronkitis.
  • Industri semen. Bau semen yang menyengat dan mesin pengolah semen mengharuskan pekerja di industri tersebut menggunakan masker saat bekerja agar tidak terkena penyakit paru-paru.
  • Tembaga. Bekerja di industri tembaga akan sering terpapar dengan asap mesin yang mengolah tembaga. Bau tembaga yang menyengat ketika diolah juga perlu dihindari sebab bisa menyebabkan penyakit bronkitis.
  • Kayu. Industri kayu akan berhubungan dengan berbagai macam mesin. Di dalam industri kayu juga banyak menghasilkan polusi industri. Salah satunya adalah ketika seseorang sedang menggunakan mesin pelitur, aroma pelitur yang menyengat harus dihindari sebab bisa menyebabkan penyakit paru-paru bronkitis.
  • Perhotelan. Perhotelan merupakan salah satu pendukung pariwisata di suatu daerah atau wilayah. Dalam industri perhotelan akan menghasilkan banyak limbah dan juga polusi industri. Orang yang bekerja di industri ini harus menggunakan masker terutama orang yang berhubungan langsung dengan chemical berbau menyengat. Chemical itu biasanya digunakan untuk membersihkan kolam renang, membersihkan kamar mandi, membersihkan lantai dan masih banyak lagi lainnya. Terpapar dengan bau chemical itu setiap hari bisa menyebabkan penyakit paru-paru bronkitis.

Cara Mengobati Penyakit Bronkitis Kronis

Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi bronkitis kronis harus tepat sebab pengobatan yang tidak tepat bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang lebih serius. Berkut ini cara mengobati penyakit bronkitis secara tepat :

  1. Banyak Istirahat

Penderita bronkitis kronis disarankan untuk memperbanyak istirahat. Penderita bronkitis kronis dilarang untuk melakukan aktivitas fisik yang berat. Aktivitas fisik yang berat bisa membuat saluran pernafasan semakin menyempit sehingga penderita bronkitis kronis akan mengalami sesak nafas yang parah. Istirahat yang banyak juga bisa digunakan untuk melegakan saluran pernafasan sehingga sesak nafas bisa diminimalisir.

  1. Banyak Minum Air Putih

Untuk mengatasi bronkitis kronis bisa dengan meminum banyak cairan berupa air putih. Alasannya adalah air putih itu bisa digunakan untuk mengencerkan lendir sehingga lendir tersebut bisa mudah keluar dari paru-paru. Kekurangan cairan bisa menyebabkan kekentalan lendir sehingga lendir tidak akan mudah terangkat dari paru-paru.

  1. Pola Hidup Sehat

Untuk menghindari penyakit bronkitis akut anda harus mulai menerapkan pola hidup sehat dari sekarang juga. Berhenti dari kebiasaan merokok merupakan solusi tepat untuk menyembuhkan peyakit bronkitis. Semakin sedikit asap rokok yang masuk ke dalam tubuh semakin cepat virus bronkitis tersebut akan hilang.

  1. Menghindari Polusi Udara

Menghindarkan diri dari polusi udara selama penyembuhan penyakit bronkitis merupakan cara tepat untuk menyembuhkan penyakit ini. Hal itu dikarenakan polusi udara sangat berbahaya bagi pernafasan. Menghindari sumber penyebab bronkitis adalah cara tepat untuk mengobatinya.

  1. Ramuan Herbal

Untuk mengobati bronkitis kronis bisa menggunakan ramuan herbal. Ramuan herbal itu adalah dengan mencampurkan madu dengan perasan air jeruk lemon. Ramuan herbal tersebut dipercaya bisa digunakan untuk meredakan infeksi tenggorokan. Jika infeksi tenggorokan bisa diobati suara parau pun akan hilang.

  1. Hindari Obat Batuk

Batuk yang dialami oleh penderita bronkitis bukanlah batuk biasa sehingga tidak membutuhkan obat batuk untuk mengatasinya. Batuk akan terasa menyiksa saat malam hari, jika di malam hari batuk terasa sangat menyiksa barulah anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mengatasi batuk tersebut.

  1. Obat-Obatan

Penderita bronkitis kronis akan diberikan obat bernama mucolytic untuk mengobati penyakit tersebut. Fungsi dari obat itu adalah untuk mengurangi dahak yang ada di paru-paru.

  1. Vaksinasi Flue

Orang yang terkena bronkitis rawan untuk terkena flue yang tidak kunjung sembuh. Oleh sebab itu melakukan vaksinasi flue bersifat tahunan bisa digunakan untuk mencegah flue. Vaksinasi ini harus mendapatkan persetujuan dari dokter, jika dokter mencegahnya maka jangan melakukannya.

  1. Vaksinansi Pneumonia

Melakukan vaksinasi pneumonia juga merupakan pengobatan yang bisa dilakukan oleh penderita bronkitis kronis. Vaksinasi itu dilakukan agar menghindarkan penderita dari penyakit pneumonia yang lebih mematikan. Pneumonia juga merupakan komplikasi yang bisa terjadi jika penderita bronkitis megalami demam yang berkepanjangan.

  1. Rehabilitasi Paru

Penderita bronkitis harus diungsikan atau direhabilitasi agar tidak menular ke orang lain. Penyebaran virus bronkitis ini sangat cepat sekali sehingga berbahaya jika terkena orang lain yang tidak menderita penyakit ini. Rehabilitasi paru ini juga bermanfaat untuk meredakan gejala gejala bronkitis akut sehingga mencapai proses penyembuhan.

  1. Dilarang Mengkonsumsi Obat Generik Tanpa Resep

Untuk mempercepat penyembuhan dan tidak membuat bronkitis semakin parah penderita bronkitis dilarang untuk membeli dan mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di warung. Obat-obat tersebut bisa dibeli tanpa resep dokter. Obat tersebut dilarang dikonsumsi oleh penderita bronkitis sebab komposisi bahan pembuatannya ada yang bisa semakin memperparah kondisi penderita bronkitis. Komposisi didalamnya bisa saja memperparah batuk dan memperbanyak dahak yang ada di paru-paru. Jika penderita kesulitan dalam mengelurkan dahak, mintalah resep dokter agar diberikan obat pengencer dahak yang tepat.

  1. Terapi Oksigen

Orang yang terkena bronkitis kronis akan mengalami sesak nafas yang parah, oleh sebab  itulah terapi oksigen ini diperlukan agar penderita bisa bernafas dengan lancar dan lega.

  1. Bronkodilator

Bronkolidator adalah cara medis yang digunakan untuk meluaskan permukaan bronkus dan juga bronkiolus di paru-paru sehinga kapasitas oksigen yang masuk ke dalam paru-paru semakin meningkat. Hal tersebut bisa untuk mengatasi kasus kekurangan oksigen pada penderita bronkitis kronis. Kekurangan oksigen pada penderita bronkitis bisa menyebabkan berbagai macam masalah diantaranya pusing, mudah lelah dan masih banyak lagi lainnya.

Komplikasi

Komplikasi dari penyakit bronkitis adalah menyebabkan orang tersebut terkena pneumonia. Pneumonia tidak boleh disepelekan sebab bisa menyebabkan kematian. Hal itu dikarenakan infeksi yang menyerang paru-paru tersebut telah melebar jauh ke dalam paru-paru. Akibatnya paru-paru yang seharusnya berisi udara justru berisi cairan.

Pencegahan

Berikut ini berbagai cara pencegahan penyakit bronkitisi kronis yang harus diketahui :

  1. Menghindari Penyebaran Virus Bronkitis

Virus bronkitis bisa menular melalui udara dan juga dahak si penderita. Oleh sebab itu untuk mencegah penyakit bronkitis adalah tidak berpaparan langsung dengan penderita bronkitis. Saat ada orang yang batuk jangan berhadapan langsung dengannya sebab virus di udara akan cepat sekali menyebar.

  1. Penggunaan Masker

Menggunakan masker saat bekerja atau bepergian merupakan langkah tepat untuk mencegah virus bronkitis masuk ke dalam tubuh. Masker yang digunakan pun merupakan masker yang harus sesuai dengan kesehatan bukan masker yang hanya digunakan untuk style / gaya semata. Masker untuk style atau gaya tidak bisa digunakan untuk mencegah virus.

  1. Meningkatklan Sitem Imun

Sitem imun yang meningkat akan membuat daya tahan tubuh terhadap penyakit meningkat. Untuk meningkatkan sistem imun bisa mengkonsumsi buah buahan kaya vitamin c dan juga makan makanan bergizi. Jangan lupa untuk memperbanyak air putih untuk melancarkan peredaran oksigen di dalam tubuh.

  1. Jangan Berbagi Peralatan Pribadi

Kita tidak tahu apakah orang di dekat kita memiliki penyakit menular atau tidak, oleh sebab itu kita tidak boleh meminjamkan peralatan pribadi kita ke orang lain. Jika hal itu dilakukan kita akan mudah terkena penyakit yang diderita orang tersebut.

  1. Jangan Merokok

Agar terhindar dari penyakit bronkitis anda juga harus meghidnari rokok. Jangan menjadi perokok atif maupun perokok pasif sebab keduanya akan sama-sama berbahaya. Rokok dan asap rokok merupakan sumber berbagai macam penyakit berbahaya salah satunya adalah penyakit bronkitis kronis. Rokok dan asap rokok bisa merugikan kesehatan terutama bisa merugikan organ pernafasan seperti paru-paru manusia.

Artikel Paru Paru lainnya

Itu lah beberapa penyebab bronkitis kronis hingga penanganan dan cara mencegahnya agar tidak terjadi pada siapa saja termasuk anak anak dan bayi.