32 Cara Membersihkan Paru Paru Yang Kotor Paling Alami Dan Mudah Dilakukan

Paru-paru merupakan alat pernapasan yang sangat vital pada tubuh manusia dan rupanya organ satu ini dapat menjadi kotor dengan mudah. Saat kita menghirup polutan saat sedang berada di luar rumah, hal inilah yang menjadi penyebab paru-paru kotor yang paling utama selain faktor kebiasaan merokok. Ada berbagai cara membersihkan paru paru yang kotor, yakni sebagai berikut.

  1. Minum Air Putih

Cara paling sederhana dalam membersihkan paru-paru yang kotor adalah dengan memperbanyak asupan air putih, khususnya bagi perokok. Ingat bahwa dehidrasi mampu dipicu oleh aktivitas merokok dan dengan minum air putih, maka ini akan membantu membersihkan paru-paru sekaligus mencegah bahaya dehidrasi.

  1. Minum Jus Wortel

Setiap setelah sarapan, selisih 1 atau 2 jam Anda bisa mengonsums jus wortel 300 ml. Alangkah lebih dianjurkan apabila Anda mengonsumsi jus wortel ini di antara waktu sarapan dan makan siang. Cara ini amat alami untuk mendetoks organ paru-paru dan membersihkannya secara efektif.

  1. Hot Shower

Shower atau mandi air hangat/panas selama 20 menit setiap hari ternyata bagus dalam menghilangkan berbagai macam racun di tubuh. Bila Anda lebih suka mandi dengan cara berendam di bathtub, tambahkan pula beberapa tetes minyak kayu putih supaya uapnya terhirup dan mampu membersihkan paru-paru.

  1. Bernapas Dalam-dalam

Melatih pernapasan dengan melakukan pernapasan dalam-dalam setiap hari kurang lebih setengah jam rupanya baik dalam membantu mendetoks paru-paru. Supaya paru-paru yang kotor dapat kembali bersih, lakukan latihan pernapasan ini setiap hari, baik itu setelah bangun tidur atau sebelum tidur di malam hari.

  1. Mengunyah Daun Peppermint

Jika suka dengan sesuatu yang berbau herbal, maka Anda bisa coba cara membersihkan paru-paru kotor dengan menyediakan setidaknya 5 lembar daun peppermint. Setelah Anda cuci bersih, Anda bisa mengunyah-ngunyahnya untuk menghilangkan segala bentuk bakteri penyebab infeksi pada paru-paru.

  1. Mengonsumsi Oregano

Oregano dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan sifat dekongestan alami. Oregano pun diketahui ampuh dan efektif dalam mengembalikan fungsi saluran pernapasan yang sempat terhambat. Untuk membersihkan paru-paru yang kotor pun dapat diandalkan, yakni dengan menaburkan makanan Anda dengan oregano ini.

  1. Minum Jus Cranberry

Selain jus wortel, buah berry seperti cranberry pun bisa Anda manfaatkan untuk melawan segala bentuk bakteri penyebab infeksi pada organ paru-paru sekaligus membersihkannya bila kotor. Jus cranberry 400 ml setiap hari bisa dikonsumsi sebelum tidur supaya hasilnya maksimal.

  1. Minum Jus Nanas

Jika kurang suka jus wortel atau jus cranberry, atau bila Anda ingin sedikit variasi, maka pertimbangkan untuk mengonsumsi jus nanas 400 ml setiap hari. Lakukan cara ini setiap hendak berangkat tidur. Antioksidan di dalam jus nanas dapat Anda andalkan agar membersihkan paru-paru secara efektif sekaligus memperlancar saluran pernapasan.

  1. Mengunyah Jahe

Kandungan sifat antibakteri dan antiseptik di dalam rempah jahe sangat tinggi sehingga jika Anda ingin memanfaatkannya sebagai pembersih paru-paru alami, maka itu adalah keputusan yang tepat. Caranya pun mudah, cukup kunyahlah sepotong jahe segar yang sudah dikupas dan dibersihkan. Tapi, waspadai juga akan efek samping jahe dengan tidak menggunakan secara berlebihan.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih secara rutin seminggu paling tidak 2 kali saja rupanya mampu menjadi penurun risiko kanker paru-paru hingga 44% menurut hasil penelitian di China. Asalkan Anda tahu efek samping bawang putih jika dikonsumsi berlebih, maka tentu semuanya akan aman sebab pada dasarnya jika dikonsumsi sesuai aturan, kandungan antioksidan siap menangkal segala bentuk efek radikal bebas di dalam tubuh Anda.

  1. Makan Jeruk

Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini juga kaya akan antioksidan yang mampu menjadi penurun risiko kanker paru-paru. Bahkan bagi perokok, makan jeruk atau minum jus jeruk rutin mampu mengurangi kadar nikotin. Jadi supaya metabolisme tubuh juga lancar, mulailah teratur mengonsumsi buah segar satu ini.

  1. Makan Brokoli

Brokoli juga adalah jenis makanan yang mengandung vitamin C tinggi sekaligus juga vitamin B5. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, jangan ragu untuk mengonsumsi brokoli setiap hari supaya kadar nikotin yang menumpuk dalam tubuh dapat dikikis sedikit demi sedikit.

  1. Mengonsumsi Kiwi

Buah kiwi adalah buah yang diketahui kaya akan kandungan vitamin E, vitamin A, dan vitamin C sehingga tak salah lagi buah ini menawarkan perlindungan ekstra bagi tubuh dari efek bahaya radikal bebas. Supaya paru-paru kotor pada perokok bisa bersih lagi, konsumsilah kiwi secara rutin, baik dijus atau dimakan langsung.

  1. Makan Bayam

Paru-paru yang kotor tak hanya disebabkan oleh polutan, tapi juga rokok. Jadi bagi Anda yang suka merokok, berhentilah sebab bahaya merokok bagi kesehatan tidaklah main-main besarnya. Setelah berhenti, konsumsilah bayam secara rutin untuk menurunkan kadar nikotin.

  1. Mengonsumsi Pisang

Untuk proses pembersihan paru-paru yang kotor, makanlah makanan yang mengandung kalium tinggi seperti buah pisang. Anda bisa mengonsumsi pisang dengan cara memakannya langsung atau bisa juga Anda buat sebagai minuman jus, seperti jus pisang yang bisa dikombinasi sayur atau buah lain.

  1. Minum Air Lemon

Supaya Anda terhindar dari berbagai penyakit paru-paru dan sekaligus menjaga paru-paru tetap bersih, minumlah air perasan lemon yang dicampur dengan air yang totalnya 300 ml sehari. Anda boleh juga menambahkan madu murni dan konsumsilah setiap pagi sebelum sarapan, alias perut masih kosong.

  1. Minum Teh Hijau

Agar seluruh racun pada paru-paru maupun usus bisa dibuang secara alami, maka minumlah teh hijau secara rutin, paling tidak sehari 1-2 kali. Jika ingin mengonsumsinya secangkir sehari, meminumnya sebelum tidur jauh lebih efektif dalam membersihkan paru-paru sekaligus usus.

  1. Mengonsumsi Kedelai

Mengonsumsi kedelai adalah salah satu cara untuk mencegah sesak nafas termasuk juga membersihkan paru-paru dan memperbaiki fungsinya. Ada kandungan flavonoid di dalam kedelai yang menawarkan sifat antiradang sehingga mengonsumsinya bagi para perokok aktif mampu menurunkan risiko kanker paru-paru.

  1. Menggunakan Licorice

Licorice atau akar manis memiliki sifat antibiotik alami serta juga antiradang dan antioksidan tinggi sehingga dengan mengonsumsinya mampu mendetoksifikasi tubuh. Teh licorice adalah yang paling mudah, yakni dengan menyeduh 1 sendok makan bubuk licorice di dalam segelas air panas selama 15 menit. Tak usah menambahkan pemanis pun rasanya sudah cukup manis sehingga manisnya dijamin alami.

  1. Menggunakan Minyak Rosemary

Satu lagi alternatif cara untuk membersihkan paru-paru kotor yang juga alami dan tanpa efek samping berbahaya. Minyak rosemary bisa dijadikan sebagai inhaler bagi Anda yang juga kerap mengalami sesak nafas. Jika ingin menggunakannya sebagai inhaler, maka teteskan beberapa kali minyak ini pada air mendidih secukupnya, hirup uapnya selama setengah jam.

  1. Menggunakan Minyak Kastor

Dalam upaya membersihkan paru-paru yang kotor karena toksin sekalipun, Anda bisa menggunakan minyak kastor di mana sebuah kain bersih bisa Anda celup ke dalam minyak kastor lalu dikompreskan langsung pada bagian dada. Di atas kain tersebut, tutup dengan plastik selama 2 jam di mana cara ini bisa dilakukan seminggu 2 kali.

  1. Yoga

Latihan fisik seperti Yoga adalah suatu jenis olahraga yang tepat bagi Anda yang juga ingin membersihkan paru-paru yang kotor. Selain membuat otot jauh lebih rileks dan fleksibel, Yoga adalah suatu jenis latihan fisik yang tepat untuk memperlancar pernapasan sekaligus memperkuat organ paru-paru karena adanya latihan pernapasan sebagai bagian dari Yoga.

  1. Menghindari Minuman Tertentu

Jika tak ingin paru-paru mudah kotor, maka cobalah untuk menghindari konsumsi beberapa jenis minuman, khususnya kopi, alkohol, serta soda. Bahkan terlalu berlebihan mengonsumsi minuman-minuman tersebut mampu menyebabkan berbagai masalah kesehatan kronis lainnya.

  1. Menghindari Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Makanan yang berkandungan lemak trans serta lemak jenuh tinggi tak hanya tak baik bagi paru-paru, tapi juga mampu menyebabkan obesitas dan memperbesar potensi berbagai penyakit kronis seperti jantung, stroke, kolesterol tinggi dan darah tinggi. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal maupun lemak tak jenuh ganda yang jauh lebih aman.

  1. Menghindari Rokok

Aktivitas merokok sudah jelas adalah faktor penyebab utama selain polutan dibalik kotornya paru-paru, terutama karena nikotin yang memenuhi paru-paru. Oleh sebab itu, mulailah mencari cara menghentikan kebiasaan ini supaya juga terhindar dari berbagai penyakit akibat merokok.

  1. Memiliki Tanaman Aloe Vera dan Pohon Bambu

Dengan memiliki kedua jenis tanaman saja di rumah seperti pohon bambu maupun aloe vera yang ditanam pada pot 10-12 inci rupanya bisa membantu memperlancar pernapasan sekaligus mendukung proses pembersihan organ paru-paru. Ini juga menjadi cara ampuh meningkatkan peredaran udara di dalam ruangan Anda.

  1. Mengonsumsi Makanan Berfolat Tinggi

Kacang hitam dan lentil adalah contoh dari makanan yang mengandung folat tinggi. Untuk membersihkan paru-paru yang kotor baik karena polutan maupun toksin dalam bentuk lain, masukkanlah makanan berfolat tinggi ke dalam menu diet harian Anda.

  1. Menjadikan Rumah Zona Bebas Rokok

Walau Anda sendiri tidak merokok, mungkin saudara atau suami Anda adalah perokok aktif sehingga Anda pun menjadi perokok pasif karena seringnya menghirup asap rokok. Jadi, supaya paru-paru bersih, jadikan rumah Anda zona bebas rokok di mana otomatis aktivitas merokok dilakukan di luar rumah.

  1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Dalam membersihkan karpet, sofa dan lainnya, cobalah mulai sekarang mengandalkan vacuum cleaner dengan hisapan yang kuat sekaligus berspesifikasi bagus dengan adanya filter yang berkualitas tinggi. Dengan demikian, upaya membersihkan rumah bisa lebih baik dan debu tak ke mana-mana sehingga mengotori paru-paru.

  1. Menghindari Area Berpolusi

Jika Anda ingin membersihkan paru-paru, maka batasi untuk mengunjungi tempat-tempat atau area yang berpolusi tinggi. Jika memang tetap harus ke tempat seperti itu, beri perlindungan ekstra pada tubuh Anda, khususnya memakai masker agar polusi tak terhirup dengan mudah.

  1. Menghindari Penggunaan Produk Pembersih dengan Aroma Menyengat

Produk pembersih perabotan dan rumah tidak selalu aman sebab aroma yang terlalu menyengat biasanya juga menandakan bahwa di dalam produk itu mengandung bahan-bahan kimia keras yang bila terhirup kurang baik bagi paru-paru. Beralihlah pada produk pembersih non-toxic untuk menjaga kesehatan Anda.

  1. Meningkatkan Kapasitas Paru-paru

Cara paling mudah dalam meningkatkan kapasitas paru-paru sekaligus menjaga organ ini untuk tetap bersih adalah dengan melakukan olahraga setiap hari. Olahraga paling ringan sekalipun bisa Anda lakukan selama 15-30 menit seharinya. Jauh lebih dianjurkan pula untuk berolahraga di luar rumah yang jauh dari polusi dan berudara segar.

Semoga dengan cara-cara membersihkan paru paru yang kotor paling alami dan mudah dilakukan tersebut, Anda bisa menjaga paru-paru tetap bersih dan selalu sehat.