12 Gejala Flu Tulang dan Pengobatannya

Jika seseorang merasakan nyeri sendi yang disertai demam tinggi setelah digigit nyamuk, diharapkan untuk waspada karena hal tersebut dapat menjadi indikasi atau gejala yang disebabkan oleh flu tulang. Dengan mengetahui beberapa gejala flu tulang dapat dilakukan tindakan antisipasi dalam rangka menanggulangi penyakit tersebut sebelum menjadi parah.

Pengertian

Flu tulang merupakan penyakit yang menyerang area persendian. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang patut diwaspadai karena dapat menyebabkan kelumpuhan pada tubuh. Dalam istilah medis, flu tulang memiliki kemiripan dengan arthritis (penyakit sendi kronis), radang sendi, atau juga rematik. Masyarakat pada umumnya mengenal flu tulang dengan sebutan penyakit chikungunya. Sebutan flu tulang muncul karena penyakit ini akan menimbulkan rasa nyeri pada sendi dan tulang pada tubuh, namun juga penderita mengalami gejala flu seperti pada flu yang biasa menyerang tubuh.

Flu tulang disebabkan oleh adanya virus yang masuk ke dalam tubuh. Nama virus tersebut adalah Parvovirus B19. Virus ini menyebar melalui gigitan nyamuk sehingga sangat rentan sekali untuk masuk ke dalam tubuh. Nyamuk yang biasa menularkan virus ini ada dua spesies, yaitu nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Nyamuk-nyamuk ini memiliki kebiasaan mengigit di waktu siang dan sangat aktif di pagi dan sore hari. Jika seseorang telah tergigit oleh nyamuk ini, orang tersebut akan mulai merasakan gejala-gejala mulai dari 3-7 hari setelah terkena gigitan. Virus penyebab flu tulang tadi akan berkembang dalam tubuh penderita sekitar 5-7 hari untuk selanjutnya menetap dalam tubuh penderita.

Flu Tulang dapat sembuh sendiri dalam kurun waktu 7-15 hari tanpa melakukan perawatan. Biasanya penderita akan merasa lebih baik dan berangsur sembuh dari penyakit ini. Biasanya penderita flu tulang hanya diberi obat pereda nyeri dan penurun panas. Flu tulang sering dikira sebagai penyakit demam berdarah karena memiliki gejala yang mirip, namun pada kasus flu tulang adanya pembengkakan pada sendi merupakan gejala yang menguatkan bahwa penyakit tersebut merupakan penyakit flu tulang. Flu tulang menyebabkan penderitanya merasakan kesakitan pada persendian, bahkan dapat menyebabkan penderitanya membungkuk atau meringkuk karena semua tulang akan teasa sakit jika digerakkan.

artikel terkait flu tulang atau chikungunya : penyebab chikungunyaciri-ciri chikungunyapencegahan flu tulangcara mencegah chikungunya

Gejala

Ada beberapa gejala chikungunya atau ciri-ciri flu tulang yang ditimbulkan, antara lain:

1. Demam

Penderita flu tulang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi virus dari jenis nyamuk A. aegypti pada awalnya. Akan tetapi, setelah 3 hari terkena gigitan nyamuk dan virus masuk ke dalam tubuh, virus ini akan menyerang tubuh dengan cepat. Demam akan menyerang secara tiba-tiba pada malam hari. Demam akan membuat penderita susah untuk bangun dan beranjak dan akan semakin parah karena rasa sakit akan muncul pada bagian tulang dan persendian.

2. Nyeri pada persendian

Setelah kemunculan demam pada penderita, lalu gejala lain yang muncul adalah nyeri pada persendian. Semua bagian tubuh akan merasakan sakit. Persendian yang diserang oleh penyakit ini terutama sendi pada bagian tangan, persendian kaki, dan juga persendian pada punggung. Rasa nyeri ini yang kemudian akan menyebabkan tubuh penderita menjadi sangat lemah dan juga susah untuk digerakkan. Bahkan yang lebih parah adalah ketika seluruh badan merasakan kesakitan yang berlebih walapun hanya mengalami sentuhan.


baca juga: nyeri sendi lututbahaya mandi malam hari bagi kesehatan tubuh

3. Sakit kepala

Setelah virus memasuki tubuh dan menyebabkan beberapa gejala seperti demam dan nyeri pada sendi, selanjutnya penyakit ini akan menyerang bagian kepala sehingga menimbulkan sakit kepala. Sering sakit kepala biasanya muncul bersamaan dengan munculnya demam yang terjadi pada malam hari. Hal ini disebabkan karena adanya virus yang masuk ke bagian sistem saraf dan merusak bagian sistem saraf sehingga membuat beberapa bagian sendi kaki dan tangan merasa sangat sulit digerakkan.

4. Sendi bengkak

Infeksi virus yang menyerang pada bagian persendian yang merasakan sakit juga akan nampak mengalami pembengkakan. Keadaan ini akan menyebabkan persendian yang mengalami sakit tidak dapat digerakkan karena sudah bengkak. Sendi yang membengkak akan menyebabkan tubuh semakin terasa sakit. Gejala ini akan semakin parah apabila penderita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Untuk itu perbanyak asupan air untuk meringankan gejala ini.

5. Tulang sakit saat digerakkan

Kesehatan tulang pada penderita flu tulang juga akan mengalami gangguan seperti merasa kesakitan pada tulang saat digerakkan. Dengan menjalarnya virus pada bagian sendi yang mengalami pembengkakan maka semua bagian tulang juga akan merasakan kesakitan yang berlebih. Biasanya bagian tulang yang diserang pertama kali adalah bagian tulang kaki dan juga bagian tulang pada tangan. Setelah menyerang kedua tulang pada bagian tubuh tersebut, baru rasa sakit akan menjalar dan menyerang pada bagian punggung dan berangsur menyerang pada semua bagian punggung yang juga akan menyebabkan rasa sakit yang amat sangat.

baca juga: cara menjaga kesehatan tulang

6. Ruam pada kulit

Pada gejala awal terserang penyakit ini biasanya akan muncul ruam pada bagian kulit. Ruam ini dapat menjadi indikasi bahwa tubuh terserang oleh virus. Ruam akan muncul pada tangan dan kaki sebelum rasa sakit muncul. Seiring berjalannya waktu ruam akan mulai muncul pada bagian persendian dan rasa sakit pun akan lebih mudah untuk muncul. Namun, gejala seperti ini bukan merupakan gejala utama dari penyakit ini dan hanya sedikit penderita yang mengalami gejala munculnya ruam pada bagian kulit.

7. Kram pada otot

Kram pada otot adalah salah satu gejala utama dari penderita ketika penyakit ini telah menyerang bagian persendian. Kram akan muncul setelah sendi terasa sakit. Gejala ini akan muncul paling sering pada bagian kaki atau kaki kram setelah sendi pada bagian ini mengalami pembengkakan. Infeksi membuat sistem kerja otot tidak stabil dan tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini menyebabkan otot lebih mudah lelah dan sangat sulit untuk digerakkan. Otot yang sering menegang akan membuat kram mudah muncul dan rasa sakit semakin parah.

8. Mual

Gejala ini biasanya muncul pada tahap awal dari penyakit flu tulang. Mual muncul disebabkan oleh tubuh yang membentuk respon yang sangat buruk karena adanya infeksi dari virus ke dalam tubuh. Rasa mual akan semakin parah karena adanya penderita yang mengalami susah makan dan minum sehingga tubuh kekurangan asupan makanan dan juga kekurangan cairan. Cara untuk mengatasi perasaan mual yang muncul adalah dengan sering mengonsumsi air agar tubuh terhindar dari bahaya akibat kurang minum air putih dan bahaya dehidrasi.

baca juga: sering mual setelah makan

9. Pusing yang semakin parah

Sakit kepala dapat menjadi lebih parah pada semua penderita flu tulang, baik pada tahap awal penyakit ini menyerang atau setelah melewati masa inkubasi. Gejala kepala sering pusing akan membuat penderita semakin sulit untuk bangun dari tempat tidur dan juga diperparah dengan rasa sakit yang mendera seluruh tubuh. Untuk mengatasi gejala ini, penderita harus memenuhi asupan makanan dan juga cairan dalam tubuh agar memiliki tenaga cukup untuk dapat pulih dan melawan infeksi yang disebabkan oleh virus ini.

baca juga: mata kunang kunang kepala pusingkepala sering terasa berat, pusing, dan mual

10. Muntah

Muntah disebabkan karena rasa mual yang berlebihan pada penderita. Ini juga dikarenakan penderita kurang mengonsumsi makanan yang cukup sehingga infeksi akan menyerang lebih cepat. Bagi penderita penyakit maag maka kondisi ini akan semakin menjadi lebih parah dan akan sangat susah untuk pulih. Muntah juga akan lebih parah pada penderita usia tua karena sistem kekebalan tubuh mereka sudah mulai menurun.

11. Tubuh sangat lelah

Tubuh akan terasa cepat lelah karena tidak mampu untuk melawan infeksi pada tubuh. Tubuh yang terasa sangat lelah ini dapat menyebakan penderita tidak mampu untuk menahan rasa sakit karena infeksi yang menyerang pada bagian sendi. Biasanya tubuh akan pulih sendiri setelah infeksi sembuh dan tidak memerlukan perawatan khusus.

baca juga: cepat lelah dan jantung berdebar

12. Sakit punggung

Sakit punggung dimulai ketika infeksi ini menyerang area sendi tubuh. Rasa sakit pada punggung biasanya akan menyebabkan penderita membungkuk dan meringkuk. Ketika tubuh terlalu meringkuk karena menahan rasa sakit tersebut justru akan menyebabkan rasa sakit semakin parah. Kondisi ini akan terus bertahan hingga flu tulang benar-benar sembuh.

Pengobatan

Sebenarnya penyakit flu tulang tidak memiliki vaksin atau obat khusus untuk menghilangkan virus sebagai penyebab penyakit ini. Namun, penyakit ini dapat pulih sendiri setelah beberapa hari. Ada pun cara yang dapat ditempuh untuk mempercepat pemulihan dari flu tulang ini sebagai berikut:

  • Jangan terlalu banyak menggerakkan tubuh dan lebih baik berbaring di tempat tidur.
  • Rutin mengonsumsi air mineral untuk mengatasi dehidrasi agar tubuh tidak terlalu lemah.
  • Mengonsumsi makanan yang lembut agar tubuh mendapatkan asupan kebutuhan nutrisi yang cukup.
  • Pemberian obat penghilang rasa nyeri pada sendi juga untuk meredakan demam, biasanya dilakukan oleh dokter yang merawat.
  • Setelah pulih, dapat mencoba untuk bergerak lebih banyak mulai dari gerakan untuk sendi kaki, tangan, dan juga bagian punggung. Jika tubuh tidak dapat digerakkan dengan baik maka sangat diperlukan untuk latihan fisioterapi.

Demikian beberapa tips untuk mempercepat pemulihan dari penyakit flu tulang. Jaga kebersihan lingkungan dan buanglah sampah pada tempatnya. Ketika sampah berserakan, maka sampah tersebut dapat menjadi sarang bagi nyamuk. Selain itu, tutup genangan air atau tempat penampungan air. Dengan menjaga kebersihan, penyebaran dari virus penyebab penyakit flu tulang ini dapat dicegah. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Namun, jika seseorang telah tertular penyakit ini, sebisa mungkin harus segera ditangani oleh dokter atau tenaga kesehatan terdekat.

, , , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 03:55 Oleh :
Kategori : Flu Tulang