13 Penyebab Sakit Pinggul Pada Pria dan Wanita

2347

Penyebab sakit pinggul dapat dialami oleh pria dan wanita walaupun pada kenyataannya wanita adalah yang terbanyak menderita masalah dibagian pinggul. Sakit pinggul awalnya dianggap banyak orang sebagai keluhan yang biasa saja karena kelelahan dan akan sembuh dengan sendirinya, namun kenyataannya sakit pada pinggul banyak sebabnya dan bisa mengakibatkan seseorang kesulitan berjalan

Gejala

  • Kaki mengalami mati rasa
  • Terserang kesemutan
  • Kesulitan berjalan normal
  • Adanya pembengkakan daerah pinggul bagian luar tubuh
  • Tubuh terasa pegal pegal dan mudah lelah
  • Pinggul terasa nyeri dan tidak nyaman ketika duduk, berdiri dan berjalan
  • Ada tonjolan kecil tulang di sekitar tukang pinggul karena tulang mengalami keretakan atau bahkan patah

Penyebab

1. Kram otot pinggul
Penyebab sakit pinggul dapat disebabkan karena seorang wanita sedang mengalami siklus menstruasi. Ketika haid tubuh wanita kan mengalami perubahan hormon yang menyebabkan kontraksi hebat terhadap rahim dan area otot pinggul sehingga sakit pada rahim dapat menjalar kearah pinggul hingga menyebabkan pinggul nyeri yang luar biasa.

2. Penyakit Fibromyalgia
fibromyalgia adalah pemicu munculnya sakit pada area pinggul yang datang dann timbul secara berkesinambungan.Kondisi ini bisa terjadi pada saat seseorang sedang mengalami sakit iritasi kandung kemih dan kesulitan tidur atau insomnia.

3. Karena melahirkan
Pada masa persalinan, Terutama persalinan normal akan ada saaat ibu mengejan untuk mempercepat bayi terdorong keluar dari rahim . Saat itulah legamin yang membantu bayi cepat untuk keluar justru berpotensi mengacaukan kondisi persendian yang ada diarea pinggul menjadi mengalami kelainan atau kerusakan. Kondisi ini dapat menghambat jaringan endometriosis diluar rahim , Akibatnya pinggul akan sakit ketika sedang berhubungan intim atau sedang mengalami menstruasi dan pada sebagian wanita menjadi mandul karenanya.

4. Syndrom iritasi usus besar
Kurang mengkonsumsi makan yang mengandung serat tinggi dan berkadar air yang banyak dapat menyebabkan seseorang terserang sakit tiba tiba pada pinggulnya. Gejala ini ditandai ketika seseorang kesulitan untuk buang air besar atau bahkan terserang diare.

5. Infeksi jaringan pinggul
Ketika tumbuh kista pada masa ovulasi disekitar rahim atau luar rahim maka akan menyebabkan kerusakan otot pinggul yang nantinya berpotensi menyebabkan sakit pinggul.

6. Karena terkilir
Ketika seseorang melakukan aktifitas tanpa sengaja mengalami keseleo atau terkilir pada pinggulnya maka akan ada keluhan diseputar pinggulnya seperti robeknya jaringan ligamen, Peregangan otot pinggul atau terjadi pembengkakan area pinggul , Akibatnya terjadi pemisahan sendi yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada pinggul.

7. Retak atau patah tulang pinggul
Retak atau patah tulang pinggul yaitu terjadi pada area paha bagian atas menuju tulang seputar panggul dan pinggul. Kondisi tersebut menyebabkan adanya pembengkakan, Kesulitan berjalan dan pinggul terasa sakit .

8. Endometriosis
Endometriosios merupakan lapisan rahim yang mengalami peningkatan pada area organ tubuh secara abnormal dan tidak dierasakan oleh sipenderita. Kondisi ini lama kelamaan akan menimbulkan rasa nyeri, Pegal, Linu pada pinggul secara berulang ulang.
Baca juga : Bahaya Endometriosis

9. Osteoporosis
Penyebab sakit pinggul yang sering menyerang para laansia adalah Osteoporosis . Osteoporosis adalah kondisi dimana berkurangnya jaringan otot yang memilki kemampuan menopang dan mempertahankan kekuatan tulang dan persendian, Akibatnya terjadi erosi tulang yaitu mudah keropos, Menipis dan mudah retak. Keadaan ini dapat menyebabkan munculnya masalah nyeri pada area pinggul.
Baca juga : Ciri ciri Osteoporosis

10.Sendi keluar dari posisinya
Sendi dapat keluar dari posisinya ketika seseorang mengalami trauma tulang akibat terjatuh dengan keras. Kondisi jatuh tersebut menimbulkan pembengkakan pada area pinggul dan berpotensi menyebabkan sakit pinggul selama kurun waktu yang cukup lama. Pinggul akan terus merasakan linu dan sakit ketika kaki dilatih untuk berjalan. Namun dengan pengobatan medis yang benar trauma jatuh akan mudah dihilangkan dan pinggul akan kembali normal dan tidak menderita nyeri lagi.

11.Bursitis
Busitis adalah terjadinya peradangan atau pembengkakan pada kantung yang berisi cairan terdiri dari ligamen, Sendi rawan dan tendon. Bursaitis adalah sebuah bursa yang memilki fungsi sebagai bantalan utama untuk melindungi tubuh darui gesekan yang disebabkan oleh kecelakaan misalnya terjatuh atau ter kena benturan. Jika memang telah peradangan, Maka dapat menyebabkan sakit pada pinggul.

12. Aktifitas terlalu berat
Penyebab sakit pinggul yang sering dilamai pria dewasa adalah ketika Seseorang yang mempunyai kebiasaan melakukan kerja atau aktifitas yang berhubungan denagn mengangkat beban terlalu berat, Mak seiring waktu persendian dan otot bagian pinggul akan terus menerus mendapat tekanan dan mengalami erosi. Kondisi dapat merusak jaringan pinggul yang memicu pinggul menderita nyeri luar biasa dan terserang linu linu yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur.

13.Osteoartritis
Penyebab sakit pinggul yang banyak menyerang wanita adalah Osteoartritis , Yaitu gangguan atau kerusakan pada tulang rawan pinggul yang biasanya sering menyerang wanitta berusia antara 30 sampai 50 tahun yang muncul akibat obesitas dan karena pernah mengalami trauma benturan akibat kecelakaan.