Home Gaya HidupCara Hidup Sehat 10 Cara Mencegah Trigliserida Tinggi

10 Cara Mencegah Trigliserida Tinggi

by Ana Rohma

Trigliserida adalah salah satu bentuk utama dari lemak yang ada dalam tubuh manusia. Trigliserida adalah bentuk dari produk akhir dari lemak yang masuk ke dalam tubuh dan menumpuk dalam tubuh karena sudah tidak dapat digunakan oleh tubuh. Semua jenis makanan yang mengandung lemak dan masuk ke dalam tubuh tidak semuanya langsung digunakan oleh tubuh sebagai sumber tenaga, karena itu beberapa lemak yang tidak terpakai akan dirubah menjadi bentuk trigliserida.

Trigliserida akan diangkut dalam darah dan akan menggumpal dalam tubuh karena mendapatkan bantuan dari lipoprotein. Cadangan trigliserida dalam tubuh akan digunakan sebagai sumber energi jika tubuh tidak memiliki makanan misalnya ketika Anda sedang diet.

Fungsi dan Karakteristik Trigliserida

Trigliserida adalah lemak yang ada pada tubuh. Kita mendapatkan trigliserida dari berbagai jenis makanan yang bersumber dari tanaman maupun hewan. Sumber trigliserida dari tanaman contohnya adalah seperti minyak sawit, kacang tanah, biji bunga matahari dan semua bentuk cair dari tanaman. Sumber trigliserida dari hewan adalah seperti daging dan susu.

Fungsi trigliserida adalah untuk menyediakan energi bagi tubuh sehingga cadangan trigliserida bisa dipakai kapan saja terutama ketika sedang diet. Bentuk kalori yang masuk ke dalam tubuh adalah seperti sumber lemak, makanan yang mengandung karbohidrat dan makanan yang mengandung protein. Semua jenis simpanan kalori yang menumpuk dalam tubuh akan disimpan tubuh dalam bentuk trigliserida.

Kadar Trigliserida Normal

Ukuran normal kadar trigliserida tubuh yakni :

  • Normal : < 150 miligram/dL
  • Tinggi : 200 – 499 miligram/dL
  • Sangat tinggi : > 500 miligram/dL

Pemeriksaan Trigliserida 

Pemeriksaan kadar trigliserida dilakukan dengan pemeriksaan darah yang bisa dilakukan di klinik atau laboratorium. Dari pemeriksaan darah maka didapatkan kadar kolesterol baik dan kadar kolesterol buruk atau yang sering disebut kolesterol HDL dan LDL. Pemeriksaan bisa dilakukan setelah berpuasa selama semalam dan hanya minum air saja. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar trigliserida Anda lebih dari 1,7 mmol/L maka itu menunjukkan kadar trigliserida dalam tubuh memang cukup tinggi. Namun kadar trigliserida tinggi biasanya memang ditemukan pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuh memberikan pengaruh yang besar untuk kesehatan kita. Hal ini terbukti karena cadangan lemak yang terus menumpuk dalam tubuh sama sekali tidak bisa dipakai dalam waktu yang cepat. Untuk mengatasi hal ini maka bisa mencoba untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi dengan beberapa langkah dibawah ini :

1. Turunkan Berat Badan

Orang yang memiliki berat badan berlebih maka kemungkinan besar juga memiliki tingkat trigliserida yang tinggi. Makanan sehat untuk diet dan olahraga menurunkan berat badan bisa digunakan dilakukan. Anda bisa menghitung indeks berat ideal untuk mengetahui, apakah berat badan anda ideal atau tidak. Jadi langkah pertama untuk menurunkan kadar trigliserida harus dilakukan dengan menurunkan berat badan untuk mereka yang gemuk atau berat badan tidak ideal.

Penurunan berat badan juga bisa dilakukan dengan treatment seperti berikut ini :

2. Kurangi Asupan Gula

Apakah anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman manis? Jika ini masih menjadi kebiasaan maka bisa mengurangi gula dari sekarang. Gula menjadi sumber kalori yang sangat tinggi dalam tubuh, ketika kalori semakin tinggi maka tingkat trigliserida juga akan semakin tinggi. Jadi secara bijak cara mencegah trigliserida tinggi yakni dengan mengurangi jumlah makanan dan minuman yang mengandung gula. Caranya adalah dengan mengurangi secara bertahap dan tidak menghilangkan gula sepenuhnya, karena tubuh tetap memerlukan gula sebagai sumber cadangan energi.

Asupan gula yang berlebihan ini bisa didapat dari :

3. Konsumsi Serat

Berbagai jenis makanan kaya serat sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Kurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat dan daging serta ganti dengan berbagai jenis buah dan sayuran yang mengandung serat. Berbagai jenis sayuran yang mengandung serat adalah seperti terong, bayam, brokoli, kembang kol, alpukat, apel dan jenis sayuran lain. Serat dari sayuran dan buah alami bisa mempercepat proses metabolisme dalam usus halus dan sistem pencernaan. Karena itu serat bisa mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh.

Konsumsi serat ini juga sangat baik untuk :

4. Hindari Fruktosa

Jenis gula buatan menjadi salah satu sumber penyumbang trigliserida bagi tubuh. Jenis gula buatan seperti fruktosa membentuk trigliserida dengan cara yang sangat lembut dan mungkin tidak pernah disadari. Beberapa sumber fruktosa adalah seperti sirup jagung dan berbagai jenis gula tambahan. Selain itu, jenis fruktosa dari buah dan sayuran alami juga bisa meningkatkan trigliserida. Buah yang sudah dikeringkan atau diolah dalam makanan kaleng biasanya mengandung frukstosa.

Sedangkan beberapa jenis buah alami seperti melon, stroberi, pisang dan jeruk adalah buah yang sangat baik karena mengandung fruktosa dalam jumlah yang rendah. Makanan yang mengandung fruktosa ini juga bisa berakibat pada :

5. Pilih Jenis Asupan Lemak

Salah satu cara paling bijak untuk cara mencegah trigliserida tinggi adalah dengan mengurangi semua jenis daging merah yang mengandung lemak. Lemak pada kulit daging unggas, mentega, susu, keju, dan semua jenis minyak dari kelapa sawit. Anda bisa memilih jenis makanan pengganti seperti minyak dari jagung, minyak kedelai, minyak canola, dan minyak zaitun. Selain itu, jaga asupan makanan dari daging yang tidak mengandung jaringan lemak.

Pemilihan asupan lemak yang harus dihindari dari :

6. Olahraga

Olahraga selama 15 hingga 30 menit perhari bisa mengurangi kadar trigliserida secara teratur. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, latihan untuk senam jantung dan berbagai olahraga ringan lain. Langkah yang paling penting adalah melakukan olahraga secara teratur dan tetap konsisten untuk menurunkan kadar trigliserida.

jenis olahraga yang bisa dilakukan yakni :

7. Konsumsi Asam Lemak Omega 3

Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa sumber asam lemak omega 3 adalah seperti ikan salmom, ikan sarden, tuna dan berbagai jenis ikan lain. Konsumsi berbagai jenis ikan tersebut selama 2 kali seminggu sudah bisa menjadi cara mencegah trigliserida tinggi.

Jenis makanan yang mengandung lemak omega 3 ini, bisa juga sebagai :

8. Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Kadar trigliserida yang tinggi menjadi masalah kesehatan yang cukup buruk. Konsumsi berbagai jenis makanan yang rendah lemak bisa menurunkan kadar trigliserida yang cukup tinggi. Anda bisa mengkonsumsi makanan secara bijak dengan mengatur konsumsi lemak dan berbagai sumber makanan lain. Untuk mendukung program ini maka, bisa memasak sendiri makanan yang akan dikonsumsi. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan di restoran karena mungkin makanan tersebut masih memiliki kadar lemak yang tinggi.

Konsumsi makanan yang rendah lemak ini, juga bisa sebagai :

9. Hindari Alkohol

Jika memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol maka mulai sekarang hindari semua jenis minuman yang mengandung alkohol. Alkohol bisa meningkatkan trigliserida karena mengandung gula dan ini sama seperti ketika tubuh mendapatkan zat fruktosa. Bahaya alkohol juga bisa meningkatkan resiko berbagai penyakit karena kadar trigliserida tinggi seperti :

10. Kurangi Asupan Karbohidrat

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi bisa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, yang berarti bahwa tingkat trigliserida bisa naik dengan cepat. Selain itu, komponen karbohidrat juga menjadi salah satu bagian kalori sehingga bila dikonsumsi secara berlebihan maka bisa membuat kadar trigliserida juga akan naik. Anda bisa membatasi konsumsi nasi dari beras putih, tepung dan lebih memperbanyak konsumsi makanan dari gandum.

Cara mencegah trigliserida tinggi agar tidak naik dengan cepat memang sangat baik untuk tubuh. Kesehatan tubuh akan menjadi lebih baik dan resiko terhindari dari berbagai gejala penyakit jantung. Usia dan pola gaya hidup sangat penting dipertimbangkan untuk menurunkan kadar trigliserida.

You may also like