Home Tips KesehatanKesehatan Reproduksi 12 Obat Penebalan Dinding Rahim Alami

12 Obat Penebalan Dinding Rahim Alami

by Erlita

Dinding rahim yang tipis bisa dikarenakan beberapa hal, seperti halnya kadar estrogen wanita yang rendah, peredaran darah menuju rahim tidaklah memadai, lalu juga eksistensi fibroid uterus. Belum lagi kondisi medis tertentu kemungkinan menjadi penyebab kerusakan di bagian jaringan endometrium yang juga cukup serius. Tak ketinggalan juga adanya penyempitan arteri ke rahim pun turut berpengaruh besar.

Masih banyak lagi kondisi yang bisa menjadi faktor penyebab tipisnya dinding rahim, termasuk juga penggunaan kontrasepsi oral dengan kandungan progestin tinggi secara jangka panjang. Dinding rahim pun mampu menipis dikarenakan efek penggunaan Clomid atau obat perangsang ovulasi dalam jangka waktu lama. Lalu, adakah obat penebalan dinding rahim yang bisa Anda andalkan?

(Baca juga: gejala polip rahim)

1. Royal Jelly

Sudah diteliti oleh sebuah studi di Jepang bahwa bahan ini rupanya ada kecenderungan mirip atau meniru estrogen manusia dan studi ini pun telah diterbitkan pada tahun 2007. Dengan mengonsumsi royal jelly ini, otomatis para wanita dengan dinding rahim tipis karena kadar estrogen rendah dapat meningkatkan kadar tersebut.

Dari hasil studi itu jugalah terdapat fakta bahwa ada potensi meningkatnya ukuran sel rahim di bagian tikus yang mereka teliti. Siapapun wanita dengan masalah lapisan rahim tipis maupun otot rahim yang kiranya lemah dapat mencoba mengonsumsi royal jelly. Untuk peningkatan kesehatan rahim, tak ada salahnya royal jelly menjadi pilihan obat.

2. Akar Ubi Liar

Selain royal jelly, akar ubi liar pun dipercaya dapat menjadi obat penebalan bagi dinding rahim yang mengalami penipisan. Alasan mengapa bahan ini sangat tepat untuk Anda pertimbangkan adalah karena fungsi bahan ini adalah sebagai pendukung tubuh untuk memroduksi estrogen yang lebih supaya kadarnya seimbang. Fungsi rahim pun juga akan dibantu menjadi lebih baik.

(Baca juga: penyebab darah beku saat haid)

3. Biji Rami

Seperti yang kita sudah tahu, minyak biji rami saja adalah salah satu makanan yang mengandung omega-3 tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Ingat bahwa biji rami memiliki kandungan lignan yang masih termasuk di dalam kelompok paling kuat kedua akan fitoestrogen. Selain itu biji rami juga kaya akan serat.

Apabila tubuh mengalami kelebihan estrogen, justru biji rami inilah yang akan membantu menyeimbangkan kadarnya kembali. Kombinasi antara serat pada biji rami berikut kandungan lignannya adalah yang terpenting di sini karena mampu menjadi pembuang estrogen berlebih. Tak hanya itu, kombinasi kandungan tersebut akan memberikan proteksi dari xenoestrogen.

4. Daun Raspberry

Apabila buah raspberry ini dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung serat tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh, bagian daunnya tak kalah berhasiat. Dalam menebalkan dinding rahim serta memperkuat otot rahim, para wanita dapat mempertimbangkan penggunaan daun raspberry ini.

Dalam meningkatkan kesehatan rahim, Anda memerlukan obat yang sebaiknya berasal dari bahan-bahan yang alami. Daun raspberry ini sangat cocok untuk tujuan tersebut dan bahkan menjadi salah satu herbal terbaik untuk menjaga rahim selalu dalam keadaan sehat, baik dan kuat.

(Baca juga: bahaya endometriosis)

5. Minyak Jarak

Satu lagi obat alami yang mungkin bahannya termasuk sangat mudah ditemukan di sekitar Anda, yakni minyak jarak yang aslinya memang penuh manfaat bagi tubuh. Minyak ini sudah terbukti mampu menjadi obat keseleo lutut tradisional mujarab serta termasuk cara menghilangkan wasir yang ampuh. Selain itu, Anda juga dapat membuktikan bahwa minyak jarak mampu mengatasi dinding rahim yang tipis dengan otot rahim lemah.

Kegunaan dari minyak jarak ini mampu memberikan rangsangan pada 3 bagian tubuh yang penting, seperti organ hati, peredaran darah, serta sistem limfatik. Menggunakan minyak jarak mampu menstimulasi sistem tubuh dalam masa dan proses penyembuhan jaringan serta organ di dalam tubuhsecara lebih optimal.

Minyak jarak ini jugalah yang akan membantu supaya hormon di dalam tubuh tetap seimbang, termasuk menetralkan kembali kadar hormon estrogen yang rendah. Obat herbal ini pun mampu Anda pakai sebagai pendetoksifikasi organ reproduksi dan mengatasi jaringan parut yang rusak. Ketika aliran darah menuju rahim terhambat, aliran darah juga dapat dipromosikan secara efektif oleh minyak ini.

6. Terapi Fisik Pijat Kesuburan

Mungkin terapi fisik kerap dimanfaatkan banyak orang sebagai cara mengatasi stres karena mampu meregangkan otot-otot yang tegang. Bahkan terapi fisik sering diandalkan saat seseorang mencari cara menghilangkan tremor secara alami. Saat dinding rahim tipis, pijatan dari terapi fisik ini akan membantu untuk memperlancar peredaran darah ke rahim.

Terapi pijat juga adalah obat yang aman dan efektif dalam membuat otot-otot rahim lebih kuat. Bila Anda ingin mendetoksifikasi bagian organ reproduksi secara efektif. Mengobati dengan cara memijat, khususnya pijat kesuburan dapat bermanfata pula dalam mengatasi penyembuhan kerusakan jaringan parut pada organ reproduksi. Pemijatan juga adalah obat yang lebih aman.

(Baca juga: penyebab nyeri perut bagian bawah)

7. Akupuntur

Terlepas dari efek samping akupuntur, masih banyak orang yang memercayai dan meyakini efektivitas tinggi dari pengobatan alternatif satu ini. Untuk menebalkan dinding rahim serta menguatkan otot-ototnya, akupuntur dapat menjadi solusi karena fungsinya yang baik dalam meningkatkan pelepasan beta-endorfin. Beta-endorfin inilah yang diketahui menjadi pengganggu aktivitas negatif oleh sistem saraf di mana stres adalah pemicunya.

Stres jangan pernah dianggap enteng karena wanita sangat rentan mengalami stres karena segala sesuatu mudah dipikirkan, maka inilah yang memicu arteri rahim menyempit. Seperti yang sudah disebutkan, penyempitan arteri rahim juga memicu penipisan dinding rahim. Maka dari itu, Anda perlu merilis atau melepaskan beta-endorfin supaya aliran darah ke rahim makin lancar.

8. Moksibusi

Satu lagi terapi yang dapat dicoba sebagai obat alternatif yang mampu menguatkan dinding rahim, menebalkannya dan membantu otot tetap sehat. Moksibusi bagi sebagian orang mungkin masih belum begitu dikenal dan cukup asing, namun Anda tetap bisa memilih metode pengobatan seperti ini.

Hampir mirip dengan akupuntur, moksibusi lebih menekankan kepada praktik pembakaran mugwort tepat di atas jarum akupuntur. Fungsi dari proses ini adalah untuk mengirimkan panas ke area yang ingin Anda obati. Mugwort diketahui memiliki kemampuan merangsang peredaran darah menuju area panggul, khususnya ke rahim sehingga akan meningkatkan kesehatan rahim Anda.

Nama lain dari mugwort ini adalah tanaman baru cina dan tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal maupun juga digunakan sebagai bahan masakan. Tumbuhan asli yang tumbuh pada area iklim sedang ini bisa ditemukan di Alaska, Afrika Utara, Asia serta Eropa. Tumbuhan ini pun diketahui bernaturalisasi di Amerika Utara dan menjadi makanan bagi sejumlah spesies kupu-kupu.

(Baca juga: akibat kelebihan estrogen)

9. Bunga Kembang Sepatu

Satu lagi obat penebalan dinding rahim yang bisa coba Anda gunakan untuk menyehatkan serta mengatasi penipisan dinding rahim. Kadar vitamin C di dalam bunga ini sangat tinggi sehingga berguna secara maksimal untuk menyerap zat besi di dalam tubuh.

Bahkan yang paling baik, bunga ini dapat Anda kombinasikan bersama dengan rempah yang berkandungan zat besi tinggi. Anda pun mampu menormalisasi tekanan darah, serta melancarkan pembentukan darah secara normal. Obat herbal ini sangat pas bagi Anda yang ingin bagian rahim lebih ternutrisi secara sempurna sehingga kesehatannya terjaga dengan baik dan mencegah dari penipisan serta lemahnya dinding rahim.

10. Akar Maca

Ada lagi obat herbal yang bisa Anda gunakan tanpa efek samping berbahaya, yakni akar maca yang sangat baik dalam membantu tubuh untuk mengendalikan kadar estrogen. Ketika kadar estrogen berlebih atau justru berkadar rendah, akar maca inilah yang akan menormalkannya kembali dan mengontrol agar stabil.

Sangat penting untuk memiliki kadar estrogen yang tepat karena inilah yang bakal membuat endometrium terbangun untuk konsepsi dan ovulasi. Untuk dinding rahim yang lebih sehat, Anda bisa mencoba akar maca ini agar persiapan untuk ovulasi pun berjalan dengan baik dan sempurna.

(Baca juga: penyebab kram perut bagian bawah)

11. Rose Hip

Masih ada lagi obat herbal yang juga pasti dibutuhkan oleh para wanita yang berdinding rahim tipis dengan otot rahim yang kiranya juga lemah. Rose Hip sangat tinggi kandungan vitamin A, vitamin C, asam linoleat, serta vitamin B-nya. Rose Hip ini jugalah yang akan mendukung proses penyerapan dari besi di dalam tubuh.

Bahkan bahan ini jugalah yang bisa melindungi sistem saraf serta endokrin Anda. Pembentukan dinding sel yang sempurna akan didukung penuh oleh obat ini berikut juga metabolisme sel supaya berfungsi secara maksimal. Kalau biasanya minyak rose hip diketahui paling bermanfaat untuk kulit dan rambut, ternyata rose hips sendiri sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan rahim.

12. Akar Dong Quai

Dong Quai merupakan sebuah tumbuhan yang banyak ditemukan di Korea, Jepang dan China karena memang lebih banyak tumbuh di Asia. Pada umumnya, akar ini akan perlu dipotong dengan ukuran yang kecil-kecil sebelum melalui proses pengeringan. Sesudah mengering, akar pun ditumbuk hingga menjadi bubuk.

Bila ketidakseimbangan hormonal menjadi pemicu dari penipisan dinding rahim, untuk penebalannya, akar ini bisa dijadikan obat. Ekstrak akar Dong Quai ini bakal berperan penuh dalam memperbaiki hormon estrogen dan menjadikan seluruh sistem tubuh kembali normal. Selain itu, akarnya akan membantu melancarkan  peredaran darah, siklus menstruasi, serta membantu mendetoksifikasi darah.

Bahkan bahan ini jugalah yang akan mencegah depresi serta stres yang memicu ketidakseimbangan kadar estrogen. Fungsi lainnya di luar dari gangguan dinding rahim adalah untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah radikal bebas, serta menjaga kesehatan kulit Anda. Jadi, pemakaian obat ini akan begitu kaya manfaat sehingga tak akan membuat Anda menyesal sudah memilih obat ini.

(Baca juga: makanan yang mengandung estrogen)

Itulah sederet obat penebalan dinding rahim alami yang dapat Anda jadikan referensi. Tak hanya dari bahan-bahan atau tanaman herbal saja, beberapa terapi fisik alternatif pun dapat dijadikan obat yang manjur.

You may also like