Inilah Pentingnya Keberadaan Fluoride untuk Gigi Sensitif

176

Apakah anda pernah memperhatikan bahan – bahan apa saja pasta gigi dibuat yang biasanya tertulis pada kemasan ? yang paling sering terbaca adalah ‘Sodium Monofluorophosphate’ tercantum cukup jelas pada bagian kandungan di kemasan. Nama lainnya yang lebih singkat adalah ‘fluoride’. Zat inilah yang berfungsi bagus untuk menjaga kesehatan area mulut sekaligus mampu menangani kondisi gigi sensitif.

Apakah yang dimaksud dengan kondisi gigi sensitif ?

Gigi sensitif atau dalam istilah medis disebut dengan ‘hipersensitivitas dentin’ merupakan rasa yang kurang nyaman terjadi pada area gigi dan gusi yang adalah salah satu respon ditujukan terhadap sebuah rangsangan panas atau dingin. Ini terjadi biasanya karena anda salah mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin atau panas. Tanda awal anda memiliki masalah gigi yang cukup serius adalah hembusan nafas melalui mulut akan menyebabkan gigi terasa nyeri.

Penyebab lainnya adalah kondisi gigi anda yang retak, lapisan email mulai terkikis karena saat menggosok gigi anda terlalu keras melakukan tekanan, serta gigi mengalami erosi karena anda terlalu sering mengonsumsi makanan / minuman yang memiliki sifat asam. ‘Resesi gusi’ sehingga menyebabkan permukaan akar terbuka lebar hingga pori-pori dan inilah yang menyebabkan gigi menjadi sensitif serta ‘bleaching’ yaitu setelah melakukan perawatan untuk memutihkan gigi.

Apakah peranan penting dari fluoride untuk gigi ?

Apabila kondisi gigi anda sudah sangat memprihatinkan maka sangat penting untuk lebih berhati – hati dalam pemilihan pasta gigi dengan cara melihat kandungan apa yang tertera pada kemasannya. Diketahui bahwa kandungan terpenting dalam sebuah pasta gigi adalah fluoride, merupakan kandungan mineral alami yang terkandung dalam pasta gigi memegang peranan penting di dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Zat inilah yang mampu mencegah terjadinya kerusakan gigi yaitu gigi berlubang atau ‘meremineralisasi’ gigi.

Ada dua cara pemanfaatan maksimal terhadap fluoride yaitu lokal dan sistemik. Secara lokal adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride atau pasta gigi yang mengandung fluoride. Dapat diaplikasikan secara topikal dengan bantuan seorang dokter gigi. Sedangkan cara sistemik bisa anda lakukan dengan cara ‘fluoridasi’ air minum dengan pemberian tambahan berupa ‘fluor’ dalam bentuk tablet.

Dalam banyak kasus terutama kasus gigi yang sensitif tersebut di atas, penanganan gigi dapat anda lakukan dengan beragam cara. Yang umum diaplikasikan adalah dengan mengganti pasta gigi biasa dengan pasta gigi khusus merawat gigi sensitif. Pasta gigi ini pada umumnya memiliki fungsi sebagai media untuk membantu dan mengatasi gigi nyeri.

Yang terpenting dan kesimpulan yang bisa kami berikan terkait dengan artikel ini adalah langkah terpenting dalam mencegah kerusakan gigi atau penyakit mulut lainnya dengan menjaga kebersihan mulut dan jangan lupa untuk yang rajin gosok gigi dua kali dalam sehari yaitu pagi dan malam menjelang tidur. Aplikasikan pasta gigi atau obat kumur yang banyak mengandung fluoride sehingga gigi sensitif bisa tertangani dengan segera.