Home Featured Anak Sulit Tidur Siang? Begini 8 Tips yang Orangtua Perlu Lakukan

Anak Sulit Tidur Siang? Begini 8 Tips yang Orangtua Perlu Lakukan

by Erlita

Rata-rata anak kecil butuh dan memiliki kebiasaan tidur siang. Tidur siang merupakan kebiasaan yang akan berpengaruh cukup besar pada perilaku anak sebab yang melakukannya rutin justru menurunkan risiko masalah perilaku buruk lho. Jadi kalau si kecil sulit diminta tidur siang, berikut adalah beberapa cara mengajaknya.

  1. Mendisiplinkan

Kalau bagi para orangtua tidur siang bagi anak itu adalah hal wajib dan tak dapat ditawar, maka penting untuk membuat si kecil lebih disiplin. Orangtua sebaiknya tak mudah menyerah dengan keinginan anak apalagi kompromi dengannya yang masih ingin aktif bermain di jam tidur siang. Tetap pastikan si kecil ikut aturan kita.

  1. Mengajak ke Ruang Tidur Sunyi dengan Pencahayaan Rendah

Cobalah ajak anak tidur siang di ruangan yang sunyi dengan tingkat cahaya yang rendah. Ruang yang gelap dan dengan kondisi sunyi bakal merilekskan tubuh. Balita khususnya biasanya akan mudah rileks tubuh dan ototnya sehingga lebih gampang terlelap.

  1. Menghindari Menjadikan Tidur Siang sebagai Hukuman

Menurut seorang dokter spesialis pediatri, Robert W Sears, MD mengatakan bahwa anak-anak tak seharusnya dipaksa untuk tidur siang karena semakin orangtua memaksanya, anak akan semakin memberi penolakan dan ngeyel. Jadi jangan sampai menghukumnya dengan tidur siang apabila si kecil tak menurut apa yang dikatakan sebab ini hanya menambah rasa tak nyamannya.

  1. Mengatur Jam Tidur

Jadwal tidur si kecil semestinya para orangtua hafal betul ya, jadi pastikan jadwal bangun pagi si kecil juga teratur dan bahkan tidak kesiangan. Bangunkan anak dari pagi lalu ketika siang tiba ajaklah tidur siang; ia pasti akan menurut ketika sudah lelah bermain. Bila pola tidurnya sudah dibiasakan teratur, otomatis tidur siang jadi lebih gampang.

  1. Mengusap Punggung

Jika si kecil sudah mau diajak berbaring, maka cobalah untuk mengusap bagian punggungnya karena biasanya kebiasaan orangtua yang seperti ini akan membuat anak lebih rileks dan nyaman. Ia akan sedikit demi sedikit merasa ngantuk dan pada akhirnya pasti bisa terlelap.

  1. Membatasi Asupan Gula dan Kafeinnya

Anak-anak sebaiknya tidak mengasup makanan yang mengandung gula tinggi apalagi mengonsumsi kafein. Kafein bisa membuat melek orang dewasa, jadi begitu pun ini akan berefek sama bagi si kecil. Batasi asupan gula dan kafein si kecil dan pastikan mereka tak mengonsumsinya 4 jam sebelum tidur siang; ingat, kafein tak hanya dari kopi saja lho, tapi juga dari coklat maupun teh.

  1. Mengajak Membaca Buku atau Mendengarkan Musik

Orangtua perlu mencoba lebih kreatif dalam mengajak anak tidur siang apalagi membuatnya tidur siang sendirinya. Nyalakan musik atau lagu yang lembut agar si kecil mulai rileks dan merasa nyaman di tempat tidurnya sampai rasa kantuk tiba. Atau, bisa juga membacakan buku agar si kecil lebih cepat tertidur lelap.

  1. Menggunakan Selimut Kalau Perlu Saja

Orangtua kerap menganggap bahwa anak mudah merasa kedinginan sehingga menyelimutinya saat anak berbaring di tempat tidur, padahal tak selalu demikian. Seringkali anak jadi sulit tidur siang karena tak nyaman dengan selimut tersebut. Maka perhatikan dulu apakah memang si kecil kedinginan dan terlebih lagi, lihat apakah suhu ruangan memang terlalu rendah.

Bagi sejumlah orangtua, mengajak atau meminta anak tidur siang itu boleh jadi sebuah tantangan. Namun, kiranya dengan beberapa kiat tersebut para orangtua bisa jadi lebih mudah membujuk anak untuk tidur siang sehingga pertumbuhan si kecil jauh lebih baik.

You may also like