20 Kebiasaan Baik Orang Jepang Super Mudah dan Luar Biasa

Kebiasaan baik orang jepang merupakan kebiasaan yang tidak merugikan orang lain dan justru meningkatkan kemajuan negara itu sendiri dimata dunia.
Jepang merupakan negara asia yang terkenal sebagai negeri matahari terbit yang maju dan terkenal disiplin dengan segala peraturan yang dibuat oleh pemerintahanya sendiri. Jepang adalah sebuah negara yang dulu pernah menjajah Indonesia namun sekarng telah menjadi salah satu negara sahabat terbaik Indonesia.

Gaya hidup dan kebiasaan baik orang Jepang
Ada 20 kebiasaan baik orang jepang yang menjadikan negara mereka selangkah lebih maju dari negara lain

1.Menyukai membaca
Orang orang Jepang sangat suka dengan membaca buku. Hampir disemua wilayah dapat terlihat orang orang sedang membaca, Misalnya distasiun kereta, Didalam kereta, Dalam bus atau halte. Orang Jepang telah terdidik sejak anak anak untuk menyukai membaca misalnya memaca novel, Autobiografi, Buku filsafat, dan sebagainya. Orang jepang lebih menyukai membaca buku daripada menonton televisi.

2. Budaya malu
Jepang sangat berpegang teguh pada budaya malu. Karena menurut mereka seseorang yang tidak punya rasa malu sama saja seperti manusia yang tidak punya kehormatan. Bnayak pejabat negara dijepang yang mengundurkan diri dan mengakui kesalahanya setelah melakukan korupsi atau penipuan, Padahal kasusnya mereka belum terdikteksi oleh pemerintah. Rasa malu dan penyesalan yang sangat tinggi membuat mereka berani mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya.

3. Pantang menyerah pada kegagalan
Orang orang jepang terkenal pantang menyerah pada kegagalan. Mereka enggan untuk mengeluh dan menangis hanya karena terkena bangkrut, Mengalami bencana besar atau karena pekerjaan yang mengalami persingan berat. Mereka akan bangkit dengan cepat dan kembali mengatur struktur yang telah rusak menjadi kuat kembali. Misalnya ketika jepang terserang gempa bumi dan Tsunami, Jepang yang porak poranda hancur dapat kembali berdiri dan berjaya dari keterpurukan yang banyak memakan korban dan biaya tersebut.

4. suka bekerja keras
Kebiasaan baik orang jepang yang sangta terkenal didunia adalah Dijepang tidak ada orang yang menganggur. Mereka semua bahau membahu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhanya yag semakin hari semakin mahal. Orang jepang suka bekerja keras bahkan hingga larut malam. Banyak para karyawan yang hanya tidur tidak lebih dari 4 jam perhari, Sedangkan mereka bekerja lebih dari itu. Mereka menyukai inovasi dan ide ide baru setiap harinya.

5. Suka berhemat
Kebiasaan baik Orang Jepang sejak dulu adalah sudah terbiasa menabung atau hidup berhemat sejak kecil. Mereka telah memahami jika hidup harus terus berjalan dan akan semakin maju serta mahal, Maka berhewmat sangta diburuhkan setiap harinya.

6. Suka bekerja sama dengan tim
Orang orang jepang suka bekerja sama dengan tim mereka karen amereka memiliki tujuan yang sama yaitu sukses. Kesuksesan yang dijalani karena kerjasama dan rasa saling bertoleransi adalah modal utama mereka untuk berhasil dengan cepat.

7. Menghormati tradisi kuno

 



Orang orang Jepang sangat mencintai tradisi turun temurun yang dinilai memiliki kesantunan dan tat krama yang wajib diterapkan pada generasi berikutnya misalnya hormat dan patuh pada oerangtua, Mendahulukan kepentingan orangtua daripada yang lain, Berkata jujur pada setiap perbuatan, Berani bertanggung jawab atas apapun yang telah diputiuskan untuk kepentingan banyak orang dan sebagainya.

8. Mencintai budaya sendiri
Kebiasaan baik Orang jepang sangat menghormati dan menjunjung tinggi budayanya sendiri. Orang jepang lebih menyukai bahasa lokal ketimbang harus jenius berbahasa negara lain. Orang orang jepang selalu membanggakan apapun yang berhubungan dengan kesejahteraan bangsanya misalnya tentang teknologi terbaru, pendidikan, tarian dan musik, Kuliner dan lain lain. Mereka ingin apa yang mereka miliki adalah sesuatu yang terbaik didunia tanpa bantuan dari negara manapun.

9. Santun menyapa
Kebiasaan baik orang jepang yang mudah dirasakan ketika kita berada dinegeri matahari terbit tersebut adalah orang orang jepang sangat ramah, Murah senyum dan memegang teguh dengan tradisi menyapa tetapi sambil membungkuk menganggukan kepala pada orang lain dimana hal itu adalah tradisi dan bentuk dari sopan santun yang penuh dengan penghargaan pada orang lain.

10.Meminta maaf terlebih dahulu
Orang orang jepang terdidik sejak kecil untuk berani meminta maaf terlebih dahulu jika sengaja atau tidak sengaja berbuat kesalahan pada orang lain, Misalnya tak sengaja menabrak orang lain dengan sepeda hingga orang tersebut terjatuh, maka siapapun yang menabraknya harus berani mengakui kesalahanya dan memohon maaf, Dan bukan melarikan diri dengan rasa takut.

11. Memberi tips
Kebiasaan baik Orang jepang selalu memberikan uang tips ada semua pelayan toko, Restaurant, Hotel dan sebagaianya sebagai tanda terimakasih.Tips bagi orang jepang bukan sebagai penghinaan atau melecehkan tetapi bentuk terimakasih yang sudah menjadi tradisi secara turun temurun.

12. Rajin olahraga

Oranag orang Jeapang sangat peduli dengan kesehatan ,Tak heran jika sedikit sekali terlihat orang jepang merokok. Pada hari libur kerja mereka pergunakan semaksimal mungkin untuk berolahraga dan sisanya digunakan untuk membaca buku.
Baca juga : manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh

13.Tidak merokok sembarangan
Orang ornag jepang sedikit yang merokok tetapi jika ada yang merokok maka mereka tidak akan sembaraangan didepan publik. Merekaa sangar sadar jika asap rokok merupakan radikal bebas berhaya yang dapat meracuni udra dan orang lain. Oerang jepang yang perokok hanya akan merokok pada tempat tempat khusus yang telah disediakan oleh negara, Diman tempat tersebut dipergunkan khudsus bagi yang bingin merokok demnga bebas tanpa harius khawatir asapnya akn mencemari anak anak dan orang sakit.
Baca juga : bahaya Merokok bagi alat pernafasan

14. Menghormati pejalan kaki
Orang jepang menyukai jalan kaki yang dianggap sebagai aktifitas yang sehat .asaedsngksn Orang orang yang membawa kendaraan akan sangat menghormati mereka karena pejalan kaki dianggap sebagai manusia tanpa membawa polusi yang wajib dihargai dan dilindungi dari kecelakaan lalu lintas.

15. Tepat waktu
Didalam hal apapun Jepang mengutakan tepat waktu misalnya pada acara rapat kantor, Janji terhadap orang lain , Waktu makan siang, Waktu sekolah, Waktu pulang kerumah , waktu untuk kumpul bersama keluarga dan lain lain. Menghargai waktiu bagi mereka adalah menghargai diri sendiri.

16. Makan tidak sambil berdiri atau berjalan
Ketika makan orang orang jepang tidak akan makan sambil berjalan atau berdiri. Kondisi tersebut dinilai tidak sopan dan kurang sehat bagi pencernaan. Orang orang jepang makan sambil duduk dan suka berbincang bincang ketika makan dengan karakter cerita yang menyenangkan, Yaitu tidak membicarakan masalah pertengkaran rumahtangga, Kegagalan bisnis,Kebangkrutan atau apapun yang bersifat menyedihkan.

17. Belajar mandiri sejak kanak kanak
Sejak usia dini anak orang tua dijepang telah memgajarkan anak anak mereka cara melipat sprei ranjang, Membersihkan dan merapihkannya setelah bangun tidur pagi. Mereka juga dilatih untuk bertanggung jawab atas dirinya sendiri untuk tepat waktu dalam sarapan pagi, Meamakai pakaian sekolah dan pulang sekolah .

18. Jujur dan loyal terhadap perusahaan
Orang orang jepang sangat setia dan jujur pada perusahaaan yang menampung mereka menjadi karyawan. Mereka akan mati matian bekerja dan mencari inovasi terbaru demi kemajuan perusahaan tanpa harus menjatuhkan orang lain dan perusahaan lain.

19.Membuang sampah pada tempatnya
Orang orang jepang sangat menyukai tatanan kota yang rapih dan bersih. Mereka menyadari bahwa kebersihan akan membawa pada ketenangan dan kenyamanan sehingga mereka bisa melakukan aktifiats dengan lebih santai. Membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda serta penjara tanpa pandang bulu dan membuang sampah seenaknya dinilai sebagai perbuatan kriminal yang memalukan nama bangsa.

20.Mencintai budaya antri
Orang orang jepang membudidayakan budaya antri dan menghormati hak orang lain. Antri oleh bangsa jepang dinilai sebagai bentuk aktifitas yang membutuhkan kesabaran dan besar hati. Antri juga bisa dinilai sebagai kegiatan yang meningkatkan kemandirian seseorang untuk lebih pandai dalam mengendalikan emosinya.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Baik