Usai Libur Lebaran, Ini 7 Tips Kembali ke Pola Makan Sehat

233

Libur lebaran biasanya berisiko tinggi untuk bikin tubuh melebar saking dapat makan apa saja dan sepuasnya. Terlebih di kala lebaran, ketupat dan opor ayam adalah yang paling tak bisa dan enggan dihindari di Hari Raya Idul Fitri. Namun tingginya kandungan gula dan lemak jenuh kurang baik bagi tubuh, itulah kenapa usai libur lebaran sebaiknya coba kembali ke pola makan sehat.

  1. Makan Buah-buahan

Libur lebaran sudah selesai, maka kembalilah lagi ke pola hidup sehat dengan memperbanyak makan buah-buahan. Buah seperti pepaya, semangka, apel, pepaya, melon dan alpukat adalah buah-buahan yang kaya air dan serat di mana memakannya bakal memberi efek kenyang lebih lama sehingga keinginan makan makanan yang mengandung lemak jenuh, kalori dan gula tinggi bisa berkurang.

  1. Tidak Melewatkan Sarapan

Sebagian orang percaya kalau dengan melewatkan sarapan adalah cara menurunkan berat badan yang ampuh. Padahal, dengan melewatkan sarapan biasanya makan siang maupun makan malam jadi jauh lebih besar porsinya, belum lagi keinginan ngemil yang besar di sela-sela waktu makan malah memicu kenaikan berat badan.

  1. Kurangi Asupan Garam

Orang dewasa maksimal asupan garamnya adalah 6 gram saja, jadi usai libur lebaran sebaiknya mulailah mengurangi asupan sodium atau garam supaya tekanan darah tinggi juga dapat dicegah. Membeli makanan di luar apalagi makanan kemasan itu kandungan garamnya tinggi, jadi lebih baik dihindari dulu saja ya.

  1. Minum Smoothies

Smoothies dari sayur dan buah adalah perpaduan yang menyegarkan sekaligus bikin sehat, jadi tak ada salahnya untuk menikmati smoothies segelas setiap hari agar pencernaan tetap sehat. Smoothies juga menawarkan tinggi mineral dan vitamin, maka jelas tubuh akan ternutrisi sempurna usai pola makan berantakan selama libur lebaran.

  1. Makan Ikan

2 porsi ikan per minggu itu adalah yang paling dianjurkan oleh AHA (American Heart Association). Jadi usai libur lebaran, kembalilah mengonsumsi makanan sehat bernutrisi seperti ikan-ikanan sumber omega-3. Persiapkan saja dulu jenis-jenis ikan yang hendak dikonsumsi di dalam freezer, lalu selamat mengolah dan menikmatinya.

  1. Minum Air Putih Cukup

Ketika waktu lebaran sudah terlalu banyak minum minuman bersantan, minuman manis, hingga minuman bersoda, kini saatnya mengubah pola makan kembali termasuk lebih banyak minum air putih. 2 liter atau setara 8 gelas sehari adalah yang paling direkomendasikan agar terhindar dari dehidrasi dan tentu saja membuat tubuh jauh lebih segar.

  1. Konsumsi Salad

Setelah mengonsumsi buah, serta mengonsumsi smoothies buah dan/atau sayuran, kiat lainnya agar bisa kembali ke pola makan sehat adalah dengan makan sayur-sayuran. Salad adalah menu yang dianjurkan karena tinggi serat tapi tetap rendah kalori. Namun untuk dressingnya, pastikan hindari mayones dan keju ya; saus salad atau kacang pun secukupnya saja, justru jauh lebih baik kalau ditambah minyak zaitun sebagai dressing.

Kalau libur lebaran sempat kalap makan dan minum apa saja, ingat untuk kembali pada pola makan yang lebih baik, bergizi dan seimbang supaya badan tidak menjadi drop. Selain pola makan yang diperbaiki, jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan olahraga yang cukup juga agar tubuh senantiasa bugar.