Home Featured Ingin Otak Menjadi Cerdas ? Ini loh 7 Kebiasaan Agar Otak Lebih Tajam

Ingin Otak Menjadi Cerdas ? Ini loh 7 Kebiasaan Agar Otak Lebih Tajam

by Lia Yuliana

Ingin otak menjadi cerdas ? Iniloh 7 Kebiasaan agar otak lebih Tajam & Cerdas apalagi bagi kamu para orang tua yang menginginkan anaknya menjadi anak yang cerdas, jangan hanya bermain gadged tapi ajaklah anak-anak mu untuk bermain permainan ini dan biasakan anak-anak melakukan hal-hal ini agar anak menjadi lebih cerdas. Permainan dan hal apasih sebenarnya yang dapat membuat mereka menjadi lebih cerdas ?

Bahkan bukan hanya anak saja yang cerdas dengan kebiasaan-kebiasaan ini pun akan membantu agar kamu pun menjadi lebih cerdas. Simak penjelasan berikut :

1. Permainan Teka-Teki Silang

Tak hanya ada dikoran-koran, di handphone pun juga ada beberapa permaianan teka-teki silang. Taukah kamu bahwa dengan bermain tekan-teki silang dapat membantu agar otak 10 tahun lebih muda dari pada usia yang sebenarnya. Berdasarkan ungkapan dari professor dari Universitas Exenter menjelasakan bahwa orang-orang yang rajin mengisi teka-teki silang ini akan membuat pemikirannya menjadi 10 tahun lebih muda.

Jika buah-buahan dapat membuat wajah kamu 10 tahun lebih muda, ternyata teka-teki silang ini dapat membuat pemikiran mu 10 tahun lebih muda lo. Hebat bukan ?

Permainan teka-teki silang ini memang mampu untuk membantu memengharuhi fungsi kognitif pada anak ataupun orang tua sehingga dengan demikian akan memperlambat kepikunan ini terjadi.

Ternyata tidak hanya teka-teki silang loh yang dapat membantu meningkatkan kognitif mu menjadi lebih encer, cerdas dan tajam. Selain teka-teki silang kamu dapat bermain bingo, scrabble, dan juga sudoku agar tingkat kognitif mu menjadi melejit dan semua itu dapat kamu temukan di applikasi handphone loh, namun kamu juga perlu tau bahaya radiasi hp sehinga meskipun ingin cerdas dengan permainan-permainan itu jangan terlalu sering agar tidak mengalami bahaya pada radiasi hape ya

2. Meditasi

Lakukan kebiasaan meditasi ini bersama anak mu agar anak mu dan kamu dapat meningkatkan kecerdasan. Menurut penelitian Frontiers dalam jurnalnya mengataskan bahwa meditasi dapat membantu meningkatkan fokus pada mereka yang melakukan meditasi. Itulah sebabnya dengan mediatasi dapat membantu lebih baik untuk meningkatkan fokus dan kecerdasan. Meditasi pun menjadi salah satu sarana rileksasi.

3. Tidur Siang

bahaya tidur siang memang ada, namun taukah kamu bahwa tidur siang juga  bermanfaat, tidak hanya untuk anak, untuk orang dewasa pun tidur sian gmasih bermanfaat. Menurut hasil penelitian tidur siang dapat membantu korteks berfungi lebh optimal ketika bangun dari tidur siang. Sehinga dengan demikian akan dapat membantu untuk menerima lebih banyak informasi saat bangun tidur.Selain itu tidur siang pun dapat membantu kamu untuk memberi kesehatan pada tubuh mu.

4. Istirahatkan Otak

Taukah kamu bahwa terdapat aktivitas kesehatan otak di bagian ganglia dasar ketika kita sedang melakukan pengisitrahatan dengan otak kita ? berdasarkan sebuah penelitian di Jepang, otak yang diistirahakan akan membantu aktifitas otak di bagian ganglia dasar ini berfungsi dengan normal sehingga otak bisa istriahat. Ini adalah tips mudah menjaga kesehtan otak agar menjadi cerdas.

5. Menulis

Menulis memang dapat membantu mencerdaskan otak, tapi taukah kamu bahwa menulis dengan tangan ternyata lebih efektif dalam mengaktifkan fungsi kognitif di dalam otak mu dari pada mengetik. Itu sebabnya menulis dengan tangan akan banyak mengaktifkan bagian otak dari pada menulis dengan komputer atau mengatik. Sering menulis akan membantu kita pula dalam mengingat apa yang kita tulis. Itu sebabnya salah satu metode belajar yang sering dilakukana dalah merangkum.

6. Sarapan Pagi

Taukah kamu sarapan pagi ini dapat mengaktifkan beberapa sel otak dalam otak mu ? Menurut Penalitian para ahli menemukan bahwa peran terbesar dalam menciptkan kekuatan otak agar cerdas dan tajam adalah karena gaya hidupnya, faktor genetik memang ada tetapi hal ini sangat kecil. Gaya hidup lebih memiliki pengaruh besar pada kecerdsan anak. Salah satu gaya hidup adalah dengan memilih konsumsi makanan yang baik.

Makanan untuk sarapan pagi memang beragam, usahakan ketika sarapan kamu mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin, protein, mineral, llemak, karbohidrat. Pada dasarnya fungsi lemak paa otak, karbohidrat dan protein dari asupan yang kita makaan ini akan membantu untuk menjadi bahan bakar sehinga otak lebih mudah dalam menerima informasi.

7. Olahraga

Olahraga ternyata dapat meningkatkan 15% fungsi otak dalam aspek pengembangan kognitif. Dengan rajin berolahraga dapat membuat koneksi kognitif lebih efektif. Sehinga akan membuat otak menjadi lebih cerdas.

Itulah kebiasaan kebiasaan yang dapat kamu lakukan baik untuk dirimu sendiri atau dengan anak mu sehingga dapat meningkatkan kecerdasan pada otak mu. Selamat melakukan kebisaan yang telah diruaikan di atas.

You may also like