5 Makanan Untuk Meningkatkan Ingatan, Khusus Pelajar!

417

Bagi pelajar tentunya sangat penting untuk memiliki ingatan yang tajam. Ingatan akan membantu otak menemukan beberapa materi dari yang sudah dipelajari. Terlebih saat ujian dimana pelajar harus menjawab berbagai pertanyaan. Otak terdiri dari sistem syaraf dan pembuluh darah yang mensuplai darah dan oksigen. Dengan cara ini akhirnya otak bisa menjadi cerdas atau tidak. Ada juga masalah sering lupa karena otak kurang nutrisi. Berikut ini makanan untuk meningkatkan ingatan yang bisa menjadi cara mengatasi otak lambat berpikir.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah ikan yang mengandung lemak jenis omega 3 yang sangat tinggi. Jika Anda tidak menyukai ikan salmon maka bisa menggantinya dengan ikan sarden atau ikan tuna. Kandungan lemak omega 3 dalam ikan bisa meningkatkan kerja syaraf-syaraf di otak dan membangun sistem ingatan yang kuat. Selain itu omega 3 juga penting untuk mengatasi stres menjelang ujian atau tes di sekolah.

  1. Blueberri

Ini adalah buah yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk otak kita. Buah ini mengandung antosianin yang berfungsi untuk mengatasi peradangan dan menyumbang sejumlah antioksidan. Bahan antioksidan sangat penting untuk otak karena bisa meningkatkan ingatan dan melawan stres oksidatif yang memicu penyakit neurodegeneratif. Konsumsi buah ini juga akan membuat sel-sel di otak berkomunikasi dan berkoordinasi untuk memanggil ingatan.

  1. Biji Labu

Biji labu adalah jenis biji yang mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Biji labu bisa mencegah kerusakan otak akibat bahan radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Selain itu biji labu juga kaya dengan magnesium, tembaga, besi dan seng yang bisa menjaga kesehatan syaraf. Kadar magnesium yang tinggi dalam biji labu sangat penting untuk mencegah demensia dan penyakit migrain. Lalu juga mengandung zat besi yang penting untuk mengatasi gangguan fungsi otak.

  1. Jeruk

Bagi pelajar dan anak usia sekolah sangat disarankan untuk makan satu buah jeruk setiap hari. Hal ini karena tubuh anak-anak yang masih sekolah membutuhkan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C memiliki manfaat untuk otak karena bisa menjaga kesehatan mental yang baik. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, ternyata buah jeruk juga membantu memori jangka panjang karena kaya dengan vitamin C. Sumber buah lain yang juga memberi manfaat seperti jeruk adalah seperti kiwi, stroberi, tomat dan jambu merah.

  1. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang kaya dengan kolin, vitamin B6, asam folat dan vitamin B12. Kolin adalah jenis nutrisi yang sangat penting untuk menghasilkan asetilkolin, dimana bahan ini membantu meningkatkan fungsi neurotransmitter. Anak-anak yang cukup kolin dipercaya memiliki memori dan kesehatan mental yang lebih baik. Kemudian kandungan vitamin B6, asam folat dan vitamin B12 juga sangat penting untuk menjaga proses sintetis dalam otak.

Nah itulah makanan untuk meningkatkan ingatan. Jika Anda ingin anak-anak memiliki ingatan yang baik dan mudah saat  belajar, maka cobalah memberi nutrisi tersebut.