13 Cara Mengatasi Otak Lambat Berpikir Agar Cerdas Dan Tajam Kembali

1479

Semua orang pasti setuju bahwa otak adalah bagian penting dalam tubuh setiap manusia, karena memang kenyataannya pun otak merupakan pusat dari sistem saraf seluruh organ tubuh yang mengontrol gerakan tubuh. Namun, beberapa orang mengalami yang namanya ‘lemot’ atau istilah untuk otak yang lambat berpikir. Jadi, bagaimana cara mengatasi otak lambat berpikir yang benar?

  1. Menari

Suatu hasil studi di Amerika Serikat dari Albert Einstein College of Medicine telah menunjukkan bahwa ketajaman mental sekelompok lansia dengan usia 70 tahun ke atas meningkat karena kativitas menari. Oleh karena itu, para peneliti pun meyakini bahwa daya ingat dan kinerja otak akan menjadi lebih maksimal dengan menari.

Aktivitas menari pada dasarnya harus mengenal pola-pola gerakan sehingga mau tidak mau akan memakai kesadaran pikiran. Dengan demikian, kinerja otak jauh lebih kuat karena memicu kaitan antara jalur saraf di korteks serebral serta hipokampus seperti yang dilansir dari Liputan6.com. Menari pun telah terbukti mampu menjadi langkah pencegahan demensia.

  1. Main Teka Teki Silang

Permainan teka-teki silang yang mungkin dianggap sebagai permainan zaman dulu nyatanya adalah aktivitas yang seru sambil mengasah otak. Supaya daya ingat dan kinerja otak tetap tajam, bermain teka-teki silang secara rutin merupakan salah satu cara sederhana nan ampuh mengatasi otak yang mulai lambat berpikir.

  1. Main Alat Musik

Berlatih dalam memainkan alat musik tertentu sangatlah bermanfaat bagi orang dewasa dan anak-anak dalam meningkatkan IQ menurut Jäncke Lutz, yakni seorang ahli kejiwaan dari University of Zurich. Pada waktu belajar memainkan alat musik, seseorang akan mempelajari nada yang justru mampu meningkatkan kemampuan dalam penafsiran terhadap emosi orang lain sekaligus pembelajaran bahasa asing.

  1. Main Catur

Dalam permainan catur, otak dilatih untuk berpikir bagaimana mengatur strategi dan membaca gerakan lawan sehingga seseorang yang hobi bermain catur tentu mempunyai jaringan otak yang tergolong baik. Mencoba bermain catur akan mengatasi otak lambat berpikir dan menjadikannya bekerja lebih maksimal sehingga mudah dalam memecahkan masalah.

  1. Membaca Buku Fiksi

Banyak orang menganggap bahwa membaca buku non-fiksilah yang akan menjadikan seseorang jauh lebih pandai. Padahal, menurut hasil studi dari York University di Toronto menyatakan bahwa para pembaca buku fiksi memiliki otak yang jauh lebih aktif sekaligus memiliki kemampuan empati yang lebih tinggi dan baik.

Bukankah inti membaca buku fiksi adalah berimajinasi? Ya, dan para pembaca buku fiksi justru dapat membentuk suatu alur cerita di dalam kepala yang juga menjadi bagian dari cara meningkatkan IQ. Saat terjadi pembentukan alur cerita, ini adalah tanda bahwa seseorang memiliki otak yang bekerja dengan baik.

  1. Main Scrabble

Selain teka-teki silang, permainan scrabble pun bisa dicoba apalagi kini segudang aplikasi permainan ini bisa diunduh secara mudah untuk ponsel pintar Anda. Permainan menyusun kata ini dapat membantu meningkatkan dan memperbanyak kosakata kita. Dengan begitu, kekuatan otak para pemainnya pun akan terdukung untuk lebih baik.

  1. Tertawa

Tertawa bukan hanya dapat menjadi obat bagi hati yang sedang susah, melainkan tawa juga akan membantu meningkatkan keaktifan dan kinerja otak jauh lebih baik. Fungsi otak nyatanya bisa meningkat dengan tertawa sebab kedua sisi otak akan terstimulasi di waktu yang sama. Maka dari itu, setiap hari Anda perlu tertawa karena tertawa itu sehat, agar otak tidak menjadi lebih lambat dalam berpikir.

  1. Belajar Bahasa Baru

Otak yang lambat berpikir harus diwaspadai sebagai tanda sindrom demensia. Jadi, cobalah atasi dengan mempelajari bahasa baru. Pilihlah bahasa asing yang paling ingin Anda kuasai dan luangkan waktu setiap hari untuk belajar per kosakatanya. Diyakini cara ini mampu meningkatkan aliran darah ke otak sekaligus meningkatkan koneksi saraf otak.

  1. Jalan Santai Rutin

Otak lambat berpikir dapat dipicu oleh stres dan kurangnya piknik. Jadi jika Anda memang seseorang yang sibuk, pastikan untuk meluangkan waktu setiap hari 15-30 menit untuk berjalan-jalan santai di luar rumah. Pikiran pun akan jauh lebih segar dengan aktivitas ini dan otak pun bisa kembali berfungsi lebih maksimal.

  1. Mencukupi Asupan Asam Lemak Omega-3

Untuk mengatasi otak lambat berpikir, cobalah konsumsi sumber makanan yang mengandung omega-3 tinggi, seperti minyak ikan dan berbagai jenis ikan laut. Otak yang memiliki penurunan fungsi sehingga kurang aktif bisa saja dipicu oleh asupan asam lemak omega-3 yang rendah.

  1. Multitasking

Multitasking atau melakukan dua atau lebih kegiatan di waktu bersamaan adalah cara yang juga bisa Anda pakai untuk mengatasi lambatnya otak berpikir. Memang kegiatan multitasking membingungkan bagi yang belum terbiasa sebab otak harus dijaga tetap fokus. Namun bila Anda membiasakannya, konsentrasi Anda akan jauh lebih baik seiring waktu.

  1. Main Video Game

Video game pun merupakan permainan yang bisa diandalkan sebagai pengasah otak. Tema video game di mana Anda belajar untuk menyerang dan bertahan adalah jauh lebih dianjurkan karena hal ini membuat otak bekerja dan berpikir dengan lebih baik serta aktif.

  1. Mendengarkan Berulang Lagu Kesukaan

Tak bisa main catur, tak suka video game, dan tak ada bakat main musik? Coba cara sederhana ini, yaitu mendengarkan lagu kesukaan Anda berulang kali. Aktivitas ini tampak paling simpel, tapi juga sangat berguna bagi otak untuk belajar menghafal lirik serta nada.

Itulah serangkaian cara mengatasi otak lambat berpikir agar cerdas dan tajam kembali. Ada banyak pilihan aktivitas yang mampu membantu Anda dalam mengasah otak bukan? Cobalah satu atau lebih aktivitas tersebut dan buktikan keefektifannya.