Setelah Makan Berlebihan, Ini 6 Hal Penting Anda Perlu Lakukan

341

Setelah Makan Berlebihan, Ini 6 Hal Penting Anda Perlu LakukanApakah Anda termasuk orang yang suka makan berlebih baik itu sesekali atau cukup sering? Makan berlebihan biasanya mungkin terjadi terutama saat ada acara istimewa dan merayakan sesuatu, dan inilah yang dapat menjadikan perut terasa penuh dan tak nyaman. Bahkan Anda juga bisa mengalami kenaikan berat badan cukup drastis setelahnya; lalu hal tepat apa yang bisa dilakukan sesudah makan banyak?

  1. Hindari Stres

Ada sejumlah orang yang setelah makan banyak justru merasa menyesal dan kemudian stres karena efek yang terjadi setelahnya pada perut. Biasanya gangguan pencernaan akan mulai dirasakan, tapi hal ini tak perlu terlalu dipikirkan karena kita pun tak bisa mengulang waktu untuk kemudian makan lebih sedikit bukan?

Tak perlu berkecil hati atau membuat diri sendiri stres karena sudah telanjur makan berlebih. Tetap positif untuk kembali ke pola makan yang tepat, sehat dan seimbang. Perut yang tak nyaman pun tak akan bertahan lama dan Anda hanya perlu memperbaiki pola makan setelahnya.

  1. Tidur Cukup

Sesudah makan banyak atau berlebihan, penting untuk memiliki tidur atau istirahat yang cukup. Pola tidur yang baik adalah penyeimbang bagi perbaikan pola makan yang hendak Anda jalani. Cukup tidur akan mencegah Anda dari stres di mana stres ini adalah pemicu dari kenaikan berat badan biasanya.

  1. Minum Air Putih Banyak

Keesokan hari sesudah Anda makan banyak dan berlebihan, pastikan untuk tidak makan terlalu banyak lagi tapi justru memenuhi tubuh dengan cairan yang cukup. Perut sedang penuh dan tak nyaman justru malah harus diisi lagi dengan banyak air putih? Apa tidak salah?

Justru meminum banyak air putih di hari setelah Anda makan banyak akan menjadi solusi dalam meredakan kembung. Minum banyak bukan berarti harus sekali langsung banyak; sedikit-sedikit tapi sangat sering adalah yang terbaik agar tubuh bisa terjauh dari dehidrasi sekaligus meredakan perut yang penuh secara efektif.

  1. Memulai Makan Bersih

Dalam mengatasi efek makan berlebihan, kembalilah ke jalan yang benar, yakni makan bersih atau dengan kata lain Anda bisa mengasup banyak buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan pencernaan. Gangguan sistem pencernaan setelah makan banyak dapat Anda coba atasi dengan mengonsumsi smoothie buah dan sayur, di mana yang paling terekomendasi adalah smoothie kale.

  1. Melakukan Peregangan

Keesokannya sesudah makan banyak jangan lupa saat bangun tidur atau ketika ada waktu luang, lakukan peregangan tubuh. Melakukan peregangan selama 20 menit bisa menjadi cara melancarkan saluran pencernaan yang sempat terisi penuh dengan makanan. Bahkan peregangan juga bisa menjadi cara detoksifikasi tubuh yang simpel tapi jitu.

  1. Melakukan Kardio

Sesudah menerapkan peregangan, Anda juga bisa langsung melakukan olahraga kardio. Apalagi ketika melakukan olahraga kardio tiap pagi, manfaatnya sangat bagus bagi kesehatan karena ini adalah jenis olahraga yang membakar kalori ampuh. Entah itu hanya berlari, jogging, bersepeda atau bahkan lompat tali, Anda bisa membuang racun-racun dari dalam tubuh dan membantu proses pencernaan jadi lebih cepat.

Tak perlu khawatir ketika Anda harus makan banyak dan sampai tak terkendali ketika berada pada acara atau perayaan tertentu. Hal-hal penting tersebut bisa langsung Anda terapkan demi mengembalikan kesehatan pencernaan sekaligus menormalkan lagi berat badan yang sempat naik. Hindari stres dan mulailah dengan program perbaikan pola makan.