Panduan Praktis Dan Aman Mengonsumsi Bakmi Bagi Penderita Diabetes

636

Apakah boleh penderita diabetes makan bakmi ?

Bakmi merupakan kelompok makanan yang berasal dari golongan biji – bijian. Rasanya gurih dan lezat, apalagi jika disantap bersama dengan sayur dan tambahan cincangan daging ayam / sapi dibalur bumbu khusus. Banyak orang yang menyukai makanan ini. Namun bagi orang yang terkena Diabetes agak merasa khawatir mengonsumsi makanan ini karena diperkirakan gula darah mudah naik. Dimana diketahui bahwa biji – bijian mengandung karbohidrat dalam jumlah cukup tinggi, yang memiliki pengaruh besar bisa meningkatkan kadar gula darah anda.

Lantas adakah cara sehat untuk makan bakmi bagi para Diabetes ini ?

Bagi anda yang terkena Diabetes, sekarang ini tidak perlu lagi merasa khawatir secara berlebihan untuk dapat menyantap semangkok bakmi yang bercita rasa enak. Ada beberapa aturan yang wajib dilakukan agar anda dapat makan bakmi dengan cara sehat.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan secara singkat tentang langkah – langkah yang perlu anda patuhi agar dapat menyantap lezatnya semangkok bakmi :

1/Perbanyak tambahan makanan sehat lainnya yaitu sayuran

Bakmi yang sehat adalah dilihat dari bagaimana cara anda memasaknya. Disarankan untuk memasak bakmi dengan cara direbus lebih aman untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Karena jika anda lebih menyukai bakmi goreng, di dalamnya banyak mengandung minyak yang adalah kalori dan lemak. Akibatnya sangat mudah memicu kolesterol di dalam tubuh menjadi tinggi sehingga beresiko anda mudah terserang penyakit jantung.

Saran kedua adalah dengan menambahkan sayuran (sawi) disertai makanan padat nutrisi lainnya yang bagus membantu untuk mengendalikan gula darah, contohnya adalah cincangan daging ayam berbumbu dan minyak zaitun. Bakmi yang anda buat akan berasa lebih nikmat dan sehat untuk tubuh, sehingga dapat menjadikan hari – hari anda penuh semangat dan berenergi tanpa khawatir akan menyebabkan gula darah anda menjadi naik.

2/Batasi makan bakmi dengan porsi sehat

Bakmi mengandung nilai ‘indeks glikemik’ yang sedang, dimana yang dimaksud dengan indeks glikemik adalah nilai – nilai yang menunjukkan kecepatan tubuh dalam merubah karbohidrat menjadi gula darah. Indeks glikemik tinggi terhadap makanan maka akan menyebabkan semakin cepat kadar gula di dalam tubuh naik. Nah mengatasi kondisi buruk ini adalah dengan mencoba ngemil snack sehat lainnya yang kaya akan kandungan serat dan protein sebelum makan bakmi.

Contohnya adalah snack berbahan dasar kedelai. Dimana kedelai mempunyai indeks glikemik rendah yang akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Batasi porsi makan bakmi yaitu dua kali saja dalam sebulan sehingga gula darah anda tetap stabil.

3/Pilihlah bakmi yang mengandung cukup tinggi serat

Perlu anda ketahui bahwa bakmi yang banyak dijual di pasaran terbuat dari bahan – bahan yang beragam, ada dari tepung terigu, dan bahan lainnya yaitu jenis mie telur. Mie telur diketahui banyak mengandung zat karbohidrat sehingga jika dimakan tanpa aturan maka akan mudah membuat tubuh anda menjadi naik drastis.

Bakmi yang sehat contohnya adalah terbuat dari bahan gandum utuh, tepung beras merah, tepung quinoa dan lain sebagainya. Jenis mie tersebut banyak mengandung serat sehingga membantu memperlambat kerja pada sistem pencernaan dan menjadikan anda lebih mudah kenyang.

4/Seimbangkan dengan rutin berolahraga

Meskipun anda sudah sukses mengendalikan pola makan sehat namun jangan lupa diseimbangkan dengan yang rajin berolahraga. Masalahnya adalah orang yang mengidap Diabetes beresiko tinggi dalam mengalami obesitas dan mudah jatuh pingsan.

Olahraga yang dilakukan dengan cara rutin bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan disertai dengan menjaga keseimbangan kadar gula di dalam tubuh. Yang rutin berolah raga yaitu 2 s/d 3 kali dalam seminggu guna mendapatkan dan menjaga berat badan menjadi tetap ideal. Lakukan olahraga ringan seperti jalan – jalan santai, yoga, renang, tai chi dan lain sebagainya.

Langkah – langkah tersebut di atas didukung oleh kabar baik dari The American Diabetes Association yang menjelaskan bahwa penyakit Diabetes boleh mengonsumsi bakmi atau makanan sejenis lainnya yang kaya akan kandungan karbohidrat, seperti dilansir dari Livestrong, asalkan memperhatikan jenis dan porsi bakmi yang anda akan makan. Di samping mengkhawatirkan Diabetes, kebanyakan makan bakmi dapat membuat tubuh anda mudah menjadi gemuk dan secara otomatis gula darah di dalam tubuh anda menjadi tak terkontrol.