Home Penyakit dan Kelainan 33 Penyakit Yang disebabkan Oleh Virus dan Mematikan

33 Penyakit Yang disebabkan Oleh Virus dan Mematikan

by Henny Anugerah

Penyakit yang disebabkan oleh virus mempunyai perbedaan gejala dan penularannya,Namun mempunyai dampak buruk yang sama besar pada kesehatan tubuh.
Virus merupakan penyebab munculnya berbagai kelainan dan ketidaknormalan jaringan tubuh yang memicu seseorang menderita penyakit tertentu. Virus bisa beradaptasi pada kondisi suhu dan wilayah yang berbeda. Pergerakan penularanya relatif cepat karena bisa melalui udara atau karena interaksi satu manusia dengan manusia yang lain.

Penyakit
Inilah 33 Penyakit yang disebabkan oleh virus

1. Cacar air
Cacar air adalah penyakit menular yang menyerang jaringan kulit diantaranya pada bagian wajah, kulit kepala, Lengan dan kaki. Gejalanya Terserang Demam, muncul ruam ruam merah dan Bintil berisio cairan yang terasa gatal. Cacar air disebabkan oleh virus Varisela Zoster.
Baca juga : cara menyembuhkan cacar air secara alami

2. Demam Berdarah Dengue (DBD)
Demam berdarah adalah penyakit yang dapat merusak permukaan kulit dan menurunkan akadar sel darh merah didalam tubuh. Gejalanya Demam, Keluar cairan darah dari hidung, Muncul bintik bintik merah. Demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamukm Aedes aegypti betina yang telah terinfeksi virus Dengue.
Baca juga : cara mengobati demam berdarah yang paling ampuh

3. Hepatitis
Penyakit hepatitis merupakan penyakit yang menyerang jaringan hati manusia.Terdiri atas hepatitis A, B, C, D dan E. Virus yang berpotensi menyebabkan penyakit hepatitis adalah jenis Virus Mumps, Cytomegalovirus dan Epstein-Barr
Baca juga :ciri ciri Hepatitispada pria dan wanita

4. Muntaber
Muntaber merupakan penyakit yang menyerang bagian usus yang disebabkan oleh Virus yang bersal dari makanan atau minuman yang terceamar oleh radikal bebas atau kotoran hewan. Virusnya bernama Escherichia Coli.
Baca juga : cara mencegah Muntaber pada anak

5. Pneumonia
Pneumonia adalah radang paru paru yang terjadi dibagian pulmonary Alveolus yang mempunyai kemampuan membawa dan menyebarkan oksigen dari atmosfer. Gejala awal dari penyakit ini adalah Demam, Sesak nafas, Batuk batuk. Penyakit ini disebabkan oleh virus Sinsitial dan Virusc influenza tipe A dan B yang serimng menyerang anak anak usia dini.
Baca juga :gejala Pneumonia

6. Severe Re Acute Respiratory Syndrome (SARS)
Sars adalah penyakit yang merusak saluran pernafasan hingga menyebabkan gangguan pernafasan yang sangat bewrbahaya. Gejalanya adalah Demam yang bisa melebihi 38 derajat, Sakit kepala, Tubuh lemah, Nyeri otot. Penularan melalui udara dan angin. Penyakit ini disebabkan oleh Virus Corona sars

7. Demam kuning
Demam kuning adalaah penyakit yang menyerang organ internal termasuk hari . Fungsi hati akan menurun dan memnyebabkan kulit sertamata menjadi berwarna kekuningan. Gejalanya: Demam tinggi, Pendarahan dipori pori kulit dan menggigil. Penyakit ini disebabkan oleh virus Flavivirus.
Bac juga : cara mencegah Demam kuning

8. Anthrax
Penyakit yang dibawa dari sapi yang telah terinfeksi virus ini bisa menuklari manusia melalui dagingnya. Gejalnya berhalusinasi, Sesak nafas, Muncul bisul bisul gatal. Penyakit yang disebabkan oleh virus Anthrax berpotensi menulari hewan ternak lain misalnya domba, Kambing atau Kuda.

9.Ebola
Ebola adalah penyakit yang disebabkan oleh hewan kelelawar dan kera yang telah terinfeksi virus lalu menularkanya pada manusia melalui gigitanya atau karena makanan dan minuman telah tercemar oleh air liur dan kotoran hewan tersebut. Gejalanya Keracunan, Muntah muntah, hilang kesadran diri. Penyakit ebola disebabkan oleh virus Ebola.
Baca juga : virus Ebola, cara penularan dan pencegahannya

10.Penyakit menular seksual (PMS)
Penyakit menular melalui hubungan seksual terjadi karena seseorang menularkan penyakitnya pada orang lain. Gejala awaal adalah adanya bintil bintil berisi cairan yang jika dipecahkan akan menjadi gatal yang muncul pada area kemaluan pria maupun wanita. Penyakit yang disebabkan oleh Virus Trichomones vagindis, Neisseria gonorrhocae dan Treponema pallidum
Baca juga: 8 penyebab PMS (penyakit menular seksual)-Jenis dan cara mengatasinya

11.Campak biasa
Penyakit campak menyerang permukaan kulit dan jaringan kulit bagian dalam. Gejalanya mata merah, Btuk batuk, Demam tinggi, Bersin terus menerus dan Ruam tuam pada permukaan kulit. Penyakit ini disebabkan oleh virus Morbilivirus

12.Campak jerman (Rubella)
Campak jerman atau rubella adalah penyakit yang menyerang kulit sama seperti campak biasa, Namun bedanya campak jerman dapat menyerang anak anak sekaligus remaja dalam penularaan yang saangat cepat. Gejalanya batuk batuk, demam. Penyakit ini disebabkan oleh Virus Rubella.
Baca juga : campak jerman

13.Leishmoniasis
Penyakit leishmoniasis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh gigitan lalt pasir yang menyebabkan luka pada permukaan kulit, Lalat pasir membawa virus , Yang jiak menggigit maka virus akan menyebar kealiran darah manusia dan menginfeksi organ internal misalnya limpa, Hati dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini disebabkan oleh Protozoa Leishmonia

14. Cacingan.
Cacingan merupakan penyakit yang sering dialami oleh anakl anak yang selalau bermain pada temapt tempat kotorv atau tanah lumpur. Gejalanya nafsu makan berkurang, Kecerdasan menurun, Tidak semnangat, Wajah lesu , Badan kurus. Penyakit ini disebabkan oleh makan dan minuman atau tubuh berinteraksi langsung dengan telur cacing, bakteri dan bahkan virus Coli yang tidak sengaja melekat ada pada tanah, Bebatuan atau lumpur.

15.Pesteurellosis atau pes
Penyakit pes merupakan penyakit yang menginfeksi kelenjar getah bening dan jaringan paru paru. Penyakit berbahaya ini dibawa oleh binatang pengerat misalnya tikus dimana tubuh dan air kencingnya telah terkontiminasi dengan bakteri bahkan virus pesteurellosis.

16.Diare
Diare merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan dan menginfeksi saluran pencernaan sehingga menimbulkan kegagalan tubuh dalam mengekresiakan atau memadatkan feses yang siap akan dikeluarkan. Penyakityang disebabkan oleh virus Rotavirus ini akn merasa perut terus menerus melilit.
Baca juga :8 obat diare tradisional untuk anak anak dan dewasa

17.Roseola
Roseola merupakan penyakit yang memnyerang jaringan kulit pada anak anak dan balita. Gejalanya kulit terserang ruam ruam merah yang gatal dan panas.Penyakit ini disebabkan oleh infeksi dari Virus Roseola.

18.Flu Zika
Penyakit zika disebabkan oleh gigitan nyamuk jenis aedes agepty. Geajalanya hampir dsama dengan demam berdarah tetapi bedanya zika lebih mudah disembuhkan dan demam ayang dialami pasien tidak lebih dari 38 derajat. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk jenis aedes agepty yang telah terinfeksi virus Zika.

19.Polio
Polio merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf yang menyebabkan seseorang kesulitan bernafas dan kelupuhan tubuh. Gejalanya sakit kepala, Tubuh lemah, Sulit tidur dan kesuklitan untuk bernafas. Penyakit yang disebabkan oleh virus Polivirus atau Poliomyelitis virus ini mudah menyerang balita yang tidak mendapatkan vaksinasi polio beberapa bulan setelah kelahiranya.
Baca juga : gejala Poliosecara umum

20.Rabies
Rabies adalah penyakit anjing gila yang dapat menulari pada manusia jika mengalami kontak fisik langsung dengan air liurnya atau berinteraksi dengan Luka terbuka pada hewan yang telah terinfeksi virus rabies atau terkena gigitannya. Penyakit ini disebabkan oleh virus rabies.
Baca juga : bahaya gigitan anjing Rabies dan penangannya

21. Malaria
Malaria merupakan penyakit yang diakibatkan gigitan nyamuk anopheles betina yang telah terinfeksi virus. Gejalanya demam tinggi, Gemertaran, Sakit kepala, Muntah muntah. Penyakit ini disebabkan oleh parasit protozoa dari genus plasmodium.
Baca juga : ciri ciri Malaria

22.Middle East Respiratory Syndrome (MERS)
Mers adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan manusia. Penyakit mres dibawa oleh hewan unta yang telah terinfeksi virus, tanag apabila dagingnya dikonssumsi maka virus akan berpindah pada tubuh manusia. Penyakit yang disebabkan oleh virus Korona sangat berbahaya karena sering menimbulakn kematian.

23.HIV-AIDS
HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seseorang sehingga tubuh kehilangan kemampuannya untuk menolak racun atau bibit penyakit yang menyerabng melalui radikal bebas atau melalui makanan dan minuman. Seseorang yang terjangkit Aids maka tubuhnya tidak lagi mampu melawan bibit penyakit yangmasuk dalam tubuhnya. Gejala awal tubuh kurus, mudah lelah, Mudah terserang flu. Penyakit ini disebabka oleh Human Immunodeficiency Virus.
Baca juga : cara mengetahui terkena HIV//Aids

24.Herpes Zoster
Herpes zoster atau cacr air merupakanpenyaakit yang menyerupai lingkaran ularyang menyerang kulit bagian perut atau pinggang.Gejala penyakit sama seperti cacar air yaitu demam, timbul bintil bintil isi cairan yang jika poecah akan menimbulkan gatal. Penyaakit ini disebabkan oleh Virus varisela
Baca juga : penyebab Herpes zoster paling menakutkan

25.Gondongan
Gondongan atu parotitis merupakan penyakit yang menyerang kelenjar paroyid yaitu kelenjar yang memproduksi ludah dalamn jumlah yang stabil. Virus menyebbakan peradangaan dan infeksi sehi9ngga bagian leher mengalami pembesaran. Penyakit ini disebabkan oleh Virus pamyxo.
Baca juga : penyebab Gondongan dan cara mengatasinya

26.Kutil
Kutil adalah penyakit yang menyrrang kelenjar kulit dan merusaknya sehingga menimbulkan pertumbuhan seperti tumor jinak. Penmbesaran yang terjdi diakibatkan oleh Virus Human papillomavirus.
Bac juga : cara menghilangkan Kutil dengan cepat dan mudah

27.Flu Burung
Flu burung adalah penyakit yang disebabkan oleh unggas yang telah terinfeksi virus dan menular pada manusia melalui kotoran ya atau dagingnya yang dikonsumsi manusia tetapi tidak dimasak secara benar, Sedangkan daging unggas telah tercemar virus. Penyakit flu ini disebabkan oleh virus H5N1.

28.Flu Singapura
Flu singapura merupakan penyakit yang menyerang sekitar mulut , lipatan paha atau bagian bokong. Flu singapura menyebabkan luka dan pewradngan yang awal gejalanya hampir sama seperti cacar air misalnya demam tinggi, Sakit kepala, Batuk batuk dan lain lain. Penyakit ini disebabkan Virus Coxsackie A16, A6, A10 dan Enterovirus 71.
Bac juga : bahaya Flu singapura

29.Flu biasa
Flu biasa menyerang salurab pernafasan, Rongga hidung, Kepala dan tenggorokan sehingga menimbulakn rasa tidak nyaman pada tubuh. Geajalanya pegal pegal, Bersin bersin, Pilek, Sakit tenggoriokan , Pusing kepala dan terserang masuk angin. Penyakit flu mudah datang ketika musim hujan atau ketika seseorang terseranaag kelelahan dan kurang tidur. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza tipe A.

30.Flu Babi

Flu babi adalah penyakit yang menyerang hewan babi tetapi bisa menular pada manusia jika manusia berinteraksi langsung dengan kotoran , urin atau mengkonsumsi dagingnya yang telah tercemar virus. Memasak dagingnya setengah matang dapat mempercepat penularan virus flu babi pada manusia. Penyakit ini menyebabkan mual, Sakit kepala, Demam tinggi, Pegal pegal dan tidak nafsu makan. Penyakit ini disebabkan oleh Virus h1 n1.

31.Chikungunya
Chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk jenis aedes albopictus yang membawa virus laliu menyebarkanya melalui aliran darah manusia. Gejalanya Demam, Timbul bintik merah pada kulit, Sesak nafas. Penyakit ini disebabakan oleh Virus togavividae.
Baca juga : ciri ciri Chikungunya

32.Demam Hemmorrbagic
Demam hemmorrbagic adalah penyakit yang menyerang bagian kepala sehingga menyebabkan kepala tersa berat dan pusing secara berulang, Nyeri otot, Demam, batuk dan muntah muntah. Penyakit ini sering menyerang orang oerang yang terkena gejala awal meningitis. Penyakit yang disebabkan oleh Virus RNA yaitu Lymphoytic choiriomeningitis.

33.Bisul pada kelamin
Tidak menjaga kebersihan kemaluan secar benar atau karena melakuakn hubungan sex bebas dapat memicu tumbuhnya Bisul bisul yang berisi cairan yang tumbuh pada kelamin pria maupun wanita. Penyakit ini disebabkan oleh virus Human papillome atau HPV

Pencegahan
Ada 13 solusi terbaik agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus.

1. Mandi teratur 2 kali sehari dengan sabun antiseptik
2. Menjaga kebersihan air dan kamar mandi
3. Menjaga kebersihan lingkungan rumah
4. Pola makan yang sehat dan olahraga
5. Menjauhi narkoba dan sejenisnya
6. Menjauhi rokok, Asap rokok
7. Menjauhi minuman beralkohol
8. Tidur yang cukup
9.Minum air putih setidaknya 7 sampai 8 liter perhari
10. Hindari radikal bebas termasuk debu , Asap dan lain lain
11. Hindari orang orang yang menderita penyakit yang disebabkan oleh virus
12.Pakailah masker mulut untuk perlindungan dari udara yang tercemar
13.Mengkonsumsi suplemen Vitamin C dosis tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Pentingnya daya tahan tubuh
Sebenarnya Penyakit yang disebabkan oleh virus dapat cepat menular pada orang orang yang memiliki daya tahan tubuh yang menurun. Banyak orang yang tidak menyadari jika tubuhnya dalam keadaan kurang fit karena kurang tidur dan kelelahan. Mereka baru menyadari setelah terserang flu. Mempertahankan daya tahn tubuh agara tetap stabil sebaiknya diawali dengan kebiasaan baik mengkonsumsi minuman jahe yang ditambahkan dengan madu dan air jeruk lemon. Ramuan sederhana tersebut mampu membentengi tubuh dari serangan radikal bebas yang didalamnya terdapat partikel beracun, Termasuk penularan penyakit yang disebabkan oleh virus.
Baca juga : cara meningkatkan daya tahan tubuh

You may also like