Home Penyakit dan KelainanDemam Berdarah 19 Cara Mengobati Demam Berdarah yang Paling Ampuh

19 Cara Mengobati Demam Berdarah yang Paling Ampuh

by Lia Yuliana

Musim penghujan saat ini banyak sekali penyakit yang timbul dan datang menyerang, terutama menyerang pada anak-anak karena anak-anak masih memiliki imun yang sangat rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, pada musim ini harus pandai-pandai untuk menjaga dan merawat tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk kebanyakan musim penghujan, penyakit yang menyerang adalah batuk, pilek, sakit tenggorokan dan sebagainya. Namun satu penyakit ini tidak boleh dilupakan dan benar-benar harus diwaspadai. Yaitu demam berdarah.

Karena pada musim penghujan nyamuk demam berdarah akan lebih mudah untuk berkembang biak, sehingga nyamuk demam berdarah akan semakin berbahaya, karena semakin banyak berkeliaran diantara masyarakat dan menyerang seorang individu yang mengakibatkan individu ini menjai tersernag menyakit demam berdarah. Dimana ketika nyamuk demam berdarah itu menyerang, tidak jarang orang yang mengetahuinya. Hanya saja, demam berdarah diketahui hanya ketika penyakit demam berdarah itu sudah diperiksakan kedokter, dengan melakukan cek darah. Maka perlu diketahui gejala demam berdarah agar ketika gejala sudah terasa dapat segera diobati.

Gejala demam berdarah

  1. Panas tinggi : panas tinggi sangat sering dialami sebagai gejala awal demam berdarah, sehingga harus benar-benar hati-hati jika badan mulai merasakan panas tinggi. jangan sampai panas itu merupakan gejala demam berdarah
  2. Badan lemas : lemas pada badan ini disebabkan karena panas yang tinggi sehingga badan tidak memiliki daya
  3. Merasa kedinginan : tak hanya panas tinggi saja yang dirasakan, salah satu gejala dari demam berdarah adalah merasa kedinginan, jadi rasanya seperti adem panas.
  4. Muntah-muntah
  5. Perut merasa mual

Sedangkan ketika demam berdarah sudah dirasakan maka harus segera diobati, ada beberapa cara untuk mengobati demam berdarah yang dapat dilakukan, baik itu cara alami maupun cara tidak alami. Adapun cara untuk mengobati demam berdarah adalah sebagai berikut

Cara mengobati demam berdarah

  1. Memanfaatkan meniran

Pada meniran terkandung flavonoid yang dapat meningkatkan trombosit pada darah, sehingga meniran sangat baik digunakan untuk obat demam berdarah. Selian itu meniran juga termasuk bahan yang mengandung senyawa yang bagus seperti alkoloid, tanin, asam fenolat dan juga triterpenoid. Meniran ini termask tumbuhan obat-obatan yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Jadi selain untuk demam berdarah, meniran yang sudah direbus ini dapat mengobati iare, sariawan, hati, penyakit kelamin dan juga panas dalam. selain untuk mengobati demam berdarah ternyata meniran ini juga biasa digunakan sebagai cara mengobati eksim dan juga cara mengobati biduran serta untuk digunakan sebagai cara mengatasi darah tinggi.

  1. Dengan kunyit

Kunyit selain dapat digunakan untuk bahan makanan, ia juga berkahasiat untuk membunuh bakteri dan mikroba yang ada didalam tubuh, karena di dalam kunyit terdapat anti mikroba dan juga antioksidan, anti tumor, anti selkanker dan juga anti vrus hiv, itu sebabnya  ia mampu untuk dijadikan obat segalam macam penyakit tak terkecuali demam berdarah, karena selain untuk mengobati demam berdarah kunyit juga dapat menghilangkan cacar air alami dan cepat.

  1. Dengan temu ireng

Pada dasarnya temu ireng in dapat dimanfaatkan untuk mengobati sel-sel hati yang rusak, sel-sel hati rusak ini disebabkan oleh demam berdarah. Jadi dengan memanfaatkan temu ireng ini dapat dikatakan mampu mengatasi demam bedarah agar tidak terajdi banyak komplikasi sehingga menyebabkan timbulnya penyakit lainnya. Temu ireng selain bisa digunakan untuk obat demam berdarah temu ireng juga bisa digunakan untuk obat gondongan

  1. Konsumsi jambu biji

Jambu biji selain mengandung banyak vitain C, bahkan paling banyak mengandung vitamin C, warnanya yang merah ini dapat membantu meningkatkan trombosit pada tubuh. Jadi trobosit pada tubuh akan kembali seperti semula dengan mengkonsumi buah jambu biji ini dengan rutin.

  1. Daun dewa

Daun dewa memang merupakan tumbuhan obat-obatan yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit terutama pada demam berdarah ini. Ketiika demam berdarah sudah diketahui gejalanya. Maka segera dengan cepat ambil daun dewa ini dengan cara merebus daun dewa sampai rebusan itu benar-benar baik untuk diminim. Dan konsumsinya 2 kali sehari secara rutin. Dengan begitu demam berdarah akan lebih mudah untuk disembuhkan. Tidak hana itu ternyata daun dewa juga bisa untuk mengobati tangan keseleo dan bengkak.

  1. Konsumsi banyak air putih

Air putih memang bermanfaat untuk membasmi segala macam penyakit, air putih memang dibutuhkan tubuh untuk mencukupi cairan yang dibutuhkan tubuh. Jika pada saat terkena demam berdarah sudah berusaha untuk mengkonsumsi air putih maka akan lebih mudah untuk proses penyembuhan demam berdarah. Alangkah lebih baik kita melakukan terapi air putih agar kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Lakukan pengompresan

Pengompresan dilakukan untuk meredakan demam dan rasa menggigil yang ditimbulkan oleh gejala demam berdaarah. Dengan pengompresan demam akan sedkit berkurang. Namun meskipun demikian tetap saja tidak boleh hanya sampai pada pengompresan saja, namun harus segera dibwa kedokter agar segera ditangani dengan benar. Dalam melakukan pengomresan demam berdarah ini dapat dilakukan cara kompres yang benar untuk demam tinggi agar demam dapat dengan mudah turun. Karena terkadan dalam gejala demam berdarah, demam itu bisa menjadi demam naik turun.

  1. Konsumsi jus lemon

Jus lemon mengandung vitamin c yang dpaat membantu regenerasi keping darah yang menciptakan trobosit pada tubuh. Sehingga trombosit akan lebih mudah dipenuhi kebutuhannya.

  1. Konsumsi susu

Susu memang sudah dipercaya sejak dahulu untuk menangkal beberapa penyakit. Sejak dahulu susu sudah dipercaya dapat memerangi berbagai jenis virus penyakit yanda dapat menyebabkan segala macam penyakit. Oleh sebab itu susu juga berkhasiat untuk mengobati demam berdarah. Karena susu dapat meningkatkan albumim dalam darah.

  1. Dengan bubur

Bubur bermanfaat untuk mengatasi kelaparan yang dirasakan oleh orang yang menderita demam berdarah. Pada saat orang terkena demam berdarah pasti ia akan merasa malas untuk makan, oelh sebab itu bubur dapat dijadikan alternative makanan pada demam berdarah karena bubur mudah ditelan dan mudah dicerna oleh tubuh.buburjuga dapat dingunakan untuk makanan orang demam tinggi dan panas. Agar konsumsi makanan mereka juga tercukupi.

  1. Dengan teh herbal

Teh herbal ini mampu untuk meningkatkan  tekanan darah dan juga meningkatkan kepingan darah yang dibutuhkan oleh tubuh. Oelh sebab itu ia sangat bagus untuk digunakan sebagai obat penderita demam berdarah.

  1. Pepaya

Pepaya diperkaya untuk meningkatkan jumlah kepingan darah yang ada didalam tubuh, selain pepaya dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit terutama kulit yang sensitif, ternyata ia juga memiliki manfaat untuk meningkatkan trombosit secara terus menerus sehingga trombosit akan dapat cepat kembali lagi. tidak hanya buahnya saja ternyata daun pepaya juga memiliki manfaat daun pepaya dan efek sampingnya.

  1. Buah delima

Buah delima memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak, sehingga ia mampu untuk meningkatkan jumlah trombosit yang dibutuhkan tubuh untuk menyerang penyakit demam berdarah itu, selain itu buah delima ini dapat menambah vitamin yang dibutuhkan tubuh pula

  1. Sayuran hijau

Pada sayuran hijau, sangat banyak mengandung vitamin K, dimana vitamin itu dapat membantu meningkatkan trombosit yang hilang ketika trombosit dalam tubuh sudah menurun. Sayuran hijau itu diantaranya seperti kangkung, bayam dan lain sebagainya.

  1. Bawang putih

Selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bawang putih juga dapat membantu meningkatkan trombosit pada tubuh yang trombositnya menurun. Kepingan darah pada tubuh dapat berfungsi dengan normal jika sistem kekebalan tubuh menjadi baik. Itu sebabnya bawang putih sangat baik dimasukan dalam setiap menu makanan yang dibuat dirumah.

  1. Buah bit

Selain untuk mengobati anemia, buah bit juga dapat mengobati demam berdarah. Karena dalam pengobatan anaemia, buah bit beramnfaat untuk menambah jumlah darah terutama pada trombosit, maka dari itu darah juga akan dapat diatasi dengan maksimal jika mengkonsimsi buah bit.

  1. Hati

Disetiap binatang yang disembelih pasti memiliki hati. Hati pada ayam maupun sapi atau kambing dapat digunakan untuk menambah jumlah trombosit. Seingga ia mampu untuk membantu proses penyembuhan demam berdarah.

  1. Kurma

Kurma di bangsa arab, sangat baik untuk kesehatan bangsa arab, tak terkecuali jika diterapkan di Indonesia. Kurma juga memiliki banyak zat besi dan juga nutrisi yang membantu menambah kepingan darah, seingga trombosit dapat didapatkan lagi. jika trombosit sudah normal maka demam berdarah akan cepat teratasi. selain untuk mengobati demam berdarah ternyata kurmaini merupakan makanan penambah darah rendah super cepat dan juga merupakan salah satu buah yang mengandung kalsium tinggi.

  1. Gandum

Gandum memiliki serat, mineral, vitamin dan juga nutrisi yang lebih baik daripada nasi. Sehingga ia akan mampu menambah jumlah trombosit yang dapaat digunakan untuk mengobati demam bedarah secara efektif.

Itulah beberapa buah dan bahan yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati demam berdarah, dengan memanfaatkan buah dan bahan alami di atas maka akan dengan mudah demam berdarah itu dapat turun.

You may also like