Home Penyakit dan KelainanBiduran 15 Cara Mengobati Biduran Alami dan Ampuh

15 Cara Mengobati Biduran Alami dan Ampuh

by Erlita

Biduran adalah sebuah kondisi yang dikenal juga dengan sebutan urtikaria atau reaksi yang asalnya dari kulit kita sehingga memicu timbulnya bilur putih atau merah disertai rasa gatal. Penyebaran dapat terjadi walau pertamanya kemunculan bilur tersebut hanya ditemukan di satu area tertentu pada tubuh kita. Alergi merupakan penyebab umum dari biduran yang kemungkinan bentuk serta ukurannya bisa berbeda.

Biduran dapat terjadi dengan berbagai macam pemicu, dan faktor-faktor penyebab biduran yang patut untuk diketahui antara lain adalah:

  • Stres
  • Gigitan serangga.
  • Infeksi, contohnya adalah demam kelenjar dan hepatitis.
  • Terjadi kontak dengan alergen, seperti bulu binatang maupun lateks. (baca juga: obat alergi gatal)
  • Bahan tambahan pada makanan atau zat aditif, termasuk pengental, penguat rasa, pengawet, pemanis dan pewarna makanan.
  • Obat-obatan, seperti ibuprofen, aspirin, antibiotik, serta obat penurun darah tinggi.
  • Makanan yang memang menyebabkan biduran, contohnya susu, gandum, makanan laut, cokelat, kacang dan gandum.
  • Faktor lingkungan, contohnya cuaca dingin maupun panas.
  • Bahan pakaian yang dikenakan.

Kasus biduran ini bakal memunculkan ruam di bagian-bagian tubuh kita dan rasanya akan sangat gatal serta perih. Gejala dari kondisi ini dapat sampai berhari-hari meski ada juga yang mengalaminya hanya dalam beberapa jam. Untuk biduran yang bertahan enam minggu kurang, ini adalah biduran yang disebut juga dengan jangka pendek, atau dikenal juga dengan istilah urtikaria akut. Tapi ada juga yang hingga beberapa bulan dan tahun walau termasuk langka dan kasus ini disebut urtikaria kronis.

(Baca juga: cara mengobati bisul)

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilihat dan dipraktikkan ketika biduran menyerang. Cara-cara di bawah ini terbilang aman karena dari bahan-bahan yang alami dan dekat di sekitar kita.

1. Daun Sirih

Bahan alami satu ini terbilang ampuh dalam mengobati biduran dan caranya pun tergolong mudah untuk dilakukan. Hanya dengan mengumpulkan daun sirih sebanyak 20 lembar, rebuslah semuanya yang kemudian tunggu sampai mendidih. Setelah matang, saringlah sebelum ramuan tersebut bisa diminum untuk menyembuhkan biduan dari dalam. Daun sirih adalah bahan alami efektif yang juga pada umumnya diandalkan sebagai cara menghilangkan bau badan secara natural.

2. Air Kelapa Hijau

Untuk menghilangkan racun di tubuh kita, air kelapa hijau benar-benar baik dan sudah terbukti sangat efektif. Tapi ada kegunaan lain dari air kelapa hijau yang tak boleh dilupakan, yaitu mengatasi biduran yang disebabkan oleh alergi makanan. Pernah mengalaminya dan begitu mengganggu? Jika sampai terkena biduran lagi, jangan ragu untuk memilih air kelapa hijau segar untuk dikonsumsi berturut-turut selama 3 hari agar proses kesembuhan lebih cepat. Air kelapa hijau cukup mudah didapat sehingga tak perlu bingung.

(Baca juga: cara mengobati ambeien)

3. Leunca

Leunca merupakan sebuah tanaman yang banyak manfaat baiknya bagi kesehatan, termasuk diketahui pula sangat baik dalam membantu menyembuhkan biduran. Hanya dengan mendapatkan tanaman yang telah terpisahkan dari akarnya, kita kemudian dapat menumbuknya untuk mulai meramu obat biduran. Balurkan ramuan ke kulit sampai warnanya menjadi hijau dan pengobatan ini dapat dilaksanakan sehari 3 kali sampai biduran membaik dan memudar. Pengobatan rutin tentu akan membawa hasil yang jauh lebih baik.

4. Kompres Dingin

Iritasi kulit pada waktu terkena biduran bisa diatasi dengan sederhana dan terkadang dikompres dingin pun sudah termasuk cukup. Rasa gatal akan berkurang ketika dikompres dingin; caranya hanya dengan menyiapkan waslap yang dibasahi air dingin lalu waslap dapat ditempelkan ke permukaan kulit. Tunggu sampai rasa gatal itu hilang secara bertahap.

(Baca juga: cara kompres yang benar untuk demam)

5. Kantong Es

Cara lain yang masih ada hubungannya dengan kompres dingin adalah menggunakan kanting es di mana sebuah kantong bisa diisi dengan es batu. Jika ingin lebih dingin, es batu dapat menjadi solusi di mana setelah itu kita dapat menggunakan handuk untuk membalutnya agar es tak langsung tertempel ke kulit kita. Bila ada bisa gunakan kantong es, tapi kalau tak punya bisa juga memanfaatkan sekantong sayuran dan es bisa ditempel kurang lebih 10 menit sebelum akhirnya bisa dilepaskan.

(Baca juga: bahaya minum air esbahaya makan es batu setiap hari)

6. Cuka Beras Hitam dan Jahe

Cuka beras hitam yang diramu bersama dengan jahe akan mampu mengatasi biduran, yaitu dengan menyiapkan cuka beras hitam sebanyak 100cc, lalu ditambah dengan jahe 30 gram. Pastikan juga kita menyiapkan gula merah secukupnya. Jahe bisa ditumbuk lebih dulu sampai benar-benar halus dan selanjutnya dapat direbus dengan bahan lainnya. Ketika sudah matang atau mendidih, tunggu sampai dingin, baru ramuan alami ini bisa dikonsumsi sehari 2 kali setiap hari hingga biduran membaik.

(Baca juga: cara menyembuhkan vertigo)

7. Temulawak dan Buah Asam

Mengobati biduran juga bisa dengan buah asam yang dicampur dengan temulawak karena keduanya adalah bahan alami luar biasa dengan segudang fungsi untuk kesehatan. Maka sediakan temulawak 15 gram serta buah asam secukupnya, ditambah dengan gula aren sebagai pelengkap. Semua bahan dapat direbus secara bersamaan dengan air 2 gelas saja dan ditunggu sampai tersisa setengahnya.

Tunggulah dulu sampai air rebusan sudah tidak panas baru kemudian bisa disaring. Ramuan kemudian dapat diminum sehingga biduran dapat diobati dengan baik. Apabila masih kurang manis dengan gula aren, tak ada salahnya jika ingin menambahkan madu sedikit supaya rasanya menjadi lebih nikmat.

(Baca juga: cara menghilangkan cacar air alami dengan cepat)

8. Minyak Zaitun dan Minyak Kayu Putih

Obat biduran yang pastinya juga ampuh dan layak dicoba adalah gabungan antara minyak kayu putih dengan minyak zaitun di mana cukup disediakan 1 sendok makan masing-masing bahan. Untuk tambahan, kita juga bisa ambil menthol kristal dengan takaran yang sama. Baru setelah itu semua bahan dapat diaduk sampai rata bersama-sama. Setelah jadi, bagian kulit yang terkena biduran dapat dioles dengan ramuan ini; bila dilakukan secara teratur dipastikan hasil penyembuhan bakal maksimal.

(Baca juga: asam lemak trans monoenoiccara menghilangkan bisul)

9. Daun Jombang

Pernah mendengar nama daun jombang? Rupanya daun ini sungguh bermanfaat untuk yang tengah menderita karena biduran. Hanya tinggal menyiapkan daun jombang sebanyak 30 gram lalu direbus bersama air 400 cc, tunggulah hingga sisanya cuma tinggal setengahnya, biarkan hangat baru bisa dikonsumsi. Untuk aturan konsumsinya sendiri, bisa dilakukan setiap hari supaya hasil terbaik didapatkan segera.

10. Daun Kelor dan Bawang Merah

Bahan-bahan ini di luar dugaan mampu mengobati biduran secara alami. Sediakan daun kelor 3 lembar ditambah dengan bawang merah 1 siung saja, serta pulosari 2 gram sebagai tambahan. Bahan-bahan ini selanjutnya perlu direbus bersama-sama dengan air 3 gelas, tunggu mendidih dan hanya tersisa 2 gelas. Saringlah lebih dulu sebelum akhirnya bisa mengonsumsinya; meminumnya sehari 2 kali akan mempercepat proses menghilangnya biduran.

(Baca juga: efek samping bawang putih bahaya bawang putih mentah)

11. Sambiloto dan Kunyit

Kedua bahan ini adalah yang juga dianggap terbaik dalam mengatasi masalah biduran. Dengan kunyit 20 gram ditambah dengan sambiloto 10 gram serta lain-lainnya seperti bawang merah 3 siung, adas 1 sendok makan serta daun kelor 30 gram akan semakin mantap dan efektif obat biduran ini. Semua bahan dapat ditumbuk bersama-sama sampai lembut setelah dicuci sampai bersih, baru kemudian dilanjutkan dengan merebusnya ke air sebanyak 600 cc sampai mendidih dan tinggal tersisa sepertiganya. Saringlah dulu dan tunggu hingga dingin baru bisa diminum; takaran yang dianjurkan adalah sehari 3 kali.

(Baca juga: penyebab mata ikan)

12. Meniran dan Kayu Manis

Bahan alami untuk mengobati biduran juga bisa mengandalkan kayu manis serta meniran di mana semua bahan bisa ditumbuk hingga halus baru setelah itu air mendidih secukupnya bisa dituang ke dalamnya. Ramuan ini bisa dikonsumsi ketika hangat, akan lebih optimal jika diminum sehari 2 kali, yaitu malam tepat sebelum tidur serta pagi-pagi setelah sarapan.

(Baca juga: penyebab muka berminyak)

13. Berendam Air Dingin

Biduran juga dapat diobati dengan cara berendam di dalam air dingin di mana air tersebut sudah diberi obat antigatal yang alami. Cara ini sebenarnya cara lama dan bisa dicoba sebelum beralih ke obat-obat tradisional yang telah disebutkan di atas. Caranya gampang, bak mandi bisa diisi dengan air dingin yang temperaturnya nyaman bagi kita, lalu silakan tambahkan bahan oatmeal koloidal, oatmeal mentah atau soda kue (pilih salah satu untuk ditaburkan ke air tersebut). Berendam di air dingin ini cukup beberapa menit saja akan menurunkan rasa gatal.

(Baca juga: bahaya mandi air hangat)

14. Mengenakan Pakaian Longgar dari Bahan yang Lembut

Iritasi kulit bisa jadi adalah pemicu dari biduran, dan iritasi kulit ini kemungkinan terjadi dikarenakan pakaian yang biasa dikenakan adalah pakaian ketat serta tidak menyerap keringat yang akhirnya menjadikan kulit teriritasi. Ketika kita mengenakan pakaian dengan ukuran besar dan longgar, kulit otomatis akan dibiarkan untuk bernapas sehingga biduran akibat kepanasan dan iritasi juga bisa dicegah. Yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa pakaian berbahan wol perlu dijauhi karena bahannya teramat kasar.

Ketika biduran sudah menyerang, mengenakan kaos longgar terlebih dulu sebelum memakai pakaian berbahan wol bisa jadi solusi yang pas. Memang pakaian dobel pasti lebih panas, tapi ini adalah saran untuk yang ingin tetap mengenakan pakaian berbahan wol. Dengan kaos yang ada di dalam, ini akan melindungi kulit dari terkena bahan wol secara langsung.

(Baca juga: penyebab alergi kulitmacam-macam penyakit kulit)

15. Mengurangi Stres

Biduran juga dapat terjadi ketika kita sedang stres-stresnya. Mungkin masalah cinta, masalah keuangan, atau pekerjaan, pemicu-pemicu stres ini tanpa disadari juga mampu membuat tubuh lebih rentan terserang biduran. Dalam mengelola stres, ada banyak cara yang dapat dicoba untuk mulai dilakukan, seperti ide-ide berikut ini.

  • Olahraga. Melakukannya secara rutin tak hanya akan menjauhkan tubuh dari penyakit dan menjadikan fisik senantiasa bugar, tapi juga menjaga mental kita tetap sehat sehingga terjauh dari depresi. Tubuh akan menjadi lebih rileks ketika berolahraga secara rajin, begitu juga suasana hati akan lebih mudah dikendalikan. Berkegiatan fisik setidaknya seminggu 75 menit sangat dianjurkan. (Baca juga: kurang olahraga)
  • Visualisasi Menenangkan. Cara ini sebenarnya adalah salah satu metode relaksasi yang akan sangat membantu di mana kita perlu membayangkan tempat-tempat yang membuat kita senang. Baik itu khayalan atau sungguhan, tempat tersebut dapat berada di benak kita. Ketika tempat tersebut memenuhi imajinasi kita, kita bisa membayangkan bagaimana kita berjalan-jalan di sana mengitari area tersebut dan mendengarkan suara serta menangkap aromanya. (Baca juga: cara meningkatkan kinerja otak)
  • Melatih Pernapasan. Biduran karena stres bisa diatasi juga dengan metode pelatihan pernapasan, yaitu dengan mudah kita hanya perlu menarik napas dalam-dalam sampai terasa penuh di bagian paru-paru. Tarikan napas yang seperti itulah yang mantap dan bakal merilekskan tubuh serta pikiran kita; ini juga bermanfaat mencegah terjadinya napas pendek ketika kita terengah-engah. (Baca juga: cara agar nafas panjang saat berlari)
  • Meditasi. Banyak orang memercayai bahwa meditasi adalah salah satu cara ampuh dalam menenangkan pikiran karena teknik relaksasi semacam ini memang dapat melepas stres. Cukup dengan merasa rileks saat mata ditutup, kita akan benar-benar dipenuhi dengan ketenangan dan bukannya ketegangan maupun kecemasan lagi. Sebagian orang malah di dalam pikirannya mengulang-ulang menyebut satu kata selama meditasi berlangsung, cara ini pun cukup ampuh untuk menjadikan diri lebih fokus. (Baca juga: cara melakukan meditasi untuk kesehatan)

Sebetulnya biduran ini tak perlu dikhawatirkan karena pada dasarnya pengobatan khusus tidaklah diperlukan, ini disebabkan gejala bakal menghilang dalam hitungan hari. Baru ketika memang sangat mengganggu, gejala bisa ditangani dengan penggunaan obat antihistamin demi mengurangi rasa gatal. Tapi untuk lebih amannya, cara-cara alami di atas jauh lebih terekomendasi.

You may also like