5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Tanpa Harus Minum Obat

375

Kesehatan ginjal begitu penting untuk diperhatikan, karena organ tersebut sangat dibutuhkan untuk menyaring darah dan membuang sisa proses metabolisme. Jika ginjal bermasalah, maka tubuh dapat beresiko mengalami penumpukan limbah dan dapat mengakibatkan gangguan pada organ tubuh yang lain. Nah, agar ginjal bisa tetap sehat tentu dibutuhkan cara untuk membantu ginjal tetap berfungsi secara optimal. Berikut ini terdapat 5 cara menjaga kesehatan ginjal secara alami sehingga tidak perlu minum obat apapun.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh dapat membuat ginjal harus bekerja keras dalam menjalankan fungsinya. tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan darah lebih kental dan sulit untuk disaring. Karena itu, ginjal menjadi lebih cepat lelah dan jika terus dipaksakan dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, setidaknya kita perlu mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari.

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Tidak ada ruginya jika kita selalu menerapkan pola hidup sehat, bukan hanya menjadikan tubuh bugar namun juga dapat mengoptimal fungsi organ tubuh termasuk ginjal. Agar ginjal selalu sehat, rutinlah berolahraga atau melakukan banyak aktivitas fisik setiap harinya. Kemudian imbangi dengan pola makan sehat yaitu menghindari makanan berlemak, dan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur.

3. Hindari Alkohol dan Rokok

Banyak sekali zat berbahaya yang terkandung dalam rokok dan alkohol, dimana saat kita mengkonsumsinya maka racun akan mengalir ke dalam darah. Racun tersebut pada akhirnya akan sampai ke ginjal untuk disaring. Namun karena jumlahnya terlalu banyak racun tersebut dapat mengendap di ginjal dan menyebabkan penyakit pada ginjal.

4. Pertahankan Berat Tubuh Tetap Ideal

Berat tubuh sangat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena itu jagalah agar berat badan tidak melebihi batas nornal. Kelebihan berat badan akan memicu obesitas dan diabetes, juga memberatkan fungsi ginjal dalam menyaring darah. Agar ginjal tidak mengalami masalah, hindari makanan yang dapat memicu kegemukan dan hindari mengemil di tengah malam.

5. Pemeriksaan Rutin

Meski sedang tidak sakit, pemeriksaan kesehatan semestinya tetap dilakukan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memantau kondisi organ dalam tubuh dan mendeteksi penyakit lebih dini. Apalagi ginjal yang bermasalah seringkali tidak menunjukkan gejala awal, jadi dengan pemeriksaan rutin berbagai penyakit dapat lebih cepat diketahui. Untuk memantau kesehatan ginjal, tes urin dan pemeriksaan tekanan darah sangat diperlukan.

Nah, cara di atas sangat mudah dilakukan dan tentunya kita tidak perlu mengkonsumsi obat apapun yang justru dapat memberatkan kerja ginjal. Yang terpenting adalah kemauan dan konsisten dalam menerapkan cara di atas agar kesehatan ginjal selalu terjaga. Jika pinggang sering terasa sakit dan diikuti dengan buang air kecil yang tersendat, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.