Home Penyakit dan KelainanDepresi Inilah 5 Gaya Hidup Sehat Untuk Mengatasi Depresi

Inilah 5 Gaya Hidup Sehat Untuk Mengatasi Depresi

by Putri Yohani Masnun

Depresi merupakan kondisi dimana seseorang mengalami tekanan yang cukup berat sehingga pikirannya kacau dan emosinya labil. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena dapat memicu gangguan kejiwaan yang lebih parah dan sulit untuk ditangani. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasinya sejak gejala awal muncul. Semakin cepat diatasi, maka akan semakin cepat depresi tersebut hilang. Setidaknya, gaya hidup sehat seperti berikut ini dapat diandalkan untuk mengatasi depresi tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

1. Meditasi dan Yoga

Melakukan meditasi dan yoga tidak hanya memberikan efek positif pada kebugaran tubuh, namun juga dapat membuat pikiran lebih rileks dan jernih. Saat gejala depresi muncul, cobalah luangkan waktu setidaknya 15-20 menit untuk melakukan meditasi atau yoga. Dalam waktu singkat, hormon stres dalam tubuh akan jauh berkurang. Pikiran pun menjadi lebih fokus dan lupa akan tekanan hidup yang tengah dialami.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Ternyata makanan sangat mempengaruhi kondisi mood dan pikiran seseorang, karena itu mulai sekarang biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Ada banyak makanan sehat untuk kesehatan jiwa yang bisa dikonsumsi dan divariasikan menunya setiap hari. Kandungan antioksidan yang tinggi akan membuat otak terbebas dari senyawa racun sehingga bisa berikir lebih jernih dan terhindar dari depresi.

3. Banyak Menghirup Udara Segar

Salah satu hal yang membuat penduduk kota lebih rentan mengalami depresi dibandingkan dengan penduduk desa adalah kondisi udara di desa yang jauh lebih bersih dan segar. Udara yang bersih akan membantu pikiran lebih fokus, sementara udara yang tercemar membuat kepenatan di otak betambah buruk. Karena itu, penting sekali untuk meluangkan waktu untuk sekedar menghirup udara segar di daerah yang jauh dari polusi agar pikiran bisa tenang sejenak.

4. Banyak Senyum dan Tertawa

Banyak-banyaklah mengekspresikan senyum, juga tertawa bersama teman, rekan kerja atau keluarga. Studi membuktikan tertawa atau senyum mampu meningkatkan produksi hormon kebahagiaan seperti serotonin sehingga pikiran lebih rileks dan terhindar dari depresi. Bahkan senyum yang dilakukan dengan terpaksa pun akan memberikan efek yang sama. Jadi, apa alasanmu untuk tidak memberikan senyum terbaikmu?

5. Berkebun

Berkebun merupakan salah satu hobi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Tidak hanya membakar banyak kalori, berkebun pun akan membuat kita melupakan segala masalah dan tekanan dalam pikiran. Melihat bunga yang bermekaran dan buah yang mulai dihasilkan, juga termasuk sumber kebahagiaan tersendiri yang membuat jiwa jauh lebih tenang.

Wah, ternyata tidak sulit bukan menaklukan stres dan depresi yang mengganggu pikiranmu? Semua aktivitas dan gaya hidup di atas bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan waktu luang yang dimiliki. Jangan lupa untuk membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar agar kehidupan jauh lebih bermakna.

You may also like