Waspadai 7 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Sering Dilakukan

134

Gaya hidup yang kita jalani pasti akan memberikan dampak terhadap kesehatan tubuh, baik dampak positif maupun negatif. Namun seiring perkembangan zaman, kebanyakan orang lebih memilih untuk menerapkan pola hidup yang tidak sehat, karena dinilai lebih praktis, lebih enak atau lebih mudah dilakukan daripada pola hidup sehat.

Karena itu, tidak heran bila sekarang ini banyak sekali orang-orang yang bahkan masih di usia muda sudah mengeluhkan berbagai macam penyakit. Nah, agar tubuh selalu sehat, waspadai 7 gaya hidup tidak sehat yang sering dilakukan sehari-hari, seperti berikut ini.

1. Malas Mandi

Malas atau jarang mandi akan membuat tubuh menjadi kusam, dikarenakan keringat dan kotoran yang menempel di kulit tidak dibersihkan. Jika ini sering terjadi, tentu tidak baik untuk kesehatan kulit, karena jamur dan bakteri akan senang berkembang biak. Salah satu dampak dari malas mandi adalah munculnya eksim atau penyakit kulit lainnya, yang bisa jadi mengganggu aktivitas hingga mengurangi keindahan kulit.

2. Makan Terlalu Cepat

Kebiasaan makan dengan terburu-buru dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan saat makan terlalu cepat, kita tidak benar-benar mengunyah makanan hingga halus, sehingga makanan yang masih kasar masuk ke lambung. Lambung pun kesulitan mencerna hingga merangsang asam lambung diproduksi lebih banyak, dan tentu saja ini dapat menyebabkan mual hingga tukak lambung.

3. Posisi Tidur Kurang Tepat

Selama ini memang tidak ada aturan baku bagaimana seharusnya posisi tidur yang tepat untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Namun, ada baiknya jika Anda memilih posisi yang nyaman dan tidak membahayakan kesehatan tubuh, agar aliran darah tetap lancar dan tubuh tidak merasakan sakit saat bangun tidur.

4. Makan Makanan Panas

Sering mengkonsumsi makanan yang panas tidak hanya membuat mulut merasakan sensasi terbakar dan lidah yang mati rasa, namun juga dapat menyebabkan iritasi pada permukaan dinding lambung dan usus. Akibatnya proses metabolisme dapat terganggu dan menyebabkan perut terasa sakit.

5. Tidur Setelah Makan

Untuk mencegah munculnya berbagai penyakit dalam tubuh, ada baiknya untuk menjaga jarak antara waktu makan dengan waktu tidur. Setidaknya, butuh waktu satu jam setelah selesai makan untuk dapat membaringkan tubuh sehingga makanan sudah sempat tercerna dan tidak menumpuk di perut.

6. Mengkonsumsi Lemak berlebih

Lemak baik memberikan manfaat untuk tubuh, namun tidak dengan lemak jahat yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya. Sayangnya, makanan yang kini banyak dijual tinggi kandungan gula dan lemak jahat, sehingga kebiasaan mengkonsumsi makanan tersebut dapat memicu penyakit diabetes, jantung, kolesterol dan hipertensi.

7. Sering Menahan Kencing

Kebiasaan menahan kencing apalagi di malam hari sangat berbahaya bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan air seni yang akan dikeluarkan mengandung banyak bakteri, karena itu jika tidak segera dikeluarkan air seni akan masuk kembali ke ginjal. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi pada ginjal hingga memicu gagal ginjal.

Wah, ternyata kebiasaan di atas sering kita lakukan dan tanpa disadari memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita. Gaya hidup tidak sehat ini dapat memicu kematian, karena itu waspadai dan hindari selagi masih sehat.