Baekhyun EXO Pernah Tidak Minum Air 3 Hari, Ini 8 Risiko Bahayanya!

117

Lewat suatu acara berjudul ‘Bad-Tempered 5 Brothers’ yang ditayangkan di JTBC, seorang anggota boyband Korea Selatan EXO, Baekhyun mengatakan kalau dirinya pernah selama 3 hari tak minum air sama sekali. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah memberikan yang terbaik untuk EXO-L (sebutan untuk penggemar EXO) melalui penampilannya yang lebih baik.

Ia sendiri mengaku menahan rasa dahaga tidaklah sulit baginya di mana ia lakukan hal ini menjelan konser EXO. Dilansir dari Koreaboo, tidak minum air ia lakukan sebagai bentuk persiapan sebelum konser agar bentuk tubuhnya dapat terjaga sempurna. Jangka pendek mungkin risiko bahayanya ada walau sedikit, namun melakukannya jangka panjang mampu menimbulkan berbagai risiko kesehatan serius.

  1. Mata Kering

Kurang minum baik itu jangka pendek maupun jangka panjang mampu berpengaruh cukup buruk untuk kesehatan mata. Saluran air mata yang mengering mampu meningkatkan risiko mata memerah dan juga kering. Solusinya pun adalah dengan mengonsumsi lebih banyak air putih agar mata kembali sehat.

  1. Kulit Kering

Menurut Baekhyun, tidak minum air membantunya menjaga bentuk tubuh, namun sebenarnya ada bagian tubuh yang bisa menerima dampak buruknya lho. Kulit bisa jadi mengering yang ditandai dengan sisik yang muncul. Hal ini hanya dapat diatasi dengan minum air cukup per harinya bahkan sebaiknya minum sebelum merasa haus.

  1. Sulit Konsentrasi

Sebuah iklan air mineral pernah mengangkat hal ini di mana kurang minum air putih membuat seseorang jadi sulit fokus. Risiko tak cukup minum air bisa membuat seseorang kehilangan konsentrasinya sampai-sampai memorinya menurun. Bila jangka panjang, gangguan fungsi otak dapat terjadi lho.

  1. Mudah Marah

Menurut lansiran dari Huffington Post, selain menjadikan seseorang kurang fokus, sebenarnya kekurangan cairan tubuh pun membuat suasana hati atau mood sulit dikontrol. Hati-hati lho, jarang minum air bisa berpengaruh pada tingkat energi, fungsi mental dan menjadi penyebab orang gampang marah karena dehidrasi ringan.

  1. Tubuh Cepat Lelah

Kekurangan cairan menjadikan tubuh dehidrasi dan akibat dehidrasi yang bisa dirasakan salah satunya adalah tubuh yang merasa kelelahan. Hal ini disebabkan oleh darah yang menebal sehingga kinerja jantung harus lebih keras sehingga aliran nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh darah ke seluruh tubuh tetap berjalan baik. Darah yang kurang terhidrasi memicu oksigen kurang dalam tubuh dan inilah yang berdampak pada mudah lelahnya seseorang.

  1. Nyeri pada Sendi

Seorang idol seperti Baekhyun sebenarnya penting untuk mengasup air cukup setiap hari karena mengonsumsi air putih pada dasarnya mempermudah gerakan seperti melompat dan berlari. Apalagi kita tahu bahwa EXO memiliki koreografi yang begitu aktif dan sulit. Saat kekurangan cairan, ada kemungkinan sendi akan terpengaruh menjadi mudah nyeri.

  1. Infeksi Saluran Kencing

Urine gelap nan pekat saat buang air kecil sebenarnya adalah tanda bahwa tubuh sedang kekurangan cairan yang artinya kita selama ini kurang minum air putih. Membiarkan hal ini dalam jangka panjang akan membuat kondisi makin ekstrem karena dehidrasi parah mampu memperbesar potensi terkena infeksi saluran kencing.

  1. Masalah Ginjal

Mungkin Baekhyun menahan haus selama 3 hari saja, namun bila seseorang punya kebiasaan tidak cukup minum air selama berhari-hari atau bahkan dengan waktu lebih lama, risiko gangguan ginjal sangat tinggi lho. Yang masih muda memang tidak akan langsung merasakan akibatnya, namun setelah memasuki kepala empat, umumnya tanda-tanda gangguan ginjal dapat muncul.

Untuk produktivitas yang baik, sebenarnya walau hanya sehari pun jangan sampai lewatkan air putih agar tubuh tetap segar dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Menahan rasa haus mampu berakibat pada kondisi medis serius, jadi pastikan sehari-hari tubuh kita mendapat cukup cairan untuk dapat berfungsi maksimal.