10 Cara Meningkatkan Albumin Dalam Darah

5455

Darah merupakan cairan warna merah didalam tubuh yang mempunyai fungsi penting dalam tubuh. Darah berperan sebagai pengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Hal itu merupakan fungsi utama darah. Masih banyak fungsi lain dari darah yaitu seperti menyuplai jaringan tubuh dan nutrisi, mengangkat zat-zat sisa metabolisme serta mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Di dalam darah terdapat protein plasma darah yang terdiri dari albumin, globulin serta fibrinogen.

Albumin merupakan protein plasma darah yang berfungsi sebagai protein dalam darah yang mempunyai peran penting yaitu untuk menahan cairan supaya tetap berada di dalam pembuluh darah sehingga hal tersebut penting untuk kesehatan darah.  Fungsi lain dari albumin dalam darah yaitu mengatur tekanan osmotik di dalam darah sehingga volume darah dalam tubuh bisa dipertahankan dan juga sebagai sarana pengangkut atau transportasi zat-zat yang kurang larut dalam air. Zat tersebut seprti asam lemak bebas, kalsium, zat besi dan beberapa obat.

Jika dalam darah kita kekurangan albumin maka akan terjadi efek negatif terhadap tubuh kita. Tubuh akan mengalami penimbunan cairan dalam jaringan eodema, gejalanya akan terjadi seperti bengkak pada kaki. Penimbunan cairan juga bisa terjadi dibagian anggota tubuh lainnya seperti di perut, maka akan mengalami gejala yang disebut ascites. Agar tubuh kita tidak mengalami kekurangan albumin, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan albumin dalam darah, yaitu sebagai berikut:

Baca juga:

  1. Mengkonsumsi telur

Telur merupakan sumber makanan yang didapatkan dari hasil alami dan mempunyai Kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. telur mengandung zat albumen yang merupakan salah satu protein yang bersifat proalbumin. Proalbumin ini merupakan zat dasar yang membentuk senyawa albumin. Bagian telur yang dikonsusmi untuk meningkatkan albumin didalam darah yaitu putihnya saja. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan memakannya secara mentah tanpa dimasak. Makan putih telur setiap pagi dalam keadaan perut kosong dan belum mengkonsumsi apapun. Konsumsi secara rutin setiap pagi selama tiga minggu maka akan terlihat perbedaannya. Albumin dalam darah anda akan meningkat. Dalam mengkonsumsi putih telur setelahnya minum air putih hangat agar menghilangkan rasa amis didalam mulut dan tenggorokan.

Baca juga :

  1. Mengkonsumsi susu

Susu merupakan sumber protein yang baik. Albumin dalam darah dapat terbentuk dengan baik jika didukung dengan protein yang cukup. Susu juga mengandung salah satu materi yang sangat baik sehingga dapat mendorong organ hati membentuk zat albumin. Dengan berbagai manfaat susu yang banyak untuk tubuh dan darah maka konsumsilah secara teratur dan rutin setiap hari. Minum susu sehari minimal 2 kali yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur, maka dalam waktu 2 minggu akan meningkatkan albumin anda, sehingga tubuh anda akan menjadi lebih sehat.

Baca juga : Khasiat susu sapi

  1. Mengkonsumsi beberapa jenis kacang-kacangan

Beberapa macam jenis kacang-kacangan juga dapat meningkatkan kadar albumin di dalam darah. Beberapa jenis kacang-kacangan tersebut diantaranya kacang kenari, kacang almond, kacang mete, kacang hazel serta masih banyak lagi jenis kacang-kacangan lainnya. Anda bisa menjadikan jenis kacang-kacangan dalam menu sehari-hari anda. Buatlah menu yang berbeda dalam setiap harinya agar kita lebih semangat dalam mengkonsumsinya serta tidak bosan. Konsumsi kacang-kacangan dengan rutin setiap hari agar kadar albumin dalam darah anda cepat meningkat.

  1. Mengkonsumsi daging merah

Daging merah merupakan daging sehat yang mengandung gizi sempurna. Daging merah dapat kita temukan pada beberapa jenis daging, salah satunya yaitu daging sapi. Daging sapi mengandung protein yang bersifat proalbumin sehingga dapat membantuk albumin didalam darah. Konsumsi daging sapi secara teratur sehingga anda akan segera bisa meningkatkan albumin didalam tubuh anda. Cara memasak daging sapi agar kandungan proteinnya tetap terjaga yaitu dengan dikukus atau dipanggang tetapi jangan terlalu matang. Untuk menambah selera makan anda dapat menambahkan bumbu sesuai dengan selera anda misalnya pedas atau manis atau yang lainnya.

  1. Mengkonsumsi seafood dan ikan tawar

Seafood merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, begitu juga dengan ikan tawar. Kandungan protein didalam seafood serta ikan tawar sangat tinggi sehingga dengan sangat efektif akan dengan cepat meningkatkan kadar albumin didalam darah anda. Jika anda termasuk pecinta seafood maka anda patut untuk bersyukur dan berbahagia karena makanan favoritmu mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tetapi jika anda termasuk orang yang alergi dengan seafood maka anda dapat tetap mendapatkan protein tinggi untuk tubuh anda dengan mengkonsumsi ikan tawar.

Ikan tawar juga mengandung protein tinggi yang dapat meningkatkan kadar albumin dalam tubuh. Konsumsilah seafood atau ikan tawar secara rutin setiap hari dengan cara memasukkan dalam menu makanan anda setaip hari. Masak dengan menu-menu yang menarik menurut anda. Dalam memasaknya perhatikan dengan baik agar kandungan proteinnya tetap terjaga dan tidak hilang karena dimasak.

Baca juga:

  1. Mengkonsumsi kedelai

Kedelai merupakan bahan makanan yang mengandung sumber protein nabati tinggi. Kedelai sudah sangat familiar dengan hidup kita. Lidah kita sudah sangat hafal dengan kedelai. Banyak makanan ataupun minuman yang terbuat dari bahan dasar kedelai, misalnya seperti tempe, susu kedelai serta jenis makanan lainnya. Konsumsilah makanan atau minuman yang berbahan dasar kedelai jika anda ingin kadar albumin dalam darah anda cepat naik.

Baca juga:

  1. Mengkonsumsi ikan kutuk

Ikan kutuk merupakan salah satu jenis ikan yang sangat baik kandungan proteinnya untuk meningkatkan kadar albumin didalam darah. Konsumsi ikan kutuk dengan cara memasaknya dengan dikukus dan ditambah dengan irisan jahe, hal ini agar bau amis bisa dihilangkan. Kemudian minum sari hasil rebusan ikan kutuk. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari maka anda akan mendapatkan hasil dari kerja keras anda.

  1. Mengkonsumsi sayuran

Sayur-sayuran sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda jika dikonsumsi termasuk untuk meningkatkan kadar albumin didalam darah. Sayuran yang lebih baik dalam meningkatkan albumin didalam darah yaitu sayuran yang hijau. Banyak sekali sayuran hijau yang dapat kita dapatkan dengan harga yang terjangkau, seperti bayam, kangkung, daun singkong serta masih banyak lagi lainnya. Banyak orang yang tidak suka mengkonsumsi sayur karena malas, tetapi demi untuk kesehatan maka buanglah jauh-jauh rasa malas anda. Buatlah menu yang menarik agar anda tertarik untuk mengkonsumsi sayur, seperti membuat camilan gorengan daun singkong yang dicampur dengan telur. mengkonsumsi sayur tidak harus dimasak menjadi tumis untuk makan tetapi bisa dibuat berbagai menu lainnya, sehingga kreatiflah agar lebih menarik.

Baca juga : Sayuran untuk lemah jantungSayuran untuk diabetes

  1. Mengkonsumsi Buah sehat

Buah-buahan merupakan sumber vitamin yang baik sekali untuk kesehatan tubuh anda. Konsumsi buah-buahan setiap hari agar kebutuhan tubuh anda akan vitamin terpenuhi. Anda dapat mengkonsumsi buah dengan berbagai macam menu seperti dibuat juz, salad, manisan atau berbagai menu lain yang anda sukai.

Baca juga : Akibat kekurangan vitamin b kompleks – Akibat kekurangan vitamin D

  1. Konsumsi air putih

Air putih merupakan cairan yang banyak diperlukan oleh tubuh, termasuk oleh darah. Air putih akan membantu melancarkan berbagai aktifitas serta kegiatan yang menyangkut dengan kerja darah, termasuk albumin. Minumlah air putih sebanyak minimal 1,5 liter setiap hari atau sama dengan 8 gelas air putih. Dengan mengkonsumsi air putih secara rutin dan cukup maka badan anda akan semakin sehat dan bugar.

Artikel terkait konsumsi air putih lainnya:

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan albumin didalam darah anda. Kesehatan anda jauh lebih penting dibanding dengan apapun yang anda miliki karena tanpa sehat maka anda tidak bisa menikmati hidup, maka jagalah kesehatan anda dengan baik.