Home Tips KesehatanKesehatan Darah 6 Gejala Kelebihan Sel Darah Putih Wajib Diketahui

6 Gejala Kelebihan Sel Darah Putih Wajib Diketahui

by Lia Yuliana

Sel darah putih atau sering disebut dengan leukosit adalah salah satu sel yang membentuk komponen darah, sel darah putih ini memiliki berbagai fungsi salah satunya adalah membantu tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh, melawan berbagai berbagai infeksi. Namun jika sel darah putih meningkat akan membahayakan tubuh kita. Sel darah putih atau sereing disebut leokosit mempertahankan tubuh dari serangan penyakit dengan memakan penyakit penyakit yang ada pada dalam tubuh. Ada beberapa penyebab sel darah putih meningkat dan juga gejala gejala yang ditimbulkan ketika sel darah putih meningkat. (Baca Juga: Makanan Penurun Gula Darah , Hidung Ada Darah Sedikit)

Penyebab Sel Darah Putih Meningkat

  1. Stres yang berlebih
  2. Inflamasi
  3. Penyakit sumsum tulang
  4. Infeksi sinus
  5. Tuberkolosis
  6. Leokimia
  7. Infeksi kemih
  8. Terjadi infeksi dari bakteri
  9. Terjadi infeksi akibat jamur
  10. Penyakit radang usus
  11. Peradangan yang diakibatkan karena luka bakar
  12. Karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

(Baca Juga: Penyebab Stress  , Gejala Radang Usus)

Gejala-gejala Darah Putih Meningkat

  1. Nyeri pada tulang

Seseorang yang mengalami kelebihan sel darah putih memang sangat berbahaya, karena memang yang berlebihan itu tidak baik untuk itu konsumsilah makanan yang menyehatkan dan biasakan hidup sehat. merasakan nyeri pada tlang disaat kita masih remaja memang sangat mengganggu, jika anda mengalaminya maka segeralah periksakan kedokter karena bisa saja hal tersebut disebabkan karena sel darah putih sedang naik, sehingga menyebabkan sel darah putih berdesakan dengan tulang dan terjadi rasa nyeri pada tulang. Selain penyakit tulang adapula penyakit radang sendi adapun Penyebab Radang Sendi juga baik untuk anda ketahui dan juga beberapa Obat Radang Sendi dan Obat Herbal Nyeri Sendi.

  1. Nyeri pada perut

Nyeri pada perut jiga merupakan salah satu gejala tingginya sel darah putih sebab sel darah putih berkumpul pada organ ginjal, empedu maupun hati, tidak hanya merasakan nyeri perut jika seseorang menderita kelebihan sel darah putih mereka akan merasakan nyeri perut yang diikuti dengan hilangnya nafsu makan. Banyak penyebab yang menjadi penyebab nyeri perut baik itu penyebab nyeri perut bagian bawah atau pun atas. (Baca Juga: Sakit Perut Sebelah Kanan Atas , Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri)

  1. Mudah terserang penyakit

Sel darah putih memang dapat menjaga metabolisme yang ada pada tubuh kita, namun jika sel darah putih menjadi banyak sel darah putih tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga yang semestinya sel darah putih dapat menjaga kestabilan metabolisme tubuh malah menyebabkan tubuh terserang penyakit. Kelebihan sel darah putih juga menyebabkan penderita rentan terkena infeksi bakteri dan juga virus. (Baca Juga: Perbedaan Sakit Karena Virus dan Bakteri , Virus Hepatitis B)

  1. Terjadi pendarahan

Jika seseorang mengalami kelebihan sel darah putih salah satu gejala yang sering terjadi dan paling umum adalah terjadinya pendarahan yang keluar pada hidung atau sering disebut mimisan. Pendarahan pada hidung atau mimisan dapat terjadi pada seseorang yang kelebihan sel darah putih karena sel pembeku darah tidak dapat diproduksi dengan baik, karena banyaknya sel darah putih pada tubuh. Tanda tanda lain selain mimisan adalah pada kulit luar atau tangan, biasanya seseorang yang mengalami sel darah putih yang berlebih pada kulit tangan maupun kaki akan tampak terdapat bintik bintik merah. Jika tanda tanda yang umum ini terjadi segerlah tanyakan pada dokter apakah memang ini disebabkan karena penyakit kelebihan sel darah putih atau bukan agar segera mendapat penanganan dengan baik. (Baca Juga: Pendarahan Otak , Pertolongan Pertama pada Patah Tulang )

  1. Pembengkakan kelenjar limpa

sama halnya dengan terjadinya nyeri perut ataupun nyeri sendi pembengkakn pada kelenjar limpa juga disebabkan karena kelebihan sel darah putih yang ada pada tubuh kita, sehingga sel darah putih menjadi terkonsentrasi pada kelenjar limpa yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar limpa. Kenali segala gejalanya agar kita segera dapat menanganinya dengan baik dan tidak menjadi penyakit yang lebih parah. (Baca Juga: Gejala Limpa Bengkak , Bahaya Malaria Tropika)

  1. Mengalami sulit bernafas

Sebenarnya masih banyak sekali gejala-gejala yang akan diakibatkan oleh seseorang yang menderita penyakit kelebihan sel darah putih ini. namun saya akan membahas 6 gejala yang sering muncul saja dan gejala yang terakhir adalah seseorang yang mengalami kelebihan pada sel darah putih akan mengalami Sesak nafas hal ini disebabkan karena sel darah putih tidak dapat bekerja dengan baik sehingga mengganggu kinerja sel sel lainnya yang ada pada tubuh. Jika seseorang yang sudah terindikasi memiliki kelebihan sel darah putih dan mengalami sesak nafas ini maka harus segera diberikan penanganan medis. Agar segera dapat diberikan pertolongan pertama pada pihak medis dan hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. (baca juga : penyebab sesak nafas – nafas pendek dan berat – penyebab dada sakit)

Itulah berbagai penyebab dan juga Gejala Kelebihan Sel Darah Putih, untuk mengurangi atau menghindari agar kita tidak terkena penyakit yang mengerikan maka biasakanlah hidup sehat, penuhi kebutuhan tubuh dengan banyak makan buah atau makanan yang mengandung vitamin, protein dsb. Untuk membantu tubuh menjaga kesehatan tubuh, dan juga biasakan makan 4 sehat 5 sempurna karena dengan menerapkan prinsip itu kita dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh, jangan lupa juga untuk rajin berolahraga agar tubuh menjadi lebih sehat. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kekurangan Sel Darah Putih , Penyebab Tingginya Sel Darah Putih)

You may also like