12 Gejala Radang Usus Besar dan Kompikasinya

5641

Usus merupakan salah satu organ tubuh yang tidak kalah penting dengan organ lainnya. Usus memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan. Seperti halnya banyak di sarankan untuk merawat usus dengan baik. Jangan makan-makanan yang sembarangan yang akan membuat usus menjadi luka. Banyak sekali penyakit yang ditimbulkan bila tidak dapat menjaga usus dengan baik (seperti) namun disini akan lebih dibahas mengenai radang usus, baik itu usus besar maupun usus kecil.

Pada dasarnya usus memiliki fungsi untuk menyerap makanan, mengeluarkan sampah makanan dan juga mengatur metabolisme pada tubuh manusia sehingga manusia dapat menyerap dan memproses makanan dengan sangat baik. Namun apa yang terjadi jika usus radang dan tidak bisa berfungsi dengan baik lagi ? tentu pencernaan akan terganggu. Baik, kembali ke radang usus pada kesempatan kali ini akan dibahas megenai penyabab radang usus, gejala radang usus dan cara mengobati radang usus. Baik akan dibahas satu persatu.

Penyebab radang usus

Radang usus disebabkan  karena adanya gangguan pada metabolisme tubuh terutama pada sistem kekebalan tubuh. Sehingga dengan demikian usus tidak dapat bekerja dengan baik. Radang usus biasa menyerang pada anak yang berusian 15 sampai dengan 30 tahun. Karna kekebalan tubuh pada ussia ini sangatlah rentan. Namun bukan tidak mungkin usia sebelum atau sesudah itu juga akan terserang radang usus buntu. Radang usus ini pun banayk diakibatkan karena adanya infeksi bakteri, alaergi makanan atau pun karena terjadi gangguan pada sistem kekbalan tubuh, adanya polip dan bahkan bisa terjadi karena keturunan. Radang usus buntu bukanlah penyakit yang dapat dianggap remeh, sebab penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya jika tidak segera diobati serta penaki raang usus ini dapat menyebabkan kematian. Untuk itus angat perlu mengetahui gejala awal apa saja yang ditimbulkan ketika terserang radang usus.

Gejala radang usus

Radang usus membuat bagaian perut selalu mrerasakan nyeri. Terutama perut bagaian kanan. Bahkan radang usus ini tidak hanya sekali dua kali menyerang perut sehingga menyebabkan perut menjadi nyeri. Tetapi sangat sering membuat perut menjadi nyeri. Oleh sebab itu ketahuilah dengan pasti mengenai gejala radang usus.

  1. demam tinggi

demam menjadi  sesuatu yang sangat sering terjadi ketika mengalami suatu penyakit, hampir demam menjadi gejala disetiap penyakit.  Demam berdarah gejala juga demam, tifus gejala juga demam. Hampir semua memiliki gejala demam. Memang demam bisa menjadi gejala disetiap penyakit karean demam merupakan hal yang paling sering dimunculkan tubuh untuk mengatakan pada diri anda bahwa anda sedang tidak sehat. Oleh sebab itu. Ketika sudah merasakan demam segera konsumsi obat pereda demam baik itu obat herbal ataupun obat dari apotek.

  1. Diare

Biasanya radang usus akan mengakibatkan diare pula. Radang usus ini megnakibatkan setiap bagian usus tidak dapat bekerja dengan normla. Bahkan sakit bila untuk menghaluskan makanan. Oleh sebab itu makanan tidak dapat dicerna dengan baik hingga menjadi diare.

  1. Anemia

Pertanda yang lain adalah anemia. Radang usus terkadang membuat seorang tidak hanya demam dan diare saja, tetapi membuat ia kekurangan darah pula. Sering merasa pusing, perut tidak enak dan lain sebagainya. Anemia yang tidak segera diobati akan menghambat proses pengobatan radan usus itu pula. Karena metabolisme tubuh pada penderita anemia akan lebih lemah.

  1. Mual

Gejala mual, dirasakan sama seperti gejala diare yang telah dijelaskan diatas tadi. Mual ini terjadi karena kondisi perut yang abnormal mengatasi usus yang tidak mampu bekerja dengan baik itu. Sehingga dorongan dari perut untuk mengembalikan apa yang sudah masuk kedalam mulut sehingga menyebabkan rasa mual. Tidak hanya radang usus saja, bahkan mual pun merupakan salah satu dari gejala asam lambung 

  1. Berkurangnya nafsu makan

Gangguan dalam usus merupakan dalam perut juga, dan di untuk mengkonsumsi makanan tentu membutuhkan usus dalam pencernaannya, jika usus saja tidak dapat menghaluskan makanan dengan baik, bukan tidak mungkin bila usus mendorong stimulus untuk merasakan tidak nafsu makan pada penderita. Untuk itu perlu lah mengetahui beberapa tips dan cara untuk  agar cara meningkatkan nafsu makan nafsu makan menjadi terus bertambah meskipun usus merasa tak enak dan nyaman

  1. Berat badan menurun

Berat badan yang menurun ini dikarenakan nafsu makan yang berkurang pula. Bukan hanya Olahraga menurunkan berat badan saja yang dapat menyebabkan tubuh kurus dan kering, berat badan menurun dan tidak sehat. Namun kurang nutrisi dan kurangnya konsumsi dalam mengkonsumsi setiap nutrisi pun akan menjadi masalah dan menyebabkan berat badan tidak naik-nak.

  1. Adanya benjolan di perut

Benjolan diperut ditimbulkan karena luka yang ada di usus anda. Bahkan terkadan luka usus ini ditandai dengan perut yang buncit. Meskipun perut buncit juga disebabkan oleh lemak yang cukup banyak diperut. Tetapi perut buncit pun dikarenakan usus sedang radang dan banyak makanan yang dikonsumsi tidak bermanfaat untuk tubuh dan hanya didiamkan di dalam usus saja, tentu ini akan menyebabkan usus menjadikan perut terasa buncit hingga tampak amat buruk. Tidak hanya itu untuk lemak diperut ternyata memiliki bahaya pula  bahaya lemak di perut dapat dibaca dengan rinci dalam uraian tersebut.

  1. Perut terasa perih saat BAB

Sulit  buang air besar akan mengakibatkan perut merasa mual dan kembung. Begitu pula dengan radang usus. Gejala radang usus ini akan menyebabkan rasa sakit pada perut dan akan membuat perut menjadi perih. Bahkan bagian eksresi atau pengeluaran BAB itu akan terganggu sehingga saat buang air besar perut merasakan keperihan.

  1. Keluar darah saat BAB

Bukan hanya perih saja, tetapi jika radang usus sudah kronis dapat menyebabkan darah keluar saat sedang buang air besar. Darah-darah ini didapatkan karena ada bagian dalam pencernaan yang mengalami luka sehingga menyebabkan keluarnya darah pada saat buang air besar.

  1. cepat lelah

lelah akan tentu mudah dirasakan. Seperti halnya pada saat anemia akan merasa cepat lelah. Karena salah satu gejala radang usus adalah anemia. Sudah tentu hal itu akan membuat tubuh merasa cepat lelah. Bahkan kelelahan itu terkang membuat tubuh menjadi malas untuk bergerak. Yang tentu hal tersebut akan memperburuk kesehatan penderita gejala radang usus ini.

  1. Kram pada perut

Selain perih saat buang air besar. Kram akan dirasakan, bagaimana mungkin kram tidak dirasakan. Bahkan ketika sedang melakukan proses pencernaan usus mati-matian bekerja untuk menghaluskan makanan, dimanan hal tersebut tentu menjadi beben berat untuk usus, bukan hanya itu saja jika usus tidak kuat, usus akan memberikan respon penolakan terhadap diri dengan cara merasakan keram pada perut.

  1. Sering buang gas dan juga merasa kembung

Sering kembung dan sering kentut atau buang gas bisa menjadi salah satu ciri bahwa pencernaan kita tidak sehat. Entah itu lambung ataupun usus. Keduanya hampir memiliki ciri-ciri yang sama dalam penyakit. Namun hal ini menjadi gejala yang mudah dirasakan pada saat mengalami radang usus

Itulah hal-hal yang menjadi gejala dari radang usus buntu. Gejala-gejala di atas sangat umum terjadi, terutama hampir sama dengan penyakit asam lambung. Jadi teliti dengan benar, apakah itu gejala asam lambung atau malah gejala dari penyakit radang ussu buntu ini. Karena bila terjadi penyakit radang ussus buntu harus segera diobati agar tidak terjdi komplikasi pada usus buntu. Ada beberapa komplikasi yang disebabkan oleh penyakit usus buntu. Diantaranya

Komplikasi Radang Usus

  • Tukak – Tukak merupakan suatu peradangan yang dapat dibilang kronis. Tukak biasanya menyerang pada bagian usus halu, mulut dan anus.
  • Fistula – Komplikasi ini tentu terjadi karena tukak yang terus membentuk lubang pada dinding pencernaan sehinga menyebabkan penyakit fistula ini
  • Fisura ani – Beda halnya dengan fisura ani, fisura ani adalah komplikasi yang diakibatkan karena radang usus halus dimana usus halus itu membuat luka robek pada bagian jaringan i dinding anus. Justru hal ini yang menyebabkan keluar darah pada saat buang air besar.
  • Kanker usus besar – Hal ini sangat sering disebut dengan kolon. Untuk itu jika hal ini mulai dirasakan dan terjadi segeralah melakukan prosedur kolonoskopi dengan sering, karena jika sudah sering usus akan kembali sehat.
  • Obstruksi usus – Hal ini menjadi penyebab dari tertutupnya saluran hasil dari pencernaan makanan. Obstruksi usus ini tidak boleh sampai terangkat.
  • Malnutrisi Malnutrisi merpakan penyakit yang diakibatkan karena tubuh tidak mampu meneyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mal nutrisi ini ditandai dengan gejala mual dan baterai sehingga tidak akan sakit ketika berada di jalan nantinya.

Tentunya dengan ada komplikasi-komplikasi tersebut akan mengakibatkan gejala radang usus makin sulit untuk dihilangkan, bahkan gejala radang usus akan semakin parah jika komplikasi itu terjadi di saat radang usus sedang dalam kondisi paling down.