23 Menu Makanan Diet Golongan Darah O Wajib Diperhatikan

6097

Zaman sekarang sudah terlalu banyak jenis diet yang beredar untuk membantu menurunkan berat badan. Untuk mencapai berat badan ideal kini sudah tak sulit lagi karena saking banyaknya pilihan program diet. Salah satu yang terpopuler dan banyak dicoba adalah diet berdasarkan golongan darah kita.

Yang akan kita bahas kali ini adalah menu makanan diet golongan darah O di mana pemilik golongan darah ini memang lebih fleksibel. Segala macam karbohidrat diketahui mampu mengonsumsi bentuk karbohidrat apapun. Ini dikarenakan golongan darah O tak mempunyai karbohidrat anti-gen. Meski begitu, tetap saja ada makanan-makanan tertentu yang tak dapat dimasukkan ke dalam daftar menu diet.

Masalah hormon tiroid juga dimiliki oleh para pemilik golongan darah O sehingga terjadi ketidakstabilan pada fungsi tiroidnya. Daging sebenarnya bisa saja dicerna oleh golongan darah O, tapi asam perut akan terlalu tinggi. Metabolisme pun akhirnya menjadi masalah sehingga dapat menggemukkan tubuh secara lebih mudah. Di bawah inilah menu makanan yang kiranya bisa diperhatikan.

(Baca juga: makanan yang dilarang saat diet)

1. Nasi Putih

Khusus untuk beras atau nasi putih, jenis makanan ini bisa dimasukkan ke dalam menu diet. Golongan darah O pada dasarnya sulit untuk mentolerir segala produk gandum. Bila mengonsumsi produk gandum maka asam di perut timbul gangguan. Maka memang setiap pemilik golongan darah O perlu memilah-milah dan menyeleksi secara tepat.

(Baca juga: makanan pengganti nasi untuk diet sehat)

2. Keju

Segala masakan atau makanan yang terbuat dari keju boleh dikonsumsi selama diet untuk golongan darah O dilakukan. Segala jenis keju tak masalah untuk dikonsumsi, termasuk juga feta, keju kambing dan keju mozzarella. Meski begitu, tetap saja pada program diet ini para pelaku diet tetap harus membatasi konsumsi keju. Keju berlebihan pun tak dianjurkan karena memang golongan darah O perlu membatasi asupan produk susu.

3. Jenis Kacang

Bergolongan darah O, dalam melakukan diet golongan darah diperbolehkan untuk memasukkan kacang-kacangan ke daftar menu diet. Hanya saja, memang kacang-kacang tertentulah yang boleh dimakan. Khusus untuk black eyed peas, kacang azuki, serta kacang pinto, ketiganya adalah jenis kacang yang justru sangat dianjurkan untuk dimakan.

Karena kenyataannya kacang tak dapat dimanfaatkan oleh pemilik golongan darah O secara optimal, maka memang tak semua kacang bisa dinikmati. Yang merupakan pantangan bagi para pelaku diet di sini adalah kacang hijau dan kacang merah. Selain dari kacang yang sudah disebutkan, boleh-boleh saja dikonsumsi tapi tetap harus ada batasannya. Mengonsumsi berlebihan pun juga tak akan baik untuk kesehatan.

(Baca juga: tips diet sehat)

4. Minyak Zaitun

Kabar baik bagi para pemilik golongan darah O adalah bahwa ada respon yang baik diberikan terhadap minyak. Minyak adalah sumber yang menyediakan lemak bagi tubuh, maka minyak pun perlu masuk ke dalam menu diet. Namun perlu jeli dan hati-hati juga dalam memilih minyak yang tepat untuk dikonsumsi.

Minyak zaitun adalah minyak yang baik untuk kita makan. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang dianjurkan bagi orang-orang yang ingin hidup sehat. Karena kandungan kolesterol dan lemak jenuhnya rendah, maka minyak zaitun kerap dipilih. Jenis minyak ini dianggap sebagai minyak sehat sehingga tak perlu berpikir 2 kali untuk mengonsumsinya.

5. Susu Kedelai

Jangan khawatir bagi yang ingin diet tapi berpikir bahwa susu harus dijauhi karena sarat akan lemak jenuh. Susu kedelai adalah pilihan yang baik untuk dijadikan menu diet golongan darah O. Salah satu produk susu yang diperbolehkan pada diet ini adalah susu dari kedelai. Walau demikian, tetap saja penting untuk membatasi asupannya supaya tak berbahaya bagi tubuh.

(Baca juga: makanan untuk diet cepat dan sehat)

6. Ikan

Dalam diet, rasanya akan kurang bila tak ada ikan sebagai salah satu menunya. Namun bergolongan darah O tak boleh sembarangan mengonsumsi jenis ikan apapun. Tetap ada batasan jenis ikan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Untuk jenis ikan yang bisa dimasukkan ke daftar menu diet antara lain adalah ikan haring, ikan makarel, dan ikan kod. Ketiganya justru adalah yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi selama diet.

7. Daging Sapi

Pada diet golongan darah lainnya, seperti golongan darah A, AB, dan B daging sapi justru perlu dihindari. Tapi beruntunglah para pemilik golongan darah O karena masih bisa menikmati daging sapi. Untuk mencerna daging, golongan darah O sebenarnya bisa-bisa saja, tapi memang perlu diseleksi. Daging sapi adalah salah satu yang pas dan bahkan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama menjalani diet.

(Baca juga: makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan)

8. Rumput Laut

Tanaman laut ini dapat dijadikan menu lezat dan sehat bagi pelaku diet golongan darah O. Bahkan diketahui bahwa dengan mengonsumsi makanan ini, golongan darah O mendapat keuntungan berlipat-lipat. Untuk mencegah maupun mengatasi diabetes serta kanker pada golongan darah O, rumput laut sangat berguna. Konsumsi makanan ini akan menguntungkan tubuh karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh kita.

9. Bawang-bawangan

Terlepas dari adanya efek samping bawang putih, begitu pula efek samping bawang merah, keduanya adalah bawang yang bermanfaat. Bawang-bawangan sangat bagus untuk dimasukkan ke dalam daftar menu diet para pemilik golongan darah O. Khusus untuk bawang merah, ada komponen yang menjauhkan tubuh dari kerentanan penyakit.

Bawang merah juga dikenal baik untuk mencegah maupun mengatasi kanker serta diabetes pada golongan darah O. Sementara untuk bawang putih, memang ada bahaya bawang putih mentah bila dikonsumsi terlalu banyak. Tapi kandungan lektin di dalamnya sangat bagus dan bahkan bisa diandalkan untuk penyakit kanker.

10. Mentega

Asalkan mentega tanpa garam, sah-sah saja untuk dimasukkan ke dalam menu diet. Mentega justru bersifat netral pada golongan darah O. Tak seperti golongan darah A dan AB yang perlu menjauhinya. Namun karena masih dalam keluarga produk susu, diharapkan untuk tetap tahu batasan konsumsi supaya tak bermasalah. Mentega bukanlah jenis makanan yang dianjurkan, melainkan masih diizinkan. Jadi, sebenarnya mentega pun tidak dianggap sebagai makanan paling baik dari produk susu untuk dimakan.

(Baca juga: diet yang benar dan yang salah)

11. Daging Domba dan Kambing

Golongan darah O dalam diet golongan darah perlu mendapatkan protein cukup, dan salah satunya adalah dari daging domba maupun kambing. Keduanya ternyata adalah jenis makanan baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Asalkan masih pada asupan yang normal dan tidak berlebihan, jenis daging tersebut bakal membawa kebaikan.

Keuntungan dalam mengonsumsi kedua daging ini adalah kita bisa memperoleh protein berkualitas tinggi. Dengan memasukkan keduanya ke dalam daftar menu, tujuan untuk meningkatkan massa otot pun dapat tercapai. Dibuat kare maupun direbus, kedua daging ini bisa dinikmati.

(Baca juga: cara meningkatkan massa otot)

12. Coklat

Tak hanya bisa masuk ke dalam daftar menu diet golongan darah A, B, dan AB, rupanya pemilik golongan darah O juga boleh mengonsumsinya. Memang ada banyak pantangan yang perlu diperhatikan golonga darah pada saus dan bumbu lainnya. Namun khusus coklat, ini masih diizinkan untuk dinikmati. Kandungannya yang netral masih terbilang aman, asal tidak terlalu berlebihan mengonsumsinya.

13. Sayuran

Segala macam diet akan selalu memasukkan sayuran ke dalam menunya, tak terkecuali diet golongan darah. Namun memang untuk golongan darah O terbilang selektif dalam memilih jenis sayuran untuk dikonsumsi. Salah-salah bisa mengakibatkan arthritis, gangguan pencernaan, atau bahkan memicu insulin terproduksi lebih.

Kegemukan dan diabetes dapat juga dipicu oleh salahnya asupan sayuran bagi pelaku diet golongan darah O. Selada, sawi, bayam, brokoli, dan kale adalah jenis sayuran aman yang boleh dikonsumsi selama diet golongan darah. Sedangkan tomat masih termasuk diizinkan, hanya tidak boleh sering-sering. Ada juga jenis sayuran yang dipantang, yaitu antara lain adalah terong, kentang, jamur shitake, kecambah, kubis, kembang kol, jagung serta fermentasi dari zaitun.

(Baca juga: pantangan diabetes)

14. Teh Hijau

Untuk menu minuman, program diet golongan darah O dapat memasukkan teh hijau ke dalam daftar. Teh sendiri memang bukanlah menu yang disarankan dan bahkan dianjurkan untuk dihindari oleh pemilik golongan darah O. Tapi khusus untuk teh hijau, seluruh diet tipe golongan darah apapun boleh mengonsumsinya. Teh hijau sangat menguntungkan bagi kesehatan kita sebab mengandung sifat antioksidan. Menangkal radikal bebas serta mengatasi sejumlah penyakit kronis adalah peran penting yang dimainkan teh hijau.

(Baca juga: diet air putih)

15. Roti Panggang

Bila golongan darah lainnya kemungkinan harus menghindari roti panggang, maka khusus untuk golongan darah O dapat menikmatinya. Roti yang sah-sah saja untuk dikonsumsi antara lain roti Essene dan roti Ezekiel. Lebih cocok lagi bila kita mengolesinya dengan mentega tanpa garam yang sebelumnya sudah disebutkan.

Memang tidak semua roti dapat dinikmati, tapi golongan darah O termasuk yang beruntung dapat memakannya. Walau diperbolehkan pun, para pelaku diet golongan darah ini tetap harus memerhatikan asupannya. Terlalu banyak memakan roti juga akan memicu masalah baru, yaitu asam di perut meningkat. Itulah alasan untuk harus lebih selektif dalam memilih jenis roti.

16. Jus Sayuran

Bila ingin melakukan diet sehat, jus sayuran bisa menjadi salah satu menunya. Jus tomat adalah salah satu yang diperbolehkan karena memang jenis sayur tersebut boleh dimakan juga. Untuk membuat jus sayuran, lihat daftar jenis sayuran yang disarankan atau diizinkan untuk dikonsumsi. Asalkan bukan dari kubis, kembang kol dan terong, selain itu masih bisa dipertimbangkan.

(Baca juga: makanan kaya serat alami)

17. Rempah Pedas

Bagi pemilik golongan darah O yang suka dan gemar makanan pedas, rempah pedas bisa dimasukkan ke dalam menu makanan diet sehari-hari. Rempah pedas yang dimaksud adalah cabe rawit. Kedua bahan rempah tersebut rupanya justru sangat aman dan malah bagus untuk dimakan selama diet. Bumbu tersebut adalah bumbu berbasis rumput yang justru dianjurkan untuk dikonsumsi.

Hanya saja, pilihan soal rempah pedas memang tak semuanya baik untuk dimakan. Khusus untuk pantangannya, lada putih maupun lada hitam tidak disarankan dan tidak diizinkan. Jauh lebih baik memakan cabe rawit ketimbang kedua jenis lada tersebut.

(Baca juga: bahaya makanan pedas untuk ibu hamil dan kesehatan)

18. Buah Segar

Buah selalu harus masuk ke dalam menu diet, apapun golongan darahnya. Hanya memang pilihan dan saran buah yang bisa dimasukkan ke daftar menu antara golongan darah O dan golongan darah lain cukup berbeda. Untuk tipe golongan darah O, mengonsumsi ceri, buah ara dan plum sangat dianjurkan.

Untuk kategori buah yang tidak begitu dianjurkan tapi masih boleh dimakan, antara lain buah beri serta jeruk bali. Buah beri pun tak semuanya boleh dikonsumsi, karena blackberry dan stroberi masuk ke dalam pantangan. Begitu juga dengan blewah dan melon serta kelapa yang tak boleh masuk ke daftar menu.

Buah segar seperti kiwi, apel, pir, persih, pisang dan anggur, semuanya masih termasuk diizinkan. Hanya saja, semua buah tersebut tidak diperkenankan untuk dimakan setiap hari. Seminggu 2 kali saja sudah cukup. Sementara itu, buah yang juga tak boleh dikonsumsi lainnya adalah buah alpukat. Bahkan untuk membuat jus alpukat pun tak diizinkan.

19. Kerang

Selain jenis ikan yang sudah disebutkan dan direkomendasikan di atas, kerang juga boleh dikonsumsi. Para pemilik golongan darah O sah-sah saja untuk menikmati makanan laut, tak terkecuali kerang. Mengolahnya dalam bentuk rebusan, sup, maupun dimakan bersama salad akan lebih nikmat dan bermanfaat.

Kerang memang dianjurkan untuk dihindari pada tipe golongan darah B dan A dalam diet, tapi golongan darah O serta AB boleh-boleh saja. Mengolah dan mengonsumsi kerang yang masih segar lebih dianjurkan ketimbang kerang atau makanan laut beku. Dipanggang ataupun ditumis, kerang yang dimasak singkat akan sangat baik untuk dikonsumsi selama diet.

(Baca juga: makanan yang mengandung kolesterol tinggi dalam tabel)

20. Daging Kelinci

Daging kelinci untuk golongan darah O termasuk netral, tak seperti golongan darah A yang harus menjauhinya. Asalkan konsumsi dalam jumlah yang tak berlebihan dan tidak terlalu sering, daging kelinci tak akan berbahaya bagi tubuh. Dipanggang boleh, tapi bila ingin dibakar atau digoreng, daging satu ini dapat diolah sesuai selera.

21. Kacang-kacangan

Produk kacang-kacangan pun harus dipilih secara lebih jeli untuk diet golongan darah O yang sukses. Biji labu serta kacang kenari adalah yang paling dianjurkan karena dianggap terbaik dan terbagus. Sementara itu, biji poppy, kacang tanah, kacang mete, dan kacang pistachio bukanlah kacang-kacangan yang boleh dimakan selama diet. Selain dari pantangan serta kacang yang dianjurkan, bakal masuk ke dalam kacang-kacangan yang diizinkan.

(Baca juga: makanan penambah darah rendah)

22. Daging Rusa

Contoh daging lainnya yang sangat boleh dan bahkan dianjurkan untuk dimakan adalah daging rusa. Selain pada menu diet golongan darah B, golongan darah O juga akan memperoleh manfaat dengan memakan daging ini. Karena di dalam daging rusa sangat tinggi kandungan dan kualitas proteinnya, maka massa otot bakal dapat ditingkatkan.

23. Daging Unggas

Baik itu daging bebek, angsa, maupun ayam, semuanya diizinkan untuk dimakan selama diet. Bukan termasuk daging yang dianjurkan, tapi masih termasuk boleh dimakan asal tidak terlalu sering dan berlebihan. Namun sebelum mengolahnya, pastikan bahwa daging yang masih mentah perlu dibersihkan secermat mungkin. Hal ini diperlukan agar dapat menjauhi segala posibilitas kandungan bakteri di dalamnya yang bisa menimbulkan penyakit.

(Baca juga: makanan yang cocok untuk golongan darah ab)

Itulah daftar menu makanan diet golongan darah O yang kiranya dapat membantu Anda yang hendak melakukan diet ini. Perhatikan setiap pantangannya juga agar diet yang dilaksanakan menunjukkan hasil terbaik.