8 Cara Diet untuk Orang Dengan Golongan Darah O

3758

Golongan darah O merupakan golongan darah paling umum dan paling sering dijumpai di bagian belahan dunia manapun. Golongan darah O juga sering disebut dengan golongan darah universal karena dapat memberikan darahnya (mendonorkan) kepada orang yang memiliki golongan darah ABO. Berdasarkan survei, golongan darah O merupakan golongan darah yang paling mudah dijumpai di dunia. Ada beberapa fakta unik yang sering dikaitkan dengan orang-orang yang memiliki golongan darah O. Sebagian orang mungkin hanya menganggap hal tersebut sebagai mitos saja, akan tetapi berdasarkan pengalaman di lapangan nyatanya berbagai fakta tersebut mampu mencirikan seseorang yang memiliki golongan darah O. Adapun beberapa fakta unik mengenai seseorang yang bergolongan darah O adalah:

  • Seseorang yang memiliki golongan darah O berarti hidup tanpa antigen. Secara biologis, orang yang memiliki golongan darah O tidak memiliki antigen di dalam sel darah merah mereka. Akan tetapi, seseorang yang memiliki golongan darah O memproduksi antibodi untuk jenis antigen A dan antigen B. Karena itulah orang yang memiliki golongan darah O disebut sebagai pemilik darah universal. Kondisi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki golongan darah O negatif dapat mendonorkan darahnya untuk orang-orang yang memiliki golongan darah ABO. Akan tetapi, seseorang yang memiliki golongan darah O negatif hanya dapat menerima darah dari orang yang memiliki golongan darah O negatif. [artikel terkait: bahaya donor darah]
  • Orang yang bergolongan darah O adalah orang yang baik hati. Mereka tidak akan segan untuk mengorbankan materi mereka untuk menolong orang lain. Orang dengan golongan darah O juga identik dengan jiwa sosial yang tinggi. Mereka dianggap sebagai orang yang sangat suka berbagi dengan sesama.
  • Orang dengan golongan darah O memiliki kisah cinta yang luar biasa dan keras kepala.

Itulah beberapa fakta atau mungkin pendapat menarik dari orang yang memiliki golongan darah O. Akan tetapi, berbagai fakta tersebut biasanya tidak begitu menarik bagi orang bergolongan darah O. Biasanya, aspek lain akan lebih mereka hiraukan, yaitu aspek kesehatan dan penampilan. Kesehatan dan juga penampilan menjadi hal umum yang sering diperhatikan. Kondisi kesehatan dan penampilan sering berkaitan erat dengan asupan makanan. Perlu diketahui bahwa setiap orang dengan golongan darahnya masing-masing memiliki karakteristik tersendiri terhadap jenis asupan makanan yang sebaiknya mereka konsumsi atau justru seharusnya mereka hindari.

Akan tetapi, sebelum kita membahas mengenai asupan makanan bagi orang bergolongan darah O, terlebih dahulu kita akan membahas karakteristik yang dimiliki oleh orang dengan golongan darah O. Karakteristik tersebut juga erat kaitannya dengan kondisi kesehatan yang dimiliki orang golongan darah O.

Karakteristik Tubuh Orang Bergolongan Darah O

Ada beberapa karakteristik fisik yang dimiliki oleh orang bergolongan darah O. Beberapa karakteristik fisik tersebut kebanyakan juga menggambarkan kondisi kesehatan yang sering dialami oleh golongan darah O. Tidak hanya itu, beberapa karakteristik fisik tersebut juga mampu menggambarkan jenis asupan makanan serta jenis aktivitas yang cocok bagi orang bergolongan darah O. Berikut ini beberapa karakter fisik orang dengan golongan darah O:

  • Orang dengan golongan darah O biasanya memiliki fisik yang kuat. Mereka mampu melakukan berbagai aktivitas bahkan yang berat sekalipun.
  • Meskipun memiliki fisik yang kuat, orang dengan golongan darah O mudah merasa lelah. Kondisi tersebut berkaitan dengan masalah berat badan mereka.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, orang dengan golongan darah O memiliki fisik yang relatif kuat. Hal tersebut salah satunya didukung oleh sistem imun yang baik pula. Jadi beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi biasanya jarang dialami oleh orang dengan golongan darah O. Penyakit yang dialami oleh mereka biasanya berkaitan dengan konsumsi makanan yang salah.
  • Berbagai kondisi fisik seperti yang telah disebutkan di atas juga mengidentifikasikan bahwa orang dengan golongan darah O biasanya tidak siap dengan kondisi dan juga jenis makanan yang baru. Biasanya jenis makanan baru akan mempengaruhi sistem kerja pencernaan mereka, termasuk sistem kerja lambung. Padahal orang dengan golongan darah O sangat rentan memiliki masalah dengan sistem pencernaan mereka.
  • Salah satu pengaruh negatif dari pemilihan asupan makanan yang salah bisa jadi akan berakibat pada munculnya suatu penyakit yang juga sering dialami oleh orang dengan golongan darah O, yaitu radang sendi maupun jenis peradangan lainnya. [artikel terkait: nyeri sendi lutut]

Selain dari beberapa penjelasan di atas, sebagai orang dengan golongan darah O perlu memperhatikan asupan makan. Berat badan berlebih dan juga tipe makanan yang salah dapat membuat orang dengan golongan darah O sangat mungkin menderita beberapa penyakit berikut ini:

Meskipun orang dengan golongan darah O memiliki sistem kekebalan tubuh yang relatif kuat, apabila asupan makanan tidak diperhatikan tentu akan menyebabkan beberapa penyakit seperti yang telah disebutkan di atas. Bahkan sebagian besar penyakit yang telah disebutkan di atas merupakan penyakit yang muncul sebagai dampak negatif pola asupan makanan yang tidak tepat.

Makanan Diet

Masalah paling umum yang dialami oleh orang dengan golongan darah O adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi akan semakin memburuk dan berat badan akan semakin meningkat ketika asupan makanan tidak diperhatikan. Artinya pemilihan asupan makanan dengan nutrisi tertentu harus dicermati dengan baik agar tubuh tetap sehat dan juga obesitas bisa dicegah.

Menurut penelitian, orang dengan golongan darah O patut merasa beruntung, karena mereka dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan tinggi protein seperti daging. Namun cara pengolahan yang salah dapat memicu berbagai penyakit yang telah disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu, meskipun mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak makanan dengan protein yang tinggi, namun cara pengolahan harus dilakukan dengan tepat agar nutrisi tidak rusak dan tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Selain itu, asupan daging juga tetap harus diimbangi dengan asupan sayur dan buah yang kaya akan serat.

Diet golongan darah merupakan diet dengan mengonsumsi makanan yang disesuaikan dengan jenis golongan darah yang dimiliki. Jadi, meskipun sama-sama memiliki berat badan berlebih, tetapi diet yang dilakukan bisa berbeda pada setiap orang. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini tatanan diet yang tepat bagi orang dengan golongan darah O jika ditinjau dari aspek asupan makanan yang dikonsumsi, yaitu:

1. Lemak

Sebesar apapun berat badan Anda, asupan lemak tetap saja dibutuhkan bagi tubuh. Tentu saja asupan lemak yang dikonsumsi harus sehat dan tidak berlebih. Akan sangat baik bagi orang dengan golongan darah O mengkonsumsi beberapa jenis minyak nabati yang menyehatkan dan bebas dari ancaman lemak jahat yang dapat mengganggu sistem kerja jantung. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan lemak, Anda yang bergolongan darah O dapat mencukupi kebutuhan lemak dari minyak zaitun dan minyak biji rami.

Apakah semua jenis minyak nabati baik bagi tubuh? Secara umum minyak nabati memang baik bagi tubuh. Namun, bagi Anda yang sedang menjalankan diet dan memiliki golongan darah O sebaiknya menghindari beberapa jenis lemak, seperti lemak yang berasal dari minyak jagung, minyak biji kapas, dan minyak dari kacang.

artikel terkait:

2. Protein

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, orang dengan golongan darah O patut merasa beruntung karena dapat mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging dalam jumlah yang tidak sedikit. Dalam tatanan diet yang sehat, Anda yang memiliki golongan darah O dapat mengonsumsi beberapa jenis daging merah seperti daging sapi, daging domba, dan daging rusa. Selain itu, Anda juga dapat memenuhi asupan protein melalui konsumsi mackerel dan ikan cod. Akan tetapi, meskipun Anda bisa mengkonsumsi daging merah seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara pengolahannya tetap diperhatikan.

Usahakan agar pengolahan daging-daging tersebut tidak menggunakan minyak atau dengan cara digoreng karena asupan lemak berlebih akan meningkatkan risiko obesitas. Olah berbagai jenis daging tersebut dengan direbus atau dikukus. Selain berbagai jenis daging, Anda juga dapat mengonsumsi telur untuk memenuhi kebutuhan protein bagi tubuh. Kenapa asupan daging merah dianjurkan bagi pelaku diet golongan darah O? Asupan daging merah yang kaya akan kandungan protein akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama pada perut. Alhasil, asupan karbohidat lambat laun dapat dikurangi sehingga berat badan juga akan berkurang.

artikel terkait:

3. Kacang-kacangan

Anda mungkin seseorang dengan golongan darah O yang sangat gemar mengkonsumsi kacang-kacangan? Sayangnya, orang dengan golongan darah O tidak bisa mengkonsumsi banyak kacang-kacangan. Kalaupun Anda ingin mengkonsumsi kacang-kacangan ketika melakukan diet, maka jenis kacang-kacangan yang sebaiknya Anda konsumsi adalah kacang polong dan kacang pinto. Jenis kacang-kacangan lain seperti kacang merah, kacang dari buncis, dan lainnya sebaiknya dihindari.

4. Buah

Asupan buah ketika melakukan diet sangat penting bagi semua jenis golongan darah. Asupan buah akan memberikan asupan serat dan juga tambahan cairan yang cukup bagi tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, orang dengan golongan darah O sangat rentan terhadap jenis gangguan pencernaan terutama di lambung karena mereka memiliki kadar asam lambung berlebih. Oleh karena itu, usahakan agar asupan buah bagi golongan darah O bukan darah yang asam karena dapat meningkatkan risiko gangguan di bagian lambung.

Jenis buah-buahan yang sangat dianjurkan bagi pelaku diet golongan darah O adalah buah ceri dan buah plum hijau. Adapun beberapa jenis buah yang bisa Anda konsumsi namun dalam jumlah yang dibatasi adalah buah apel, berry, jeruk bali, anggur, kiwi, jambu biji, mangga, melon, pepaya, persik, pir, dan nanas. Sedangkan beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari saat diet adalah blackberry, stroberi, kelapa, blewah, jeruk, pisang raja, serta alpukat.

artikel terkait:

5. Sayuran

Beberapa jenis sayuran yang bisa Anda pilih ketika melakukan diet adalah brokoli, bawang putih, selada, labu kuning, dan juga lobak. Untuk beberapa jenis sayuran yang dapat dikonsumsi namun dalam jumlah yang terbatas di antaranya wortel, seledri, mentimun, bawang merah, paprika, daun bawang, dan juga singkong. Untuk jenis sayuran yang sebaiknya Anda hindari adalah bunga kol, terong, jamur, jagung, dan kentang. Kentang dan terong sangat rentan dikonsumsi oleh orang pelaku diet golongan darah O karena dapat menyebabkan radang arthritis.

Selain itu, asupan jagung juga akan menyebabkan regulasi insulin. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyakit peradangan dan juga yang berkaitan dengan gula darah sangat rentan diderita oleh orang dengan golongan darah O. Dengan demikian, ada baiknya Anda menghindari beberapa jenis sayuran yang disebutkan di atas.

artikel terkait:

6. Minuman

Air putih merupakan jenis minuman yang sangat baik bagi seluruh orang, termasuk pelaku diet dengan golongan darah O. Selain itu, Anda yang bergolongan darah O juga dianjurkan untuk mengkonsumsi teh, terutama teh hijau. Jika Anda penggemar minuman bersoda, maka Anda masih diperbolehkan mengkonsumsi minuman tersebut, hanya saja dalam jumlah yang terbatas. Untuk jenis minuman yang sebaiknya dihindari adalah susu, teh hitam, dan juga minuman beralkohol. Jika Anda sangat tergiur mengkonsumsi susu, maka ada baiknya Anda mengkonsumsi beberapa jenis produk olahan susu, seperti keju tanpa lemak dan juga yogurt.

artikel terkait:

Makanan yang Harus Dihindari

Tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi dengan aman oleh orang dengan golongan darah O, terutama bagi mereka yang sedang melakukan diet. Beberapa telah disebutkan di atas. Kelelahan, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merupakan beberapa jenis penyakit yang sangat rentan diderita oleh mereka yang memiliki golongan darah O. Karena itulah, beberapa jenis makanan yang akan memicu penyakit tersebut sebaiknya dihindari.

Perlu Anda tahu, asupan berbagai jenis karbohidrat yang berasal dari gandum sebaiknya Anda hindari. Berbagai jenis olahan gandum biasanya akan memberikan dampak yang kurang baik bagi mereka yang bergolongan darah O. Tidak hanya itu saja, beberapa jenis makanan sebaiknya Anda hindari, seperti jagung dan produk olahannya, seperti minyak jagung, corn flakes, dan kopi jagung, kelapa dan prdouk olahannya, seperti santan dan minyak kelapa, daging babi dan produk olahannya, kacang pistacho dan selai kacang, angsa, telur ikan, gurita, alpukat, kubis, kembang kol, jamur shitake, kentang, cuka, vanila, serta mayones.

Faktor Pendukung Diet

Seperti proses diet pada umumnya, diet yang sehat tidak hanya dari pengaturan pola asupan akan saja. Perlu adanya faktor pendukung yang lain untuk menunjang keberhasilan diet tersebut, di antaranya:

1. Olahraga

Tidak hanya bagi mereka yang memiliki golongan darah O saja, hampir semua orang perlu melakukan olahraga untuk menunjang keberhasilan diet dan juga untuk meningkatkan kesehatan mereka. Untuk Anda yang memiliki golongan darah O dan sedang melakukan diet, olahraga sangat penting untuk dilakukan. Lakukan olahraga secara rutin setidaknya tiga kali dalam seminggu. Olahraga sangat penting bagi orang dengan golongan darah O, mengingat mereka sangat suka dan sering mengonsumsi berbagai jenis asupan tinggi protein seperti daging. Padahal asupan daging yang berlebih akan meningkatkan berat badan secara signifikan. Dengan olahraga, proses metabolisme tubuh akan meningkat sehingga berat badan juga terkontrol. Jenis olahraga yang sangat cocok bagi orang dengan golongan darah O adalah olahraga aerobik yang memiliki banyak gerakan dan juga jenis gerakan yang cepat. Jenis olahraga seperti lari dan juga bela diri bisa jadi alternatif yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh dan juga keberhasilan diet Anda.

artikel terkait:

2. Menghindari Stres

Orang dengan golongan darah O sangat rentan terkena stres. Usahakan hindari stres pada setiap aktivitas yang Anda lakukan. Kalaupun stres tersebut tidak bisa dihindari, maka langkah yang harus dilakukan adalah mengelola stres tersebut agar diet Anda tidak terganggu. Selain itu, telah dijelaskan sebelumnya bahwa orang dengan golongan darah O sangat rentan dengan tekanan darah tinggi. Pengelolaan stres yang tidak tepat memperbesar risiko terhadap tekanan darah tinggi tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan relaksasi secara berkala agar stres dapat dihindari.

artikel terkait: penyebab strescara mengatasi stres super ampuhcara menghilangkan strescara menghindari stres]

Itulah beberapa metode dan juga panduan diet dari segi asupan makanan dan juga berbagai jenis metode pendukung untuk orang dengan golongan darah O. Dengan mengetahui jenis penyakit yang rentan diderita oleh orang dengan golongan darah O, maka kita bisa menyesuaikan jenis asupan makanan yang paling cocok untuk dikonsumsi. Dapat disimpulkan juga bahwa orang dengan golongan darah O paling rentan terhadap gangguan lambung karena kadar asam lambung yang relatif tinggi. Oleh arena itu, asupan makanan yang sifatnya bersifat asam, pedas, dan juga bersantan sebaiknya dihindari oleh orang dengan golongan darah O. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, beberapa metode di atas juga sangat tepat bagi Anda yang memiliki golongan darah O yang senantiasa ingin menjaga kondisi tubuh tetap sehat.