Dapatkan 5 Manfaat Sauna Untuk Diet Sehat Yang Maksimal !

468

Sauna dikenal sebagai sebuah ruangan khusus yang biasanya berukuran kecil dan saat kita masuk ke dalamnya aktivitas utama yang bisa kita lakukan adalah pemanasan tubuh dan mandi uap. Tujuan dari sauna sendiri dengan uap panas atau uap air yang tinggi adalah membuat tubuh kita yang sedang berada di dalamnya berkeringat.

Manfaat sauna untuk diet cukup besar sebab hanya duduk atau beristirahat di dalam ruangan sauna selama kurang lebih setengah jam saja, ada 1,5 hingga 2 kalori yang terbakar. Tanpa olahraga yang membakar kalori, bersauna pun akan menyempurnakan diet Anda dengan beragam manfaat di bawah ini bagi kesehatan tubuh Anda.

  1. Menurunkan Kadar Air Dalam Tubuh

Dalam setiap tubuh manusia memang kadar air dalam tubuh jauh lebih banyak dan perlu diketahui bahwa berat air dalam tubuh menyumbang sekitar 2 kg berat badan kita. Untuk menurunkan kadar air dalam tubuh saja biasanya harus dalam waktu yang cukup lama, yakni sekitar seminggu.

Jangan salah, seminggu itu pun untuk dapat mendapatkan hasil maksimal dalam penurunan kadar air dalam tubuh tentunya setelah melakukan olahraga secara rutin. Olahraga membuat kita berkeringat dan otomatis ada banyak air yang keluar dari dalam tubuh. Ditambah dengan diet yang cukup ketat, biasanya berat air bisa turun dengan lebih optimal.

Dengan sauna, kita akan berkeringat secara hebat yang juga berpotensi besar menyebabkan dehidrasi apabila tak diimbangi dengan cukup minum selama di dalam ruangan. Karena keringat berlebih yang dikeluarkan inilah, beberapa kg berat badan bisa diturunkan hanya dalam 2-3 hari dan tanpa menunggu sampai 7 hari.

  1. Mendetoksifikasi Tubuh

Saat sauna, keringat yang mengucur keluar bukan main banyaknya dan inilah keuntungan lainnya dalam diet kita, yakni sauna tak hanya membantu membuang kadar air, tapi juga membuang toksin yang bersarang dalam tubuh. Keringat yang keluar dari dalam tubuh kita sebenarnya berasal dari cairan limfatik dan melalui sauna, keringat ini begitu sehat.

Bahkan bagi Anda yang kurang olahraga di rumah atau bahkan tak pernah berolahraga, sauna adalah cara paling baik untuk mengeluarkan keringat di mana ada toksin-toksin yang juga ikut dibuang, termasuk logan berat seperti seng, tembaga, merkuri, dan nikel. Ketika proses pembersihan di sistem limfatik berjalan lancar, pembakaran lemak pun bakal lebih maksimal sehingga penurunan berat badan terjadi cepat.

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Ketika kita berdiet terlalu ketat atau ekstrem, kita akan mudah menjadi cepat lelah bukan? Ketika berolahraga sebentar mungkin kita mudah terengah-engah? Sauna akan membantu kita untuk memperbaiki masalah tersebut di mana cepat lelah dan terengah-engah adalah tanda stamina yang begitu rendah.

Dengan sauna, kapasitas bernapas kita bakal diperpanjang dan sauna jugalah yang akan menjadi penurun risiko masalah-masalah pernapasan sebab fungsi pernapasan kita menjadi jauh lebih baik karenanya. Selain dengan sauna, naik turun tangga dan rutin berolahraga juga adalah cara meningkatkan stamina tubuh yang bisa dilakukan.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Saat bersauna, detak jantung rupanya detak jantung kita bisa mengalami peningkatan sebanyak 30 persen karena tingginya suhu di dalam ruangan. Justru karena hal inilah, metabolisme tubuh ikut meningkat sebanyak 20 persen. Ingat bahwa saat metabolisme tubuh meningkat, cara membakar lemak dan kalori apapun akan jauh lebih efektif.

Ada lebih banyak kalori yang terbakar saat metabolisme meningkat dan pembakaran kalori pun jadi memakan waktu lebih sedikit ketimbang biasanya. Inilah mengapa banyak orang kemudian juga mengandalkan sauna sebagai cara menurunkan berat badan yang alami sekaligus efektif.

  1. Membantu Mengurangi Stres

Bersauna bukan hanya menjadi cara menurunkan berat air dalam tubuh, melainkan juga bisa menjadi cara menghilangkan stres yang alami. Ketika kadar kortisol atau hormon stres dalam tubuh terlalu tinggi, maka sauna adalah suatu cara untuk menurunkan kadar kortisol tersebut. Kita tahu bahwa stres terkadang adalah faktor yang memicu kita untuk sulit diet dan cenderung makan lebih banyak.

Ketika kita bersauna, tubuh akan otomatis menjadi jauh lebih rileks dan inilah faktor yang akan menurunkan kadar kortisol berikut juga menurunkan risiko terkena peradangan pada tubuh. Dengan mengelola stres melalui sauna, Anda bisa terus menjaga pikiran tetap sehat sekaligus menstabilkan berat badan.

Lalu, bolehkah sauna dilakukan setiap hari? Boleh saja asalkan tahu kapasitasnya dan tidak terlalu lama sebab selalu ada bahaya sauna bagi kesehatan tubuh yang perlu diwaspadai. Namun perlu diingat bahwa sauna bisa membakar lemak dan kalori tapi tidak dengan pembentukan otot (ada olahraga dan latihan khusus untuk satu ini).

Selama bersauna pun, penting untuk tetap minum banyak demi menghindari dehidrasi. Karena keringat yang dikeluarkan tubuh sangat banyak, otomatis tubuh akan mudah mengalami dehidrasi apabila tak terus-menerus mengasup cairan. Oleh sebab itu, bawa air minum cukup banyak walau hanya 20-30 menit saja setiap kali sauna, selamat mencoba mendapatkan manfaat sauna untuk diet.