5 Bahaya Chia Seed Untuk Kesehatan

16021

Chia seed adalah semacam makanan organik yang diolah dari biji bijian yang berasal dari tumbuhan Salvia hisvanica yang biasa hidup diwilayah panas dan bergurun pasir dan tumbuh dengan melimpah dinegara Mexico, Amerika latin yang hingga saat ini dikenal sebagai makanan bernutrisi tinggi untuk pemasok energi. Keunggulan dari makanan yang berbahan dasar chia seed adalah dapat bertindak sebagai antioksidan yang aktif dalam menangkal efek buruk dari radikal bebas.

Chia seed adalah makanan yang mengandung omega 3 tinggi yang memiliki rasa yang khas yaitu agak hambar dan tidak memiliki cita rasa yang asin, pahit , manis ataupun asam, namun dapat diberi tambahan dengan bahan makanan yang lain yang juga memiliki nutrisi tinggi misalnya susu rendah kalori, oat, yogurt,  salad buah, gandum utuh dan lain lain dimana rasa dari chia seed dapat dikendalikan menjadi lebih nikmat tanpa merusak kandungan gizinya.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan chia seed

  • Karbohidrat  baik untuk energi dan stmina dalam beraktifitas
  • Vitamin A, B 12, C baik untuk menyehatkan jaringan tubuh
  • Kalori  baik sebagai sumber pembentukan tenaga yang dibutuhkan sehari hari
  • Serat  baik untuk menstabilkan kolesterol, mencegah sembelit dan menekan meningkatkan gula dalam darah
  • Fosfor baik untuk membentuk tulang, memperbaiki metabolisme tubuh
  • Protein baik untuk menyehatkan otak, meningkatkan perkembangan tubuh
  • Kalium baik untuk menyehatkan sistenm pencernaan dan lambung
  • Mangan baik untuk membantu tubuh dalam mempercepat proses mertabolisme tubuh
  • Tembaga baik untuk membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi9
  • Zinc, natrium baik untuk menunjang perkembangan otak dan kesehatan kulit
  • Zat besi baik untuk pencegahan anemia dan meningkatkan kualitas sel darah merah
  • Omega 3 baik untuk kesehatan jaringan otak, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kinerja jantung
  • Kalsium baik bagi kepadatan tulang dan gigi, mencegah pengapuran dan osteoporosis dini
  • Triptofan (asam amino essensial) baik untuk memperbaiki gangguan sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan
  • Alpha linolenic acid (ALA) baik bagi kesehatan organ vital dalam tubuh agar selalu berada dalam kondisi terbaiknya.

Biji bijian chia seed mempunyai beberapa lemak diantaranya:

  1. Lemak trans sekitar 0,1 g
  2. Lemak jenuh  sekitar 3,3 g
  3. Lemak tak jenuh ganda sekitar 24 g
  4. Lemak tak jenuh runggal  sekitar 2,3 g

Banyak orang yang hanya mengetahui manfaat chia seed yaitu untuk  kesehatan tubuh namun tidak mengetahui dampak buruk yang diakibatkan jika mengkonsumsi makanan chia seed secara berlebihan dan tanpa penambahan dengan air yang cukup.

1 .Menyebabkan tenggorokan sakit

Salah satu bahaya dari chiua seed adalah Seseorang dapat menderita kesulitan dalam menelan makanan yang telah dikunyahnya karena saluran tenggorokannya menderita penyempitan akibat penyumbatan makanana chia seed yang terkadang mampu mengikat air disekitar saluran esofagus sehingga menyebabkan makanan tidak dapat lancar berjalan. anda harus mengunyah chia seed sampai benar benar halus agar dapat bergabung dengan air liur lebih banyak.

Baca juga : penyebab sakit tenggorokan saat menelan makanan

2. Tidak cocok untuk yang berbadan kurus

Makanan chia seed adalah makanan  yang mampu membakar lemak dan menekan rasa lapar sehingga cocok untuk dimasukkan dalam program diet sehat dan tidak dianjurkan bagi orang orang yang memiliki tubuh kurus karena dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan dan dikhawatirkan menyebabkan tubuh menjadi lebih kurus dan mengganggu kesehatan.

Baca juga : cara agar tubuh berisi tidak kurus

3. Menyebabkan nyeri pada ulu hati

Makanan chia seed mempunyai tekstur yang kenyal dan padat, jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak memnggunakan air yang cukup maka akan ada penumpukan dilambung yang sulit dicerna, hal ini dapat membuat penekanan pada dinding lambung yang menimbulkan mual mual dan menyebabkan nyeri pada ulu hati.

Baca juga : penyebab nyeri ulu hati

4. Perut kembung

Makanan chia seed sebaiknya ditambahkan menu makanan lain yang mengandung banyak air misalnya susu, yougurt, air sirup ataupun jus buayh yang banyaak menmiliki air misalnya tomat. chia seed yang dkonsumsi dengann keadaan yang minim air dapat membuat tekanan pada sistem pencernaan dan lambung yanag menimbulkan perut kembung .

Baca juga : penyebab perut kembung

5. Menyebabkan alergi pada kulit

Pada sebagian orang ada yang mengalami alergi karena lemak jenuh yang ada pada chia seed yaitu berupa ruam ruam kemerahan yang gatal setelah mengkonsumsi chia seed. Alergi terjadi karena tubuh menolak serta mencurigai adanya benda asing yang masuk dalam tubuh dan meresponnya dengan melepaskan antibodi yang berfungsi sebagai tameng penangkal yang akhirnya muncul dalam bentuk ruam ruam kemerahan. ruam ruam kemerahan adalah sebuah respon baik dari tubuh yang memberitahukan pada seseorang bahwa dirinya tidak cocok dengan makanan yang telah dikonsumsi.

Baca juga: penyebab alergi kulit

Apakah makanan yang terbuat dari biji chia seed baik dikonsumsi anak anak?

Makanan yang terbuat dari biji bijian chia seed dapat ditambahkan dengan makanan lain yang memiliki gizi tinggi yang mengandung banyak air agar ketika dikonsumsi dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan. chia seed baik dikonsumsi anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan misalnya menambahkan susu rendah kalori dan yogurt kedalamnya makan gizi pada chia seed akan berlipat ganda dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mampu meningkatkan kualitas kecerdasan otak  secara alami.