Home Tips KesehatanKesehatan Darah 8 Cara Menjaga Kesehatan Peredaran Darah Manusia

8 Cara Menjaga Kesehatan Peredaran Darah Manusia

by Ana Rohma

Darah merupakan jaringan hidup yang berada dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi serta oksigen bagi tubuh. Selain itu, darah juga berfungsi sebagai agen pembuangan sampah atau racun-racun dalam tubuh. Darah memiliki dua bentuk, yaitu :

  1. Cairan atau yang biasa disebut dengan plasma yaitu merupakan bagian darah yang terbentuk dari air, garam, dan protein. Tubuh memiliki lebih dari setengah darah dalam bentuk ini.
  2. Ini merupakan bagian darah yang mengandung sel darah merah, sel darah putih, serta trombosit.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa darah memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh. Beberapa kondisi yang menjadikan darah menjadi tidak sehat diantaranya adalah terjadinya perdarahan, leukimia, hematoma, hemofilia (Baca juga : Penyebab hemofilia), dan masih banyak lagi jenis gangguan darah lainnya. Untuk itu, sangatlah perlu bagi kita untuk terus berusaha agar darah dalam tubuh kita tetap dalam kondisi sehat, yaitu dengan melakukan berbagai upaya-upaya. Apa saja itu? Simak caranya berikut ini.

Darah merupakan bagian tubuh yang memberikan pengaruh yang besar untuk organ tubuh lainnya seperti otak, hati, dan juga jantung. Jadi, sangatlah penting bagi kita untuk selalu mempertahankan kondisi darah agar tetap prima. Jika darah tidak sehat, maka tubuh dapat beresiko tinggi untuk mengalami beberapa kondisi seperti stroke, serangan jantung, dan kondisi lainnya. Adapun langkah yang dapat kita tempuh untuk menjaga kesehatan darah adalah dengan :

  1. Selalu memperhatikan asupan nutrisi bagi tubuh

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan suatu cara ampuh dalam menjaga kesehatan darah. Adapun nutrisi-nutrisi yang penting untuk darah Anda antara lain adalah :

  • Fungsi asam folat untuk membantu metabolisme homosisteince serta asam amino yang biasanya ditemukan di dalam darah. Kita bisa mendapatkan sumber nutrisi tersebut dalam buah-buahan dan sayuran berdaun hijau seperti jeruk, pisang, bayam, lobak, serta kacang-kacangan. (Baca : Makanan yang mengandung asam folat & Efek kelebihan asam folat)
  • Asam Lemak Omega-3 yang berfungsi sebagai anti-inflamasi serta anti pembuekuan darah dalam tubuh. Selain itu, asam lemak ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah, menurunkan tekanan darah, serta menjaga kesehatan pembuluh darah agar tidak tersumbat. Nutrisi ini bisa kita temukan dari berbagai jenis bahan pangan seperti ikan salmon, kedelai, kenari, dan lain sebagainya. (Baca : Makanan yang mengandung omega 3)
  • Arginin yang berfungsi untuk memproduksi oksida nitrat yang nantinya akan membantu menciptakan aliran darah yang sehat yaitu dengan membuat pembuluh darah menjadi rileks.Pada dasarnya tubuh mampu memproduksi arginin, sehingga bagi sebagian orang tidak perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat tersebut. Arginin bisa kita temukan pada beberapa jenis makanan seperti kacang almond, biji wijwn, biji bunga matahari, coklat, kacang tanah, kismis, beras merah, jagung, dan juga gandum.
  • Serat yang berfungsi untuk membantu menurunkan lonjakan gula dalam darah yaitu dengan memperlambat pencernakan karbohidrat dalam tubuh. Kita bisa mendapatkan sumber serat dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan.
  • Zat Besi yang berfungsi untuk ,membantu produksi sel-sel darah merah. Apabila tubuh kekurangan zat ini, maka akan mengakibatkan beberapa kondisi kesehatan seperti serangan anemia atau yang biasa dikenal dengan tekanan darah rendah. Adapun sumber nutrisi tersebut bisa didapatkan dari sayuran maupun buah-buahan seperti bayam, ikan, telur, dan masih banyak lagi. (Makanan yang mengandung zat besi)

2. Menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam dan gula

Diet terhadap beberapa jenis makanan dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan darah. Diet tersebut diantaranya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam dan gula karena  terlalu banyak garam dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi) dan mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

3. Melakukan olah raga secara teratur

Melakukan gerakan fisik akan sangat membantu Anda dalam menjaga kesehatan darah. Dengan berolah raga maka otot-otot tubuh akan semakin kuat. Selain itu juga dapat dengan mudah menerima insulin serta membantu memaksimalkan penggunaan glukosa dalam darah. Hal ini tentu saja berguna, terutama bagi mereka yang memiliki kadar gula darah yang berlebih. Menurut University of Maryland Medical Center, dengan rutin berolah raga akan membantu tubuh untuk meningkatkan produksi nitric oxide (oksida nitrat) yang berfungsi untuk menjaga agar pembuluh darah tetap terbuka dan sehat. Jika tubuh Anda memiliki tingkat oksida nitrat yang rendah, hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya penumpukan plak atau arteriosklerosis.

4. Menghindari konsumsi alkohol

Mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung alkohol secara berlebihan akan dapat berdampak bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah (Darah tinggi).

5. Jauhi rokok

Bahaya merokok memang sudah tidak bisa dijelaskan lagi, sangat banyak. Jika Anda seseorang yang peduli terhadap kesehatan, maka sebaiknya Anda menjauhkan diri dari rokok, baik itu sebagai perokok aktif maupun perokok pasif. Hal ini disebabkan pada saat Anda merokok, itu berarti Anda telah memperkenalkan ribuan bahan kimia yang beberapa diantaranya dapat merusak pembuluh darah. Selain itu, kandungan Bahaya nikotin yang terdapat dalam rokok yang Anda hisap dapat mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah, bahkan akan merusaknya. Untuk itu, ada baiknya jika Anda menghindari produk tersebut.

6. Membatasi asupan lemak

Lemak  jenuh dan lemak trans yang terdapat dalam makanan yang Anda konsumsi juga memeiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan darah Anda. Menurut Mayoclinic.com, apabila seseorang mengkonsumsi terlalu banyak kandungan kedua jenis lemak tersebut, maka akan dapat mengakibatkan rusaknya pembuluh darah serta jantung dari waktu ke waktu. Untuk itu sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang lebih banyak mengandung asam lemak omega-3 seperti yang terdapat dalam ikan salmon, buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian.

7. Mencari informasi tentang kesehatan darah

Ada baiknya jika Anda mulai untuk mencari tahu tentang bagaimana cara menjaga kesehatan darah melalui buku-buku kesehatan atau dengan mencari informasinya melaui internet. Akan lebih baik jika Anda juga bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter atau tenaga kesehatan yang terdekat.

Dokter bisa melakukan beberapa tes untuk memastikan kondisi kesehatan darah Anda baik, misalnya saja dengan melakukan tes darah, memeriksa tekanan darah, maupun tes lainnya.

8. Rutin mengikuti kegiatan donor darah

Tahukah Anda bahwa dengan rutin mengikuti kegiatan donor darah akan membantu Anda menjaga kesehatan darah? Ya, dengan melakukan kegiatan sosial tersebut selain bertujuan untuk menolong sesama juga sangat berguna untuk membantu untuk memproduksi sel-sel darah merah yang baru. Jadi Anda tak perlu khawatir sel-sel darah merah dalam tubuh Anda akan berkurang pada saat melakukan donor darah, karena sum-sum tulang belakang akan segera bekerja untuk memproduksi sel-sel darah merah yang baru dan tentunya yang lebih sehat, sehingga tubuh Anda bisa mendapatkan pasokan atau suplai darah yang baru.

Baca juga : Penyebab darah kental

Dari penjelasan di atas, maka kita bisa tahu bahwa darah yang sehat adalah salah satu element penting untuk kesehatan tubuh. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba langkah-langkah di atas dalam upaya menjaga kesehatan darah dalam tubuh Anda. Semoga bermanfaat

You may also like