26 Cara Mengobati Mata Bengkak dan Sakit Paling Ampuh

Penyebab mata bengkak cukup beragam dan biasanya pembengkakan tersebut juga bakal disertai dengan rasa sakit. Bila Anda mencari cara mengobati mata bengkak yang ampuh, ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda simak di bawah ini. Baik itu disebabkan oleh alergi, bintitan, cedera, sembab karena menangis, kurang tidur atau karena penyakit tertentu, berikut solusinya.

(Baca juga: penyebab kelopak mata gatal dan bengkak)

1. Memakai Mentimun

Seperti kita tahu, mentimun amat kaya akan kandungan airnya dan mampu menjadi penenang alami kulit. Mentimun adalah penyelamat Anda yang mengalami mata bengkak karena pada dasarnya mentimun adalah bahan yang baik untuk menghidrasi mata serta mengurangi pembengkakan. Kandungan vitamin C di dalamnya pun akan turut mengurangi iritasi kulit bila hal ini terjadi.

Caranya cukup mudah, sediakan saja sebuah mentimun yang kemudian Anda iris tipis di mana bentuk irisan hasilnya adalah bulat. Tempelkan hasil irisan tersebut ke area mata yang membengkak seperti ketika Anda menggunakannya sebagai masker untuk kasus mata panda. Selama 15 menit tinggalkan dan setelah itu lepaslah, bilas bagian mata Anda.

2. Menggunakan Kantong Teh Witch Hazel

Dikenal memiliki kandungan anti-inflamasi, kantong teh witch hazel ini bisa secara alami mengatasi masalah pembengkakan pada mata Anda. Untuk menggunakannya, Anda cukup menyiapkan kantong tehnya, lalu diaplikasikan ke bagian mata yang bengkak setelah menyeduh teh. Tentu saja Anda perlu mendiamkannya lebih dulu supaya tak terlalu panas.

Ketika sudah berada pada kondisi hangat, setelah penyeduhan kantong teh bisa ditempelkan seperti dikompreskan ke mata. Demi hasil maksimal, Anda perlu melakukannya beberapa kali dalam sehari untuk meredakan pembengkakan. Setiap hari Anda dapat melakukan perawatan ini sampai mata benar-benar sembuh dari bengkak.

(Baca juga: cara mengatasi mata terkena parfum)

3. Menggunakan Kunyit

Rempah dengan segudang kandungan baik seperti anti bakteri dan anti inflamasi ini betul-betul banyak dimanfaatkan untuk mengobati banyak gangguan kesehatan. Kunyit pun menjadi salah satu obat herbal sakit kepala yang paling mujarab. Bagi mata yang bengkak, kunyit juga sangat berkhasiat untuk menyembuhkannya secara alami.

Ketika mungkin Anda tak hanya menyadari bahwa mata membengkak, tapi juga terasa ada sensasi terbakar ditambah iritasi kulit, kunyit mampu memberikan efek penenang instan yang alami. Ambil saja bubuk kunyit yang dicampur dengan air biasa atau air mawar, aplikasikanlah langsung ke area mata bengkak Anda secara rutin dan lakukan setiap beberapa jam sekali demi hasil maksimal.

4. Memakai Kentang

Salah satu obat sakit mata bengkak yang alami dan mujarab adalah kentang. Selain enak disantap, rupanya bahan makanan satu ini benar-benar bisa menjadi solusi inflamasi dan pembengkakan. Tak hanya berkandungan karbohidrat saja, kentang juga kaya akan vitamin B di mana sebuah kentang berukuran kecil saja sudah cukup untuk mengobati mata Anda.

Irislah kentang tipis-tipis dan tempelkan ke mata yang bengkak sebagai pengompres, tunggu sekitar 15 menit supaya kandungan baiknya terserap. Kentang akan membantu kulit yang teriritasi dan bengkak menyusut dengan cara menyerap kelebihan air. Anda bisa mendinginkannya lebih dulu sebelum diaplikasikan ke kulit dan lakukan perawatan ini sehari 4-5 kali.

(Baca juga: cara menghilangkan mata bintitan dengan cepat)

5. Memanfaatkan Lidah Buaya

Bukan hal yang asing lagi bagi kita akan tanaman lidah buaya karena selain mampu menyuburkan rambut, khasiat lidah buaya untuk kulit begitu besar. Berkandungan sifat anti-inflamasi, lidah buaya adalah pilihan obat mata bengkak yang tepat karena menawarkan efek adem dan menenangkan.

Ekstrak gelnya dapat Anda coba campurkan bersama dengan minyak vitamin E, lalu aplikasikan langsung ke bagian yang membengkak. Tinggalkan selama semalaman yang artinya Anda bisa menggunakannya setiap sebelum tidur. Campuran keduanya tak hanya bakal menolong mata bengkak menjadi lebih baik, tapi juga mampu mengurangi kerutan serta garis halus pada wajah akibat tanda penuaan dini.

6. Menggunakan Masker/Penutup Mata

Sebagian dari Anda mungkin adalah yang memiliki keluhan akan mata bengkak setiap pagi dan ketika hal ini terus berlanjut, cobalah untuk memakai masker mata. Masker mata dapat sangat menolong mengatasi pembengkakan yang khususnya terjadi atau muncul pada bagian lipatan mata.

Pembengkakan pada mata dapat menjadi akibat dari adanya iritasi di bagian pembuluh darah di sekitar kulit. Masker atau penutup mata khusus untuk tidur merupakan salah satu cara menghindari maupun mengatasi pembengkakan. Namun cara ini jelas efektif untuk yang memang matanya bermasalah dan bengkak karena ada hubungannya dengan proses selama tidur di malam hari.

(Baca juga: penyebab mata sayu)

7. Memakai Teh Kamomil

Selain menjadi penenang pikiran dan tubuh di kala mengalami stres, teh kamomil merupakan salah satu teh herbal yang memang berkandungan anti-inflamasi. Itulah mengapa kali ini teh satu ini dianjurkan untuk digunakan bagi Anda yang ingin mengobati mata bengkak secara alami. Efek relaksasinya akan mengurangi pula iritasi pada mata.

Ambil kamomil kering sebanyak 1 sendok makan yang kemudian bisa Anda tambahkan ke segelas air mendidih. Seduhlah kurang lebih selama 10 menit lalu tehnya bisa Anda minum dan kantong tehnya Anda simpan di dalam lemari es. Kantong teh kamomil bisa digunakan untuk mengompres bagian mata yang bengkak dan tehnya pun diminum untuk relaksasi, masing-masing sehari 2-3 kali sehari.

8. Memanfaatkan Kantong Teh Hitam

Masih ada lagi selain kantong teh kamomil, kantong teh hitam juga bisa Anda manfaatkan karena ada kandungan tannin di dalamnya yang begitu baik. Tannin itulah yang menawarkan sifat anti inflamasi sehingga mampu menangani masalah pembengkakan serta iritasi pada mata.

Cara penggunaannya pun mudah, Anda hanya perlu mengambil kantong teh lalu menyeduhnya di dalam secangkir air panas. Setelah penyeduhan selesai, air teh bisa diminum, dan kantong tehnya dimasukkan ke dalam lemari es agar lebih dingin. Keluarkan kantong teh hitam yang sudah dingin, kompreskan ke area mata bengkak 15 menit beberapa kali sehari.

(Baca juga: cara menghilangkan mata merah)

9. Menggunakan Biji Ketumbar

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, biji ketumbar merupakan sebuah bahan alami yang mengandung penenang alami sekaligus sifat penyembuh. Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda bisa memakainya untuk mengatasi mata bengkak. Ambil sejumlah biji ketumbar yang kemudian dibungkus dan diikat pada sebuah kain katun tipis.

Masukkan ke dalam air untuk merendamnya selama beberapa jam, nantinya air rendaman biji ketumbar inilah yang bisa dimanfaatkan untuk membasuh mata yang bengkak. Sementara kantong biji ketumbar yang sehabis direndam tadi dapat Anda pakai dengan mengompreskannya ke bagian mata selama 20 menit beberapa kali sehari. Ulangi sesesering yang dibutuhkan untuk mengempiskan bengkak secara lebih efektif.

10. Kompres Dingin

Cara sederhana lainnya untuk mengobati mata bengkak Anda adalah dengan mengambil beberapa balok kecil es batu yang dibungkus menggunakan kain atau handuk tipis. Kompreskan ke area mata yang membengkak kurang lebihnya 15 menit sehari beberapa kali demi mengempiskan pembengkakan.

Sehari, Anda bisa melakukan perawatan ini 3-4 kali dan lakukan selama beberapa hari supaya mata bengkak cepat sembuh. Cara ini pun bakal merelaksasi mata yang lelah atau area gelap pada mata. Melakukannya rutin sesuai yang dianjurkan pasti akan memberikan hasil optimal untuk mata bengkak Anda.

11. Minum Air Putih

Bahaya dehidrasi dapat mengincar Anda sekalian yang tak banyak atau sering minum setiap harinya dan rupanya pembengkakan pada mata juga bisa dikarenakan kurangnya asupan air putih di dalam tubuh. Minumlah sering-sering air putih untuk mengurangi pembengkakan pada mata sekaligus supaya proses buang air kecil Anda lancar.

8-10 gelas saja sudah sangat cukup, bahkan lebih pun tidak masalah asalkan tidak mempunyai riwayat penyakit ginjal. Cara ini pun ampuh untuk mengatasi masalah retensi air pada mata. Supaya hasil pengempisan bengkak pada mata lebih maksimal, minumlah setiap hari air putih dengan takaran tersebut yang berguna untuk mencegah pembengkakan kembali pada mata.

(Baca juga: bahaya mengucek mata dengan tangan)

12. Tidur yang Cukup

Pembengkakan mata bisa disebabkan oleh kurang tidur, jadi mendapatkan kualitas tidur yang baik dan cukup tentu sangatlah penting. Selain mata panda, kurang tidur pun mampu menyebabkan mata bengkak. Tak hanya menghitam, biasanya akibat kurang tidur adalah bagian kantung mata yang menebal sehingga kurang menarik dipandang.

Waktu tidur yang baik adalah sekitar 7-8 jam setiap harinya, begadang pun sebaiknya dihindari dan kalaupun memang penting, sekali-kali tak masalah. Saat seseorang kebanyakan begadang, tak hanya berimbas pada kesehatan kulit maupun otak saja, tapi hal ini juga turut memicu area mata membesar. Maka, mulai dari sekarang Anda bisa mulai membiasakan tidur cukup.

13. Menghindari Makanan Asin

Makanan asin tak hanya bisa menjadi pemicu tekanan darah tinggi saja, ternyata pada mata yang sudah bengkak juga bisa menyebabkan semakin parah. Kandungan natrium pada makanan yang Anda makan akan meningkatkan bahaya retensi air. Inilah yang kemudian menjadi mata lebih bengkak dari sebelumnya.

Cara ini paling ini paling baik diterapkan pada penderita mata bengkak yang diakibatkan oleh aktivitas menangis. Pengurangan asupan natrium ini tidaklah selamanya, bagi Anda yang memang tak ada penyakit darah tinggi dan hanya ingin mengobati mata bengkak, jauhi garam atau natrium sementara waktu saja. Setelah itupun Anda masih bisa mengonsumsi natrium, namun jangan terlalu berlebihan.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit mata)

14. Memakai Krim Anti Radang

Pembengkakan pada mata juga dapat diobati dengan menggunakan krim khusus, yakni krim yang mengandung anti radang. Krim ini bisa menjadi obat ampuh untuk membuat pembuluh darah mengecil. Krim khusus ini adalah alternatif yang baik bila Anda sudah mencoba berbagai cara alami namun tak mempan juga.

Sebagai alternatifnya, krim dengan kandungan kafein tinggi juga bisa Anda coba gunakan karena memang krim ini berguna dalam menurunkan risiko pembengkakan. Cukup mengoleskannya merata di area mata yang bengkak Anda secara teratur, Anda akan melihat hasil efektifnya. Biasanya, pengolesan bisa dilakukan di bagian kulit bawah mata.

15. Memakai Obat Tetes Mata

Jika memang mata Anda bengkak plus juga kemerahan atau iritasi, sebaiknya memang mencoba menggunakan obat tetes mata. Karena obat tetes mata ini sangat gampang didapat di apotek terdekat, jadi Anda bisa mengatasi mata bengkak secepat mungkin. Namun, alangkah baiknya kalau Anda membeli yang memang sudah terpercaya.

Produk obat tetes mata yang berkualitas tentunya akan lebih efektif dalam membantu mengurangi pembengkakan pada mata. Tak perlu khawatir atau bingung tentang penggunaannya karena cara pemakaian obat tetes mata sangat sederhana. Anda bisa langsung membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan pada brosur atau yang tertera di kemasan obat tetes mata tersebut.

16. Menghindari Minuman Alkohol

Menjauhi minuman beralkohol tak hanya baik untuk kesehatan Anda, tapi juga untuk mengobati mata bengkak. Efek alkohol tidak cuma berbahaya bagi kesehatan sistem saraf otak, tapi juga mampu memberikan dampak dehidrasi pada tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan, dehidrasi dapat menjadi penyebab mata bengkak.

Saat mata Anda bengkak dan teriritasi, hindari minuman beralkohol atau batasi seketat mungkin karena ini akan mengakibatkan dehidrasi yang semakin buruk. Demi mengempiskan mata yang membengkak, silakan untuk minum air putih saja ketimbang minum cairan dalam bentuk lainnya. Air putih pun dijamin jauh lebih sehat untuk tubuh ketimbang alkohol yang bisa merusak saraf.

(Baca juga: penyebab mata merah)

17. Memakai Bawang Putih

Bawang putih yang mentah pada dasarnya memiliki banyak manfaat selain dari mengatasi masalah kolesterol tinggi, penyempitan pembuluh darah serta darah tinggi. Jika Anda tak takut akan sensasi panasnya, Anda bisa mencoba untuk menggunakan bahan ini sebagai pengurang bengkak pada mata.

Sesiung bawang putih saja sudah cukup, lalu Anda kupas lebih dulu kemudian cincang serta tumbuk hingga benar-benar lembut. Setelah lembut Anda bisa mengoleskannya ke area mata yang membengkak. Anda bisa melakukan pengobatan ini sekali sehari setiap hari sampai bengkak mengempis, namun risikonya tentu adalah rasa pedas dan panas pada mata Anda.

18. Mengatur Posisi Tidur

Sebagian dari Anda mungkin terbiasa tidur dengan tidak menggunakan bantal, namun justru sebenarnya salah satu cara mengobati mata bengkak adalah dengan menggunakan bantal sewaktu tidur. Istirahat yang baik demi menormalkan kondisi mata tentu adalah dengan memakai bantal di mana posisi kepala diletakkan di atas bantal.

Dengan posisi kepala lebih tinggi, ini akan jauh lebih baik karena bakal membuat jumlah cairan yang ada di mata berkurang. Pembengkakan di area mata terjadi karena adanya penumpukan cairan sehingga pembesaran tak terhindarkan. Oleh karena itu, mulai sekarang biasakan pula tidur dengan bantal supaya bengkak cepat mengempis.

19. Memijat Area Mata

Memberikan pijatan di area mata yang bengkak juga cukup menolong, asalkan tidak dilakukan secara keras-keras. Pijatlah lembut area mata, terutama saat Anda mengobatinya menggunakan kompres tertentu. Pemijatan adalah obat yang baik juga karena mampu melancarkan aliran darah sekaligus mengurangi penumpukan cairan pemicu bengkak tersebut.

(Baca juga: cara mengatasi sakit mata sebelah)

20. Menghindari Memakai Lensa Kontak

Lensa kontak merupakan salah satu faktor yang kerap menyebabkan mata iritasi dan bengkak, jadi tentu ketika mata sedang bermasalah, Anda bisa mencoba untuk tidak mengenakan lensa kontak lebih dulu. Ketika Anda memaksakannya, justru ini bisa jadi malah memperburuk pembengkakan dan memperparah iritasi pada mata sehingga jauh lebih sulit nantinya untuk sembuh.

21. Menghindari Penggunaan Makeup

Selama mata bengkak, salah satu cara mengobatinya dan membuat pengobatan jauh lebih maksimal adalah dengan menghindari pemakaian riasan wajah. Makeup tentu belumlah komplit ketika mata tidak ikut dirias, namun sementara waktu Anda memang perlu untuk menjauhi makeup. Tujuan dari cara ini adalah untuk menjaga kebersihan mata.

22. Menghindari Alergen

Bila mata Anda membengkak disebabkan oleh reaksi alergi, maka untuk mengobatinya maka Anda perlu menjauhi pemicu alergi atau yang disebut juga dengan alergen. Diri Anda adalah yang paling tahu alergi apa saja yang diderita, oleh karena itu selama mata bengkak sebaiknya jauh-jauhlah dari segala bentuk alergen yang membuat Anda jauh lebih sensitif.

(Baca juga: tahi mata berlebihan)

23. Membersihkan Bulu dan Kelopak Mata

Rajin-rajinlah membersihkan bagian bulu mata serta kelopak mata secara rutin bahkan selama mengalami pembengkakan. Membersihkannya pun tidaklah sembarangan karena Anda perlu menggunakan kapas bersih yang dicelupkan di air dingin. Sapukan kapas tersebut perlahan untuk perawatan bulu mata serta kelopak mata setiap harinya.

24. Tidak Menyentuh Mata

Banyak orang memiliki kebiasaan menyentuh atau mengucek mata, namun bila ingin bengkak di mata cepat sembuh, hindari kebiasaan ini. Kita tidak pernah tahu sebersih apa tangan kita, dan ketika dalam keadaan yang kurang higienis, mengucek mata yang bengkak malah bisa memperburuk kondisi mata dan menambah iritasi.

25. Tak Perlu Keluar Rumah

Penyebab mata bengkak ditambah juga dengan iritasi kemungkinan besar dikarenakan debu atau semacamnya, maka untuk mengobatinya, Anda bisa menghindari aktivitas di luar rumah sementara waktu. Tak usah keluar rumah apabila tidaklah begitu kepepet atau penting. Ini supaya mata bengkak terlindung dan lebih cepat sembuh.

26. Mengenakan Pelindung Mata

Kalaupun memang Anda perlu keluar rumah, Anda bisa mencoba untuk mengenakan pelindung mata, seperti kacamata supaya mata lebih nyaman. Beraktivitas di luar ruangan akan jauh lebih baik dan aman saat Anda mengenakan pelindung mata ini. Menjauhkan mata dari debu dan polusi juga akan mempercepat penyembuhan bengkaknya.

(Baca juga: penyebab mata sering berair dan belekan)

Itulah sejumlah cara mengobati mata bengkak yang ampuh untuk Anda coba di rumah. Namun ketika mata bengkak tak menunjukkan adanya kesembuhan, periksakan ke dokter spesialis mata untuk mengetahui kondisi sebenarnya.