Home Tips KesehatanKesehatan Hati 25 Cara Mengobati Perut Bengkak Karena Liver Bermasalah Secara Alami

25 Cara Mengobati Perut Bengkak Karena Liver Bermasalah Secara Alami

by Erlita

Perut membengkak yang berisi cairan dan disebabkan oleh penyakit liver dapat juga disebut dengan asites. Selain karena penyakit liver, gagal jantung, gagal ginjal dan juga kanker mampu menyebabkan perut membengkak, yakni tepatnya sebuah kondisi di mana rongga perut berisikan cairan, baik itu cairan eksudatif (kadar protein ≥ 2.5 g/mL) maupun dapat juga cairan transudatif (kadar protein ≤ 2.5 g/mL). Lalu, adalah cara mengobati perut bengkak karena liver alami nan efektif?

  1. Makan Melon

Buah berkandungan air tinggi ini bisa Anda andalkan dengan mengonsumsinya rutin. Anda perlu memilih buah melon yang manis dan segar, bahkan dapat juga menikmatinya dengan mencampurkannya pada menu salad Anda demi memperoleh karotenoid dan vitamin C.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Untuk mengobati perut yang bengkak karena gangguan liver, Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh jus bawang putih bersama dengan air 125 ml untuk kemudian Anda bisa minum setiap hari sampai bengkak hilang. Tak perlu khawatir pada efek samping bawang putih selama penggunaannya benar.

  1. Minum Air Kelapa

Air kelapa bukan hanya menjadi alternatif paling baik dari air putih biasa dalam mencegah dehidrasi, melainkan juga baik dalam mengobati perut yang bengkak bahkan dikarenakan penyakit liver sekalipun. Minum air kelapa yang banyak selain dari konsumsi air putih akan menyelamatkan Anda.

  1. Minum Jus Wortel

Selain menjadi cara menjaga kesehatan mata, jus wortel yang kaya akan vitamin A bisa juga Anda minum 1-2 gelas setiap hari agar liver tetap sehat, kadar kolesterol tetap stabil dan sistem daya tahan tubuh senantiasa normal. Bila dapat menyehatkan liver, otomatis minum jus wortel baik bagi perut bengkak yang disebabkan oleh sakit liver.

  1. Minum Teh Dandelion

Teh dandelion adalah minuman herbal lain yang akan menjadi penyelamat tubuh Anda karena menawarkan kalium lebih pada tubuh yang juga otomatis menghilangkan perut bengkak yang berisi cairan di rongga perut. Minumlah sehari 2 kali teh ini supaya lebih cepat pulih.

  1. Menggunakan Seledri

Akumulasi cairan yang membuat perut bengkak wajib untuk segera dikeluarkan dari tubuh, jadi seledri sebagai diuretik alami yang aman bisa Anda manfaatkan. Konsumsilah seikat seledri yang bisa Anda rebus atau kukus sesuai dengan selera karena seledri pun mampu menjadi peningkat imun tubuh sekaligus peningkat fungsi ginjal.

  1. Minum Susu Unta

Susu unta memang cukup jarang terdengar manfaatnya, namun Anda bisa mencoba mengandalkannya dengan mengonsumsi secara rutin untuk perut yang bengkak karena liver. Kandungan laktosa diuretik di dalam susu ini berperan besar dalam menghilangkan cairan racun yang terakumulasi di dalam rongga perut secara alami.

  1. Makan Mangga

Mengonsumsi buah mangga tak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, lalu juga menjadi solusi bagi gangguan pencernaan serta menjaga kesehatan mata, tapi juga baik untuk mengobati perut bengkak karena liver. Sifat anti-inflamasi yang dibawa buah ini berikut juga polifenolnya siap mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh.

  1. Makan Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah pun bisa digunakan sebagai penghilang kelebihan cairan di rongga perut dan mengempeskan bengkak secara alami melalui buang air kecil. Diuretik alami dan kuat ini bisa Anda konsumsi dengan menambahkannya pada salad atau bisa juga Anda konsumsi jusnya asalkan tak berlebihan agar menghindari efek samping bawang merah.

  1. Menggunakan Lobak

Lobak dapat Anda tambahkan pada salad dan pastikan untuk menggunakan yang matang dan memang masih segar. Ketika kerusakan hati terjadi dan perut membengkak karenanya, maka Anda memerlukan cara untuk mendetoksifikasi tubuh, yakni dengan mengonsumsi lobak untuk menyelamatkan kondisi liver Anda.

  1. Memakai Murbei India

Murbei India pun dapat menjadi herbal yang Anda manfaatkan dalam mengobati perut bengkak karena masalah liver. Ambil jus dari daun murbei India untuk Anda konsumsi setiap hari sampai bengkak pada perut hilang. Kabar baiknya, murbei India adalah bahan alami yang bisa menunda penuaan sekaligus dapat memperlancar pernapasan serta pencernaan.

  1. Menggunakan Garam Epsom

Garam Epsom sangat baik sebagai pereda dan penghilang bengkak alami, termasuk juga perut yang bengkak karena gangguan liver. Cukup dengan menambahkan garam Epsom secukupnya pada air mandi Anda di bathtub, berendamlah di sana sekitar 20 menit setiap hari untuk mendetoksifikasi tubuh sehingga bengkak cepat reda.

  1. Memakai Biji Fenugreek

Berkandungan sifat antioksidan, antikarsinogenik dan antilipidemik, biji fenugreek bisa diandalkan oleh para penderita kanker, liver dan diabetes. Cukup sediakan seliter air dan Anda bisa coba tambahkan biji fenugreek sebanyak 1 cangkir ke dalamnya. Tunggu 12 jam barulah Anda boleh menyaring lalu mengonsumsinya setiap pagi sampai bengkak di perut hilang dan liver sehat lagi.

Cara Lainnya dalam Mengobati Perut Bengkak karena Liver

Masih ada cara-cara lain yang bisa Anda tempuh demi  mengobati perut bengkak akibat gangguan liver. Kiranya cara-cara ini bisa Anda coba di rumah dengan mudah dan efektif dalam menyembuhkan pembengkakan serta liver Anda.

  • Memijat area perut yang bengkak menggunakan minyak wijen.
  • Memijat area perut yang bengkak menggunakan minyak kastor.
  • Menghindari konsumsi alkohol.
  • Berolahraga supaya otot perut bisa berkembang dan bengkak lebih cepat kempes.
  • Tidur cukup.
  • Menghindari konsumsi terlalu banyak gandum dan nasi.
  • Menghindari konsumsi garam berlebihan.
  • Menghindari konsumsi makanan pedas.
  • Menghindari konsumsi makanan manis.
  • Menghindari makanan yang berminyak.
  • Menghindari minum terlalu banyak air putih dalam sehari.
  • Mencoba melakukan diet vegetarian.

Demikian beberapa cara mengobati perut bengkak karena liver bermasalah yang bisa Anda coba di rumah mulai dari bahan-bahan herbal yang alami dan aman hingga perubahan pola hidup menjadi lebih sehat dan seimbang. Jika bengkak tak kunjung hilang dan kondisi menjadi serius, segera ke dokter supaya dapat ditangani secara lebih tepat.

You may also like