Ini Lho 5 Hal yang Perlu Diperhatikan dan Dilakukan Jika Ingin Jogging

Walau kelihatannya mudah dan murah meriah, olahraga jogging sebenarnya perlu dilakukan dengan benar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai jogging, yakni beberapa tips di bawah ini yang membantu agar jogging bisa lebih maksimal dan manfaatnya bisa diperoleh.

1. Menentukan Tujuan

Jogging memerlukan tujuan, dan oleh sebab itu merencanakan jarak dan waktu itu sangatlah penting, entah itu salah satu atau keduanya. Suasana hati dan juga berapa banyak waktu yang dimiliki benar-benar berperan penting. Ketika waktu yang tersedia hanya belasan menit, jarak untuk jogging perlu dipertimbangkan sependek mungkin.

Bila ingin memutuskan berjogging jarak jauh, tentunya perlu untuk menyiapkan waktu yang lebih banyak. Hanya saja, tentu sesuaikan pula dengan kemampuan fisik agar tidak kemudian mencederai diri sendiri. Tetapkan waktu dan juga jarak yang memang kita mampu menempuhnya; jika merasa ingin meningkatkan intensitasnya, maka tingkatkanlah secara perlahan.

2. Melakukan Pemanasan

Bahaya olahraga tanpa pemanasan sudah pasti akan membuat fisik kita jauh lebih tak siap walau hanya sekadar jogging. Pemanasan bertujuan meregangkan otot agar tidak kaget saat kita langsung menggunakannya berlari apalagi dalam waktu lama sekaligus jarak yang jauh. Pemanasan dapat dilakukan dengan bersepeda atau sekadar berjalan kaki, namun tergantung metode seperti apa yang diinginkan.

Bukan hanya mencegah cedera pada otot, pemanasan pada dasarnya adalah mampu meningkatkan performa. Kecepatan dalam berjogging pun dapat ditingkatkan melalui pemanasan serta latihan yang rutin. Karena telah memiliki tujuan/goal yang telah dibuat di awal, maka memacu diri untuk sampai di sana adalah penting.

3. Mengenakan Pakaian yang Nyaman

Bukan masalah besar pakaian apa yang perlu dikenakan saat jogging, hanya saja memilih mengenakan pakaian yang nyaman untuk berlari apalagi ketika jaraknya jauh akan sangat membantu supaya performa jauh lebih baik. Memilih memakai pakaian tepat untuk jogging akan memberikan perbedaan, khususnya soal sepatu; sepatu khusus untuk lari tentunya memberikan kenyamanan lebih daripada sepatu biasa.

Untuk para wanita pecinta jogging, manfaat jogging akan lebih terasa ketika mengenakan bra olahraga yang benar-benar tepat dan bagus tanpa memicu sakit punggung. Selain itu, celana pendek khusus untuk lari dengan bahan penyerap keringat yang baik akan membantu supaya kekeringan dan kesegaran tetap terjaga dengan baik.

4. Menyiapkan Perlengkapan

Walau jogging merupakan jenis olahraga tanpa peralatan apapun, perlengkapan semacam sebotol air minum, stopwatch, serta earbud untuk mendengarkan musik selama jogging bisa juga disiapkan. Tak harus menyiapkan perlengkapan ini, namun jogging akan jauh lebih menyenangkan jika sambil mendengarkan lagu, tidak dehidrasi, dan tepat waktu.

5. Peregangan Usai Jogging

Usai melakukan jogging, sambil mengambil nafas ambil juga beberapa waktu untuk meregangkan otot. Betis kita akan terasa begitu lelah usai berjogging ria, jadi tak ada salahnya kita meregangkannya, bersama dengan otot hamstring. Jangan ketinggalan, otot perut pun bisa juga diregangkan agar lebih rileks sehingga performa jogging berikutnya dapat meningkat juga.

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan lakukan ketika hendak berolahraga jogging yang tentunya memengaruhi performa serta manfaat jogging yang kita bisa peroleh. Perhatikan juga cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan supaya hasilnya makin optimal.