10 Cara Jogging yang Benar untuk Menurunkan Berat Badan Secara Maksimal

874

Salah satu olahraga yang paling murah serta praktis adalah jogging. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, tanpa perlu biaya dan tidak membutuhkan alat. Namun dibalik segala kepraktisan dari olahraga ini, terdapat manfaat yang begitu besar, seperti efektif dalam membakar lemak, memperlancar peredaran darah, menjaga kolesterol serta dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Jogging ini merupakan salah satu cara menurunkan berat badan paling efektif, sebab saat melakukan jogging ini timbunan lemak yang ada pada tubuh dapat terbakar sehingga membuat perut yang membuncit menjadi langsing. Tentunya bukan menjadi rahasia lagi bahwa tubuh yang sehat serta proporsional menjadi dambaan setiap orang karena dapat meningkatkan kepercayaan diri. Lantas bagaimanakah cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan?

1. Melakukan Pemanasan

Pentingnya pemanasan sebelum melakukan jogging yaitu dapat mencegah timbulnya cedera ketika melakukan aktivitas tersebut. Selain itu, pemanasan juga berfungsi dalam meningkatkan detak jantung. Ketika melakukan jogging, detak jantung akan naik secara spontan dan kondisi tersebut tidaklah baik. Hindari sebaik mungkin untuk melakukan olahraga tanpa pemanasan, sebab bahaya olahraga tanpa pemanasan ini cukup fatal bagi kondisi tubuh.

2. Mengatur Ritme Pernafasan

Agar dapat berjalan secara optimal dalam menurunkan berat badan, maka diperlukan cara yang benar dalam jogging yaitu dengan mengatur ritme pernafasan. Aturlah pernafasan secara baik dengan menarik nafas dari hidung serta mengelurakannya dari mulut dengan perlahan dan santai.

Jangan melakukan jogging secara cepat dan kencang yang justru membuat nafas tersengal-sengal. Jika sudah tidak kuat lagi maka jangan memaksa kekuatan tubuh sebab kalau sampai terjadi sesak nafas, akan menimbulkan masalah baru lagi untuk Anda.

3. Mengatur Denyut Nadi

Tak hanya ritme pernafasan, denyut nadi ketika melakukan olahraga jogging pun juga sangat perlu untuk diperhatikan. Ketika melakukan jogging maka denyut nadi akan meningkat 64-76% dari denyut nadi maksimal. Untuk mengetahui denyut nadi dapat dilakukan dengan cara, 220 dikurangi dengan jumlah usia, hasilnya ini merupakan detak jantung normal bagi setiap manusia.

4. Mengatur Kecepatan Jogging

Olahraga jogging dengan olahraga lari sesungguhnya tidaklah sama. Dalam melakukan olahraga jogging kamu tidak perlu menggunakan kecepatan yang tinggi. Berlarilah secara santai dan nyaman. Umumnya ukuran dari kecepatan lari dalam olahraga jogging yaitu 7 hingga 8 km/jam.

5. Mengatur Durasi/Lama Waktu Jogging

Agar efisien dalam menurunkan berat badan, olahraga jogging dapat dilakukan selama 45 menit. Dengan waktu tersebut, lemak dalam tubuh dapat terbakar secara baik sehingga dapat menurunkan berat badan. Namun agar lebih efektif, kamu dapat melakukan jogging dengan selang waktu yang lebih lama.

6. Melakukan Pendinginan

Bila ada pemanasan, tentunya jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Pendinginan dapat dilakukan dengan jalan cepat selama 5 hingga 10 menit yang dilanjutkan dengan melakukan peregangan. Hindari untuk langsung duduk atau menekuk kaki setelah melakukan olahraga jogging.

7. Jogging Serutin Mungkin

Tubuh tentunya tidak langsung kurus bila hanya melakukan jogging sekali saja. Untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan, olahraga jogging harus dilakukan secara rutin. Hendaknya jogging dilakukan minimal 150 menit dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

8. Memperbanyak Air Putih

Ketika melakukan jogging, maka tubuh akan mengeluarkan keringat yang begitu banyak. Oleh karena itu, ketika melakukan jogging jangan lupa untuk membawa air mineral untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Dengan memperhatikan pola minum saat jogging, maka dapat mengganti cairan atau keringat yang keluar dari tubuh sehingga proses pembakaran lemak akan berlangsung secara optimal. Selain itu, ketika Anda setelahnya lapar jangan konsumsi makanan sembarangan, konsumsilah makanan penurun berat badan super cepat yang sangat direkomendasikan untuk Anda konsumsi.

9. Jogging Pagi Hari

Jogging di pagi hari diyakini jauh lebih efektif dalam hal menurunkan berat badan ketimbang melakukannya malam atau siang hari. Saat berjogging ria di pagi hari, otomatis di dalam tubuh kita belum terisi apapun dan hanya ada sisa metabolisme dari hari kemarin di mana tubuh kemudian melakukan pengambilan nutrisi dari cadangan lemak itu. Barulah setelah jogging selesai, lanjutkan dengan menikmati sarapan yang rendah lemak.

10. Mengenakan Kostum yang Tepat

Jogging yang benar juga berkaitan dengan kostum di mana penting untuk mengenakan pakaian jogging yang nyaman seperti halnya kaos yang dipadukan dengan celana pendek. Tentu saja pakaian jogging pun harus yang bisa menjaga sirkulasi udara dengan baik dan Anda pun sah-sah saja kalau ingin memakai jaket.

Cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan dapat Anda terapkan setiap melakukan olahraga jogging. Disamping konsisten dan teratur dalam melakukan olahraga jogging, kamu juga harus mengimbanginya dengan pola makan yang cukup dan istirahat yang teratur guna mendapatkan tubuh yang proporsional dan sehat. Untuk mencari referensi lain agar tujuan menurunkan berat badan ini lebih optimal lagi, Anda dapat menerapkan cara menurunkan berat badan cepat dan alami ini.