5 Penyebab Mata Kuning dan Kotor pada Orang Dewasa

188

Pernahkah Anda melihat atau justru mengalami mata yang terlihat kuning dan kotor? Jika iya, itu artinya ada masalah kesehatan yang sedang Anda alami sehingga terjadi perubahan warna pada mata. Mata kuning yang dalam dunia kesehatan disebut scleral icterus, merupakan kondisi dimana sclera atau bagian putih mata terlihat kuning. Kondisi ini dapat menjadi indikasi adanya penyakit tertentu di dalam tubuh sehingga tubuh kelebihan kadar bilirubin yang menyebabkan bercak kuning pada mata. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menjadi mata kuning dan kotor.

1. Penyakit Kuning

Kondisi ini merupakan penyebab paling umum mengapa mata seseorang terlihat kuning dan kotor. Penyakit kuning dapat terjadi pada siapa saja, namun pada anak bayi biasanya disebabkan pemecahan sel darah merah yang berlebih sementara hati belum dapat menjalankan fungsinya dengan sempurna. Karena itulah, zat bilirubin yang dihasilkan dari proses pemecahan sel darah merah tersebut menumpuk di dalam tubuh.

2. Kelainan Darah

Beberapa kelainan darah yang diderita seseorang juga dapat menyebabkan mata menjadi kuning, seperti anemia hemolitik yang membuat sel darah merah hancur sebelum waktunya. Karena sel darah terus menerus mengalami penghancuran dini maka produksi bilirubin akan meningkat dan akhirnya menjadi racun bagi tubuh karena tidak dapat segera dikeluarkan oleh hati secara sekaligus.

3. Sirosis Hati

Penyakit ini termasuk penyakit berbahaya, karena jaringan parut yang terbentuk di hati dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati secara permanen. Sirosis hati umumnya disebabkan konsumsi minuman beralkohol dalam jangka waktu yang panjang, sehingga hati rentan mengalami kerusakan dan terpapar virus hepatitis B dan C. Sirosis hati juga menjadi penyebab penyakit kuning sehingga mata pun ikut menjadi kuning.

4. Gangguan pada Empedu dan Pankreas

Empedu dan pankreas merupakan organ yang berhubungan hati, karena racun yang dikeluarkan oleh hati akan diteruskan ke kantung empedu, lalu ke pankreas untuk kemudian disalurkan ke usus kecil hingga nantinya dikeluarkan bersama feses. Mata kuning dapat terjadi jika kantung empedu mengalami gangguan kesehatan, seperti yang umum terjadi adalah terbentuknya batu empedu, sehingga bilirubin yang akan dikeluarkan tersumbat dan menumpuk di dalam tubuh. Begitu pula dengan radang dan kanker pankreas dapat menyumbat saluran yang digunakan untuk mengeluarkan racun sehingga memicu penyakit kuning.

5. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Beberapa jenis obat dapat memicu munculnya gejala penyakit kuning, seperti beberapa jenis obat herba, obat isotretinoin, didanosine (untuk mengobati HIV), chlorpromazine (untuk mengobati gangguan jiwa), rifampin dan isoniazid (untuk mengobati penyakit TB). Namun biasanya, setelah konsumsi obat tersebut dihentikan maka kuning pada mata akan menghilang secara perlahan.

Itulah penyebab mata kuning dan kotor yang sebaiknya kita waspadai. Mengetahui penyebab dari suatu gangguan kesehatan dapat membantu kita menganalisa penyakit dan menemukan pengobatan yang tepat, sehingga penyakit tersebut dapat lebih mudah untuk ditangani.