Home Tips KesehatanKesehatan Hati 22 Obat Herbal Penyakit Kuning pada Anak dan Orang Dewasa

22 Obat Herbal Penyakit Kuning pada Anak dan Orang Dewasa

by Erlita

Penyakit kuning atau biasa dikenal dengan istilah jaundice pada umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir, namun juga dapat dialami para orang dewasa. Karena adanya peningkatan kadar bilirubin, maka biasanya kulit, mulut dan mata seorang bayi pun bakal berubah menjadi kuning. Dalam mengobati, ada sejumlah obat herbal penyakit kuning ampuh yang bisa Anda andalkan, seperti berikut ini.

(Baca juga: penyebab penyakit kuning)

  1. Daun Lobak

Ada senyawa di dalam daun lobak yang diketahui memiliki kemampuan untuk meningkatkan nafsu makan sekaligus menjadi pengatur pergerakan usus. Untuk mengobati sakit kuning, Anda bisa ambil sejumlah daun lobak untuk diekstrak jusnya. Minumlah ½ liter jus daun lobak setiap hari secara rutin agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

  1. Tebu

Tebu adalah bahan alami tepat dalam membantu sistem pencernaan sekaligus juga mengembalikan fungsi hati. Itulah mengapa pasien penyakit kuning pun akhrnya dapat pulih secara cepat. Konsumsilah segelas jus tebu dengan menambahkan sedikit perasan jeruk nipis sehari 2 kali supaya penyembuhan lebih cepat; namun pastikan tebu telah dibersihkan sebelum diramu.

  1. Jus Tomat

Penyakit kuning bisa juga diatasi dengan jus tomat di mana segelas jus tomat setiap hari akan mempercepat masa penyembuhan. Campurkan dengan sejumput merica dan juga garam secukupnya. Minumlah ramuan yang telah jadi secara teratur setiap pagi sebelum sarapan, yang artinya saat perut masih dalam keadaan kosong.

(Baca juga: penyebab mata kuning)

  1. Jus Wortel

Wortel merupakan makanan yang mengandung vitamin A tinggi dan kerap dijadikan makanan peningkat kesehatan mata. Namun lebih dari itu, wortel juga bisa menyembuhkan penyakit kuning dengan membuat jus wortel segar. Minumlah beberapa kali dalam sehari supaya penyakit kuning bisa lebih cepat disembuhkan; masukkanlah jus wortel ini dalam menu diet Anda.

  1. Daun Margosa

Penyakit kuning bisa juga disembuhkan dengan obat herbal lainnya semacam daun margosa. Anda bisa mencoba mengambil beberapa lembar daunnya untuk dihancurkan dan diekstrak sari jusnya. Campurkan ½ sendok makan ekstrak daun margosa bersama dengan 2 sendok makan gula di dalam segelas air putih. Minumlah setiap pagi untuk kesembuhan maksimal.

  1. Oregano

Untuk penyakit kuning agar cepat sembuh, oregano dapat menjadi bahan alami selanjutnya yang Anda andalkan. Tambahkan 2 sendok teh oregano ke dalam secangkir air dan didihkanlah. Setelah itu, angkat lalu tunggulah terseduh selama 10 menit lamanya sebelum Anda bisa menyaringnya dan kemudian mengonsumsinya secara teratur.

(Baca juga: penyebab urin berwarna kuning)

  1. Kamomil

Teh kamomil pasti sudah sering Anda dengar, terutama sebagai cara mengatasi stres. Namun untuk penyakit kuning, Anda bisa menyediakan 2-3 sendok teh bunga kamomil kering dan kemudian dimasukkan ke sebuah cangkir untuk diseduh. Penyeduhan dengan air panas bisa dilakukan 3 menit sebelum akhirnya Anda saring dan minum; konsumsi sehari 1-2 kali lebih baik.

  1. Daun Kemangi

Sering kita tahu bahwa daun kemangi adalah obat herbal yang ampuh bagi masalah bau mulut, tapi untuk penyakit kuning pun juga efektif. Anda bisa menghancurkan 7-8 daun kemangi untuk dimasukkan ke 200 ml air. Campurkan dan ramuan bisa diminum sehari 2 kali untuk mengembalikan fungsi hati seperti normalnya.

  1. Licorice

Ada pula licorice yang siap menjadi penyembuh penyakit kuning. Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh garam batu, akar licorice yang telah dihancurkan serta biji chicory. Ambil ramuan yang sudah jadi sebanyak ½ sendok teh untuk dicampurkan ke dalam air putih; konsumsi setiap hari dengan 2 kali per hari untuk hasil maksimal.

(Baca juga: akibat kelebihan bilirubin)

  1. Daun Lemon

Dalam membuat obat herbal sakit kuning dari daun lemon, silakan ambil secangkir air untuk dididihkan. Setelah itu, masukkanlah sekitar 8-10 lembar daun lemon dan tutuplah untuk membiarkannya dulu selama 5 menit. Ramuan bisa dikonsumsi selama 5 hari secara rutin.

  1. Delima

Anda bisa mengonsumsi buah delima setiap hari agar penyakit kuning lebih cepat sembuh dan fungsi hati juga kembali normal. Anda bisa mengonsumsi delima matang atau jus delima secara teratur karena buah ini terbukti mampu menjadi penyembuh alami bagi penderita penyakit kuning tanpa efek samping berbahaya.

  1. Lemon dan Akar Bit

Untuk kesembuhan penyakit kuning secara alami, Anda juga bisa mengombinasikan secangkir jus akar bit dengan jus lemon dengan perbandingan 1:1. Ramuan kombinasi ini bisa dikonsumsi secara teratur selama paling tidak 4-5 hari dan Anda pun akan melihat perubahannya. Konsumsi selama beberapa hari tersebut akan memperlihatkan hasil yang maksimal.

(Baca juga: air seni berwarna kuning)

  1. Jahe

Terlepas dari efek samping jahe untuk diwaspadai, Anda bisa tetap mengandalkan rempah ini untuk penyembuhan berbagai gangguan kesehatan. Untuk penderita penyakit kuning, silakan campurkan jus jahe ½ sendok teh dengan jeruk nipis segar 1 sendok teh dan jus mint 1 sendok teh juga. Minumlah secara rutin selama beberapa hari untuk kesembuhan optimal.

  1. Air Kelapa

Seperti yang banyak orang tahu, air kelapa sangat baik untuk mendetoksifikasi tubuh dan mengeluarkan racun secara alami. Untuk kesehatan hati dan menyembuhkan penyakit kuning, Anda bisa mengonsumsi air kelapa 2-3 kali dalam sehari. Ini juga akan membantu menurunkan suhu tubuh.

  1. Lemon

Kita tahu bahwa lemon adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi dengan kandungan anti-inflamasi yang cukup besar. Anda bisa menyembuhkan penyakit kuning cukup dengan memeras 2 buah lemon ke dalam segelas air putih. Air lemon ini bisa Anda minum 3 kali sehari setiap hari untuk menjaga kesehatan hati dan mengembalikan fungsinya.

(Baca juga: cara mencegah mata kuning)

  1. Gooseberry

Gooseberry adalah bahan alami yang juga mampu memberikan efek kesembuhan alami bagi penderita penyakit kuning tanpa efek samping sedikit pun. Karena kaya akan vitamin C, maka gejala penyakit kuning mampu diatasi oleh gooseberry ini. Jus gooseberry adalah yang paling bisa Anda andalkan dengan mengonsumsinya setiap hari sampai gejala hilang.

  1. Bawang Putih

Selain mampu menurunkan tekanan darah tinggi serta kadar kolesterol tinggi, bawang putih juga baik untuk kesehatan fungsi hati. Mengonsumsi beberapa siung bawang putih mentah di pagi hari sangat dianjurkan, terutama ketika perut belum terisi apapun. Ini akan mempercepat proses kesembuhan, tapi juga waspadai bahaya bawang putih mentah bila dikonsumsi berlebihan.

  1. Bayam

Bayam adalah salah satu jenis makanan yang mengandung zat besi tinggi dan untuk penderita penyakit kuning, biasanya banyak dokter yang menganjurkan untuk konsumsi sayur ini. Anda bisa memblender potongan bayam untuk dijadikan jus bayam. Minumlah setiap hari sampai gejala menurun dan hilang; tambahkan wortel secukupnya agar lebih berkhasiat.

(Baca juga: mata putih berwarna kuning)

  1. Air Biji Ketumbar

Menggunakan biji ketumbar juga bisa mengatasi penyakit kuning. Cukup dengan mengambil 30-50 ml air biji ketumbar dan mengonsumsinya rutin, Anda akan bebas dari penyakit kuning. Rendam dulu biji ketumbar 2 sendok makan di dalam ½ liter air dan didihkan. Warna kuning pada kulit dan mata akan memudar setelah konsumsi.

  1. Daun Pepaya

Daun pepaya adalah herbal yang juga sangat ampuh dalam menyembuhkan penyakit kuning tanpa efek samping berbahaya. Anda bisa menghaluskan lebih dulu daun pepaya secukupnya untuk kemudian dijadikan pasta. Pasta yang sudah jadi bisa diambil ½ sendok teh untuk dicampurkan ke dalam air putih, lalu minumlah rutin.

  1. Kunyit

Kunyit sangat terkenal ampuh dalam mengurangi atau mengatasi gejala penyakit kuning. Pakai saja kunyit yang sudah dalam bentuk bubuk, ambil 2 sendok teh dan campurkan ke dalam segelas air putih. Minumlah solusi ini paling tidak 3 kali dalam sehari secara rutin supaya hasilnya dapat dirasakan.

  1. Almond

Kacang almond bisa Anda gunakan juga untuk menyembuhkan penyakit kuning. Awali dengan merendam lebih dulu 8 kacang almond, 2 buah kurma serta 5 kaparaga di dalam air untuk dibiarkan semalaman. Esok paginya barulah Anda mengelupaskan kulitnya hingga bersih dan giling hingga menjadi pasta. Konsumsilah setelah dicampur sedikit mentega dan gula secara rutin sehari 2-3 kali.

(Baca juga: gangguan fungsi hati – ciri-ciri gangguan hati)

Penyakit kuning dapat diatasi tanpa harus menggunakan obat kimia. Nyatanya, obat-obat herbal penyakit kuning tersebut sudah terbukti ampuh, maka Anda bisa juga mencobanya dan membuktikan sendiri efektivitas salah satu atau beberapa rekomendasi obat tersebut.

You may also like