5 Jenis Buah untuk Membersihkan Organ Hati

682

Setiap buah memang kaya akan manfaat karena mengandung nutrisi dan antioksidan yang tinggi. Namun tentu ada jenis buah tertentu yang lebih baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati dan mampu membersihkan organ hati dari senyawa racun di dalam tubuh. Beberapa jenis buah tersebut diklaim dapat mencegah gangguan kesehatan pada hati dan melindungi sel hati dari kerusakan yang berbahaya. Berikut ini jenis buah yang dimaksud.

1. Anggur

Meski harganya tidak murah, anggur ternyata tetap diprioritaskan sebagai jenis buah yang harus sering dikonsumsi. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi dalam buah tersebut mampu mencegah kanker dan sirosis hati, juga membersihkan hati dari senyawa karsinogen baik yang berasal dari makanan, polusi dan sumber zat berbahaya lainnya. Buah ini lebih baik dimakan lansung bersama dengan kulitnya dan bisa dikosumsi setiap hari.

2. Apel

Buah apel lebih mudah didapatkan dan beragam varietasnya, sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi kapan saja. Selain dapat mencegah lapar, apel pun mengandung pektin yang dapat membersihkan hati dari senyawa racun atau limbah sisa hasil metabolisme. Buah apel dapat dikonsumsi langsung, namun juga bisa dijadikan jus dan disantap setiap hari.

3. Lemon

Lemon dan juga jeruk nipis sama-sama mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Antioksidan yang kuat dari buah tersebut mampu merangsang sel pada hati untuk lebih aktif sehingga hati dapat berfungsi optimal. Lemon juga dapat membersihkan hati dari racun dan residu obat-obatan yang sering dikonsumsi. Buah ini mungkin tidak dapat dimakan langsung karena rasanya terlalu asam, namun bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan jus atau dijadikan infused water dan diminum airnya.

4. Stroberi

Buah dengan warna merah cerah ini juga kaya akan vitamin C, jadi sangat baik untuk dikonsumsi agar hati selalu bersih dan sehat. Stroberi dapat dimakan langsung, atau bisa juga dijadikan jus tanpa tambahan gula. Agar terasa lebih enak dan segar, stroberi dapat dinikmati setelah didinginkan terlebih dahulu. Oh iya, jenis buah beri lainnya juga memiliki khasiat yang sama loh, jadi bisa dikonsumsi secara bergantian agar tidak bosan.

5. Semangka

Buah semangka mengandung banyak air dan juga antioksidan yang dapat melarutkan lemak di dalam tubuh, serta membantu membuang senyawa racun di hati yang mengendap cukup lama. Semangka pun bisa dimakan langsung kapan saja, atau jika ingin dijus sebaiknya tidak ditambah dengan gula. Buah ini juga dapat mencegah dehidrasi, jadi sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi siapa saja.

Nah, itulah 5 jenis buah yang sangat bermanfaat dalam menjaga fungsi hati dan membersihkannya dari racun atau limbah. Tentunya untuk mendapatkan manfaat tersebut, buah-buahan di atas harus dikonsumsi setiap hari. Dengan rutin mengkonsumsi buah tubuh akan selalu sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.