7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Untuk Hati yang Sehat

467

Hati memiliki peranan yang penting dalam proses metabolisme dan menetralkan racun dari dalam tubuh. Jika hati bermasalah, tentu tubuh akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Sering pusing, tubuh kaku, mual dan lemas bisa jadi menandakan hati sedang tidak sehat. Lalu bagaimana caranya agar kesehatan hati dapat terjaga? Selain dengan berolahraga, makanan yang sehat juga dapat membantu menjaga kesehatan hati. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi agar hati selalu dalam kondisi sehat.

1. Tanaman Laut

Berbagai tanaman laut seperti nori, wakame, kombu dan agar-agar sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi hati. Hal inilah yang menjadi salah satu rahasia orang Jepang sangat rendah jumlah penderita gangguan hati setiap tahunnya. Tanaman laut dapat mencegah penyerapan logam berat dalam tubuh sehingga tidak mengganggu fungsi hati.

2. Makanan dengan Lemak Sehat

Tidak selamanya makanan berlemak buruk untuk kesehatan tubuh. Lemak baik yang termasuk lemak tak jenuh termasuk jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung proses metabolisme dan yang lainnya termasuk menjaga fungsi hati. Lemak sehat dapat kita peroleh dari minyak kelapa, minyak zaitun, alpukat dan makanan laut yang kaya akan omega-3.

3. Rempah-rempah

Di Indonesia, tentu tidak akan sulit untuk mendapatkan beragam jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Rempah-rempah pun dapat berkhasiat untuk menjaga kesehatan hati, karena bersifat sebagai antimikroba dan virus serta anti peradangan yang terjadi pada hati.

4. Buah Beri

Buah-buahan yang termasuk dalam buah beri seperti stroberi dan raspberi mengandung antioksidan yang tinggi, termasuk antosianin dan polifenol yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker pada hati.

5. Makanan dengan Serat Prebiotik

Makanan dengan kandungan serat prebiotik memang tidak dapat dicerna dalam sistem pencernaan, namun keberadaannya mampu menyerap lemak berlebih dalam tubuh. Makanan ini juga dapat melancarkan pencernaan sehingga dapat meningkatkan kesehatan usus sekaligus mencegah perlemakan hati.

6. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau terutama dari kelompok cruciferae adalah jenis makanan yang sangat menyehatkan untuk organ hati. Berbagai senyawa antioksidan, flavonoid dan senyawa kimia lainnya dalam sayuran tersebut dapat melindungi hati dari racun dan senyawa karsinogen yang dapat memicu kanker hati.

7. Kacang-kacangan dan Kecambah

Kacang-kacangan dan kecambah juga baik dikonsumsi untuk kesehatan hati karena banyak mengandung protein yang dapat melindungi sel hati dari kerusakan. Bahkan makanan ini juga mampu mencegah terjadinya kanker hati yang membahayakan nyawa. Manfaat tersebut juga bisa kita dapatkan dari berbagai jenis biji-bijian.

Makanan di atas sangat mudah didapat dan harganya juga cukup terjangkau, jadi tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi demi menjaga kesehatan hati. Konsumsilah dengan rutin dan bervariasi agar tidak hanya menyehatkan hati namun juga meningkatkan daya tahan tubuh dan fungsi seluruh organ tubuh.