7 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Kopi Pemicu Penyakit Kronis

2220

Kopi tak diragukan lagi merupakan sebuah minuman yang digemari hampir oleh seluruh masyarakat di seluruh dunia. Kandungan kafein di dalamnya kerap diandalkan oleh masyarakat untuk memberikan energi lebih khususnya bagi mereka yang memiliki aktivitas yang padat dan ingin tetap kelihatan segar. Namun, perlu juga diketahui ada makanan-makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan kopi, apa saja itu?

  1. Gorengan

Karena kandungan kafein yang tinggi, kopi sebenarnya bukan teman yang baik untuk banyak makanan, terutama gorengan. Gorengan seperti kita ketahui mengandung terlalu banyak lemak dan kolesterol, meski menyenangkan kebiasaan makan gorengan dengan minum kopi rupanya bisa berbahaya bagi kesehatan.

  1. Masakan Berminyak

Ada beberapa jenis masakan tertentu yang mengandung terlalu banyak lemak sehingga memang kurang baik kalau dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Makanan bersantan adalah yang paling sering mengandung lemak tinggi sebenarnya, namun banyak orang justru menggemari masakan bersantan dan berlemak tinggi ini apalagi teman minumnya adalah kopi.

Kafein di dalam kopi yang bertemu dengan lemak tinggi pada masakan yang Anda nikmati dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Berbagai jenis penyakit kronis dapat terjadi karena hal tersebut, seperti misalnya tekanan darah tinggi atau hipertensi, kolesterol tinggi, hingga penyakit diabetes pun turut mengancam dan mengakibatkan kematian.

  1. Margarine

Margarine pun juga penuh dengan kandungan lemak yang perlu Anda hindari untuk dikonsumsi bersama kopi. Makanan yang terbuat atau disajikan dengan margarine yang cukup banyak sebaiknya tidak Anda makan bersamaan dengan kopi sebab kombinasi tersebut mampu memicu peningkatan kadar gula dalam darah sampai dua kali lipat yang jelas mengancam jiwa.

  1. Daging Merah

Daging merah sekalipun memiliki kandungan lemak sekaligus kolesterol yang sangat tinggi sehingga sebenarnya mengonsumsi daging bersamaan dengan kopi dengan kafein tinggi tidaklah dianjurkan. Apabila terlalu sering, konsumsi daging merah bersama kopi mampu menimbulkan penyakit jangka panjang, khususnya penyakit gula atau diabetes sebab adanya kenaikan gula darah sebesar 50 persen lebih.

  1. Ayam Goreng

Ayam goreng seperti kita tahu adalah bagian dari makanan cepat saji serta makanan yang tinggi lemak dan minyak sehingga pastinya juga menjadi salah satu jenis makanan yang tak seharusnya dinikmati bersama kopi. Bila terlalu sering konsumsi keduanya bersamaan, otomatis kenaikan gula darah yang terjadi bakal cukup lama dan mengganggu organ-organ dalam tubuh.

  1. Alkohol

Memang bukanlah jenis makanan, namun jenis minuman ini pun tak boleh dinikmati bersama dengan kopi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wake Forest University School of Medicine, kombinasi antara minuman beralkohol dengan minuman berkafein mampu meningkatkan secara drastis risiko mabuk yang cukup tinggi. Konsumsi terus-menerus terlalu sering bisa memperburuk kesehatan organ dalam maupun kesehatan sistem saraf otak Anda.

  1. Makanan Ber-Zat Besi Tinggi

Makanan yang Anda tahu mengandung zat besi tinggi sebaiknya tak dinikmati bersamaan dengan kopi. Kandungan kafein pada kopi mampu menjadi penghambat penyerapan zat besi pada tubuh. Untuk para penderita anemia, hal ini jauh lebih dilarang karena kombinasi makanan yang mengandung zat besi dengan kafein mampu memperburuk kondisi anemia.

Tubuh yang sudah kekurangan asupan zat besi akan menimbulkan gejala wajah yang pucat dan tubuh cepat lelah sehingga aktivitas harian yang dikerjakan dapat ikut terhambat. Ketika zat besi lebih sulit lagi terserap tubuh, otomatis penderita anemia bisa mengalami sering sakit kepala dan juga perut yang mual-mual.

Itulah daftar makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan kopi sebab mengancam kesehatan Anda. Sebagai akibatnya, bukan hanya diabetes yang bisa terjadi, melainkan juga gangguan metabolisme dan gangguan pencernaan pada tubuh.