18 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Durian Wajib Diketahui

11672

Ada beberapa jenis buah yang perlu Anda tahu bahwa tidak baik untuk dimakan bersamaan dengan makanan tertentu, yakni durian. Durian adalah jenis buah yang paling dianggap bisa menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh ketika dikonsumsi bersama makanan atau makanan tertentu. Berikut merupakan daftar makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan durian karena adanya efek tak baik bagi kesehatan tubuh Anda.

  1. Kepiting

Makanan pertama yang harus Anda tahu bahwa memakannya bersamaan dengan durian adalah kepiting. Kepiting merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi, begitu pun dengan durian yang menjadi buah berkandungan karbohidrat serta lemak tinggi.

Ketika seorang pengonsumsi kepiting dan durian memiliki risiko kadar kolesterol tinggi dan memakan keduanya bersama-sama, tentu saja peningkatan kadar kolesterol dalam darah, risiko serangan jantung, serangan stroke, hingga kenaikan drastis kadar gula darah bisa terjadi. Inilah yang menjadi berbahaya bagi si pengonsumsi karena kondisi-kondisi tersebut dapat berakibat pada kematian.

  1. Leci

Buah leci diketahui sebagai suatu jenis buah yang juga tak dianjurkan untuk dimakan bersama-sama buah durian. Perlu diketahui bahwa leci adalah buah yang menimbulkan efek panas sama seperti durian, jadi tentunya sudah tak perlu dipertanyakan lagi bukan apa efek yang bakal terjadi ketika memakannya bersamaan?

  1. Manggis

Durian dan manggis walau keduanya adalah sama-sama buah, rupanya tidaklah menjamin bahwa kedua jenis buah bisa dikonsumsi secara aman dalam waktu bersamaan atau berdekatan. Beberapa orang mengatakan bahwa mengonsumsi buah manggis sebelum atau sesudah durian justru baik karena mampu mencegah kenaikan asam lambung serta sakit kepala.

Namun supaya tidak menimbulkan efek-efek yang tak diharapkan, sebaiknya coba hindarilah memakan kedua buah bersama-sama atau dalam jarak yang terlalu dekat. Durian sendiri adalah jenis buah yang mampu membuat suhu tubuh meningkat dan mengonsumsi di waktu bersamaan hanya akan memicu gangguan pencernaan sehingga perut akhirnya terasa tak nyaman. Jika pun ingin menikmati keduanya, berikan jarak waktu baik sebelum atau sesudah tanpa perlu berbarengan.

  1. Daging Domba

Durian merupakan buah yang memberikan efek hangat atau panas sehingga perlu untuk menghindari supaya tak memakannya bersama dengan daging domba. Daging domba pun memiliki efek panas dan keduanya bila dikonsumsi bersamaan bisa jadi dapat meningkatkan risiko terjadinya inflamasi atau peradangan pada tubuh Anda.

  1. Daging Sapi

Sama halnya dengan daging domba, daging sapi pun memiliki efek panas sehingga sebaiknya tidak dimakan di saat yang sama atau waktu berdekatan dengan durian. Akibatnya sama seperti ketika memakan durian bersama daging domba, yakni peradangan atau inflamasi sehingga Anda harus mewaspadainya dengan baik.

  1. Terong

Terong adalah jenis sayuran dan durian adalah jenis buah, meski buah dan sayur diperlukan oleh tubuh, Anda tetap tak seharusnya menggabungkan, makan di waktu bersamaan, atau berdekatan kedua makanan tersebut. Merupakan jenis makanan ‘panas,’ mengonsumsi keduanya bersamaan bisa meningkatkan suhu tubuh drastis dan menyebabkan Anda jatuh sakit nantinya.

  1. Daging Kambing

Pada dasarnya daging kambing dan buah durian keduanya bisa saja dimakan bersamaan atau di waktu berdekatan. Namun hal ini menjadi berbahaya ketika daging kambing tidak dimasak sempurna sehingga mampu menimbulkan infeksi ketika dimakan dengan buah durian. Menjadi berbahaya juga memakan daging kambing dan durian ketika Anda memiliki gangguan pencernaan pada lambung, darah tinggi, ataupun kolesterol tinggi.

  1. Alkohol

Bicara tentang makanan yang dilarang untuk dimakan bersama-sama buah durian, tentu alkohol pun menjadi bagian yang tak boleh ketinggalan walau ini adalah jenis minuman. Makan durian dan mengonsumsi alkohol bersamaan memang belumlah dapat dipastikan dapat menyebabkan kematian.

Di dalam buah durian ada kandungan tinggi akan belerang yang mampu menjadi penghambat enzim pemecah alkohol. Beberapa jenis alkohol yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi bersama durian adalah:

  • Anggur putih
  • Bir
  • Wiski
  • Vodka
  • Rum
  • Tequila
  • Soju
  • Sake
  1. Kopi

Makanan dari kopi atau minuman kopi sebaiknya tidak Anda konsumsi bersamaan dengan durian. Zat aktif kafein di dalam kopi mampu menjadikan detak jantung lebih cepat sekaligus meningkatkan temperatur tubuh. Kopi dan durian yang dikonsumsi berbarengan mampu menimbulkan efek buruk bagi organ jantung yang menyebabkan jantung terbeban bekerja lebih keras. Hal ini dapat berdampak sangat buruk bagi orang-orang yang menderita insomnia berat, hipertiroidisme atau penyakit tiroid, serta memiliki riwayat serangan jantung.

  1. Susu

Kandungan sulfur yang termasuk tinggi di dalam buah durian telah dibuktikan mampu membuat aktivitas aldehida dehidrogenase di dalam tubuh terhambat. Padahal enzim tersebut dibutuhkan tubuh untuk mengeluarkan toksin dari tubuh cukup banyak. Ketika mengonsumsi durian ditambah susu, tubuh justru tak lagi bisa berfungsi maksimal dalam mengeluarkan serta menghancurkan toksin.

  1. Soda

Minuman bersoda adalah yang juga perlu dihindari karena soda pun memiliki kandungan kafein tinggi yang tak akan baik bila dikonsumsi bersamaan dengan durian yang bersulfur tinggi. Bila dikonsumsi bersamaan tidak boleh, apakah mengonsumsi di waktu berbeda, yakni sebelum atau sesudah makan durian diperbolehkan? Alangkah dianjurkan untuk cukup minum air putih saja sehabis atau sebelum makan durian supaya lebih aman.

Demikianlah daftar makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan durian beserta sejumlah jenis minumannya. Memang sejumlah makanan belumlah diketahui dan diteliti betul mampu memberikan efek buruk bagi kesehatan ketika mengonsumsinya bersama durian, tapi sebaiknya dihindari daripada coba-coba dan berefek berbahaya bagi tubuh.