Home Gaya HidupGaya Hidup Buruk 7 Bahaya Tidur di Pagi Hari yang Wajib Diwaspadai

7 Bahaya Tidur di Pagi Hari yang Wajib Diwaspadai

by Izza

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang paling di butuhkan oleh mahluk hidup. Tapi kadang-kadang, banyak orang yang mengalami insomnia atau susah tidur. Banyak sekali penyebab susah tidur. Bukan hanya pada hewan, dan juga tumbuhan, namun manusia juga membutuhkan tidur agar staminanya terjaga. Selain itu, tidur juga di gunakan oleh tubuh untuk meregenerasi sel tubuh yang rusak. Bagi ibu ibu yang sangat memperhatikan kesehatan dan juga kecantikan, ia akan membatasi pada tidur yang cukup. Sebab tidur juga mampu  membantu perawatan kulit dan kecantikan wajahnya. Banyak kebiasaan baik sebelum tidur dan bermanfaat untuk tubuh.

Dokter dan para pakar ahli kesehatan menyebutkan bahwa tidur yang baik adalah tidur yang cukup. Bukan hanya dari berapa lama ia tidur, namun kualitas tidur di sini juga sangat di perlukan. Banyak juga yang mengaku tidur cukup lama, namun kenapa waktu bangun tubuh malah semakin pegal ? Atau sudah cukup tidur, namun kenapa mata masih mengantuk ? Hal ini di sebabkan karena kualitas tidur yang di lakukan masih kurang atau jauh dari kata cukup.

Baca juga:

Selain pada kualitas tidur, yang penting untuk di pehatikan adalah jam tidur atau waktu tidur yang di gunakan. Boleh saja menamai atau menyebut lama tidur yang baik kita adalah 8 jam. Namun bagaimana caranya agar tidur kita tetap 8 jam tanpa mengganggu pekerjaan yang sedang kita lakukan. Jika anda adalah ibu rumah tangga yang mampu menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab pada waktu yang tepat, tentu saja tidak masalah. Namun jika anda adalah desainer atau arsitek yang banyak menggunakan waktu bekerja pada malam hari, tentu hal  ini tidak baik.

Baca Juga:

Perlu di garis bawahi di sini adalah meskipun anda bersikeras untuk melakukan pemenuhan jam tidur, juga di lihat pukul berapa anda tidur. Lantas anda tidak bisa tidur malam hari, kemudian menggunakan waktu siang hari, itu juga tidak baik. Ternyata berbahaya untuk tubuh. Seperti apa? Simak ulasan Bahaya Tidur di Pagi Hari berikut :

  1. Terkena gangguan pencernaan pada lambung 

Jam tidur anda adalah malam hari. Maka jam bangun anda juga waktu pagi hari. Mengapa hal ini harus saklek di ciptakan seperti ini ? Sebab pada pagi hari, tubuh akan memulai proses penyerapan makanan di dalam tubuh anda. Dan itu hanya bisa di lakukan jika posisi tubuh anda dalam keadaan normal, sadar, dan bangun. Untuk itu, gunakanlah waktu pagi mu dengan sarapan dan melakukan aktivitas pagi. Sebab banyak bahaya melewatkan sarapan pagi anda. sarapan sangat baik untuk kesehatan anda.

Baca Juga:

  1. Terjadi gangguan pada proses metabolisme

Sistem metabolisme dalam tubuh tidak akan berjalan jika kondisi tubuh manusia dalam keadaan tidur. Jenis gangguan metabolisme ada bermacam-macam, seperti kelainan pada proses metabolisme lemak, dan lain-lain. Hal ini di sebabkan karena pada posisi tidur, semuanya akan berjalan sangat lambat. Padahal, untuk melakukan metabolisme memerlukan enegi yang banyak. Tidak salah jika pagi hari waktu yang anda miliki untuk sarapan di ganti dengan waktu tidur. Kerja metabolisme anda akan terganggu. Bekerjanya akan sangat lama. Untuk mengantisipasinya, bisa menggunakan tips dan cara untuk meningkatka metabolisme tubuh. (Baca : cara meningkatkan metabolisme tubuh)

  1. Bangun tidak dalam kondisi fresh

Harapan orang saat bangun tidur adalah keadaan tubuh yang fit dan kondisi badan yang fresh. Hanya saja ke dua hal ini akan mustahil anda dapat kan jika anda tidak bangun pada waktu yang tepat. Kebanyakan orang suka begadang untuk belajar, seperti pelajar. Padahal ada pengaurh  tidur malam terhadap prestasi belajar. Kemudian mereka akan bangun siang atau tidur di pagi hari. Padahal bangun  siang atau tidur di pagi hari hanya akan membuat badan anda menjadi lelah dan lesu.

Baca Juga:

  1. Malas untuk bangun

Biasanya mereka yang tidak mau bangun pada jam pagi hari, akan meneruskan tidurnya sampai siang. Hal ini di sebabkan karena kondisi bangun bukan pada waktunya bukan hanya akan membuat badan lelah, namun gejala mata lelah. Maka tidak salah jika anda akan terus mengantuk dan ingin kembali tidur saja. Padahal tidur lama memicu kerusakan otak.

  1. Lesu dan lunglai seharian

Setelah anda bangun pada siang hari, kondisi tubuh tidak dalam keadaan fresh. Anda akan merasa lelah, lunglai, dan lesu seharian. Ada beberapa penyebab  tubuh cepat lelah, salah satunya adalah tidur di pagi hari. Bahkan ketika melakukan aktivitas, semuanya berjalan sangat lambat. Rasanya energi anda sudah habis semuanya. Padahal jika anda menyadari, bahwa hari ini anda belum melakukan apa apa.

Baca Juga:

  1. Merasa pusing atau sakit kepala

Jika imbas dari tidur pagi hanyalah keadaan tubuh yang tidak fit dan kondisi yang tidak fresh, mungkin anda masih bisa mentoleransi. Namun jika saat bangun, kondisi tubuh anda malah menjadi pusing, ini akan memperkeruh suasana. Salah satu penyebab kepala sering pusing adalah karena tidur pagi. Pada waktu tidur, cairan otak yang di sebut dengan serebrospina mengalir terus ke otak. Jika waktu tidur anda lama, cairan ini akan terus menerus mengalir. Hal inilah yang menyebabkan anda merasa sakit kepala. Jangan khawatir, ada beberapa tips untuk mengatasi sakit kepala terutama cara mengobati sakit kepala bagian kiri.

  1. Resiko terkena kanker darah

Pada saat kita tidur, darah akan mengalir dalam keadaan ketinggian yang hampir sama. Hal ini berarti ia bisa mengalir kemana saja. Apalagi saat bangun, dalam tubuh akan terjadi kenaikan kadar sel darah putih atau leukosit tubuh. Hal ini sebenarnya menjadi salah satu penyebab cuci darah, yang jangka panjangnya memicu penyakit kanker darah. (Baca Juga: Sayuran Penambah Darah)

Itulah beberapa bahaya yang akan menjumpai kita saat melakukan tidur pada pagi hari. Upayakan untuk terus cukup tidur, juga pada waktu yang sesuai. Selamat membaca 🙂

You may also like