3 Cara Mengolah Binahong Untuk Asam Urat Paling Mudah

Binahong yang dalam bahasa Latin disebut dengan basela rubra linn merupakan tanaman asli Tiongkok yang bisa hidup baik di dataran tinggi ataupun rendah. Tanaman ini sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat Cina untuk mengatasi banyak penyakit dari mulai ringan hingga berat. Tanaman ini tumbuh secara merambat dengan ketinggian yang bisa mencapai 5 meter. Sementara daun binahong memiliki warna hijau namun juga ada jenis lain yang memiliki warna merah.

Daun binahong berbentuk seperti daun sirih sedangkan bagian batangnya berwarna merah agak kehitaman. Salah satu kegunaan dari daun binahong yang sudah sangat terkenal adalah untuk mengobati asam urat. Berikut ini akan kami berikan ulasan lengkap tentang cara mengolah binahong untuk asam urat dan apa saja kandungan yang terdapat didalamnya.

Kandungan Daun Binahong

Sesudah melewati beberapa penelitian ditemukan jika ada banyak kandungan dan zat kimia yang ada dalam daun ini sehingga sangat efektif untuk digunakan dalam menyembuhkan banyak penyakit seperti salah satunya adalah asam urat selain mengkonsumsi sayuran untuk asam urat dan kolesterol. Beberapa kandungan tersebut diantaranya adalah:

  • Saponin – Selain banyak manfaat buncis untuk penderita asam urat, dalam daun binahong mengandung senyawa saponin yakni glikosida triterpena dan juga sterol yang sering ditemukan pada sekitar 90 jenis tanaman dan salah satunya adalah binahong. Saponin sendiri merupakan senyawa aktif yang bisa melakukan proses hemolisis di sel darah merah sekaligus membentuk busa. Jenis triperten inilah yang memberikan rasa pahit pada daun binahong. Sedangkan glikosida saponegin dan juga saponin adalah jenis glikosida yang terdiri dari dua jenis yakni steroid dan juga glikosida triterpenoid. Saponin yang terkandung dalam daun binahong ini sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol, mengatasi asam urat dan juga menjaga kesehatan jantung.
  • Protein – Protein juga terkandung dalam daun binahong yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti merangsang pembentukan antibodi. Protein dalam daun binahong ini juga berguna untuk meningkatkan produksi hormon pertumbuhan dan juga mereproduksi sel sel yang sudah rusak.
  • Alkaloid – Alkaloid adalah zat pada tumbuhan terbesar kedua sesudah klorofil. Alkaloid ini umumnya tidak memiliki warna yang sangat bermanfaat untuk penderita diabetes karena memiliki sifat hipoglikemik untuk menurunkan kadar gula darah.
  • Asam Oleanolik – Dalam daun binahong juga terkandung asam oleanolik yang masuk dalam golongan triterpenoid berfungsi sebagai antioksidan untuk tanaman. Asam oleanolik inibisa mencegah racun masuk dalam sel sel tubuh sekaligus memberikan pertahanan pada sel tubuh yang juga bersifat anti inflamasi untuk mengurangi peradangan yang disebabkan asam urat.
  • Minyak Atsiri – Minyak atsiri merupakan sejenis minyak yang bisa menguap dengan mudah dan bisa didapatkan dari daun binahong lewat tahap penyulingan. Dalam minyak atsiri ini memiliki banyak kandungan yang bisa digunakan seperti antiseptik luka luar dan dalam, analgesik, menyembuhkan sakit perut dan juga mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan saat serangan asam urat terjadi.
  • Vitamin C – Asam askorbat atau vitamin C yang ada dalam daun binahong ini juga bisa mengaktifkan enzim profil hidroksilase yang akan meningkatkan pembentukan kolagen sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka.

Cara Mengolah Daun Binahong

Dengan begitu banyak kandungan dalam daun binahong yang sangat penting untuk menurunkan kadar asam urat pada tubuh, maka daun ini bisa digunakan sebagai solusi herbal untuk menyembuhkan asam urat. Berikut ini akan kami berikan beberapa cara mengolah daun binahong untuk asam urat yang bisa anda praktekkan di rumah.

1. Daun Binahong Direbus Tanpa Campuran

  • Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah menggunakan daun binahong tanpa campuran bahan lain yakni dari ekstrak daun binahong.

  • Siapkan 20 lembar daun binahong yang masih muda.
  • Cuci bersih daun binahong dan rebus dengan 8 gelas air memakai api sedang.
  • Teruskan merebus hingga air hanya tersisa sekitar 3 gelas saja kemudian saring dan diamkan hingga dingin.
  • Minum secara teratur sebanyak 3 kali sehari.
  • Sebagai alternatif, sediakanlah sekitar 5-9 daun binahong segar, berikut air sebanyak 500 ml.
  • Masukkan air ke dalam kendi atau panci yang disusul dengan daun binahong, didihkan.
  • Sesudah mendidih, angkat lalu daunnya bisa Anda tiriskan.
  • Minum ramuan rebusan sehari 2 kali secara rutin.

2. Daun Binahong dan Madu

Selain banyak kegunaan madu bagi penderita penyakit lambung, madu juga sangat baik digunakan sebagai campuran ramuan daun binahong karena bisa menurunkan kadar purin berlebih dalam tubuh sekaligus bisa menghancurkan purin yang sudah mengkristal di area persendian dan menimbulkan rasa sakit.

  • Rebus 15 gram daun binahong yang sudah dibersihkan dengan air secukupnya.
  • Biarkan mendidih kemudian angkat dan saring.
  • Campur dengan madu murni secukupnya dan minum secara teratur sampai asam urat bisa disembuhkan.

3. Teh Daun Binahong

Selain bisa diolah dengan cara direbus dan ditambahkan dengan beberapa bahan alami lainnya. Daun binahong juga bisa dijadikan teh herbal untuk pengganti teh yang juga berguna untuk mengatasi masalah asam urat dan beberapa penyakit lain di dalam tubuh. Namun pastikan untuk tidak mengkonsumsinya selama masa kehamilan karena efek samping binahong bisa berbahaya untuk ibu dan juga janin.

  • Cuci bersih 15 gram daun binahong kemudian jemur dibawah matahari hingga kering.
  • Haluskan daun binahong kering tersebut dengan blender.
  • Oven kembali bubuk daun binahong tersebut agar lebih kering memakai suhu 50 derajat celcius sampai kandungan air dalam serbuk daun binahong hanya tersisa sekitar 10% saja.
  • Tuang 1 sendok serbuk daun binahong bubuk tersebut dalam cangkir dan seduh dengan air mendidih.
  • Saring dan minum secara teratur sampai asam urat bisa disembuhkan.

Demikian ulasan lengkap dari kami tentang cara mengolah binahong untuk asam urat dan apa saja kandungan nutrisi didalamnya. Beberapa cara mengolah daun binahong yang sudah kami sampaikan diatas bisa anda pilih sesuai dengan selera namun dengan hasil yang serupa. Selamat mencoba.

, , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Asam Urat