Sponsors Link

Vitamin C : Pengertian – Fungsi – Makanan

Sponsors Link

Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, tubuh memiliki mekanismenya sendiri yang sangat canggih dan sistematis yang tidak bisa dibuat oleh manusia itu sendiri. Nah untuk menjalankan supaya kinerja tubuh menjadi optimal sangat dibutuhkan beberapa energi dan nutrisi yang cukup. salah satu nutrisi yang sangat penting di dalam tubuh adalah vitamin. Vitamin merupakan salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam melakukan kinerjanya namun vitamin ini tidak bisa diproduksi oleh tubuh itu sendiri sehingga harus dicukupi dari luar atau dari makanan dan minuman.

ads

Ada banyak jenis vitamin seperti vitamin A, B, C, D, E, B kompleks, K dan lainnya. namun kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai vitamin C. ya, anda pasti sudah sering mendengar kata vitamin C dan mungkin pikiran anda akan langsung menuju pada sebuah buah yang memiliki rasa kecut seperti jeruk, tomat, mangga dan lainnya. namun sebenarnya apakah vitamin C itu? Vitamin C adalah satu dari banyaknya vitamin yang ada dan berfungsi untuk menghasilkan kolagen di dalam tubuh. zat kolagen sangat penting bagi tubuh karena dibutuhkan untuk pembentukan sel di dalam tulang rawan, gigi, tulang dan kulit. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C ini anda bisa mendapatkannya dari sumber alami seperti buah dan sayuran serta bisa juga mengandalkan dari suplemen vitamin C.

baca juga: akibat kekurangan vitamin

Manfaat Vitamin C

Seperti yang sudah sedikit diulas di atas bahwa vitamin C sangat penting bagi tubuh namun mungkin anda juga pernah mendengar akan bahaya yang ditimbulkan dari konsumsi vitamin C ini. namun sebelum membahas hal tersebut lebih baik kita ketahui terlebih dahulu apa saja manfaat dari vitamin C. simak selengkapnya berikut ini:

  1. Mencegah kanker

Di dalam vitamin C juga terdapat semacam antioksidan yang ternyata sudah terbukti mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan  bahwa wanita yang mengonsumsi asupan makanan yang mengandung vitamin C setiap harinya akan terhindari dari resiko terkena penyakit kanker lebih besar dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. kanker payudara juga diminimalisir dengan adanya vitamin C ini.

baca juga: akibat kelebihan antioksidan

  1. Memperbaiki kulit

Antioksidan yang ada di dalam vitamin C juga mampu memperbaiki sel kulit yang rusak. Antioksidan ini akan menetralkan segala jenis radikal bebas yang mampu merusak kulit. Selain itu vitamin C juga membuat kulit menjadi lebih cerah dan menghaluskan kulit. Oleh karena itu jika anda ingin mendapatkan kulit lebih bersinar dan cerah anda sebaiknya mengonsumsi vitamin C cukup dan tidak terlewat ya.

baca juga: makanan yang mengandung antioksidan

  1. Meningkatkan mood

Saat anda sedang merasa galau, gundah dan merasa tak berguna di dunia ini mungkin ini saatnya anda menambah asupan vitamin C harian anda. Hal ini dikarenakan menurut sebuah survey yang dilakukan oleh para peneliti menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C mampu mengembalikan mood yang baik. jadi, konsumsilah vitamim C sebanyak 500 mg per hari supaya mood anda tetap terjaga.

baca juga: makanan yang mengandung omega 3 tinggi

  1. Menurunkan resiko terkena serangan jantung

Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dari vitamin C lainnya adalah dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung. Hal ini disebabkan karena vitamin C mampu menurunkan terjadinya penebalan pembuluh darah arteri. Saat pembuluh darah arteri mengalami penebalan maka akan menyebabkan penyumbatan yang bisa membuat darah terkendala mengalir. Oleh karena itu kekurangan vitamin C bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

Sponsors Link

baca juga: makanan yang baik untuk jantung bengkak

  1. Mengendalikan tekanan darah

Jangan abaikan jika tekanan darah anda melebihi batas normal. Hal ini dikarenakan tekanan darah tinggi bisa memicu timbulnya berbagai jenis penyakit serius diantaranya seperti jantung, stroke, dan kelainan pada saraf. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari vitamin C adalah dapat mengendalikan tekanan darah supaya normal. Konsumsilah secara teratur setiap harinya.

baca juga: cara mengatasi kekuranga darah

  1. Mencegah stroke

Manfaat vitamin C selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit bahaya stroke dan beberapa jenis penyakit kardiovaskular lainnya. hal ini sudah dilakukan penelitian dan hasilnya lebih optimal pada wanita. Jadi, untuk anda wanita jangan sungkan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C ya.

  1. Mencegah diabetes

Bagi anda yang sedang menderita penyakit gula darah tinggi atau diabetes tipe 1 mungkin ini sudah saatnya anda mengonsumsi vitamin C lebih banyak daripada biasanya. Hal ini disebabkan karena ternyata vitamin C mampu menurunkan kadar gula tinggi dalam tubuh. anda bisa mengonsumsi vitamin C secara alami dari berbagai jenis buah dan sayur yang memiliki rasa enak.

  1. Mencegah katarak

Lensa mata alami membutuhkan vitamin C sebagai salah satu penjernih mata. Jika seseorang mengalami kekurangan vitamin C maka bisa membuat lensa mata menjadi buram dan jika dibiarkan secara terus-menerus akan membuat katarak bahkan kebutaan. Anda tidak mau bukan?

baca juga : cara mengobati katarak

Nah, ternyata manfaat vitamin C cukup banyak dan sangat berguna bagi kesehatan tubuh. pastikan anda mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi vitamin C setiap hari dan jangan sampai terlewati. Namun hal ini akan lebih maksimal lagi jika anda mengimbanginya dengan gaya hidup sehat dan olahraga teratur ya.

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Tubuh setidaknya membutuhkan vitamin C sebanyak 75 hingga 500 mg setiap harinya. Namun mungkin anda masih bingung bagaimana caranya mengetahui apakah dirinya sudah mengonsumsi vitamin C apakah belum. Untuk membantu anda memastikan apakah anda sudah mengonsumsi vitamin C hari ini, berikut adalah panduan daftar makanan yang mengandung vitamin C tinggi yang bisa anda dapatkan dengan mudah.

  1. Jeruk

Jika anda mendengar kata vitamin C mungkin yang pertama kali muncul di benak anda adalah buah yang satu ini yaitu jeruk. Jeruk memang kaya akan vitamin C dan juga rasanya enak sehingga banyak orang yang suka dengan buah yang memiliki daging berwarna orange ini. buah jeruk akan memberikan kebutuhan vitamin C harian anda. Anda bisa mendapatkan buah jeruk ini dengan mudah karena buah jeruk termasuk buah yang tak mengenal musim dan bisa ditemukan dimana saja.

  1. Jambu biji

Bukan hanya buah jeruk saja yang kaya akan vitamin C namun buah jambu biji jug mengandung vitamin C tinggi lho. Bahkan faktanya kandungan vitamin C yang ada di dalam jambu biji lebih banyak dari pada yang ada di dalam jeruk. Setiap 100 gram jambu biji paling tidak terdapat 108 mg vitamin C yang bisa memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian anda. Buah jambu biji terutama jambu biji merah juga memiliki khasiat lainnya yaitu sebagai pengontrol hormone sehingga tidak membuat kulit mudah jerawatan, menurunkan berat badan, dan menekan tekanan darah. untuk mengonsumsi jambu biji sangatlah mudah, anda bisa memakannya secara langsung atau membuatnya menjadi jus, pilihlah buah jambu biji yang sudah matang supaya rasanya manis dan lebih enak.

baca juga: 34 makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi

  1. Buah kiwi

Buah lainnya yang tak kalah dalam kandungan vitamin C nya adalah buah kiwi. Buah aseli negeri paman sam ini mengandung 100 mg vitamin C dalam setiap 100 gramnya. Memang di Indonesia buah kiwi ini masih jarang ditemukan dan harganya relatif mahal namun khasiatnya sangatlah baik bagi tubuh. selain mengandung vitamin C tinggi, manfaat yang bisa didapatkan dari buah kiwi lainnya adalah mencegah penyakit jantung, menjaga stamina tubh dan merawat kesehatan kulit. Untuk mendapatkan vitamin C nya secara langsung dan maksimal maka anda disarankan untuk makan buah kiwi seutuhnya bukan hanya saat menjadi hiasan makanan saja.

  1. Kelengkeng

Buah yang berbentuk bulat kecil serta tumbuh bergerombol layaknya buah duku dan anggur ini juga memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi lho. Buah kelengkeng memiliki 84 mg vitamin C dalam setiap 100 gramnya. Buah yang bisa ditemukan di daerah yang beriklim tropis dan hanya berbuah saat kemarau ini juga memiliki khasiat lainnya yaitu sebagai pengendali saat anda merasa susah tidur atau insomnia.

baca juga: 12 makanan yang mengandung vitamin D super tinggi

  1. Strawberry

Buah strawberry merupakan jenis dari buah berry yang paling terkenal dan ternyata juga mengandung vitamin C cukup tinggi. buah yang memiliki rasa asam meskipun sudah matang ini banyak disukai oleh orang karena membuat segar ketika di makan. Kandungan vitamin C nya dalam setiap 100 gram adalah 56,7 mg. jadi sangat bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. Ditambah lagi saat ini sudah banyak petani strawberry di Indonesia sehingga anda bisa mendapatkan buah berry dengan lebih mudah dan murah.

  1. Cabai

Jika anda penyuka makanan pedas maka anda pasti sudah tidak asing lagi denga cabai. Ya cabai memang menjadi salah satu bumbu dapur yang memberikan rasa pedas pada masakan. Bukan hanya itu saja fungsinya, namun di dalam cabai ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu sekitar 84 mg dalam setiap 100 gramnya. Selain itu manfaat cabai lainnya yang bisa anda dapatkan adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. namun harus diperhatikan bahwa anda sebaiknya tidak mengonsumsi cabai terlalu banyak karena bisa membuat gangguan pada lambung dan organ pencernaan serta menyebabkan bahaya diare.

  1. Apel

Di dalam buah apel baik apel hijau atau apel merah kaya akan vitamin dan salah satunya adalah vitamin C. dalam setiap 100 gram buah apel setidaknya terdapat 5 mg vitamin C yang bisa anda konsumsi dengan sehat. vitamin C ini dapat bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat karena bisa berubah menjadi toksin yang mengeluarkan racun dari tubuh serta menjadi antioksidan yang mampu menangkal segala radikal bebas yang  menyerang tubuh.

baca juga: bahaya chia seed

  1. Tomat

Tomat juga termasuk dalam salah satu bumbu dapur untuk memasak namun tak jaranga tomat juga bisa menjadi olahan jus atau salad yang enak. Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah bulat dan berwarna merah ketika sudah matang ini cukup tinggi yaitu berkisar 34 mg dalam setiap 100 gramnya. Namun sangat disarankan anda tidak memasak tomat terlalu matang karena bisa membuat kandungan vitamin dan nutrisinya hilang. Untuk membantu mengatasi jerawat anda juga bisa membuat masker dari tomat secara alami.

  1. Papaya

Bukan hanya vitamin A saja yang ada di dalam buah papaya namun vitamin C nya juga cukup tinggi lho. Setidaknya dalam setiap 157 gram buah papaya mengandung 95,7 mg vitamin C. bukan hanya vitamin C saja yang ada di dalam buah papaya namun juga ada asam folat yang baik untuk perkembangan janin dan juga serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

  1. Wortel

Wortel dianggap selalu identik dengan vitamin A namun siapa sangka di dalam wortel juga kaya akan vitamin C. bagi anda yang suka denga wortel maka ini menjadi kabar gembira. Anda juga bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah dengan menjadikan wortel sebagai masker. Anda juga bisa mengonsumsi wortel menjadi jus karena jus wortel sangatlah sehat dan rasanya juga tak kalah enak.

baca juga: cara mengobati diare

Pentingkah suplemen vitamin C?

Manfaat vitamin C dalam tubuh memang sangat banyak dan sangat dianjurkan supaya tidak mengalami kekurangan vitamin C. untuk memenuhinya anda bisa mendapatkannya langsung dari makanan secara alami atau dengan bantuan dari suplemen. Fungsi utama dari vitamin C ini sendiri adalah untuk mengatasi defisiensi atau kekurangan vitamin C. saat ini sudah beredar berbagai jenis merek suplemen vitamin C yang bisa anda dapatkan dalam bentuk tablet atau sirup. Selain itu suplemen vitamin C juga bisa dikonsumsi baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Saat mengkonsumsi vitamin C lebih baik anda juga memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Bagi anda wanita yang sedang dalam program hamil, sedang hamil atau yang sedang menyusui boleh mengonsumsi suplemen vitamin C namun sangat dianjurkan mendapatkan dosis yang benar dari dokter.
  • Saat mengonsums suplemen vitamin C ini juga sangat mungkin terjadi alergi dan overdosis, oleh karena itu jika terjadi hal demikian segera temui dokter.
  • Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum anda mengonsumsi suplemen vitamin C karena dosis pada tiap orang akan berbeda-beda tergantung dari tingkat keparahan defisiensi vitamin C yang dialami. Dosis yang diberikan secara umum adalah 25 hingga 75 mg vitamin C setiap harinya karena jumlah itu pun sudah cukup untuk mencegah terjadinya defisiensi vitamin C. anda tidak disarankan mengonsumsi vitamin C lebih dari 2000 mg setiap harinya.
  • Konsumsilah suplemen vitamin C dengan benar sesuai dengan dosis yang disarankan dokter dan jangan lupa untuk membaca intruksi yang ada di dalam label kemasan suplemen vitamin C.
  • Suplemen vitamin C umumnya dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari yaitu sebelum dan sesudah makan. Rasa dari suplemen vitamin C ini biasanya enak, jadi meskipun rasanya enak anda tetap tidak boleh mengonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan.
  • Anda yang saat ini sudah mengalami defisiensi vitamin C dan mengonsumsi suplemen vitamin C sangat dianjurkan untuk meminumnya tepat waktu. Jika anda lupa maka harus langsung diminum saat teringat dan tidak boleh menggandaka dosis pada waktu selanjutnya karena mengganti dosis sebelumnya yang terlewati.
ads
  • Jika anda mengonsumsi vitamin C dalam dosis yang berlebihan maka dalam jangka panjang anda bisa meningkatkan resiko terkena penyakit batu ginjal. Selain itu anda juga akan merasakan beberapa gejala seperti diare, muntah, nyeri pada ulu hati dan sakit perut.
  • Anda juga harus memastikan jika anda sedang meminum obat lainnya untuk mengetahui kandungan yang ada di dalam obat apakah mengandung vitamin C atau tidak. hal ini cukup penting karena sangat tidak disarankan bagi anda untuk meminum lebih dari satu suplemen vitamin C.

Kesimpulan yang didapatkan adalah anda mungkin saja membutuhkan suplemen vitamin C namun itu hanya sebagai pendukung jika anda benar-benar membutuhkan vitamin C dalam jumlah lebih banyak. Namun akan lebih baik jika anda optimalkan dahulu asupan makanan yang mengandung vitamin C secara alami. Pastikan anda mengimbanginya dengan gaya hidup sehat dan olahraga teratur supaya tidak mengalami kekurangan vitamin C.

baca juga: akibat kekuranga vitamin B kompleks

Akibat kelebihan dan kekurangan vitamin C

Mengonsumsi vitamin C memang baik namun anda juga harus memperhatikan dampaknya bagi tubuh. berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan akibat tubuh mengalami kelebihan dan kekurangan vitamin C.

  1. Batu ginjal

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C bisa meningkatkan resiko penyakit bau ginjal. Hal ini dikarenakan vitamin C yang berlebihan di tubuh dapat membuat terbentunya batu oksalat dimana jenis batu ginjal yang sering ditemui. Untuk mencegahnya anda tidak boleh mengalami overdosis vitamin C.

baca juga: madu untuk penderita batu ginjal

  1. Gejala alergi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bisa saja tubuh mengalami gejala alergi pada vitamin C. oleh karena itu sangatlah penting bagi anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi suplemen vitamin C.

  1. Jantung

Jika tubuh mengalami kelebihan vitamin C dalam tubuhnya juga akan beresiko mengalami penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung dan hal ini terutama lebih besar kesempatannya dialami oleh para wanita. Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah besar dapat beresiko mengalami serangan jantung.

  1. Darah encer

Vitamin C juga memiliki sifat antikoagulan dimana mampu mengencerkan darah. jadi jika anda sudah mengonsumsi obat pengencer darah sebaiknya jangan mengonsumsi supermen vitamin C juga.

  1. Diabetes

Vitamin C juga mampu menaikan kadar gula dalam darah jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika anda saat ini sedang mengalami penyakit ciri-ciri diabetes kering dan basah sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi suplemen vitamin C.

  1. Depresi

Selain berpengaruh pada kesehatan fisik, jika anda mengalami kekurangan vitamin C juga bisa memengaruhi kesehatan mental. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan depresi yang pada akhirnya juga bisa menurunkan berat badan secara drastis.

baca juga: cara mengatasi depresi pada anak

  1. Pendarah pada gusi

Salah satu manfaat yang dimiliki oleh vitamin C adalah mampu membentuk kolagen sintesis. Kolagen ini sangat penting bagi pembentukan tulang, gigi dan gusi sehingga jika terjadi kekurangan vitamin C juga aka memengaruhi kesehatan tulang, gigi dan gusi tersebut. Jika mengalami kekurangan vitamin C anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C.

baca juga: penyebab gusi jadi hitam

  1. Perubahan mood

Jika anda atau teman anda mengalami perubahan suasana hati yang sangat drastis, hal ini mungkin dikarenakan tubuh mengalami kekurangan vitamin C.

  1. Nyeri sendi

Nyeri sendi pada daera tungkai tulang merupakan salah satu ciri terjadinya kekurangan vitamin C dalam tubuh. hal ini juga bisa menjadikan penyakit kudis atau ruam yang sangat menganggu.

baca juga: nyeri sendi lutut

  1. Kulit memar

Jika anda mengalami memar di kulit dan sulit sembuh itu menjadikan indikasi bahwa anda mengalami kekurangan vitamin C. oleh karena itu jika terjadi hal ini anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C.

  1. Anemia

Anemia merupakan penyakit dimana terdapat kurang darah namun ini juga menjadi salah satu indikasi adanya kekurangan vitamin C dalam tubuh. orang yang mengalami defisiensi vitamin C juga akan lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuhnya lemah.

baca juga: kopi bagi penderita anemia

Demikian ulasan mengenai vitamin C, semoga bermanfaat bagi anda.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 17th, May 2016 / 15:57 Oleh :
Kategori : Vitamin