12 Cara Meningkatkan Sel Darah Putih secara Alami

9448

Sel darah putih atau yang juga dikenal dengan istilah leukosit masih termasuk komponen darah dengan fungsi sebagai pertahanan tubuh pada setiap manusia. Leukosit atau darah putihlah yang bertugas melawan setiap virus maupun bakteri saat kita sedang terkena peradangan. Sumsum tulang belakang manusia adalah pemroduksi dari leukosit dan produksinya bakal lebih banyak ketika terdeteksi adanya benda asing di dalam tubuh.

Normalnya, orang dewasa memiliki leukosit dengan jumlah antara 4000-10000/mm3 dan anak-anak antara 9000-12000/mm3, sedangkan untuk bayi baru lahir biasanya antara 9000-30000/mm3. Ada kalanya leukosit menurun dan supaya hal tersebut dapat diatasi, maka Anda perlu mengetahui cara-cara meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh.

(Baca juga: penyebab kelebihan sel darah putih)

  1. Berolahraga

Kurang olahraga dapat menjadikan tubuh mudah terkena penyakit dan akan mampu membuat daya tahan tubuh gampang menurun. Olahraga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh serta memperlancar peredaran darah. Namun meski rajin berolahraga, jangan lupa mewaspadai juga bahaya olahraga yang berlebihan.

  1. Mengonsumsi Bayam

Sayur bayam sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Makanan yang mengandung vitamin E tinggi ini juga berkandungan vitamin-vitamin lainnya, seperti vitamin K, C, dan A berikut juga asam folat dan beta-karoten. Karena gizi yang lengkap inilah, maka dianjurkan bagi Anda untuk meningkatkan sel darah putih dengan mengonsumsi bayam.

Tak hanya kandungan itu saja, seseorang yang ingin meningkatkan sel darah putih juga perlu menambah asupan tembaga serta zat besi. Kabar baiknya, keduanya juga terkandung di dalam sayur bayam. Mengonsumsi bayam juga merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh bakal bebas dari segala bentuk serangan penyakit.

(Baca juga: bahaya kelebihan sel darah putih)

  1. Mengonsumsi Blueberry

Blueberry adalah jenis buah beri-berian yang benar-benar mengandung nutrisi lengkap sehingga memang amat dianjurkan untuk dikonsumsi cukup rutin. Diketahui ada sekitar 40 jenis nutrisi di dalam buah satu ini sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Lalu, bagaimana dengan peningkatan sel darah putih dengan blueberry ini?

Di dalam blueberry juga ada kandungan antioksidan seperti anthosianin berikut juga vitamin C dan E yang sangat baik dalam meningkatkan imunitas tubuh yang rendah. Anda bisa membantu supaya sel leukosit tubuh lebih efektif lagi dengan mengonsumsi segenggam blueberry setiap harinya. Entah itu dibuat jus atau sebagai campuran makanan sarapan sereal Anda, khasiat blueberry dapat dirasakan.

  1. Mengonsumsi Wortel

Jenis sayuran ini lebih dikenal dengan makanan yang mengandung vitamin A tinggi dan tentunya manfaat vitamin tersebut adalah untuk bagian mata. Tapi sebenarnya ada banyak khasiat yang ditawarkan oleh wortel, termasuk juga untuk peningkatan sel darah putih. Ingat juga bahwa ada kandungan beta-karoten di dalam wortel yang sangat tinggi.

Beta-karoten adalah sebuah kandungan penting di dalam wortel yang sudah terbukti ampuh dalam membuat daya tahan tubuh rendah meningkat kembali. Selain bisa membuat flu serta infeksi tercegah dengan baik dan secara alami, mengonsumsi wortel (khususnya yang masih mentah) akan membuat gizi yang diperoleh tubuh jauh lebih maksimal.

(Baca juga: gejala kelebihan sel darah putih)

  1. Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang putih selama ini kita hanya tahu mampu menyedapkan segala masakan, tapi manfaat kesehatannya sebenarnya juga ada dan tergolong banyak. Sejak zaman dulu sudah terbukti bahwa bawang putih dapat menangkal berbagai macam penyakit. Penderita tekanan darah tinggi, jenis-jenis penyakit jantung serta kolesterol tinggi dapat memperoleh keuntungan dari bawang putih.

Selain itu, mengonsumsi bawang putih, terutama yang mentah juga sangat membantu dalam menurunkan risiko gejala flu. Karena baik untuk daya tahan tubuh serta meningkatkan sel darah putih, Anda bisa menikmatinya setiap hari. Namun, waspadai pula bahaya bawang putih mentah apabila dikonsumsi terlalu banyak atau berlebihan.

  1. Mengonsumsi Jamur

Supaya sel darah putih di dalam tubuh dapat meningkat, Anda juga dapat mengonsumsi jamur. Jamur merupakan salah satu makanan berkandungan selenium terbaik untuk sel darah putih. Banyak dari kita belum begitu mengetahui bahwa pada dasarnya mineral selenium dapat mendukung proses pematangan sel darah putih, jadi mengonsumsi jamur adalah keuntungan.

Beberapa hasil penelitian pun telah membuktikan bahwa jamur bukan makanan biasa karena kandungan di dalamnya akan senantiasa mendukung sel darah putih dalam peran utamanya. Sel darah putih akan sangat terbantu dalam hal menangkal penyakit secara lebih efektif. Jadi, masukkan segera jamur ke dalam menu diet Anda agar bisa merasakan efektivitasnya.

(Baca juga: tanda-tanda darah putih naik)

  1. Menggunakan Cakar Kucing

Apakah pernah mendengar tentang cakar kucing atau cat claw? Cat claw ini merupakan anggur Amerika Selatan di mana penemuannya berasal dari hutan hujan di Amazon. Sifat di dalam anggur ini sangat luar biasa dalam membuat imunitas tubuh manusia meningkat drastis.

Bahkan sebuah studi 2001 menyatakan bahwa ada 12 orang dewasa yang dalam kondisi sehat dan diberi suplemen ekstrak air cat claw atau cakar kucing ini dengan dosis harian selama 12 minggu, maka produksi leukosit tampak meningkat. Seperti itulah hasil studi yang Phytomedicine terbitkan dan oleh karena itu, sangat boleh mencobanya jika ingin meningkatkan leukosit.

  1. Melakukan Yoga

Yoga dikenal sebagai sebuah latihan fisik yang dapat menjadi cara menenangkan pikiran sekaligus cara menghindari stres. Latihan Yoga bukan hanya tentang kesehatan fisik, tapi juga mental dan jiwa. Selain menjadi lebih fleksibel, Yoga adalah latiha fisik yang bisa membuat sirkulasi darah meningkat berikut juga produksi sel darah putih.

Hanya saja, bukan sembarang pose Yoga yang disarankan di sini. Ada banyak pose Yoga yang mungkin Anda ketahui, namun pose untuk meningkatkan sel darah putih adalah Cobra Pose di mana ini akan membuat kelenjar thymus menjadi aktif; kelenjar tersebutlah yang memroduksi T-sel pembasmi penyakit. Kelenjar tersebut berada di belakang tulang dada manusia.

(Baca juga: penyebab tingginya sel darah putih)

  1. Menggunakan Echinacea

Ramuan asli dari Amerika ini pasti setidaknya sudah pernah Anda dengar dan ada banyak khasiat yang diberikan oleh echinacea ini bagi tubuh. Imunitas tubuh yang rendah dapat ditingkatkan kembali dengan ramuan ini secara alami. Mungkin ada beberapa orang mengira bahwa sifat dan fungsinya sama dengan antibiotik maupun vaksin.

Namun pada kenyataannya, echinacea ini bukanlah seperti jenis antibiotik yang akan menyerang bakteri secara langsung atau seperti vaksin dengan menargetkan kondisi penyakit tertentu. Fungsi dari echinacea adalah sebagai perangsang aktivitas sel darah putih pembasmi penyakit lewat fagositosis.

  1. Menggunakan Astragalus

Astragalus dikenal sebagai sebuah jenis ramuan Cina yang asalnya memang dari tanaman yang bernama Astragalus membranaceus. Untuk istilah lain yang lebih sering disebut adalah chi huang. Bila Anda ragu tentang ramuan ini, maka hasil studi di tahun 2006 kiranya bisa menjawab keraguan dan penasaran Anda tentang keampuhan ramuan Cina satu ini.

Diterbitkan dalam Phytotherapy, tercatat di sana bahwa saat astragalus dikonsumsi oleh pasien secara terpisah ataupun bersama dengan herbal lainnya dalam waktu 1 minggu, terjadilah peningkatan sel-sel daya tahan tubuh. Itu artinya, ini adalah ramuan mujarab juga untuk dimanfaatkan ketika Anda hendak meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh secara alami.

(Baca juga: akibat leukosit tinggi)

  1. Menambah Asupan Zinc

Zinc adalah salah satu asupan penting yang tubuh perlukan agar berfungsi optimal. Dan tak diragukan lagi kalau kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan zinc. Ketika terjadi gangguan sistem daya tahan tubuh, ini dihubungkan juga dengan adanya kekurangan asupan zinc pada tubuh. Ketika asupan zinc kurang, maka T-sel juga akan ikut terproduksi secara rendah, maka intinya mengonsumsi makanan yang mengandung zinc serta suplemennya rutin akan menambah produksi leukosit.

  1. Menambah Asupan Asam Lemak Omega-3

Omega-3 bukan hanya baik untuk saraf dan perkembangan otak, nyatanya tingkat sel darah putih juga bisa meningkat berkat asupan asam lemak omega-3 di dalam tubuh. Jadi, mulai dari sekarang Anda bisa memilih makanan-makanan sehat yang mengandung omega-3 agar produksi leukosit mengalami peningkatan secara alami.

(Baca juga: bahaya kekurangan darah putih – akibat kelebihan eritrosit)

Cara meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh tidaklah sulit bukan? Ada beberapa vitamin dan mineral yang memang mampu menambah produksi leukosit, jadi Anda bisa mulai mengubah pola makan dan gaya hidup secara menyeluruh supaya sel darah putih tetap stabil.